Studium Generale MK Pertanian Inovatif IPB University

Studium Generale I
Studium Generale II
Studium Generale III

Rangkaian kegiatan Studium Generale MK Pertanian Inovatif IPB10C (MK PI) telah berhasil dilaksanakan dengan sukses dan lancar. Kegiatan Kuliah Umum atau Studium Generale (SG) MK PI ini dilaksanakan secara berseri sejumlah tiga kali, yakni dengan jadwal sbb:

  1. SG I [Pertemuan ke-1]: Senin, 7 September 2020, dengan tema “Agromaritim IPB 4.0” oleh Rektor IPB, Prof. Dr. Arif Satria.
  2. SG II [Pertemuan ke-13]: Rabu, 16 Desember 2020, dengan tema “Krenova (Kreasi dan Inovasi): Mari Kaya dengan Bertani” oleh Pemilik dan Pendiri Sabila Farm, Dr (HC). Ir. H. Muhammad Gunung Soetopo.
  3. SG III (Pertemuan ke-14): Rabu 23 Desember 2020 bertajuk “Emas Biru dan Emas Hijau” oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Letnan Jenderal TNI Doni Monardo.

Setiap SG dipandu oleh host dari dosen IPB University yang juga adalah dosen pengajar dalam MK PI ini. Pada SG I, acara dipandu oleh Dr. Drh. Ligaya Tumbelaka dari Departemen Klinik Reproduksi Patologi Fakultas Kedokteran, dan pada SG II oleh Dr. Trikoesoemaningtyas dari Departemen Agronomi dan Hortikultura Fakultas Pertanian. Kemudian, pada SG III terakhir dipandu oleh host Dr. Kaswanto dari Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, IPB University.

Ketiga SG ini dimoderatori oleh Prof. Dr. Hadi Susilo Arifin selalu Dosen Koordinator MK Pertanian Inovatif (MK PI) dan juga dosen Dosen Departemen Arsitektur Lanskap IPB University. Prof Hadi, demikian disapa, menyampaikan bahwa MK ini merupakan MK yang memberi wawasan bagi mahasiswa baru mengenai arti pertanian. SG III ini sengaja dilaksanakan untuk memberikan wawasan kepada mahasiswa mengenai peran pertanian tidak hanya bagi masalah pangan namun juga kontribusinya bagi permasalahan non-pangan.

MK PI merupakan MK pada Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU) IPB University. Materi ini diberikan kepada lebih dari empat ribu mahasiswa baru PPKU IPB setiap tahunnya pada semester ganjil. MK PI diasuh oleh 51 orang dosen yang mumpuni dari beragam fakultas di IPB University. Sejatinya, materi MK ini ditujukan untuk memberikan inspirasi, inovasi dan integritas bagi mahasiswa baru mengenai peran penting pertanian di dunia dan terutama di Indonesia.

Tujuan dari SG ini adalah 1) memberikan lesson learned dari success story nara sumber kepada mahasiswa, mengenai perhatiannya terhadap pembangunan pertanian dalam arti luas; 2) memberi wawasan bagi mahasiswa tentang pertanian di darat maupun di laut untuk mendukung keberlanjutan ekologi, ekonomi, sosial budaya, serta ketahanan dan keamananbangsa dan negara; dan 3) menyampaikan pentingnya pengelolaan lingkungan hidup bagi keberlanjutan manusia di muka bumi.

Pada akhir setiap SG diberikan hadiah bagi mahasiswa yang bertanya. Selamat kepada para penerima hadiah, dan selamat kepada seluruh panitia. Materi lengkap mengenai SG ini dapat dilihat pada video yang dikelola oleh Direktorat Sistem Informasi dan Transformasi Digital (DSITD) IPB University.

Terima kasih kepada panitia penyelenggara Prof. Dr. Toni Bachtiar (Direktur PPKU IPB), Prof. Hadi Susilo Arifin, Ph.D (Koordinator MK Pertanian Inovatif), Prof. Dr. Eko Sriwiyono (Sekretaris MK Pertanian Inovatif), Moh. Saddam Ali, SP, M.Si. (Asisten MK Pertanian Inovatif) dan Ir. Julio Adisantoso, MS (Direktur DSITD) dan staff.

 

Share