Pengembangan Jasa Lanskap Perkotaan

Pengembangan Jasa Lanskap Perkotaan
Pengembangan Jasa Lanskap Perkotaan Kota Kediri

Pengembangan Jasa Lanskap Perkotaan Kota Kediri untuk Sekolah Perkotaan Rakyat (SPR) dengan konsep Agro-Edu-Tourism untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kegiatan ini dilakukan dalam rangkaian program Dosen Pulang Kampung yang diprakarsai oleh Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat IPB University (LPPM IPB).

Lanskap Perkotaan Kota Kediri secara eksisting memiliki jasa lanskap (landscape services) yang luar biasa. Sumberdaya lanskap yang melimpah sudah sepatutnya untuk ditata dan dikembangkan secara optimal. Kota Kediri dilintasi oleh Sungai Brantas yang luar biasa ketersediaan jasa lanskapnya, mulai dalam bentuk Provisioning, Supporting, Regulating hingga Cultural Landscape Services. Keempat jasa lanskap ini akan dituangkan dalam penataan lanskap SPR Kota Kediri terutama di sempadan Sungai Brantas. Keberadaan beberapa sumber daya alam di gisik Sungai Brantas ini akan dikembangkan untuk menjadi Gisik Brantas Sejahtera (GBS) yang bermanfaat bagi seluruh masyarakat Kelurahan Mojoroto, Kecamatan Mojoroto.

Pelaksanaan diawali dengan survei dan diskusi yang dilakukan pada saat pulang kampung tahun 2022 sesuai amanah dari IPB University melalui kegiatan DosPulKam. Pada program ini paling tidak telah dilakukan kegiatan inventarisasi awal, focus group discussion (FGD) dan mapping potensi ruang-fasilitas-aktivitas dari Gisik Sungai Brantas ini.

Saksikan video sosialisasi nya pada link YouTube di bawah ini.