TUGAS II MENJASKAP 2018

17 02 2018
Tugas II Menjaskap 2018

Tugas II Menjaskap 2018

 

Tugas II Menjaskap 2018 ditujukan agar mahasiswa dapat membedakan istilah Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan dan Jasa Lanskap. Pilihan A, B, dan C disajikan pada gambar di bawah ini. Jawaban Tugas II Menjaskap 2018 dicantumkan pada bagian comment dari posting ini. Jawaban ditunggu paling lambat sebelum perkuliahan Minggu III dimulai.

Tugas II Menjaskap 2018

Tugas II Menjaskap 2018

Capaian Pembelajaran

Capaianan Pembelajaran untuk Minggu II Menjaskap 2018 agar mahasiswa mampu menyusun Rencana Pengelolaan (Management Plandan mampu menjelaskan jenis-jenis Jasa Lanskap dalam kaitannya dengan perspektif ekologi lanskap yang berkelanjutan.

 

Proses Manajemen Lanskap

Proses manajemen sebuah lanskap pada dasarnya persisi dengan teori manajemen pada umumnya, yakni teori POAC. Teori POAC dimulai dari Planning, Organizing, Actuating and Controlling.

  1. Penetapan tujuan manajemen,
  2. Penyusunan rencana operasional manajemen,
  3. Pelaksanaan pekerjaan manajemen,
  4. Pemantauan pekerjaan manajemen, evaluasi, dan penyusunan perencanaan pengelolaan kembali (re-design) jika diperlukan.

 

Rencana Pengeloaan (Management Plan)

Produk Rencana Pengelolaan mencakup 6 (enam) aspek yang harus senatiasa diperhatikan ketika sebuah lanskap perlu dikelola. Keenam aspek tersebut adalah:

  1. Organisasi hirarki
  2. Kebutuhan SDM
  3. Spesifikasi alat dan bahan
  4. Jadwal kegiatan
  5. Kebutuhan anggaran biaya, dan
  6. Metoda kerja

 

Jenis-jenis Jasa Lanskap

Ada empat jenis jasa lanskap klasik yang kerap dikelola oleh manajer lanskap, yakni keragaman hayati, karbon tersimpan, manajemen sumber daya air dan keindahan lanskap. Empat jasa lanskap klasik ini sudah sangat cukup untuk memberikan kontribusi bahwa lanskap tidak semata hanya produksi saja, namun juga memberikan jasa lainnya yang tak ternilai.

 

Materi Manajemen Jasa Lanskap Minggu II 2018

MG II MANAJEMEN JASA LANSKAP 2018

 



Actions

Informations

45 responses to “TUGAS II MENJASKAP 2018”

17 02 2018
Rahmi Nur Aini (19:45:26) :

Nama : Rahmi Nur Aini
NIM : A44150074

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap adalah skema C.
2. Jasa ekosistem merupakan jasa yang dihasilkan dari hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya. Hubungan tersebut saling mempengaruhi sehingga menghasilkan nilai guna secara langsung maupun tidak langsung. Hal ini dapat dikatakan bahwa ekosistem merupakan inti dari perkembangan unsur lingkungan hidup. sedangkan, Jasa lingkungan merupakan jasa yang dihasilkan dari keberhasilan suatu ekosistem yang berjalan dengan baik sehingga menghasilkan manfaat untuk kehidupan maupun kualitas lingkungan. Selanjutnya, jasa lanskap sendiri merupakan jasa yang dihasilkan dari hubungan setiap komponen antara ekosistem dan lingkungannya yang berjalan selaras dengan timbal balik yang memberikan banyak manfaat atau dapat menyediakan lanskapnya seperti keragaman hayati dan keindahannya. Oleh sebab itu, skema C dapat menjelaskan bagaimana membedakan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap.

17 02 2018
ANISA FITRI ANDIANI A44150059 (21:04:03) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah skema C.
2. Skema C merupakan representasi paling sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan dan Jasa Lanskap, karena Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan dan Jasa Lanskap merupakan komponen yang saling mempengaruhi dan tidak dapat dipisahkan satu sama lain. Jasa Ekosistem merupakan hubugan timbal balik antar setiap makhuluk hidup dimuka bumi yang terdiri dari beragam unsur seperti makhluk hidup (manusia, hewan, tumbuhan), oksigen, air, matahari, dan berbagai unsur lainnya yang bermanfaat bagi keberlangsungan hidup seluruh makhluk hidup. Sementara Jasa Lingkungan merupakan jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alam yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh makhluk hidup . Jasa Lingkungan yang dhasilkan dari ekosistem dapat membantu memelihara atau meningkatkan kualitas lingkungan dalam mewujudkan pengelolaan ekosistem secara berkelanjutan.
Jasa Ekosistem dan Jasa Lingkungan tersebut termasuk kedalam Jasa Lanskap dengan lingkup yang lebih luas yang mencakup keragaman hayati, karbon tersimpan, keindahan alam, pengelolaan air, ketersediaan oksigen, hingga kenyamanan lingkungan yang dikaji dalam berbagai aspek (ekonomi, ekologi, dan social) demi meningkatkan kualitas lingkungan yang berkelanjutan bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di muka bumi. Jika Jasa Ekosistem terjaga dengan baik maka Jasa Lingkungan juga akan terjaga dengan baik, dan jika Jasa Ekosistem dan Lingkugan terjaga dengan baik maka Jasa Lanskap juga dapat terjaga dengan baik. Maka skema C lah yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan tersebut

17 02 2018
Karina Bunga Pradini (21:58:18) :

Nama : Karina Bunga Pradini
Nim : A44150046

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C.

2. Skema C menurut saya merupakan skema yang paling representatif dalam menjelaskan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap. Dalam skema C kita dapat melihat bahwa ketiga jasa tersebut saling terkait satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Jasa ekosistem merupakan hasil dari hubungan timbal balik yang tidak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya, sedangkan jasa lingkungan merupakan jasa yang dihasilkan dari penggunaan jasa ekosistem terhadap lingkungan ataupun hasil tidak langsung dari penggunaan ekosistem oleh makhluk hidup seperti tata air, iklim, keindahan, keanekaragaman dan masih banyak lagi. Jasa lanskap adalah jasa yang dihasilkan dari hubungan timbal balik yang terjadi antara jasa ekosistem dengan jasa lingkungan yang dapat meliputi keragaman hayati, karbon tersimpan, keindahan alam, ketersediaan oksigen, pengelolaan air hingga kenyamanan lingkungan. Dari pengertian tersebut dapat disimpulkan bahwa, jasa ekosistem merupakan inti dari ketiga jasa tersebut, dimana apabila jasa ekosistem berlangsung dengan baik akan berpengaruh baik juga terhadap jasa lingkungan. Apabila jasa ekosistem dan jasa lingkungan dapat bekerja sama dengan baik dalam menjaga keseimbangan alam dan ekosistem maka dapat disimpulkan bahwa jasa lanskap yang disediakan oleh alam juga akan terbentuk dengan baik. Apabila makhluk hidup menggunakan ekosistem dengan tetap memperhatikan lingkungan dan keberlanjutannya maka alam juga akan terus menyediakan atau menunjang kehidupan makhluk hidup itu sendiri. Oleh sebab itu skema C merupakan skema terbaik dalam menjelaskan perbedaan dan hubungan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap.

17 02 2018
NI MADE PUTRI INDRIYANI A44150037 (23:21:58) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C
2. Jasa lingkungan merupakan jasa yang diberikan dari segi fisik lingkungan itu sendiri, misalnya adalah lingkungan menyediakan air untuk pertanian dimana sebanyak 60% air tawar dunia dimanfaatkan untuk irigasi pertanian. Jasa ekosistem merupakan jasa dari suatu hubungan antar spesies dan populasi dalam suatu ruang berupa keseimbangan lingkungan, misalnya adalah tumbuhan menjaga air tanah dan meningkatkan kualitas udara untuk respirasi makhluk hidup lainnya, serta satwa yang menjaga keberlangsungan tumbuhan tersebut dan membantu menyebarkan biji atau proses penyerbukan. Sedangkan jasa lanskap merupakan suatu jasa yang tidak hanya menghasilkan jasa fisik atau jasa lingkungan, tetapi juga jasa yang dapat menjaga keseimbangan hubungan ekosistemnya, cakupannya lebih luas dibandingkan lingkungan dan ekosistem karena ada peran kultur, sosial, ekonomi, politik dari masyarakat setempat, yang juga mempengaruhi jasa yang dihasilkan pada suatu lanskap, misalnya adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan, masyarakat Bali bercocok tanam dengan pola berteras-teras karena memiliki kelerengan, dengan adanya sawah tersebut mendatangkan ekosistem sawah yaitu ulat, serangga dan burung, tidak hanya itu, dengan keindahan lanskap sawah dapat menghasilkan nilai lebih pada suatu lanskap dari segi estetika berupa bentukan dan pola sawah, suara kicauan burung yang menenangkan, dan suasana persawahan yang sejuk. Maka dari itu, pada skema C jasa lanskap mencakup seluruh jasa dari lingkungan dan ekosistem, tanpa adanya jasa lingkungan dan jasa ekosistem, tidak akan ada jasa lanskap. Hubungan antara jasa lingkungan, jasa ekosistem, dan jasa lanskap harus dipelihara dengan baik agar kualitasnya tetap terjaga dan berkelanjutan.

18 02 2018
Yosse Steven (03:33:19) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah skema C.
2. Skema C merepresentasikan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap karena, jasa ekosistem merupakan hubungan antar berbagai elemen biotik dan abiotik yang seimbang dan berkelanjutan, sementara jasa lingkungan merupakan jasa yang diberikan akibat adanya keberhasilan dari satu atau beberapa ekosistem, dan jasa lanskap lebih luas dan mencakup seluruh aspek ekosistem dan lingkungan.

