Tips Pemilihan Pot

8 05 2010

Pot yang baik adalah pot yang mempunyai drainase yang baik, sehingga jika media tanam kelebihan air maka air tersebut dapat keluar dengan sendirinya dari pot. Ukuran pot pun harus diperhatikan agar akar tanaman tidak terganggu pertumbuhannya. Hindari penggunaan pot yang sempit karena akan menghambat penyerapan air dan unsur hara yang ada di media tanam.

Idealnya, bentuk pot yang tinggi lebih baik dari pada jenis pot yang lebar. Hal ini disebabkan oleh pot yang tinggi akan mempunyai kandungan oksigen yang lebih banyak dan baik bagi pertumbuhan tanaman.

Selain itu, proporsi antara tinggi tanaman dan diameter pot juga penting untuk diperhatikan. Rekomendasi yang disarankan adalah 3 : 1, artinya jika tinggi tanaman 30 cm maka gunakan pot yang berdiameter minimal 10 cm.

Dalam peletakannya, usahakan ada ruangan diantara permukaan tanah dan dasar pot. Jika pot langsung diletakkan di permukaan tanah, air yang keluar dari pot akan menumpuk di bawah pot dan akan memacu tumbuhnya cendawan yang akan merugikan tanaman. Batu kerikil dapat digunakan sebagai alas jika ingin meletakkan langsung ke permukaan tanah.

Semoga bermanfaat!



Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>