Sake Matsuri di Higashi Hiroshima

10 12 2009

Pabrik Sake di Saijou

Higashi Hiroshima City dikenal sebagai pemasok sake se-Jepang. Katanya 20% dari seluruh produksi sake di Jepang berasal dari kota ini, makanya ngga heran kalo di kota kecil nan tenang ini sering keliatan pabrik-pabrik sake. Contohnya ya foto di sebelah ini. Cerobong yang ada pada pabrik sake ini malah menjadi landmarknya Kota Saijo, hingga dibuat sebuah tugu di Kantor Pemerintahan yang persis sama dengan bentuk cerobong ini.  Bahkan karena saking sukanya orang Jepang dengan minuman sake, setiap tahunya dirayain pesta yang disebut Sake Matsuri alias Festival Sake. Buat mereka yang doyan sake dan udah berumur 20 tahun ke atas, silahkan deh datang ke festival ini untuk minum sake sepuasnya ampe teler. Dijamin pasti bakal teler deh, tapi dijamin aman tidak akan ada perbuatan kriminal karena orang-orang pada mabuk. Saat orang-orang mabuk, petugas dan panitia sudah standby di tempat. Mereka berjaga-jaga dan memperhatikan seluruh kegiatan pegunjung, jika ada indikasi ketidakberesan mereka akan segera bergerak.

Cerobong Pabrik Sake

Tidak hanya minum sake sepuasnya, tetapi kita juga bisa mencicipi berbagai jenis merk dan jenis sake. Mulai dari yang manis hingga tak berasa, mulai dari yang kandungan alkohol 60% hingga yang cuma 5%. Khusus tahun ini Sake Matsuri merayakan ulang tahunnya yang ke 20. Sungguh luar biasa, tradisi minum sake sepuasnya ini sudah berjalan selama dua dekade. Selain itu juga ada bazar, pertunjukan seni, pembuatan mochi dan atraksi lainnya. Biasanya dirayain selama 2 hari, Sabtu dan Minggu  pada minggu kedua Oktober setiap tahunnya.

Pabrik Sake Tua

Pabrik sake dengan bangunan tua yang tetap dipertahankan juga banyak ditemui di sini. Salah satunya yah yang ada di foto ini. Sangat-sangat tua karena hanya terbuat dari kayu dan arsitekturnya sangat kuno. Pabrik Sake Tua ini kemudian menjadi bangunan bersejarah yang tetap dipertahankan. Dengan melihat bangunan ini kita bisa membayangkan bagaiman dulu Jepang telah memproduksi sake demi menghangatkan dirinya di musim dingin.

Kalo dilihat lebih detail, di samping bangunan ini ada pancuran air yang mengalir tanpa henti. Orang biasa bilang ini Air Saijou, punya khasiat untuk meningkatkan kefertilan manusia. Katanya, bagi mereka yang belum dikarunia putra/putri, silahkan ambil air di pancuran ini. Gratis! Cukup bawa botol or wadah untk nampung airnya. Hanya saja harus datang pada saat yang tepat bila tidak ingin mengantri terlalu lama.

Air Saijou

Dipercaya bahwa kejernihan dan kualitas air inilah yang membuat cita rasa sake dari Saijou menjadi ternama di seantero Jepang. So, kalo sempat datang ke Saijou jangan lupa nyicipin sake dan minum airnya. Segar dan menyehatkan. Dan ingat! Jika sempat, datangnya pada Bulan Oktober…!! He he he… Ntar lanjut lagi dengan cerita lainnya yah…

Terimakasih sudah membaca….



Actions

Informations

4 responses to “Sake Matsuri di Higashi Hiroshima”

10 12 2009
Angga (22:17:42) :

Terima kasih sudah menulis.

16 12 2009
reganleonardus (16:52:19) :

Terimakasih kembali…

Silahkan bila ada komentar atau mo sharing juga boleh..

23 03 2010
supriyati (04:07:26) :

Hi… aku dulu pernah tinggal di derah kamachi saijo tepatnya di kanamoto bldg selama 6 bln dari april-oktober 2007. terakhir sebelim plng aku sempet ke tempat sake matsury soalnya deket sich…. tapi aku blm pernah minum air saijo…. dulu sempet bingung melihat orang pada ngambil air yang ngalir itu, tapi sekarang aku baru tau klo ternyata mengandung manfaat. jadi nyesel gak sempat nyobain waktu disana……..

23 03 2010
supriyati (04:13:16) :

Hi…… aku juga dulu pernah tinggal di daerah kamachi saijo tepatnya di kanamoto bldg selama 6 bln dari april-oktkber 2007. terakhir aku di sana pernah ke sake matsury (2 hari sebelum plng) tapi kau blm pernah nyobain air saijo. sempet bingung juga sich dulu ngeliat ada orang ngambil air yang ngalir itu. ternyata ada khasiatnya…….. jadi nyesel gak sempat nyobain.

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>