Taiyaki – Cemilan Nikmat di Musim Dingin

3 12 2010

Cemilan yang murah meriah dan gampang disajikan selalu menjadi incaran para pencinta kuliner. Salah satu cemilan yang paling sering ditemui di setiap acara dan bazar di Jepang adalah TAIYAKI. Taiyaki sejenis kue yang dibentuk seperti ikan. Kue ini berupa adonan seperti pancake (atau dorayaki) yang diisi dengan kacang merah yang sudah dihaluskan. Rasa kuenya hambar tetapi dipadukan dengan kacang merah yang manis membuat Taiyaki menjadi cemilan yang sangat nikmat, apalagi disajikan bersamaan dengan minuman hangat di musim dingin seperti teh, kopi, susu, susu coklat ataupun kopi susu hmmm…….

Bagi mereka yang doyan dengan cemilan ini namun kerap kesulitan menjumpainya di jalanan di Jepang. Ataupun menginginkan si Taiyaki ini selalu tersedia setiap saat, silahkan datangi supermarket terdekat dan belilah Taiyaki versi bekunya. Harganya berkisar 100 hingga 200 yen untuk 3 ekor Taiyaki. Jika memiliki anggota keluarga yang lumayan banyak, silahkan beli yang bungkusan besar berisi selusin lebih dengan harga 500 yen.

Cara penyajiannya termasuk mudah. Cukup masukan ke dalam microwave, tahapannya sepertiĀ  ini:

  1. Masukan Taiyaki ke dalam microwave, dan set ke microwave selama 1 menit (untuk 1 Taiyaki, bila lebih dari 1 silahkan disesuaikan saja, yang penting taiyaki menjadi lebih lunak, sudah tidak membeku).
  2. Kemudian set microwave ke oven-toaster selama 4 menit. Tunggu.
  3. Balik Taiyaki, dan set oven-toaster lagi selama 4 menit. Tunggu.
  4. Balik kembali Taiyaki, set oven-toaster selama 1-2 menit. Lihat dan rasakan. Jika sudah terasa mengeras dan kaku. Berarti Taiyaki siap disajikan.

Taiyaki yang nikmat adalah yang kaku, kering dan sedikit crispy. Tentunya harus disajikan hangat-hangat.

Silahkan dinikmati…..

Semoga tips ini berguna….

 



Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>