Visitasi Akreditasi Internasional

16 04 2018
Visitasi Akreditasi Internasional

Visitasi Akreditasi Internasional

Visitasi Akreditasi Internasional – pada hari Senin dan Selasa tanggal 9 dan 10 April 2018, telah dilaksanakan kegiatan Visitasi Akreditasi Internasional untuk Program Studi S1 Arsitektur Lanskap (PS S1 ARL) oleh organisasi profesi dunia, International Federation of Landscape Architect – Asia Pacific region (IFLA-APR).  Kegiatan visitasi ini bertujuan untuk meninjau kesiapan PS S1 Arsitektur Lanskap untuk memenuhi standar internasional dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan perguruan tinggi, dan juga termasuk di dalamnya pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Kegiatan visitasi ini juga sebagai salah satu upaya untuk mendukung IPB menjadi universitas bertaraf internasional. Organisasi Profesi, IFLA-APR merupakan organisasi arsitek lanskap pada level regional Asia Pasifik. Organisasi IFLA-APR untuk pertama kalinya melakukan assessment pada dunia pendidikan, sehingga hal ini patut mendapatkan apresiasiyang setinggi-tingginya. IFLA-APR telah menetapkan standar internasional terkait dengan profesi arsitek lanskap. IFLA-APR mendelegasi kegiatan visitasi ini kepada 3 (tiga) orang assessor, yakni satu orang assessor dari IFLA-APR yakni Prof. Dr. Mike Barthelmeh dari School of Landscape Architecture – Lincoln University New Zealand, dan dua orang asssesor dari IFLA Indonesia atau Ikatan Arsitek Lanskap Indonesia (IALI) , yakni Prof. Dr. Budi Faisal dari Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Prof. Dr. Rustam Hakim Manaf dari Universitas Trisakti, Jakarta. Ketiga assessor ini melakukan peninjauan selama dua hari terkait dengan kurikulum dan kompetensi mahasiswa serta alumni PS S1 ARL IPB.

Pada hari pertama, tim assessor diterima di Ruang Rektorat IPB. Pada kesempatan ini Rektor IPB, Dr. Arif Satria, menyambut dengan antusias kunjungan para assesor IFLA-APR. Beliau menyatakan bahwa PS S1 ARL adalah program studi yang sangat diunggulkan di IPB karena memiliki kompetensi tersendiri. Beliau berharap kegiatan ini berjalan sukses dan lancar, sehingga memberikan kontribusi positif bagi IPB di kancah dunia pendidikan internasional. Selain itu, beliau juga berharap agar kedatangan para assessor dari berbagai institusi ini dapat membuka peluang double degree dan kerjasama lainnya demi mencari dan memberi yang terbaik.

 

Tim Assessor ketika berada di Dekanat Faperta IPB

Tim Assessor ketika berada di Dekanat Faperta IPB


Kemudian rombongan diterima di Dekanat Fakultas Pertanian IPB. Ketiga assessor langsung disambut oleh Dekan Faperta IPB, Dr. Suwardi, di ruang tamu Dekanat Faperta IPB. Dalam pertemuan singkat ini, Dr. Suwardi menyampaikan ucapan terima kasihnya atas kedatangan para assessor untuk berkenan meninjau PS S1 ARL IPB dalam melakukan standarisasi internasional. Diskusi yang dilakukan secara hangat dan akrab ini diakhiri dengan pemberican cindera mata berupa plakat yang terbuat dari rempah-rempah produk pertanian.

 

 



Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>