Sosialisasi Education Site Lisence ArcGIS Platform ESRI

23 11 2016
Sosialisasi Education Site Lisence ArcGIS Platform ESRI

Sosialisasi Education Site Lisence ArcGIS Platform ESRI

Sosialisasi Education Site Lisence ArcGIS Platform ESRI: Pada hari Jumat tanggal 11 November 2016 bertempat di Ruang Sidang Senat Gedung Andi Hakim Nasoetion Lt 6 Kampus IPB Dramaga telah dilaksanakan acara “Sosialisasi Education Site Lisence ArcGIS Platform ESRI”. Acara yang dimulai sekitar pukul sembilan pagi tersebut menghadirkan pembicara Ibu Canserina Kurnia, selaku Solution Engineer (State and Local Government sector) at Esri Global Asia Pacific Technical Manager. Turut hadir pula Mbak Regina Maria Hitoyo selaku Esri Indonesia Education Manager.

Acara diawali dengan sambutan sekaligus pembukaan oleh Kepala Sud-direktorat (Kasubdit) Kerjasama Drh. Fadjar Satrija, sebagai representatif dari Wakil Rektor bidang Riset dan Kerjasama (WRRK) IPB. Acara dilanjutkan dengan sesi pemaparan oleh Ibu Canserina Kurnia yang dipandu oleh Prof. Budi Lilik Budi Prasetyo selaku Ketua Tim LISAT IPB. Dalam pemaparannya, Ibu Canserina Kurnia memberikan gambaran betapa luasnya penggunaan perangkat lunak ArcGIS saat ini, mulai dari solusi untuk kesehatan hingga perpajakan, pemanasan global hingga kebakaran hutan, bahkan manajemen lahan hingga manajemen kampus. Pemaparan dilengkapi pula dengan beberapa video demo yang menarik dan mampu membuka wawasan para peserta sosialiasi.

Acara sosialisasi ini sepenuhnya diselenggarakan untuk memperkenalkan telah adanya Memorandum of Understanding (MoU) antara IPB dan Esri Indonesia terkait dengan hibah perangkat lunak ArcGIS Platform Esri untuk IPB. Perangkat lunak versi terbaru ArcGIS 10.4 dapat digunakan oleh seluruh civitas akademika IPB, tanpa kecuali. Baik tenaga pendidik, kependidikan maupun mahasiswa selama yang bersangkutan masih menjadi civa IPB. Proses pemberian license sendiri akan dikelola dengan PIC dari Esri adalah Mbak Regina Maria Hitoyo dan PIC dari IPB adalah Dr. Regan Kaswanto (Dep ARL IPB).

Dalam kegiatan sosialisasi ini juga dibicarakan kegiatan lanjutan berupa workshop training of triner (TOT) untuk 50 orang tenaga pendidik dan kependidikan IPB. Peserta Workshop TOT akan dibatasi hanya untuk 50 orang. Acara Workshop TOT akan dilaksanakan selama 2 (dua) hari, dengan setiap harinya untuk 25 orang selama satu hari penuh. Workshop TOT direncanakan akan diselenggarakan pada bulan Desember 2016 pada minggu pertama atau kedua. Lokasi workshop direncanakan di PPLH IPB. Workshop TOT ditujukan untuk memperkenalkan up date terbaru dari ArcGIS 10.41.

 

Esri2

Sesi Pemaparan oleh Ibu Canserina Kurnia yang dipandu oleh Prof. Lilik Budi Prasetyo

 

Esri3

Penjelasan License dari Mbak Maria Regina Hitoyo

 

Esri5

Foto Bersama Usai Kegiatan Sosialisasi

 

Esri4

Foto Bersama Usai Kegiatan Sosialisasi

 

 

 



Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>