18 02 2018
Fitri Amalia_A44150001 (08:11:48) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap adalah skema C
2. Jasa ekosistem merupakan Hubungan hang dapat dilakukan secara timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungannya. Pendekatan nilai jasa ekosistem dalam perhitungan daya dukung lingkungan di dasarkan pada fungsi dari sumberdaya alam dan lingkungannya dalam bentuk barang dan pelayanan serta jasa ekosistem dapat memperlihatkan kondisi spasial nilai manfaat dan tiap ruang pada suatu wilayah. Sedangkan jasa lingkungan merupakan jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alam maupun buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung dan dapat diwujudkan dengan cara memelihara dan mengelola ekosistem secara berkelanjutan. Dan Jasa lanskap merupakan beragam biodiversitas, keaneka ragaman hayati, keindahan alam ,serta kenyamanan lingkungan yang dapat dirasakan. Skema C merupakan skema yang dapat menjelaskan keseimbangan antara jasa ekosistem,jasa lingkungan dan jasa lanskap karena dalam skema tersebut ketiga jasa tersebut saling terksit satu sama lain.

18 02 2018
Maya Dewi Dyah Oktiviana (08:38:18) :

1. Menurut saya skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema c
2. Alasan saya memilih skema c karena ketiga jasa tersebut saling berhubungan satu sama lain. Ketiga jasa tersebut hanya dibedakan dari ruang lingkupnya. Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara biotik dan abiotik, sedangkan lingkungan merupakan kondisi fisik meliputi seluruh sumberdaya, dan lanskap merupakan bentang alam yang menghubungkan lanskap tersebut dengan manusia.

18 02 2018
Fihanur Latifa / A44150058 (09:35:02) :

1. Skema yang paling sesuai untuk menjelaskan hubungan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C.
2. Skema C menjelaskan bahwa hubungan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap berada pada suatu sistem yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan. Jasa ekosistem menjelaskan tentang interaksi timbal balik antara elemen biotik dan abiotik dalam suatu proses yang seimbang dan berkelanjutan. Jasa lingkungan menjelaskan tentang sistem alami yang menyediakan aliran barang dan jasa yang bermanfaat bagi manusia dan lingkungan yang dihasilkan oleh berbagai proses ekosistem. Jasa lanskap berada pada cakupan yang lebih luas yaitu mencakup jasa ekosistem dan jasa lingkungan, termasuk biodiversitas, sumber daya air, keindahan lanskap, karbon tersimpan, dan lain sebagainya. Skema C menunjukkan bahwa jika jasa ekosistem terjaga dengan baik, maka jasa lingkungan akan terjaga dengan baik sehingga jasa lanskap pun akan dapat terjaga keberlanjutannya.

18 02 2018
Trunismita M A44150056 (10:03:57) :

1. Skema yang paling sesuai dalam menjelaskan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C
2. Skema C adalah skema yang paling sesuai dalam merepresentasikan hubungan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap, karena ketiga jasa tersebut tidak dapat terpisahkan dan saling berkaitan satu dengan yang lain. Jasa ekosistem dihasilkan dari hubungan timbal balik yang seimbang antara berbagai komponen kehidupan, baik biotik maupun abiotik. Jasa lingkungan merupakan jasa yang berasal dari keberhasilan ekosistem yang manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Sementara, jasa lanskap dihasilkan dari keberhasilan hubungan timbal balik antara ekosistem dan lingkungan, sehingga jasa ekosistem dan jasa lingkungan termasuk dalam cakupan jasa lanskap. Jasa lanskap meliputi keragaman hayati, karbon tersimpan, pengelolaan air, keindahan alam, ketersediaan oksigen, dan kenyamanan lingkungan. Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa ketiga jasa ini saling berhubungan satu sama lain. Jika jasa ekosistem dapat terkelola dengan baik, maka jasa lingkungan juga akan berlangsung dengan baik, Apabila jasa ekosistem dan jasa lingkungan terjadi dengan baik, maka jasa lanskap juga akan berlangsung dengan baik.

18 02 2018
Mita Fitria Rahmawati/A44150043 (10:45:35) :

1. Menurut saya skema yang sesuai untuk menjelaskan hubungan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C.

2. Pada skema C menjelaskan bahwa hubungan antara jasa ekosisterm, jasa lingkungan dan jasa lanskap merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Jasa ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara komponen biotik dan abiotik. Jasa lingkungan merupakan jasa dari suatu fungsi ekosistem baik langsung maupun tidak langsung. Dan jasa lanskap adalah hasil dari hubungan timbal balik antara ekosistem dan lingkungan.
Apabila jasa ekosistem dikelola dan memberikan dampak positif, maka akan memberi dampak yang baik juga pada jasa lingkungan. Dengan Jasa lingkungan yang baik, maka jasa lanskap akan berjalan dengan baik juga. Karena itulah skema C menjelaskan tentang ketiga jasa tersebut yang menjadi satu kesatuan dan tidak dapat dipisahkan.

18 02 2018
Kadek Aditya P P (10:53:07) :

Nama : Kadek Aditya Pranawisnu
NIM : A44150031
…..
1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Lanskap, Jasa Lingkungan & Jasa Ekosistem menurut saya adalah Skema C
2. Kita harus melihat definisi dari ketiga jasa tersebut :
– Jasa Ekosistem merupakan jasa yang diberikan dari hasil hubungan timbal balik antara elemen abiotik dengan elemen biotik dengan output berupa keanekaragaman hayati
– Jasa Lingkungan merupakan jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alami maupun buatan yang nilai maupun manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh para pemangku kepentingan (stakeholders) dalam rangka membantu memelihara dan/atau meningkatkan kualitas lingkungan dan kehidupan mahluk hidup
– Jasa Lanskap merupakan jasa yang diberikan pada suatu lanskap atau bentang alam yang memiliki keanekaragaman biotik maupun abiotik yang manfaatnya dapat meningkatkan kualitas lingkungan maupun kenyamanan manusia karena juga memperhatikan tata guna lahan maupun nilai sosial budaya pada suatu lanskap.
Jika dilihat dari definisi nya masing-masing, tersurat bahwa jasa ekosistem merupakan bagian dari suatu jasa lanskap, karena jasa ekosistem timbul dari komponen biotik dan abiotik dimana komponen tersebut mutlak sebagai komponen lingkungan. Dan output dari jasa ekosistem (keanekaragaman hayati) merupakan sebuah objek yang dimanfaatkan oleh pemangku kepentingan (stakeholders) dalam keberlangsungan mahluk hidup. Kemudian, jasa lingkungan merupakan bagian dari jasa lanskap karena pada jasa lanskap, selain mempelajari tentang jasa lingkungan, terdapat elemen tambahan yaitu Tataguna Lahan & Nilai Sosial Budaya yang menjadikan jasa lanskap sebagai cakupan terluasnya.
Pada skema A. Jasa lanskap, jasa lingkungan dan jasa ekosistem dianggap sebagai sebuah pemahaman yang masing-masingnya berdiri sendiri dengan berusaha mencari irisan antar dua definisi atau lebih. Sehingga tidak tepat.
Pada skema B. Jasa lingkungan dan jasa ekosistem dianggap sebagai unit yang terpisah yang merupakan bagian dari jasa lanskap. Padahal dari definisinya, jasa ekosistem tidak dapat dipisahkan dari jasa lingkungan. Sehingga tidak tepat.
Pada skema C. Sangat menggambarkan hubungan ketiga unit tersebut. Jasa Ekologi merupakan cakupan terkecil yang merupakan bagian dari Jasa Lingkungan dimana Jasa Lingkungan merupakan bagian dari Jasa Lanskap. Ketiga unit ini tidak dapat dipisahkan dan harus dikelola secara menyeluruh, artinya, bila kita mengelola jasa lanskap dengan baik, maka hasil yang impresif akan dirasakan oleh jasa lingkungan dan jasa ekosistem. Berbeda halnya dengan apabila kita hanya berfokus pada pengelolaan jasa ekosistem, hal ini hanya akan memberikan sedikit pengaruh pada jasa lingkungan, apalagi pada jasa lanskap. Jadi, kualitas jasa lanskap yang baik akan memberikan dampak yang baik pada jasa lingkungan dan jasa ekosistem secara keseluruhan.
Terimakasih..

18 02 2018
RUTH MEVIANNA AURORA A44150061 (11:25:33) :

Dalam terori keseimbangan C, Ekosistem dinilai sebagai lingkup skala mikro, lingkungan sebagai lingkup skala meso dan lanskap sebagai lingkup skala makro yang saling menaungi dan mempengaruhi secara keseluruhan.

Pengertian ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya.Ekosistem sendiri terdiri dari komponen biotik( hidup) dan abiotic (tak hidup) yang saling mempengaruhi. Sehingga, jasa Ekosistem menghadirkan ketersediaan sumber daya biotik dan abiotic dalam menyediakan fungsi penyediaan yaitu pangan, air bersih , dan bahan bakar ; fungsi pengaturan seperti pengaturan iklim, tata aliran air&banjir, pemeliharaan kualitas udara, dan pengolahan penguraian limbah; fungsi budaya yaitu tempat tinggal & ruang hidup; serta fungsi pendukung yaitu siklus hara, pembentukan lapisan tanah, dan biodeversitas. Apabila salah satu faktor dalam ekosistem hilang maka akan merusak lingkungan.

Jasa lingkungan adalah upaya pemanfaatan potensi yang diberikan oleh fungsi ekosistem dengan tidak merusak dan tidak mengurangi fungsi pokok ekosistem tersebut, sehingga jasa lingkungan adalah produk sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya yang berupa manfaat langsung (tangible) & manfaat tidak langsung (intangible) yang dihasilkan dari penggunaan lahan dan perairan, yang meliputi antara lain jasa wisata alam, jasa perlindungan tata air (hidrologi), kesuburan tanah, pengendalian erosi dan banjir, keindahan dan keunikan alam, penyerapan dan penyimpanan karbon (carbon offset). Dengan demikian, lingkungan adalah jasa yang memiliki nilai strategis dan ekonomi tinggi.

