Rapat Kerja Divisi Manajemen Lanskap

22 11 2017

Rapat Kerja Divisi Manajemen Lanskap dilakukan pada hari Sabtu tanggal 18 November 2017 bertempat di Hotel Duta Berlian Dramaga. Rapat kerja dihadiri oleh para anggota dan asisten Divisi Manajemen Lanskap, Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor (IPB). Rapat kerja membahas kegiatan Mandat Div MALA: RISET DAN INOVASI DIVISI MANAJEMEN LANSKAP.

 

Rapat Kerja Divisi Manajemen Lanskap

Rapat Kerja Divisi Manajemen Lanskap

Agenda Rapat Kerja berupa

  1. 00-11.00 Brain Storming
  2. 00-12.00 DD Preparation
  3. 00-13.00 Lunch
  4. 00-14.30 Enrichment and Finalizing
  5. 30-15.30 Establishment of Division Research Road Map
  6. 30-16.00 Remarks & Closing

 

LATAR BELAKANG KEGIATAN

Divisi Manajemen Lanskap atau biasa disingkat Div MALA berada dalam naungan Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor. Sesuai dengan Ketetapan MWA IPB Nomor 08/MWA-IPB/2014 dicantumkan bahwa Divisi berfungsi sebagai pelaksana pengembangan keilmuan, pelayanan mata kuliah, dan pengelolaan sumberdaya manusia sesuai dengan mandat dan ruang lingkup keilmuan tertentu. Saat ini Div MALA mengampu enam mata kuliah program Strata 1 (S1) dan enam mata kuliah program Strata 2 (S2). Div MALA memiliki anggota 6 (enam) orang dosen yang masing-masing aktif melakukan riset yang sangat berpotensi sebagai inovasi.

Sesuai dengan fungsinya, maka Div MALA memandang perlu untuk melakukan kegiatan pengembangan keilmuan dalam konsep Riset dan Inovasi Divisi Manajemen Lanskap yang dapat meningkatkan peran setiap anggotanya untuk menginisiasi kerjasama dengan para stakeholders dan mengintesifkan kapasitas sumber daya manusia yang ada di dalamnya. Sejalan dengan hal tersebut maka Div MALA mengajukan proposal (usulan kegiatan) lanjutan yang ditawarkan oleh Direktorat Riset dan Inovasi IPB (DRI IPB) dalam skema Program Pengembangan Mandat Divisi untuk Relevansi dan Inovasi. Penyusunan proposal ini telah mengikuti panduan yang telah disediakan oleh DRI IPB dan merupakan lanjutan dari tahun pertama.

 

TUJUAN KEGIATAN

Tujuan kegiatan Riset dan Inovasi Divisi Manajemen Lanskap sebagai berikut:

  1. Menyusun payung riset secara detil sehingga Div MALA sebagai pengelola mata kuliah dan ujung tombak penelitian dapat memiliki roadmap dan rencana jangka menengah-panjang yang lebih terarah sesuai dengan objek riset para anggotanya, dan
  2. Meningkatkan potensi inovasi Div MALA melalui rintisan kerjasama terhadap para stakeholders, terutama dengan kalangan pemerintahan dan akademisi dari perguruan tinggi selain IPB.

 

MEKANISME DAN RANCANGAN KEGIATAN

Kegiatan Riset dan Inovasi Divisi Manajemen Lanskap ini akan dilakukan dengan melibatkan seluruh anggota divisi sesuai dengan objek riset dan potensi inovasinya masing-masing. Mekanisme kegiatan dilaksanakan secara simultan dan sinergi saling mendukung. Ada 2 (dua) kegiatan yang dirancang untuk dilaksanakan selama 8 (delapan) bulan, mulai dari Bulan April hingga November 2017. Kegiatan tersebut berupa 1) Pengembangan dan penyusunan payung riset Div MALA, dan 2) Rintisan kerjasama ke stakeholders

1.  Pengembangan dan Penyusunan Payung Riset Div MALA

Div MALA sangat perlu melakukan pembenahan agar ranah keilmuan dan materi perkuliahan semakin relevan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Seni (IPTEKS) secara mutakhir. Beberapa perkembangan dan percepatan pertumbuhan IPTEKS yang berakselerasi tinggi menyebabkan Div MALA harus segera menyusun payung riset secara detil untuk jangka pendek, dan juga secara terencana dalam agenda riset jangka menengah dan jangka panjang.

