Selamat Paskah

27 03 2016

Dear Sahabat-sahabat terkasih,

Kami sekeluarga mengucapkan Selamat Paskah. Selamat Hari Raya Kebangkitan Tuhan. Semoga teladan KasihNya menaungi kita semua.

Selamat PASKAH!!!
🙏🏻🐰🎤👑⛪

Tuhan memberkati….

Kami sekeluarga,
Kaswanto – Priscilia – Megumi

Sekedar share juga mengenai Refleksi Paskah.

 

REFLEKSI PASKAH

PERTANYAAN UMAT:

Mohon dijelaskan perbedaan misa malam paskah dengan misa minggu paskah, mengapa misa minggu paskah lebih sepi daripada minggu biasa?

PENCERAHAN:

Malam Paskah : menantikan/tirakatan kebangkitan Tuhan
Minggu Paskah : Hari Raya Kebangkitan Tuhan

Sesuai dengan tradisi tua dalam Gereja, Malam Paskah disebut vigili (malam berjaga) bagi Tuhan (Kel 12:42). Vigili Paskah adalah perayaan utama dan paling mulia dari segala perayaan. Pada Malam Paskah, Gereja merayakan malam tirakatan untuk mengenangkan malam kudus saat Tuhan bangkit dengan jaya.

Malam Paskah berbeda dengan Minggu Paskah. Minggu Paskah disebut juga Hari Raya Kebangkitan Tuhan. Hari ini adalah puncak peringatan liturgi Gereja Katolik. Hari Raya Kebangkitan Tuhan ini adalah hari raya dari segala hari raya. Hari itu menjadi hari yang amat istimewa karena Yesus telah bangkit dari kematian. Yesus telah mengalahkan dosa dan maut dengan kebangkitan-Nya. Melalui kebangkitan-Nya, Yesus mau menunjukkan bahwa Ia sungguh-sungguh Putra Allah dan memberi harapan pada kita tentang adanya kerajaan Surga. Sangat dianjurkan pada Misa Minggu Paskah seruan tobat diganti dengan peringatan pembaptisan dengan nyanyian Vidi Aquam atau lagu yang sesuai misalnya PS 592, kecuali sesudah homili Minggu Paskah ada Pembaharuan Janji Baptis.

Sudah seharusnya umat Katolik berbondong-bondong kembali mengikuti Misa Minggu Paskah. Tetapi sering umat malah malas ke gereja, karena merasa sudah cukup dengan Misa Malam Paskah. Setelah baca pesan ini, setelah misa Malam Paskah ajaklah umat yang lain untuk kembali mengikuti Misa Minggu Paskah, jelaskan perbedaan, serta arti dan maknanya, sehingga tidak ada lagi cerita Minggu Paskah sepi. Kita diharapkan kembali hadir mengikuti perayaan Ekaristi, Minggu Paskah pagi atau Minggu sore kendati sudah hadir pada Malam Paskah.

Tuhan memberkati….

 



Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>