Lanskap sebagai lingkup skala makro menaungi dan mempersatukan segala komponen dalam ekosistem dan lingkungan . Dalam lanskap,Keberhasilan ekosistem dan lingkungan akan mempengaruhi keberhasilan suatu lanskap di muka bumi dalam menghadirkan tatanan kehidupan yang baik serta manfaat maksimal bagi makhluk hidup dan sekitarnya .

Sebagai contoh, Ekosistem pada sungai memiliki aliran sungai g bervariasi bergantung pada letak ketinggian serta garis lintangnya. Pada ekosistem ini, komponen biotik meliputi tumbuhan, seperti ganggang, dan binatang seperti ikan.Sementara komponen abiotic meliputi batu, cahaya, dan kelembaban udara yang memperngaruhi kehidupan di sungai. Dalam Lingkungan sungai, sungai dikelompokan menjadi sungai lurus, , teranyam, serta kelok. Contohnya, Pada sungaii lurus, kemampuan pengendapan sedimen kecil dan bentuk sungai lurus sehingga spesies yang hidup adalah ikan lele, gurame, ular atau buaya. Pada lanskap sungai mengacu pada hulu sampai hilir dengan memperhatikan kondisi sungai dari fisik, biologi serta kimia serta pengaruhnya pada keadaan sekitar seperti hutan, pertanian dan masyarakat.

18 02 2018
Sheila Kirana Azalia (14:08:08) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap adalah skema C

2. Skema C menggambarkan adanya hubungan saling terkait antara jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap. Jasa lingkungan adalah jasa yang terdiri dari faktor biotik dan abiotik. Jasa lingkungan lebih di fokuskan ke lingkungan fisik seperti tanah, air dan udara. Contoh jasa lingkungan yaitu melihat keanekaragaman hayati, sosial dan budaya yang berlaku. Jasa ekosistem adalah jasa yang mulai memasukan unsur ekonomi didalamnya. Contoh jasa ekosistem yaitu karbon stock. Jasa lanskap adalah jasa yang menggabungkan keduanya, namun bukan berarti karena jasa lanskap cakupannya lebih besar dibandingkan dengan jasa ekosistem dan jasa lingkungan menjadikan jasa lanskap penentu segalanya. Jasa lanskap yang baik tercipta apabila jasa ekosistem dan jasa lingkungannya juga baik. Contoh jasa lanskap mencakup keragaman hayati, karbon stock, keindahan alam, pengelolaan air, ketersediaan oxygen hingga kenyamanan lingkungan.

18 02 2018
Rienelda Dani Sofyanti (14:11:17) :

1.Skema yang paling sesuai menurut saya adalah skema C.
Jasa lingkungan mencakup nilai fisik dan biofisik, biotik dan abiotic yang berpengaruh secara langsung ke individu, nilai ini merupkan nilai terkecil.
Jasa ekosistem cakupannya lebih luas dari jasa lingkungan berupa habitat suatu individu.
Jasa lanskap mencakup jasa ekositem dan jasa lingkungan. Tidak hanya berpengaruh pada lingkungan di sekitaranya namun jasa-jasa tersebut dapat berpengaruh secara makro. Jasa lanskap merupakan asset yang dimiliki oleh suat wilayah yang tentu saja memiliki nilai jual secara ekonomi

2. Alasan saya memilih skema C yaitu : Strong sustainability akan menciptakan pola C. Pola C jasa lanskap telah mencakup jasa lingkungan dan jasa ekosistem yang tentu saja telah mencakup nilai ekonomi didalamnya. Pola ini berbentuk lingkaran besar sebagai jasa lanskap, kemudian jasa lanskap ini akan menciptakan lingkaran yang lebih kecil yaitu jasa lingkungan. Lalu jasa lingkungan ini akan menciptakan lingkaran yang lebih kecil lagi yaitu jasa ekonomi.

Jasa lanskap tidak hanya mempengaruhi lingkungan di sekitarnya akan tetapi mencakup jasa-jasa lainnya yang dapat berepengaruh secara makro. Jasa lanskap akan menciptakan jasa lingkungan dimana jasa ini mencakup nilai fisik dan biofisik, biotik dan abiotic, dan merupakan nilai jasa terkecil. Jasa lanskap sendiri merupakan ‘aset’ dari sebuah daerah. Kemudian akan tercipta nilai ekonomi yang dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan manusia.

Misalnya jasa lanskap karbon tersimpan dapat terwujud dari banyaknya vegetasi pada suatu daerah, misalnya hutan alami yang masih terjaga, hutan kota, serta ruang terbuka hijau pada suatu wilayah. Jasa lanskap karbon tersimpan ini bukan hanya memberikan efek terhadap wilayah itu saja namun terhadap penurunan jumlah karbon kiriman dari wilayah lain. Tentu saja hal itu akan berpengaruh pada penurunan jumlah karbon di seluruh dunia. Hutan alami yang masih terjaga, serta adanya hutan kota dan ruang terbuka hijau menciptakan habitat bagi hewan serta tembat tumbuh bagi tumbuhan sehingga biodiversity akan tetap terjaga. Iklim mikro yang tercipta dari hutan kota dan RTH memberikan kenyamanan bagi manusia. Inilah yang dimaksud dengan jasa lingkungan. Jasa lanskap dari Karbon tersimpan tersebut merupakan ‘aset’ bagi wilayah tersebut, wilayah lain disekitarnya diwajibkan untuk membayar setiap karbon tersimpan dari wilayah tersebut. Inilah jasa ekonomi yang diperoleh dari wilayah tersebut.

Suatu Jasa lanskap selalu berhubungan dengan jasa lanskap lainnya. Sehingga nilai ekonomi yang tercipta tidak terhingga. Nilai ekonomi bukan hanya sekedar ‘uang’ namun lebih dari itu. Jasa lanskap akan mencipatakan ketahanan pangan, obat utuk berbagai jenis penyakit, lingkungan yang nyaman dan sehat, terjaganya kearifan lokal, dan masih banyak lagi.

18 02 2018
Fatimah Azzahra (15:10:29) :

Nama: Fatimah Azzahra
NIM: A44150066

Menurut saya skema yang cocok untuk menjelaskan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap ada skema C.

Hal itu karena jasa ekosistem tercakup dalam jasa lingkungan dan jasa lingkungan tercakup dalam jasa lanskap. Jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap masing-masing cakupannya bertingkat semakin banyak.
Jasa ekosistem merupakan jasa atau manfaat yang di hasilkan dari hubungan unteraksi antara unsur biotik dan abiotik dari suatu ekosistem. Jasa ekosistem dapat berupa produk yang dapat dimanfaatkan langsung seperti minyak bumi, bahan tambang, bahan pangan, dan sebagainya.
Jasa lingkungan merupakan jasa atau manfaat yang dihasilkan dari beberapa ekosistem yang terintegrasi di alam. Jasa lingkungan yang dirasakan berupa hasil tidak langsung seperti tata air, iklim, biodiversitas, dan sebagainya.
Jasa lanskap mencakup keseluruhan dari jasa ekosistem dan jasa lingkungan. Jasa lanskap merupakan manfaat yang dapat di peroleh dari sebuah lanskap secara keseluruhan, seperti keindahan, karbon tersimpan, Sumberdaya air, keanekaragaman hayati, sosial budaya, dan sebagainya.

18 02 2018
META SHAFIRA - A44150039 (16:48:22) :

1. Diantara ketiga skema tersebut, skema yang paling sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah Skema C

2. Jasa Ekosistem merupakan jasa yang dihasilkan dari adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Contoh : minyak bumi yang berasal dari pelapukan fosil makhluk hidup dimanfaatkan manusia sebagai bahan bakar ; berbagai jenis makhluk hidup laut yang dapat dikonsumsi manusia sebagai sumber pangan dsb.
Sedangkan Jasa Lingkungan merupakan jasa yang dihasilkan dari keberhasilan suatu fungsi ekosistem, yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan langsung maupun tidak langsung untuk meningkatkan kualitas lingkungan berupa barang dan/atau jasa. Contoh : ekosistem terumbu karang pada suatu lokasi yang dijaga dengan baik dapat menjadi tujuan dan aset wisata selam. Apabila terjadi kerusakan lingkungan pada lokasi tersebut dapat menurunkan daya tarik wisata selam. Kelestarian ekosistem yang terjaga dengan baik menyediakan jasa lingkungan untuk wisata selam.
Sedangkan Jasa Lanskap merupakan Jasa yang dihasilkan dari suatu lanskap, yang berintergrasi dengan keseluruhan aspek pada ekosistem maupun lingkungan. Jasa lanskap mencakup Keragaman hayati ; Karbon tersimpan ; Keindahan alam ; Pengelolaan air ; Ketersediaan oksigen ; dan Kenyamanan lingkungan.

Skema A “Triple bottom line” dinilai belum representatif karena ketiga jasa masing-masing memiliki proporsi yang sama dan hanya memberikan irisan yang berkaitan dalam konsep keberlanjutan.
Sedangkan Skema B juga dinilai belum representatif karena hanya menggambarkan Jasa Ekosistem dan Jasa Lingkungan sebagai bagian dari Jasa Lanskap. Namun tidak menunjukkan keterkaitan antara keduanya.
Sehingga Skema C “Strong-form Sustainability” dinilai paling sesuai karena menggambarkan ruang lingkup Jasa Lanskap yang lebih luas dan dirasa lebih baik karena berkaitan dengan pola hubungan suatu proses ; lebih bisa menyatukan disiplin ilmu ; dan lebih aplikatif. Suatu Jasa Ekosistem yang berjalan dengan baik (dan dalam cakupan lebih luas) akan menghasilkan suatu Jasa Lingkungan. Jasa Ekosistem dan Jasa Lingkungan saling berkaitan dan dipandang sebagai bagian dari Jasa Lanskap.

