Studium Generale MK Pertanian Inovatif

Studium Generale MK Pertanian Inovatif IPB10C telah berhasil dilaksanakan dengan sukses dan lancar. Kegiatan Kuliah Umum atau Studium Generale (SG) ini adalah Seri Ketiga dari tiga series yang direncanakan. Sebelumnya telah ada SG I dan SG II yang juga telah sukses dilaksanakan pada beberapa waktu sebelumnya. Topik SG III kali ini adalah mengenai Emas Hijau dan Emas Biru yang disampaikan oleh Letjen TNI Doni Monardo Kepala BNPB RI dengan dimoderatori oleh Prof. Dr. Hadi Susilo Arifin Dosen Departemen Arsitektur Lanskap IPB University.

Acara ini dipandu oleh host Dr Kaswanto, dosen MK Pertanian Inovatif IPB10C dan juga dosen dari Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, IPB University. Dr Kaswanto dalam pembukaan acara menyampaikan bahwa Mata Kuliah (MK) Pertanian Inovatif merupakan MK pada Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB University. MK ini diberikan kepada lebih kurang empat ribu lebih mahasiswa baru PPKU IPB setiap tahunnya pada semester ganjil. MK ini diasuh oleh 51 orang dosen yang mumpuni dari beragam fakultas di IPB University. Materi MK ini ditujukan untuk memberikan inspirasi, inovasi dan integritas bagi mahasiswa baru mengenai peran penting pertanian di dunia dan terutama di Indonesia.

Acara utama dimoderatori oleh Prof. Dr. Hadi Susilo Arifin, selaku Dosen Koordinator MK Pertanian Inovatif sejak tujuh tahun yang lalu. Prof Hadi, demikian disapa, menyampaikan bahwa MK ini merupakan MK yang memberi wawasan bagi mahasiswa baru mengenai arti pertanian. SG III ini sengaja dilaksanakan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai peran pertanian tidak hanya bagi masalah pangan namun juga kontribusinya bagi permasalahan non-pangan.

Dalam paparannya, Letjen TNI Monardo menyampaikan peran pertanian dan lingkungan dalam membenahi seluruh aspek kehidupan manusia. Betapa pentingnya peran Emas Hijau dan Emas Biru dalam sendi-sendi kehidupan sehingga pesan ini senantiasa terus disampaikan bahwa tidak hanya hubungan manusia dengan manusia, manusia dengan Tuhan, namun manusia dengan alam juga harus dijaga.

Usai penyampaian materi dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab. Kemudian berlanjut dengan pemberian apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Letjen TNI Doni Monardo disampaikan oleh Prof Dr Asep Gunawan selaku Asisten Direktur Bidang Pendidikan PPKU IPB University.

Pada akhir acara SG III ini diberikan 30 hadiah bagi 3 kategori, yakni 10 Penanya Terbaik di Zoom, 10 Penanya Terbaik di Youtube dan 10 Pengunggah Foto Terbanyak di Instagram. Selamat kepada para penerima hadiah, dan selamat kepada seluruh panitia. Materi lengkap dapat dilihat pada video yang dikelola oleh Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital (DSITD) di bawah ini.

Studium Generale MK Pertanian Inovatif

Share