Dewandaru

Dewandaru
Buah Dewandaru bewarna oranye kemerahan dan bisa dimanfaatkan untuk selai dan jus.

Dewandaru memiliki nama ilmiah Eugenia uniflora L., pohon ini memiliki banyak nama sesuai daerahnya, seperti asem selong, belimbing londo, ceremai londo, cerme belandda atau cereme asam. Dewandaru ini adalah tumbuhan perdu yang memiliki tinggi mencapai 5 meter. Dewandaru merupakan tumbuhan buah yang tergolong family Myrtaceae.

Buah dewandaru berbentuk bulat dengan tekstur menonjol di sekelilingnya. Buahnya berdiameter sekitar 1,5 -3cm. Warna buah ini bisa berubah secara bertingkat dari hijau ketika masih muda, menjadi kuning, orange dan merah saat buah ini matang. Buah ini dapat dimakan langsung atau dibuat jus buah ataupun sebagai selai. Rasa dari buah ini adalah masam segar, sehingga banyak digunakan juga untuk rujak atau diolah menjadi asinan dan manisan seperti ceremai pada umumnya.

Biji dari buah ini kecil, keras dan berwarna coklat keputihan.

Dewandaru
Pohon Dewandaru dengan buah lebat yang tumbuh di pekarangan.

Khasiat dan Manfaat Dewandaru

Khasiat buah Dewandaru yang dilansir dari situs https://bibitbunga.com/manfaat-si-mungil-buah-dewandaru/ ternyata sangat banyak. Buah dewandru memiliki banyak senyawa yang baik bagi tubuh. Salah satu kandungan tersebut adalah senyawa flavonoid dan fenolik. Ada juga kandungan monoterpenes, beta-pinene, trans-beta-ocimene, cisocimene, dan selina-1,3,7(11)-trien-8-one.

Berikut manfaat dewandaru yang dari situs https://bibitbunga.com/manfaat-si-mungil-buah-dewandaru/:

1. Penangkal radikal bebas

Buah dewandaru mampu mencegah kerusakan oksidatif dari proses radikal bebas. Kerusakan oksidatif ini sulit diatasi oleh antioksidan lain dalam tubuh manusia. Selain untuk mencegah radikal bebas, buah dewandru juga memiliki khasiat yang baik untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dan sel tumor.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, buah dewandru memiliki kemampuan sebagai antioksidan. Hal tersebut karena buah dewandru mengandung senyawa karotenoid yang bertindak sebagai antioksidan dalam tubuh. Ternyata tidak hanya buahnya saja, senyawa karotenoid pun terkandung di dalam daunnya.

2. Antibakteri

Sifat antibakteri yang terkandung dalam biji buahnya memiliki manfaat untuk mengobati penyakit pencernaan, terutama diare. Menurut sebuah penelitian, kandungan protein dalam biji buah dewandaru bermanfaat sebagai antikuman yang dapat menghambat pertumbuhan kuman dalam perut, terutama kuman penyebab diare.

3. Pereda sakit

Khasiat lain dari buah dewandru yang belum banyak diketahui orang adalah sebagai pereda rasa sakit. Daun tanaman dewandru mengandung minyak atsiri yang dapat digunakan sebagai penghilang rasa sakit, seperti nyeri rematik dan nyeri sendi.

4.Mengobati hipertensi

Daun dan buah dewandru dapat dimanfaatkan sebagai herbal untuk menurunkan tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

5. Mencegah kanker

Manfaat lain yang didapatkan dari buah dewandaru ini adalah sebagai pencegah kanker. Buah ini dipercaya mampu mencegah pertumbuhan sel kanker yang keberadaannya sangat mengancam keberlangsungan hidup manusia.

6. Kayu dewandaru sebagai bahan kerajinan tangan

Selain buah dan daunnya, ternyata bagian kayu dari tanaman ini sering juga dijadikan aksesoris, seperti gelang, kalung, cincin, dan tasbih. Aksesoris tersebut biasanya dijual oleh para pengrajin di tempat-tempat wisata sebagai oleh-oleh.

 

Dewandaru
Dewandaru bisa dimakan segar dan bisa juga diolah menjadi selai. Sumber: ://bibitbunga.com/manfaat-si-mungil-buah-dewandaru

 

Add a Comment

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.