18 02 2018
DESY CITRA SARI A44150026 (17:13:06) :

1. Skema yang sesuai untuk menunjukkan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan dan Jasa Lanskap adalah skema C (strong sustainability)

2. Argumen:
Secara definisi dapat diketahui bahwa ketiga jasa merupakan suatu sistem yang saling terintegrasi, namun memiliki perbedaan aspek atau luasan cakupan objeknya.

Jasa Ekosistem adalah jasa yang dihasilkan dari hubungan timbal balik antara elemen biotik (mahkuluk hidup) dan abiotik (tanah, air, udara, dsb), jasa ekosistem ini menghasilkan keanekaragaman hayati yang dapat memberikan kesejahteraan ekonomi bagi manusia.

Jasa lingkungan adalah jasa yang dihasilkan dari fungsi ekosistem alami maupun buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka membantu memelihara dan/atau meningkatkan kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat dalam mewujudkan pengelolaan ekosistem secara berkelanjutan.

Jasa Lanskap adalah jasa yang dihasilkan dari suatu lanskap atau bentang alam, terakait dengan tata guna lahan, yang hasilnya dapat meningkatkan kualitas lingkungan dan kenyamanan manusia. Jasa lanskap mencakup keragaman hayati, karbon tersimpan, keindahan alam, pengelolaan air, ketersediaan oksigen, hingga kenyamanan lingkungan. Seluruh cakupan tersebut dikaji dalam aspek ekonomi, ekologi, dan sosial.

Skema C menunjukkan sebuah sistem yang saling terintegrasi namun berbeda luasan cakupan objeknya. Skema tersebut sangat tepat merepresentasikan definisi dari masing-masing jasa, dimana jasa lanskap mencakup keseluruhan dari jasa lingkungan yang dihasilkan dari jasa ekosistem. Disebut strong sustainability karena ekonomi hanya menjadi bagian kecil dari lingkungan.

18 02 2018
Amalia Nailur Rahmah (17:14:49) :

Skema pengertian jasa lanskap, jasa lingkungan dan jasa ekosistem yang paling tepat berdasarkan keterhubungannya adalah Skema C. Dilansir dari Teknik Pemanfaatan Jasa Lingkungan dan Wisata Alam oleh Suprayitno, Jasa lingkungan merupakan jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alam maupun buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung
maupun tidak langsung oleh para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka membantu memelihara dan atau meningkatkan kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat dalam mewujudkan pengelolaan ekosistem secara berkelanjutan. Sedangkan jasa lanskap sendiri adalah jasa yang diberikan pada suatu lanskap atau bentang alam yang memiliki keanekaragaman biotik maupun abiotik yang manfaatnya dapat meningkatkan kualitas lingkungan maupun kenyamanan manusia karena juga memperhatikan tata guna lahan maupun nilai sosial budaya pada suatu lanskap. Sehingga dari ketiga pengertian tersebut dapat diartikan bahwa jasa ekosistem merupakan bagian dari jasa lingkungan serta jasa lingkungan merupakan bagian dari jasa lanskap, dan penggambaran yang tepat adalah skema C

18 02 2018
RESTI FAUZIYAH A44150068 (18:27:15) :

1. Skema yang paling cocok dalam menjelaskan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema pada gambar C.

2. Alasan terpilihya skema c dalam menjelaskan perbedaan-perbedaan tersebut karena antara ekosistem, lingkungan, dan lanskap saling terkait satu sama lain. Dalam hal ini, ekosistem merupakan bagian dari lingkungan dan lingkungan merupakan bagian dari lanskap. Berikut adalah penjelasan masing masing jasa tersebut:

Jasa ekosistem adalah manfaat yang didapatkan oleh seseorang dan masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung dari ekosistem. Pengelolaan lahan, air, dan sumber daya hayati secara terpadu yang mendorong konservasi dan pemanfaatan yang berkelanjutan menjadi dasar untuk menjaga jasa ekosistem, termasuk jasa-jasa yang berperan dalam pengurangan risiko bencana (Millenium Ecosystem Assessment 2013). MEA menggolongkan jasa ekosistem dalam empat kelompok yaitu jasa produksi, jasa pengaturan, jasa budaya, dan jasa pendukung.

Jasa lingkungan diartikan sebagai keseluruhan konsep sistem alami yang
menyediakan aliran barang dan jasa yang bermanfaat bagi manusia dan
lingkungan yang dihasilkan oleh proses ekosistem alami (Sutopo 2011). Jasa
lingkungan ialah manfaat yang diperoleh masyarakat dari hubungan timbal balik yang dinamis yang terjadi di dalam lingkungan hidup, antara tumbuhan, binatang, dan jasad renik dan lingkungan non-hayati. Walaupun kekayaan materi dapat membentengi perubahan lingkungan, manusia sangat tergantung pada aliran jasa lingkungan tersebut. Jasa lingkungan menjadi lebih bernilai akibat dampak perubahan iklim. Peristiwa-peristiwa cuaca ekstrim menyebabkan perubahan ekologis lingkungan (UNESCAP 2009).

Jasa lanskap merupakan hasil dan implikasi dari dinamika bentangan alam
yang diberi nilai oleh stakeholders dimana manfaatnya dapat dirasakan baik
secara langsung maupun tidak langsung dalam rangka membantu memelihara dan meningkatkan kualitas lingkungan serta kehidupan masyarakat (Munawir 2010). Terdapat empat jenis jasa lanskap yang dikenal masyarakat global, yaitu tata air, keanekaragaman hayati (biodiversitas), penyerapan karbon, dan keindahan lanskap.

Berdasarkan pengertian-peengertian tersebut, maka skema yang paling tepat dalam menjelaskan hubungan antara ketiganya adalah skema C.

18 02 2018
UKHTI FATIMAH SAVITRI / A44150036 (20:19:37) :

1. Skema yang paling sesuai adalah skema C
2. Saya meilih skema C karena berdasarkan skema tersebut dapat dilihat dari ruang lingkup dan kompleksitas yang terbesar adalah jasa lanskap, dimana jasa lanskap itu sendiri terdiri dari jasa lingkungan dan jasa ekosistem. Itulah mengapa jasa lingkungan dan jasa ekosistem berada di dalam lingkaran laskap, karena jasa lingkungan merupakan bagian dari jasa lanskap, dan jasa ekositem merupakan bagian dari jasa lanskap serta jasa lingkungan.

Untuk penjelasannya, dari yang terkecil adalah jasa ekosistem dimana yang dilihat hanyalah hubungan fisik antara makhluk hidup dengan lingkungannya (abiotik dan biotik), sementara jasa lingkungan melihat keberlangsungan ekosistem dengan ekosistem lainnya dari berbagai aspek, misalnya aspek ekonomi, sosial, budaya, dan lainnya sehingga dapat dikatakan ekosistem tersebut berhasil atau tidak. Oleh karena itulah, dalam jasa lingkungan perlu memperhatikan jasa ekosistem. Terakhir yang paling kompleks adalah jasa lanskap, yang tidak hanya menyediakan lanskap dari ekosistem dan lingkungannya saja tapi menyediakan lanskap dari sejauh mata memandang, sejauh telinga mendengar, sejauh hidung mencium, serta sejauh indra merasakan, maksudnya adalah jasa ini mempertimbangkan lingkungan dari berbagai aspek, bahkan tidak hanya dari tapak yang sedang diobservasi/ ingin di desain, tapi juga dari tapak lainnya, misalnya keindahan pemandangan secara keseluruhan.

18 02 2018
Dwi Rangga Septiana Fajar_A44150077 (20:22:41) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah gambar C.

2. Pada skema C menjelaskan bahwa ketiga hal tersebut yakni jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap memiliki hubungan satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. memiliki fungsi masing-masing dalam skala yang berbeda. Skala yang lebih besar ada pada Jasa Lanskap. Sebab, di dalam jasa lanskap terdapat jasa lingkungan dan jasa ekosistem. Jasa Lanskap juga meliputi keseluruhan aspek pada ekosistem maupun lingkungan. Jasa lanskap mencakup Keragaman hayati, Karbon tersimpan, Keindahan alam, Pengelolaan air, Ketersediaan oksigen, dan Kenyamanan lingkungan. Maka, apabila jasa lanskap dapat dikelola dengan baik maka jasa lingkungan dan jasa ekosistem juga pasti akan ikut terkelola dengan baik.

18 02 2018
Syihab Alzuhriy A44150023 (20:30:52) :

1. Menurut saya, skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan dan Jasa Lanskap adalah skema C. (walaupun jawabannya sama dengan teman-teman yang lain, bukan berarti saya meniru jawaban mereka. Saya punya alasan tersendiri)

2. Jika kita bandingkan ketiga skema tersebut, terlihat jelas perbedaan diantara ketiganya.
– Skema A : Menunjukkan bahwa ketiga aspek tersebut memiliki proporsi yang sama satu sama lain. Ketiga jasa tersebut berhubungan satu sama lain dan membentuk skema yang seimbang. Skema A sempat populer dan menjadi acuan dalam pembelajaran. Seiring berjalannya waktu, skema tersebut dirasa tidak cocok lagi dan bermunculan skema lingkungan lainnya.
– Skema B : Menunjukkan bahwa jasa ekosistem dan jasa lingkungan sederajat, tetapi tidak terhubung satu sama lain dan dinaungin oleh jasa lanskap. Skema tersebut mulai menunjukkan perbedaan hierarki dan tingkatan jasa. Jasa lanskap mencakup kedua jasa lainnya. Namun, pada skema ini jasa lingkungan dan jasa ekosistem tidak berhubungan sehingga skema ini tidak terlalu kuat.
– Skema C : Menunjukkan bahwa jasa tersebut memiliki tingkatan dan berhubungan satu sama lain. Jasa Lanskap menjadi Jasa yang paling besar kedudukannya. Jasa Lanskap mencakup Jasa Lingkungan dan Jasa Lingkungan mencakup Jasa Ekosistem. Hal ini sesuai dengan pengertian dan lingkup jasa tersebut.

