TUTORIAL GAP FILLING untuk Citra LANDSAT SLC-OFF

(Dengan software  frame_and_fill dari NASA)

Satelit Landsat sejak tahun 2003 mengalami kerusakan pada band SLC, sehingga citra Landsat mengalami strip/garis-garis hitam pada hasil pemotretannya. Garis-garis hitam ini merupakan kawasan atau area yang tidak terpotret oleh satelit Landsat. Kondisi ini menyulitkan proses interpretasi citra. Contoh citra Landsat SLC-OFF adalah seperti gambar berikut ini:

Garis-garis hitam pada citra ini bentuknya akan semakin melebar ke kanan dan ke kiri. Akan tetapi, pada bagian tengahnya tidak mengalami stripping. Namun adakalanya juga citra landsat SLC-off ini memiliki garis itam yang menjang di sepanjang citra tersebut. Kondisi ini jelas tidak dapat ditolerir. Kondisi citra yang demikian, akan menyulitkan kita dalam melakukan interpretasi dan membuat kajian spatial lainnya. Oleh karena itu citra tersebut perlu diperbaiki. Beberapa point penting sebelum kita memulainya adalah :

Download citra dari :
http://glovis.usgs.gov/download
Software Frame_and_Fill dari :
http://landsathandbook.gsfc.nasa.gov/handbook/software/gap_filling_software.html

1. Siapkan citra master

Citra master adalah citra utama yang akan kita  gunakan.pilihlah dalam range 1 tahun citra dengan kondisi awan paling sedikit. Stripping yang terjadi pada citra landsat untuk setiap pemotretan tidaklah selalu sama, oleh karena itu, kita dapat mengisinya dengan citra pada waktu pengambilan berbeda, dengan path dan row yang sama. Usahakan dalam tahun yang sama pula.

2. Siapkan citra pengisi

Citra pengisi adalah citra dengan path dan row yang sama dengan citra master namun memiliki waktu pengambilan yang berbeda dan strippingnya tidak beririsan dengan citra master. Usahakan dalam tahun yang sama. Jika citranya tahun 2007, lalu pengisinya 2003, maka tidak bisa dikatakan bahwa itu kondisi tahun 2007. Maka sebaiknya adalah dengan mendownload citra dengan kondisi awan paling sedikit di tahun 2007 misal pada bulan maret, maka pengisinya adalah citra pada tahun 2007 juga dengan bulan yang berbeda yaitu februari, april, dst. Citra pengisi boleh lebih dari 1 waktu pemotretan.

TAHAPAN SETTING AWAL:

Buat folder/directory untuk penyimpanan citra.

Sebagai contoh buatlah directory Tutorial di drive D, menjadi : D:\Tutorial
Dalam directory tersebut, buatlah folder anchor sebagai tempat penyimpanan citra master menjadi:
D:\Tutorial\anchor\

Sebagai tempat penyimpanan citra untuk pengisi gap:
fill_scene_1 menjadi D:\Tutorial\fill_scene_ 1\

Bila lebih dari satu citra pengisi gap:
fill_scene_2 menjadi  D:\Tutorial\fill_scene_ 2\
(dilakukan jika pengisinya lebih dari satu waktu). Jika ingin ditambah lagi citra pengisinya untuk waktu yang berbeda, maka buat kembali folder fill_scene_. …. urutan angka pada baris terakhir digunakan sebagai urutan prioritan pengolahan, bukan urutan waktu pemotretan. Sehingga misalkan ada citra dengan kondisi awan sedikit, dipotret pada bulan desember. Lalu ada citra pengisi lain dengan kondisi awan lebih banyak pada bulan februari, maka citra pada bulan desember di letakkan di urutan folder fill_scene_1

Extract  program yang telah didownload dan letakkan di drive apa saja, karena program ini bersifat portable (tanpa installasi melalui wizard). Sebagai contoh folder D:\Software slc-off.

Kemudian double klik file frame_and_fill_ win32.exe untuk membuka program. Jika sudah, akan terdapat 3 pilihan yang harus dilakukan berurutan, yaitu RE-FRAME, GAP FILL SLC-OFF DAN DONE

Tahap pengerjaannya sebagai berikut:

1. Pilih menu RE-FRAME SLC-OFF

Pada number of fill scenes, isi jumlah citra pengisinya. Jika ada 3 waktu pengambilan, maka diisi 3 (atau sama dengan berapa jumlah folder  fill_scene_. .. yang telah dibuat sebelumnya. Pada “DIRECTORY PATH TO SCENE FOLDERS” isikan lokasi dimana kita menyimpan folder :anchor, fill_scene_1, fill_scene_2, tadi. Kemudian klik submit. Tunggu hingga proses complete.

2. Pilih Menu GAP FILL SLC-OFF

Setelah itu, kita akan melakukan pengisian gap citra.  Klik menu GAP FILL SLC-OFF, kemudian akan muncul list band yang akan diisi gapnya. Proses ini akan berlangsung lama, sekitar 8 menit untuk 1 kali pengisian. Jika yang akan diisi untuk band2 tertentu saja, misalnya band 3, 2, dan 1. Cukup dengan cara klik band 3, band 2, dan band 1 kemudian submit. Jika ingin semua langsung saja klik All Bands.

3. DONE

Jika proses telah selesai semua. Secara otomatis, setelah proses berlangsung, penamaan citra akan berubah. Jika kita merubah penamaannya, maka tidak akan berfungsi. Pola penamaannya adalah sebagai berikut.  Penamaan sebelum di lakukan re-frame (citra awal) sebagai berikut:

L71127060_060200707 03_B20.TIF

Setelah di reframe nama file akan menjadi:

L71127060_060200707 03_B20_reg. TIF

Setelah dilakukan pengisian gap maka penamaannya akan menjadi:

L71127060_060200707 03_B20_reg_ filled.TIF

Semua perubahan dan penambahan file tersebut akan terjadi di : folder anchor

Proses perbaikan telah selesai dilakukan, jika ingin melihat hasilnya, bisa menggunakan software pengolah citra apa saja, dan gunakan file yang telah memiliki nama ……….._reg_filled. tiff.

Proses hasilnya sebagai berikut:

Landsat 2009 - Sebelum GAP FILLING
Landsat 2009 - Sesudah GAP FILLING

Silahkan DOWNLOAD SOFTWARENYA di sini

140 Comments

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.