Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian IPB

Arsitektur Lanskap Fakultas Pertanian IPB University merupakan program studi terkemuka di Indonesia dan Asia Tenggara. Program Studi Arsitektur Lanskap atau disingkat Prodi ARL merupakan prodi yang bernaung di Fakultas Pertanian IPB University. Prodi ARL, seperti dikutip dalam situs resminya arl.faperta.ipb.ac.id memiliki visi untuk “Menjadi lembaga pendidikan Arsitektur Lanskap berprestasi tingkat internasional dengan kompetensi utama bidang lanskap tropis”. Misinya mencakup 1) mengadakan proses pendidikan Arsitektur Lanskap yang berkualitas dengan standar kompetensi yang lebih tinggi; 2) untuk melatih siswa mempersiapkan kemampuan profesional dan kompetensi mereka dalam tugas profesional atau akademik; 3) mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam pengembangan lanskap tropis; dan 4) untuk menyebarkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni dalam lanskap.

Saksikan secara lengkap pada video Campus Tour Fakultas Pertanian IPB University pada channel IPBTV atau pada video di bawah ini.

Prodi ARL telah melakukan implementasi Kurikulum Tahun 2020 (K2020) yang berintegrasikan dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) sejak tahun 2020 lalu. Saat ini K2020 dan MBKM telah dalam proses integasi pada tahun kedua. Keunggulan K2020 beintegrasi MBKM adalah terbukanya peluang proses pembelajaran yang mampu menyesuaikan denagn era industri 4.0 dan disrupsi saat ini.

K2020

Mengutip dari pernyataan Rektor IPB Prof Arif Satria tahun 2020 yang lalu bahwa “Pada bulan Agustus mendatang, IPB University mulai implementasikan Kurikulum IPB 2020. Kurikulum tersebut selaras dalam membawa perguruan tinggi menuju arah kampus merdeka”. Lebih lanjut disampaikan bahwa IPB University sudah melakukan berbagai tranformasi dalam merespon VUCA (volatility, uncertainty, complexity, ambiguity) dan Revolusi Industri 4.0. Dalam merespon perubahan, yang paling bisa survive bukanlah yang terkuat, bukan yang paling pintar. Namun mereka yang responsif terhadap perubahan yang bisa survive.

IPB University banyak melakukan mapping dengan membayangkan pertanian masa depan seperti apa. Sehingga ditarik dalam sebuah Roadmap Agromaritim IPB 4.0 dan  kurikulum IPB 2020. Roadmap ini nanti yang mendasari riset apa yang akan dibuat ke depan. Bagaimana membangun smart farming dan precision farming. Ini sudah menjadi keniscayaan. Dengan roadmap arah riset menjadi jelas, membuat pabrik tanaman atau plant factory, smart detection, deteksi manis asam buah lewat smartphone, deteksi spesies ikan yang ada di bawah laut, penafsir tangisan bayi lewat smartphone. Itu semua karya mahasiswa dan dosen IPB University,” ujarnya.

K2020 Tahun Kedua

Dengan demikian, mulai Agustus 2021, maka K2020 akan memasuki tahun kedua yang tentunya akan semakin VUCA.