Dilihat dari pengertian ketiga jasa tersebut, (1) Jasa Ekosistem adalah jasa yang diberikan oleh suatu ekosistem, baik biotik maupun abiotik. Seperti pangan, air bersih, keindahan alam, keanekaragaman hayati, kesuburan tanah, dan sebagainya. (2) Jasa Lingkungan adalah keseluruhan konsep sistem alami yang menyediakan aliran barang dan jasa yang bermanfaat bagi manusia dan lingkungan. Misalnya hutan sebagai ekosistem alami selain menyediakan berbagai macam produk kayu juga produk non kayu sekaligus menjadi reservoir besar yang dapat menampung air hujan, menyaring air tersebut yang bermanfaat bagi kehidupan manusia (Satopo 2011). (3) Jasa Lanskap adalah jasa yang diberikan suatu lanskap yang memiliki keanekaragaman biotik maupun abiotik yang dapat meningkatkan kualitas kehidupan dan kenyamanan manusia, serta memperhatikan nilai sosial, ekonomi, dan budaya.

Seluruh pengertian tersebut menunjukkan hubungan dan keterkaitan jasa satu sama lain. Hanya saja, ketiga jasa tersebut memiliki tingkatan dan lingkup yang berbeda-beda. Dimulai dari yang terkecil, (1) jasa ekosistem memiliki lingkup skala mikro, (2) jasa lingkungan memiliki lingkup skala meso, dan (3) jasa lanskap memiliki lingkup skala makro.

Terjawab sudah, skema C sangat sesuai dengan lingkup dan proporsi masing-masing dan saling berkaitan satu sama lain yang artinya kita harus mengelola secara keseluruhan, maksudnya ialah jika kita hanya mengelola jasa ekosistem saja tanpa mempedulikan jasa lingkungan ataupun jasa lanskap hanya memberikan sedikit dampak bagi kehidupan. Namun, jika kita mengelola jasa lanskap dengan baik akan mendukung keberlangsungan jasa lingkungan dan jasa ekosistem.

Terima kasih

18 02 2018
Fitria Salsa Binna (21:35:44) :

Fitria Salsa Binna/ A44150070

1. Menurut saya skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap adalah skema C

2.Skema C menggambarkan hubungan dari ketiga jasa (jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap) memiliki keterkaitan yang erat dalam keberlanjutan alam. Ekosistem sebagai lingkup skala mikro, lingkungan sebagai lingkup skala meso dan lanskap sebagai lingkup skala makro yang menaungi secara keseluruhan. Ekosistem merupakan suatu kesatuan yang dinamis dari faktor biotik dan abiotik yang saling berinteraksi satu sama lain. Jasa ekosistem berkaitan dengan ketersediaan sumber daya biotik dan abiotik tersebut dalam menyediakan empat jenis fungsi, yaitu fungsi penyediaan, fungsi penyediaan, fungsi pengaturan, fungsi budaya dan fungsi penunjang. Jasa ekosistem merupakan jasa dari unit terkecil bagi keberlangsungan manusia. Kerusakan terhadap ekosistem selanjutnya akan mengurangi kemampuan ekosistem tersebut untuk memberikan barang dan jasa yang penting bagi kehidupan. Jasa lingkungan didefinisikan sebagai keseluruhan konsep sistem alami yang mampu menyediakan aliran barang dan jasa yang bermanfaat bagi manusia dan lingkungan yang dihasilkan oleh proses ekosistem alami (Sutopo 2011). Menurut Peraturan Pemerintah Nomor 3 Tahun 2008 perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2007 tentang tata hutan dan penyusunan rencana pengelolaan hutan serta pemanfaatan hutan, jasa lingkungan adalah kegiatan untuk memanfaatkan potensi sumberdaya alam dengan tidak merusak lingkungan. Salah satu instrumen ekonomi yang dapat mengatasi penurunan kualitas lingkungan dalam penelitian ini adalah pembayaran jasa lingkungan. Jasa Lanskap sebagai lingkup skala makro berfungsi untuk memepersatukan dan menaungi segala komponen ataupun jasa yang ada dalam ekosistem dan lingkungan. Keberlanjutan ekosistem dan lingkungan akan mempengaruhi keberlanjutan suatu lanskap di muka bumi dan akan menghasilkan sumber kehidupan yang bermanfaat bagi makhluk hidup dan sekitarnya secara optimal. Dari ketiga pengertian tersebut dibentuklah skema C sebagai gambaran representatif dari keterkaitan antar ketiga jasa tersebut bagi keberlangsungan dan keberlanjutan makhluk hidup di bumi.

18 02 2018
Anhari Raushanfikri (21:37:51) :

1. skema yang sesuai untuk menjelaskan hubungan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C.

2. dalam skema C menunjukkan bahwa jasa-jasa tersebut saling berhubungan dan memiliki ruang lingkupnya masing-masing. dimulai dari ruang lingkup terkecil yaitu jasa ekosistem, ruang lingkupnya adalah hubungan antara elemen biotik dan abiotik pada ekosistem tersebut, seperti air, udara, lahan yang menunjang kehidupan makhluk hidup di ekosistem tersebut.
berlanjut ke jasa lingkungan, ialah fungsi ekosistem alam maupun buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka membantu memelihara dan/atau meningkatkan kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat dalam mewujudkan pengelolaan ekosistem secara berkelanjutan ( Sriyanto, 2007). Pemanfaatan Jasa Lingkungan adalah upaya pemanfaatan potensi jasa (baik berupa jasa penyediaan/provisioning services, pengaturan/ regulating services, maupun budaya/cultural services) yang diberikan oleh fungsi ekosistem dengan tidak merusak dan mengurangi fungsi pokok ekosistem tersebut.
Jasa Lanskap adalah jasa yang mencakup jasa ekosistem dan lingkungan dan lebih luas lagi dan memberikan manfaat secara langsung dan tidak langsung kepada penggunanya. sangat banyak aspek diliputi seperti keragaman hayati, pengelolaan air, karbon tersimpan, kualitas udara, kenyamanan dan keindahan, hingga faktor ekonomi, sosial, dan budaya. dengan terciptanya jasa ekosistem dan lingkungan yang baik maka tercipta juga jasa lanskap yang baik, sehingga seperti yang digambarkan pada skema C, semuanya harus berhubungan dan tidak dapat dipisahkan.

18 02 2018
ALVIN DIYANDRA A44150006 (21:49:15) :

1. Skema yang paling tepat dalam menjelaskan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah C.

2. Jasa Ekosistem adalah jasa yang diberikan dari hasil hubungan timbal baik antar abiotik dengan biotik, yaitu menghasilkan keanekaragaaman hayati. Jasa lingkungan adalah jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alam maupun buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka membantu memelihara dan/atau meningkatkan kualitas lingkungan dan kehidupan makhluk hidup. Jasa lanskap adalah jasa yang diberikan pada suatu lanskap atau suatu bentang alam atau kawasan yang memiliki keanekaragaman biotik maupun abiotik yang manfaatnya dapat meningkatkan kualitas lingkungan maupun kenyamanan manusia karena juga diperhatikan tata guna lahan maupun budaya pada suatu lanskap. Maka dari itu jika kita lihat dari definisi tersebut dan membandingkan dengan setiap skema yang ada: Pada skema A, skema tersebut mendeskripsikan keterhubungan jasa lanskap, jasa lingkungan, dan jasa ekonomi saling bekerja sama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Padahal jasa lingkungan dan jasa ekosistem bisa mencakup ke jasa lanskap. Pada skema B, Benar jika jasa lanskap mencakupi jasa ekosistem maupun jasa lingkungan, namun jasa ekosistem dan lingkungan terpisahkan. Padahal kedua jasa ini memiliki keterkaitan yang saling berhubungan, yaitu jasa lingkungan mencakup jasa ekosistem. Sedangkan pada skema C merupakan skema yang paling tepat, karena jasa lanskap merupakan keseluruhan dari jasa lingkungan yang diberikan oleh jasa ekosistem yang mana juga dapat memperhatikan budaya pada kelompok masyarakat di suatu lanskap.

18 02 2018
Syiffanis Fatimah A44150078 (22:57:59) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap adalah skema C.
2. Skema A tidak sesuai karena jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap merupakan jasa yang memiliki pengertian berbeda-beda.
Skema B tidak sesuai karena jasa ekosistem dan jasa lingkungan memiliki pengertian yang berbeda dan tidak berhubungan sama sekali. Namun jasa lanskap mencakup kedua jasa tersebut.
Skema C sesuai karena menggambarkan hubungan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap yang saling mempengaruhi dan berhubungan satu sama lain. Jasa ekosistem adalah jasa yang dihasilkan dari hubungan timbal balik antara komponen biotik dan abiotik yang ada di alam. Kemudian jasa lingkungan merupakan ruang lingkup yang lebih luas yaitu keseluruhan konsep sistem alami yang menyediakan aliran barang dan jasa yang bermanfaat bagi manusia maupun lingkungan. Jasa lingkungan dengan potensi pasar terbesar yaitu air, ekowisata, dan cadangan karbon (van Beukering et al. 2009). Jasa lingkungan ini bisa dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Jasa Lanskap lebih luas lagi cakupannya meliputi jasa ekosistem dan jasa lingkungan. Jenis jasa lanskap termasuk keanekaragaman hayati, karbon tersimpan, manajemen sumber daya air dan keindahan lanskap. Jasa lanskap ini merupakan skala makro yang meliputi jasa lingkungan pada skala meso dan jasa ekosistem pada skala mikro.

