Diskusi Santai Satgas Ciliwung

Diskusi Santai Satgas Ciliwung
Diskusi Santai Satgas Ciliwung

Diskusi Santai Satgas Ciliwung telah diselenggarakan di kantor Rekam Nusantara Foundation. Lokasinya persis di samping Kantor Kelurahan Sempur. Diskusi dilaksanakan hari Senin 5 November 2018 pukul 15.00 dan diakhir dengan syukuran dan makan malam bersama. Diskusi dihadiri oleh satgas yang telah dibentuk sesuai dengan SK Walikota Bogor No. 660.45-247/2018 tentang Pembentukan Tim Satuan Tugas Naturalisasi Sungai Ciliwung Kota Bogor. Dalam Tim Satgas ini, diketuai langsung oleh Walikota Bogor, dengan wakil I adalah Sekretaris I Asisten Daerah, dan wakil II adalah Sekretaris II Kadis Lingkungan Hidup, serta Sekretaris Kang Een. Dalam Tim Satgas ini juga dilibatkan tim ahli dari berbagai institusi di Kota Bogor.

Diskusi dibuka oleh sekretaris Satgas, Kang Een, sekaligus Ketua Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) dengan memberikan gambaran kondisi Sungai Ciliwung saat ini. Kang Een memaparkan hasil survei Satgas Naturalisasi Ciliwung bahwa ada 5.652 rumah masih membuang sampah dan kotoran manusia ke Sungai Ciliwung tersebar di empat kecamatan. Antara lain di Kecamatan Bogor Timur (1.977 rumah), Bogor Tengah (1.491), Bogor Utara (1.878) dan Tanahsareal (306).

Sementara itu, Sekretaris Jen­deral (Sekjen) Wantannas Letjen Doni Monardo menjelaskan, untuk mengerjakan program naturalisasi DAS Ciliwung, pi­haknya tidak bisa berjalan sen­diri. Berkaca pada pengalaman­nya saat menjadi Panglima Komando Daerah Militer III/Siliwangi yang ikut serta dalam program bersih-bersih Sungai Citarum, Jawa Barat, pemerin­tah setempat harus melibatkan berbagai elemen, dari akade­misi, komunitas, pengusaha hingga ulama. “Sebab program besar seperti ini harus ada or­ganisasinya untuk mengelola, harus jelas siapa komandonya dan siapa saja yang terlibat. Organisiasi ini juga harus mem­buat sistem yang dirancang untuk dikerjakan ahlinya,” kata Doni.

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.