Presentasi Seminar Hasil LPPM 2020

Presentasi Seminar Hasil LPPM 2020
Presentasi Seminar Hasil LPPM 2020

Presentasi Seminar Hasil LPPM 2020 telah sukses diselenggarakan pada hari Selasa dan Rabu tanggal 15 dan 16 Desember 2020. Dalam kegiatan ini telah berhasil disampaikan laporan untuk dua judul kegiatan penelitian yakni DPM dan LAF untuk peningkatan Jasa Lanskap dalam mewujudkan Lanskap Rendah Karbon.

Judul pertama terkait dengan pemetaan hutan desa di Kabupaten Bantaeng yang merupakan bagian dari Penelitian Tesis Magister dilaksanakan oleh Sdri. Firnawati dengan menerbangkan drone secara mandiri. Penelitian ini memberikan rekomendasi bahwa pemetaan dengan menggunakan drone atau unmanned aerial vehicle (UAC) merupakan salah satu solusi agar mampu memberikan penghematan pada aspek waktu, biaya dan tenaga. Kegiatan ini didukung oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Judul kedua mengenai penyusunan model manajemen lanskap agroforestri (LAF) yang memiliki nilai jasa lanskap tinggi sehingga mampu meningkatkan kualitas lanskap tersebut dalam mewujudkan lanskap rendah karbon (low carbon landscape). Kegiatan ini dilaksanakan dalam skema Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) yang didukung oleh Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Model Manajemen LAF yang diusung merupakan model dengan kombinasi terbaik untuk berbagai bentuk tipologi LAF yang dapat dijumpai di lanskap perdesaan dan perkotaan Indonesia.

Jasa Agroekosistem Lanskap Pertanian merupakan salah satu bentuk jasa lanskap yang hendak digenerate oleh Model Manajemen LAF. Struktur, fungsi, dinamika dan budaya yang dimunculkan dari jasa lanskap ini memberikan kontribusi yang positif terhadap situasi status ekonomi, situasi sosial dan kondisi ekologi lanskap tersebut.