18 02 2018
Astrid Putri / A44150009 (23:28:24) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap adalah skema C
2. Skema C menjelaskan bahwa ketiga jasa tersebut saling terkait dan tidak bisa dipisahkan serta memiliki fungsi yang sama tetapi pada skala yang berbeda.
a. Jasa ekosistem adalah manfaat yang diterima oleh masyarakat baik itu seperti pengelolaan air, sumber daya hayati dan lainnya.
b. Jasa lingkungan adalah jasa yang bersistem alami dan memiliki manfaat bagi manusia dan lingkungan.
c. Jasa lanskap adalah untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan kenyamanan untuk kehidupan manusia dari suatu yang dihasilkan oleh bentang alam

18 02 2018
AYUSTIN NURAINI A44150002 (23:28:52) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah skema C.

2. Perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah sebagai berikut.
– Jasa Ekosistem adalah jasa yang dihasilkan oleh suatu ekosistem yang terdiri dari komponen biotik dan abiotik dimana kedua komponen tersebut memberikan hubungan timbal balik yang saling mempengaruhi satu sama lain. Cakupan wilayah Jasa Ekosistem cenderung sempit atau berada pada skala mikro. Contoh Jasa Ekosistem yaitu tersedianya bahan pangan, pakan, kayu, bahan bakar, kemampuan dalam pembenaman karbon, pengaturan iklim, dsb.
– Jasa Lingkungan adalah jasa yang dihasilkan oleh suatu lingkungan, dimana lingkungan tersebut terdiri dari seluruh sumber daya yang ada di dalamnya termasuk komponen biotik, abiotik, dan energi. Lingkungan digunakan sebagai tempat tinggal makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupannya di masa sekarang dan yang akan datang. Cakupan wilayah Jasa Lingkungan lebih luas daripada Jasa Ekosistem atau berada pada skala meso. Contoh Jasa Lingkungan yaitu tersedianya air bagi pertanian dan pengolahan air limbah.
– Jasa lanskap adalah jasa yang dihasilkan dari suatu lanskap dengan cakupan wilayah yang paling luas atau berada pada skala makro, dimana lanskap itu sendiri merupakan suatu bentang alam yang terlihat sejauh mata memandang, dan terdiri dari berbagai jenis lingkungan di dalamnya. Pada lanskap tersebut berlangsung kehidupan yang memengaruhi kondisi lingkungan. Jasa Lanskap cenderung lebih kompleks dibandingkan dengan jasa lainnya.

Saya memilih skema C (Strong Sustainability), karena skema C menunjukkan bahwa Jasa Ekosistem berada dalam lingkup Jasa Lingkungan, dan Jasa Lingkungan berada dalam lingkup Jasa Lanskap. Ketiga jasa tersebut berbeda, tetapi saling memengaruhi satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan. Misalnya, jika kondisi Jasa Ekosistem buruk, maka hal tersebut akan berpengaruh pada kondisi Jasa Lingkungan yang akan menjadi buruk, dan begitu pula pada kondisi Jasa Lanskap. Pada skema C menunjukkan bahwa Jasa Ekosistem memiliki cakupan luas wilayah yang lebih sempit dibandingkan dengan Jasa Lingkungan, dan Jasa lingkungan memiliki cakupan luas wilayah yang lebih sempit daripada Jasa Lanskap. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa ketiga jasa tersebut jelas memiliki cakupan luas wilayah yang berbeda-beda dan skema C dapat menunjukkan dimana jasa-jasa tersebut sesuai dengan pengertiannya.

Skema A, dirasa menggambarkan perbedaan jasa yang kurang tepat karena dapat dilihat pada gambar, meskipun Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap saling berkesinambungan satu sama lain, akan tetapi ketiga jasa tersebut memiliki luas wilayah yang sama. Hal tersebut jelas tidak sesuai dengan pengertian dari jasa-jasa itu sendiri.

Skema B, dirasa menggambarkan perbedaan jasa yang kurang tepat, karena dapat dilihat pada gambar bahwa Jasa Ekosistem dan Jasa Lingkungan memiliki cakupan luas wilayah yang sama besar dan kedua jasa tersebut berada di dalam Jasa Lanskap. Padahal, pada kenyataannya Jasa Ekosistem memiliki luas wilayah yang lebih sempit daripada Jasa Lingkungan dan Jasa Ekosistem berada di dalam Jasa Lingkungan.

Terima kasih
Ayustin Nuraini
A44150002

18 02 2018
ARIQOH KHAIRUNNISA A44150028 (23:30:22) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah skema C.
2. Skema C yang paling sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan dan Jasa Lanskap, karena tiga jasa tersebut memiliki perbedaan fungsi, namun tidak dapat dipisahkan atau saling berkaitan. Ekosistem adalah suatu proses yang terbentuk karena adanya hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya serta adanya komponen biotik dan abiotik yang terlibat dalam terbentuknya suatu ekosistem. Komponen-komponen tersebut berasal dari lingkungan yang cocok. Jadi, jasa ekosistem adalah kegiatan yang mengatur hubungan mahluk hidup dengan lingkungan. Ekosistem yang baik tercipta dari lingkungan yang mendukung.
Jasa lingkungan adalah penyediaan, pengaturan, penyokong proses alami, dan pelestarian nilai budaya oleh suksesi alamiah dan manusia yang bermanfaat bagi keberlangsungan kehidupan. Kegiatan untuk memanfaatkan potensi jasa lingkungan dengan tidak merusak lingkungan dan mengurangi fungsi utamanya. Jenis jasa lingkungan yaitu tata daur air, jasa lingkungan keanekaragaman hayati, jasa lingkungan penyerapan karbon dan jasa lingkungan keindahan. Jasa lingkungan merupakan penyedia tempat Mahluk Hidup berkembang. Lingkungan yang baik menghasilkan ekosistem yang beragam.
Jasa lanskap merupakan jasa yang mengelola suatu bentang alam yang sesuai dengan kondisi lingkungan. Lanskap sebagai dasar terbentuknya lingkungan yang akan menciptakan suatu ekosistem yang beragam.
Skema A dan B tidak menunjukkan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap. Pada skema A tiga jasa tersebut dalam lingkaran yang terpisah seghingga tidak menunjukkan perbedaan pada ketiga jasa tersebut dan tidak ada hubungan antara ketiga jasa tersebut. Skema B terlihat bahwa jasa lingkungan dan jasa ekosistem berada dalam lingkaran jasa lanskap namun skema B tidak menunjukkan perbedaan antara jasa ekosistem dan jasa lingkungan. Pada skema C menunjukkan jasa lanskap mempengaruhi jasa lingkungan jasa lingkungan mempengaruhi jasa ekosistem. Lanskap yang sesuai akan menciptakan lingkungan yang sesuai dan lingkungan yang sesuai akan menciptakan ekosistem yang beragam. Sehingga pada skema C terlihat perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap.

19 02 2018
Amelia Putri Fadhilah (00:43:35) :

AMELIA PUTRI FADHILAH (A44150030)

Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap adalah skema C.
Yang digambarkan pada skema C bahwa jasa ekosistem mencakup jasa lingkungan dan jasa lanksap. Dimana jasa ekosistem memiliki skala yang paling luas diantara jasa lingkungan dan jasa lanskap. Dengan hal itu, jasa lanskap memiliki skala yang paling kecil. Jasa ekosistem adalah hubungan antara biotik dan abiotik yang ada pada suatu ekosistem tertentu. contoh jasa ekosistem yaitu, fungsi udara, air, tanah, yang memberikan manfaat kepada makhluk hidup pada suatu ekosistem. Jasa lingkungan adalah nilai dan manfaat yang diambil dari suatu ekosistem sehingga dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh para stakeholder untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kualitas lingkungan pada suatu ekosistem dengan tujuan membentuk ekosistem yang berkelanjutan. Contoh dari jasa lingkungan sendiri yaitu, hutan sebagai ekosistem alami selain menyediakan berbagai macam produk kayu juga menyediakan produk non kayu sekaligus juga menjadi reservoir besar yang dapat menampung air hujan, menyaring air yang kemudian melepasnya secara gradual, sehingga air tersebut bermanfaat bagi kehidupan manusia selain itu manfaat dalam bentuk lainnya adalah keindahan dan ketenangan. Selain itu, jasa lingkungan dibagi lagi menjadi 3 kelompok sehingga dapat tercipta jasa lignkungan yang bai yaitu, jasa produksi (jasa yang mencerminkan barang dan jasa dari hasil ekosistem tersebut), jasa pengaturan (hasil kemampuan ekosistem dalam mengatur iklim, siklus air dan biokimia, proses permukaan tanah dan proses biologis), dan jasa budaya (jasa yang berkaitan dengan manfaat yang manusia dapatkan melalui hiburan, pengembangan penalaran, relaksasi, dan refleksi spiritual. Hilangnya jasa-jasa ekosistem akan mengurangi kesejahteraan manusia di semua tingkatan. Jasa lanskap adalah hasil yang diberikan oleh suatu kawasan kecil dimana dapat memberikan manfaat bagi makhluk hidup di sekitarnya dengan mempertimbangkan faktor ekonomi, sosial, dan budaya. Contoh dari jasa lanskap sendiri yaitu, karbon tersimpan, keragaman hayati, air tersimpan, keindahan alam, pengelolaan air, sampai kenyamanan lingkungan. Dengan hal itu, ketiga jasa tersebut tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya karena saling berpengaruh dan berkaitan erat.

19 02 2018
Indira Dwi Imara (A44150053) (00:46:57) :

1. Skema yang paling sesuai untuk menjelaskan perbedaan ketiga jasa adalah skema C.

2. Skema A, B, dan C merupakan skema keberlanjutan yang digunakan dalam berbagai bidang. Pada manajemen lanskap, skema C yang merupakan skema strong sustainability digunakan sebagai landasan. Skema strong sustainability ini lebih menggambarkan mengenai satu kesatuan hubungan pada jasa lanskap.

Pada dasarnya, komponen terkecil dari jasa lanskap adalah jasa lingkungan. Lingkungan merupakan suatu gabungan dari biotik dan abiotik yang saling berkaitan di alam. Ilmu yang mempelajari tentang jasa dari lingkungan biasanya berputar pada dua hal tadi, seperti supply oksigen untuk manusia yang dilakukan oleh makhluk hidup yang dapat berfotosintesis (flora, fitoplankton). Oleh karena berputar di sekitar makhluk hidup dan lingkungannya, jasa lingkungan menjadi bagian paling sederhana dari skema ini.

Komponen kedua, yang lebih besar dari jasa ekosistem, adalah jasa ekosistem. Ekosistem merupakan gabungan lingkungan yang kompleks, dimana berkaitan dengan beragam keanekaragaman hayati dan habitat tempat tinggalnya. Ilmu yang mempelajari jasa dari ekosistem ini berputar pada ekosistem dan spesies yang diakomodasinya, seperti keindahan yang ada di hutan hujan tropis. Melihat skema, dapat disimpulkan pula bahwa jasa ekosistem turut mencakup jasa lingkungan.

Komponen terbesar dari skema ini adalah jasa lanskap. Lanskap, dalam hal ini, merupakan sebuah hubungan kompleks antara lingkungan dan ekosistem. Jasa-jasa lanskap merupakan jasa-jasa yang juga turut ada di lingkungan dan ekosistem, seperti karbon tersimpan dan keanekaragaman hayati. Jasa lanskap ini lebih baik untuk digunakan karena pengasosiasiannya yang lebih sesuai dengan proses dan pola manajemen, lebih dapat menyatukan beragam disiplin ilmu, serta lebih relevan dan sah untuk dikaitkan pada masyarakat lokal.

Berdasarkan landasan strong sustainability, pengaitan proses manajemen lanskap dan pembuatan rencana pengelolaan dapat dilakukan dengan lebih baik. Dengan begitu, lanskap dapat terkelola dengan lebih baik lagi, sesuai dengan keadaan lingkungan dan ekosistem yang ada di dalam lanskap tersebut.

19 02 2018
ELIN MARLINA/A44150033 (05:25:40) :

Menurut saya skema yang paling sesuai untuk menjelaskan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap yaitu skema C.

Pada dasarnya, baik skema A, B, maupun C merupakan skema yang sama-sama menjelaskan mengenai keberlanjutan suatu lanskap. Namun, dalam menjelaskan perbedaan ketiga jasa tersebut lebih sesuai digambarkan oleh skema C (Strong-sustainability) karena pada skema ini digambarkan bahwa antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dalam keberlanjutan suatu lanskap, hanya terdapat perbedaan pada ruang lingkupnya. Ruang lingkup ekosistem yaitu berskala mikro, lingkungan berskala meso, dan lanskap berskala makro sehingga cakupannya paling besar dan kompleks.

19 02 2018
Aini (06:32:48) :

Nama : Nurul Aini Febriyanti
NIM : A4150008
1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap merupakan skema C
2. Jasa Ekosistem
Merupakan jasa yang dihasilkan dari hubungan timbal balik makhluk hidup (MH) dengan lingkungan (biotik dan biotik). Hal ini memiliki pengaruh nilai, baik langsung maupun tidak langsung, menghasilkan keanekaragaman hayati.
Jasa Lingkungan
Merupakan jasa yang dihasilkan jika ekosistem berhasil serta nilai lingkungan meningkat mengakibatkan beberapa manfaat, seperti meningkatnya kualitas lingkungan meningkatnya kehidupan MH. Jasa lingkungan berupa tata air, iklim, keindahan, dan keanekaragaman.
Jasa Lanskap
Merupakan jasa yang berasal dari perpaduan ekosistem dan lingkungan menghasilkan manfaat berupa keanekaragaman hayati yang berperan pada kultur, sosial, ekonomi, politik, serta masyarakat.

19 02 2018
KARINA FITRIA LARASATI A44150052 (06:45:30) :

Karina Fitria Larasati (A44150052)

1. Menurut saya, skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan diantara ketiga jenis jasa dalam manajemen jasa lingkungan tersebut adalah skema C.

2. Skema C (strong-sustainability) memiliki gambaran yang sangat representatif dari ketiga unit jasa tersebut. Keterhubungan antara Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap tidak dapat dipisahkan satu sama lain dan perlu dikelola secara menyeluruh. Gambaran secara luas dan menyeluruh terdapat Jasa Lanskap yang mencakup keragaman hayati, keindahan alam, karbon tersimpan, pengelolaan air, ketersediaan oksigen, dan kenyamanan lingkungan. Selanjutnya di dalam Jasa Lanskap terdapat unit-unit Jasa lingkungan yang dihasilkan oleh fungsi ekosistem baik biotik dan abiotik, nilai dan manfaat yang dirasakan dapat meningkatkan kualitas lingkungan baik secara langsung maupun tidak langsung. Setiap unit jasa lingkungan tersebut juga mempunyai lingkup jasa yang lebih mikro yaitu Jasa Ekosistem. Jasa Ekosistem dihasilkan oleh hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungan yang berlangsung baik timbal baliknya. Pengaruh dari Jasa Lanskap yang berlangsung secara makro akan menciptakan Jasa Lingkungan dengan Jasa Ekosistem didalamnya. Sebagai sebuah asset daerah, Jasa Lanskap digunakan untuk meningkatkan nilai ekonomi disekitar daerah tersebut.

19 02 2018
ANNIES MIFTAKHUL SHOLEHAH A44150035 (07:10:41) :

Saya memilih skema C untuk menjelaskan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap.
Alasan saya memilih skema C adalah adanya keterhubungan dan keberlanjutan antara ketiga jenis jasa lanskap tersebut. Keterhubungan dan keberlanjutan disini mengartikan bahwa ketiga jenis jasa lanksap tersebut berkaitan satu sama lain tanpa terpisahkan. Skema C menjelaskan bahwa jasa lanskap dapat mencakup semua jenis jasa lain didalamnya yaitu jasa lingkungan yang dapat mencakup pula jasa ekosistem. Jasa ekosistem merupakan bagian dalam, dimana jasa ekosistem ini mempengaruhi isi terhadap jenis jasa berikutnya yaitu jasa lingkungan dan jasa lanskap. Jasa ekosistem adalah suatu manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat terkait dengan adanya timbal balik keragaman hayati berupa elemen biotik maupun abiotik dan produktivitas tanpa batas, dimana didalam jasa tersebut terdapat pula nilai ekonomi. Pada skema C peran keberlanjutan dipandang sebagai sasaran manusia menuju keseimbangan ekosistem. Keseimbangan ekosistem tersebut dapat memberikan kenyamanan untuk setiap makhluk didalamnya. Jasa Lingkungan adalah suatu manfaat yang ada terkait dengan adanya fungsi dari jasa sebelumnya yaitu jasa ekosistem yang dapat dirasakan oleh beberapa yang memiliki kepentingan terhadapnya sehingga dapat membantu keberlanjutan dari lingkungan dan berbagai jenis makhluk hidup disekitarnya. Jasa Lanskap sendiri adalah jasa makro dimana jasa ini memberikan jasa atau manfaat secara luas, karena lanskap sendiri memiliki pengertian sejauh mata memandang kita dapat merasakan adanya keindahan tersendiri yang tak terbatas. Dimana jenis jasa lanskap tidak hanya memberikan manfaat dari alam saja tetapi juga terhadap nilai-nilai sosial lainnya.
Dari penjelasan tersebut memberikan pengertian bahwa skema C adalah yang terbaik dari ketiga pilihan skema yang ada.Namun, ketiga skema tersebut menceritakan keberlanjutan terhadap jenis jasa lanskap yang berbeda. Kedua skema yang tidak terpilih belum tentu tidak baik, walaupun setiap skema memiliki latar belakang mereka tetap memberikan pengertian mengenai konsep keberlanjutan jenis jasa lanskap.

19 02 2018
Dian Pangesti (A44150032) (07:34:29) :

1. Menurut saya skema yang sesuai menjelaskan perbedaa jasa ekosistem, jasa lingkungan adalah skema C.
2. Alasan mengapa skema C yang paling sesuai menurut saya karena pada jasa ekosistem, jasa yang dihasilkan mencakup tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Pengertian tersebut menjelaskan bahwa cakupan jasa ekosistem merupakan sebagian dari aspek lingkungan. Sedangkan jasa lingkungan sendiri didefinisikan sebagai jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alam maupun buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka membantu memelihara dan/atau meningkatkan kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat dalam mewujudkan pengelolaan ekosistem secara berkelanjutan. Kemudian untuk jasa lanskap sendiri dihasilkan dari interaksi timbal balik antara ekosistem, lingkungan dan komponen lainnya.

19 02 2018
Yudhy Darma (08:13:56) :

1. Menurut saya, skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan diantara ketiga jenis jasa dalam manajemen jasa lingkungan tersebut adalah skema C.

2. Skema C adalah skema yang menurut saya lebih baik dan saling terkait. Karena sejatinya jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap tidak dapat terpisahkan. Jika salah satu unsur terganggu terutama pada jasa ekosistem maka jasa yang lain pun ikut terganggu.

Jasa ekosistem adalah jasa yang ditimbulkan oleh interaksi antara makhluk hidup (biotik) contohnya manusia, hewan, dan tumbuhan dengan makhluk tak hidup (abiotik) contohnya batu, air, udara, dan lain-lain. Keseimbangan ekosistem akan memberikan dampak yang baik untuk jasa lingkungan. Jika terjadi ketidakstabilan dalam ekosistem maka akan menurunkan hasil dari jasa lingkungan. Jasa lingkungan dapat dirasakan secara langsung dan tidak langsung. Jasa lingkungan jika digabung dengan jasa lingkungan lainnya maka akan menghasilkan jasa lanskap secara luas. Jasa lanskap inilah yang menyediakan ketersediaan air bersi, udara bersih, keanekaragaman hayati, dan lain-lain. Jasa lanskap sangat penting tapi jangan sampai melupakan komponen kecil penyusun jasa tersebut karena jasa-jasa ini saling terkait dan mempengaruhi

19 02 2018
Muhammad Taufiq Khairullah Effendi (A44150064) (08:45:34) :

1.Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap adalah skema C.

2.Dalam skema C kita dapat melihat bahwa ketiga jasa tersebut saling terkait satu sama lain dan tidak dapat dipisahkan.Dimana Skema C menjelaskan bahwa ketiga jasa tersebut saling terkait dan tidak bisa dipisahkan serta memiliki fungsi yang sama tetapi pada skala yang berbeda.
Disamping itu terdapat pengertian yang berbeda antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap.
a. Jasa ekosistem adalah manfaat yang diterima oleh masyarakat baik itu seperti pengelolaan air, sumber daya hayati dan lainnya.
b. Jasa lingkungan adalah jasa yang bersistem alami dan memiliki manfaat bagi manusia dan lingkungan.
c. Jasa lanskap adalah untuk meningkatkan kualitas lingkungan dan kenyamanan untuk kehidupan manusia dari suatu yang dihasilkan oleh bentang alam.

Dari pengertian diataslah Alasan mengapa skema C yang paling sesuai menurut saya karena pada jasa ekosistem, jasa yang dihasilkan mencakup tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Pengertian tersebut menjelaskan bahwa cakupan jasa ekosistem merupakan sebagian dari aspek lingkungan. Sedangkan jasa lingkungan sendiri didefinisikan sebagai jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alam maupun buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka membantu memelihara dan/atau meningkatkan kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat dalam mewujudkan pengelolaan ekosistem secara berkelanjutan. Kemudian untuk jasa lanskap sendiri dihasilkan dari interaksi timbal balik antara ekosistem, lingkungan dan komponen lainnya.

19 02 2018
Nyndhea Putri Sukowati (A44150054) (09:30:36) :

Nama: Nyndhea Putri Sukowati
NIM: A44150054

1. Menurut saya skema yang cocok untuk menjelaskan hubungan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap yaitu pada skema C.

2. Karena jasa ekosistem merupakan unit paling terkecil dibandingkan jasa lingkungan dan jasa lanskap. Jasa ekosistem merupakan jasa yang dihasilkan dari hubungan interaksi langsung antara unsur biotik dan abiotiknya, serta terjadi hubungan timbal balik di alam. Jasa lingkungan merupakan jasa yang dihasilkan dari keberhasilan interaksi di dalam beberapa ekosistem yang terintegrasi dan cangkupannya lebih luas dari jasa ekosistem. Sedangkan jasa lanskap merupakan unit terbesar yang mencangkup keseluruhan interaksi pada jasa ekosistem dan jasa lingkungan. Produknya berupa jasa yang bisa dirasakan secara langsung dalam keseluruhan lanskap, seperti jumlah karbon tersimpan, keindahan lanskap, biodiversitas, sumberdaya air, dan sebagainya.

19 02 2018
DEWIRINANTI HAYUNING PRABAJATI (09:54:32) :

1. Skema yang tepat menunjukkan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan dan Jasa Lanskap adalah skema C (strong sustainability)
2. Jasa ekosistem, lingkungan, dan lanskap merupakan suatu sistem yang saling terhubung namun memiliki perbedaan luasan cakupan objeknya.
Jasa Ekosistem adalah jasa yang dihasilkan dari hubungan antara makhluk hidup dan lingkungannya, output dari jasa ini adalah keanekaragaman hayati yang dapat memberikan kesejahteraan ekonomi bagi manusia. Jasa ekosistem merupakan tingkatan paling kecil cakupannya dalam sistem jasa (ekosistem-lingkungan-lanskap)
Jasa lingkungan merupakan jasa yang sekaligus mencakup jasa ekosistem, namun belum lebih besar cakupannya dibanding jasa lanskap. Jasa ini berasa dari ekosistem alami maupun buatan yang dapat mewujudkan pengelolaan ekosistem secara berkelanjutan.
Jasa Lanskap adalah jasa yang dihasilkan dari suatu lanskap atau bentang alam. Jasa ini sekaligus mencakup jasa ekosistem dan lingkunga. Jasa lanskap mencakup keragaman hayati, karbon tersimpan, keindahan alam, pengelolaan air, ketersediaan oksigen, dan kenyamanan lingkungan. Hal2 tersebut dikaji dalam aspek ekonomi, ekologi, dan sosial.
Skema C menunjukkan sebuah sistem yang berintegrasi di setiap elemennya dengan perbedaan luas cakupan objeknya. Skema C disebut strong sustainability karena lingkungan dan keberlanjutannya sangat berpengaruh kuat dalam keberlangsungan lanskap tersebut.
Skema strong sustainability menggambarkan bahwa jasa lanskap mencakup seluruh jasa lingkungan dan jasa lingkungan mencakup selauruh jasa ekosistem.

19 02 2018
Ridho Muhammad Al-Ghazaly A44150067 (10:26:03) :

1. Skema yang tepat untuk menggambarkan perbedaan jasa lingkungan, jasa ekosistem, dan jasa lanskap adalah skema C.
2. Jasa lingkungan merupakan jasa yang dihasilkan dari segi fisik suatu lingkungan. Contohnya jasa lingkungan perairan sungai. Sungai menyediakan air yang salah satunya dapat dimanfaatkan untuk irigasi pertanian. Jasa ekosistem cakupannya lebih luas dari jasa lingkungan karena melibatkan interaksi unsur abiotik dan biotik. Contohnya pada lingkungan perairan sungai terdapat banyak unsur seperti air, vegetasi,satwa, tanah dan sebagainya yang saling berinteraksi dalam suatu ekosistem sungai yang kemudian menghasilkan jasa ekosistem. Sedangkan jasa lanskap cakupannya lebih luas lagi dibandingkan jasa lingkungan dan jasa ekosistem. Lanskap dapat bersifat luas dan memungkinkan terdiri dari gabungan banyak ekosistem yang di dalamnya juga terdapat banyak jasa lingkungan. Jasa lanskap juga tidak hanya berasal dari fisiknya saja, tetapi berasal dari banyak aspek. Oleg karena itu, skema C sangat tepat untuk menggambarkan hubungan antara jasa lingkungan, jasa ekosistem dan jasa lanskap.

19 02 2018
Ade Indra Nasution (10:56:56) :

Ade Indra Nasution
A44150017

1. Skema yang paling tepat untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap adalah skema C
2. Skema C dapat membedakan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap yang dapat dilihat dari bentuk skemanya dimana jasa ekosistem berada di dalam lingkup jasa lingkungan, dan jasa lingkungan berada dalam lingkup jasa lanskap. Jasa ekosistem merupakan suatu produk, kegiatan alam, dan nilai yang dihasilkan oleh suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling mempengaruhi. Jasa lingkungan merupakan jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alam maupun buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung. Dan jasa lanskap adalah merupakan keseluruhan jasa yang dihasilkan dari jasa ekosistem dan lingkungan. Oleh karena itu dapat di katakan bahwa jasa ekosistem merupakan jasa yang paling sederhana dan jasa lingkungan lebih kompleks kemudian jasa lanskap merupakan jasa yang paling kompleks. Sehingga jasa lanskap akan baik dan bekerja secara maksimal ketika jasa ekosistem dan jasa lingkungannya juga baik sehingga ketiga jasa ini dapat bersinergi memberikan manfaat yang baik bagi kehidupan manusia

19 02 2018
mughit khairy sadono A44150062 (14:02:50) :

1. Skema yang paling tepat dalam menjelaskan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah C.
2. Karena skema ini saling terkait satu sama lain mulai dari skema yang lingkupnya paling kecil hingga yang skema yang paling besar sehingga dapat mengcover satu sama lain dengan hubungan timbal baliknya.

22 02 2018
Fatimah Azzahra - A44150066 (19:56:37) :

Menurut saya skema yang cocok untuk menjelaskan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap ada skema C.

Hal itu karena jasa ekosistem tercakup dalam jasa lingkungan dan jasa lingkungan tercakup dalam jasa lanskap. Jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap masing-masing cakupannya bertingkat semakin banyak.
Jasa ekosistem merupakan jasa atau manfaat yang di hasilkan dari hubungan unteraksi antara unsur biotik dan abiotik dari suatu ekosistem.

Jasa ekosistem dapat berupa produk yang dapat dimanfaatkan langsung seperti minyak bumi, bahan tambang, bahan pangan, dan sebagainya.
Jasa lingkungan merupakan jasa atau manfaat yang dihasilkan dari beberapa ekosistem yang terintegrasi di alam. Jasa lingkungan yang dirasakan berupa hasil tidak langsung seperti tata air, iklim, biodiversitas, dan sebagainya.
Jasa lanskap mencakup keseluruhan dari jasa ekosistem dan jasa lingkungan. Jasa lanskap merupakan manfaat yang dapat di peroleh dari sebuah lanskap secara keseluruhan, seperti keindahan, karbon tersimpan, Sumberdaya air, keanekaragaman hayati, sosial budaya, dan sebagainya.

26 05 2018
planetbase trainer (08:00:10) :

Enjoyed examining this, very good stuff, thanks .

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>