Saat ini Div MALA memiliki anggota 6 (enam) orang dosen yang masing-masing memiliki riset yang berpotensi sebagai inovasi. Payung riset yang akan disusun menyesuaikan dengan kompetensi masing-masing dosen ini. Idealnya payung riset yang dihasilkan mampu merangkul seluruh objek riset anggota divisi, bahkan sebaiknya bisa mempertajam dan memberikan nilai tambah bagi riset itu sendiri. Hasil riset yang dilakukan oleh anggota di Div MALA juga diharapkan dapat menjadi modal dasar materi perkuliahan, baik untuk sarjana maupun pascasarjana.

 

Keberagaman objek riset saat ini mengharuskan Div MALA untuk menyusun roadmap penelitian divisi untuk periode 5-10 tahun ke depan sehingga penelitian yang dilaksanakan lebih terarah dan lebih aplikatif. Kegiatan penyusunan payung penelitian ini akan dilakukan secara rutin setiap bulan pada minggu terakhir di tahun 2017.

Beberapa hasil riset anggota Div MALA telah siap untuk didesiminasikan sebagai upaya rekayasa sosial (social engineering). Hasil riset ini akan diformulasikan kembali menjadi brosur panduan aplikasi manajemen lanskap dengan bahasa yang sederhana. Brosur ini akan dipublikasikan ke masyarakat di sekitar lokasi riset, sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh khalayak banyak. Proses penyusunan dan penyetakan brosur ini akan dilakukan pada Bulan Agustus dan September 2017. Selain itu, direncanakan pula untuk menyusun versi e-booknya.

 

2. Rintisan Kerjasama ke Stakeholders

Kunjungan ini akan dilakukan sebanyak 1 (satu) kali yakni pada Bulan September atau Oktober 2017. Pada saat ini telah dilakukan pendekatan untuk melakukan kerjasama dengan topik Urban Agriculture towards Resilience Cities. Rintisan kerjasama ini akan melibatkan Div MALA dalam kalangan akademisi di pemerintah Kota Medan dan perguruan tinggi sekitarnya. Selain itu, kegiatan ini juga mengusung kerjasama dalam skema pentahelix ABGCM (Academician – Businessman – Government – Community – Mass media).

Pemerintah Daerah dan Perguruan Tinggi yang menjadi target untuk rintisan kerjasama difokuskan pada Pemerintah Kota Medan (Pemkot Medan) dan beberapa Perguruan Tinggi di Kota Medan. Penjajakan ke Pemerintah Kota Medan dan beberapa perguruan tinggi di Medan mulai dilakukan untuk mempertajam rencana peningkatan kerjasama ini. Target kunjungan sesuai dengan respon dan keterbukaan stakeholders mencakup kerjasama (collaboration), penelitian bersama (joint research) dan publikasi bersama (joint publication).

Kunjungan rintisan kerjasama ini akan difokuskan pada penandatanganan kontrak kerjasama, peningkatan (revitalisasi) kerjasama yang telah ada dengan beberapa stakeholders, serta melakukan inisiasi untuk membuka peluang publikasi artikel ilmiah dengan partner kerjasama (peluang publikasi bersama). Selain itu, realisasi dan hasil dari riset dari anggota Div MALA akan disosialisasikan (sounding) dalam kunjungan ini. Peningkatan kerjasama Div MALA dengan beberapa institusi internasional saat ini sedang berjalan, sehingga juga akan dilaksanakan pembicaraan secara berkala dengan para stakeholders. Kegiatan ini juga akan dimanfaatkan untuk menyusun fokus dan sinergi riset keilmuan Div MALA terkait dengan pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH), Ruang Terbuka Biru (RTB), Lanskap Sejarah dan Budaya, Lanskap Perkotaan dan Lanskap Alami hingga Manajemen Lanskap Pertanian Terpadu serta Lanskap Rendah Karbon.

 

KEBERLANJUTAN

Kegiatan Riset dan Inovasi Divisi Manajemen Lanskap ini merupakan lanjutan dari kegiatan divisi tahun lalu dan akan dilaksanakan secara rutin dan berkelanjutan pada tahun-tahun mendatang. Peningkatan kapasitas (Capacity Building) sumber daya dosen sebagai pendidik dan peneliti serta pengabdi masyarakat seyogyanya dilakukan dalam wadah Div MALA yang mampu memberikan apresiasi sebaik-baiknya. Kegiatan ini akan lebih diintensifkan agar kontribusi IPB melalui peran divisi semakin dapat dirasakan oleh khalayak umum. Peran akademisi dalam konfigurasi pentahelix dapat lebih terjalin dengan baik.



Actions

Informations

3 responses to “Rapat Kerja Divisi Manajemen Lanskap”

17 05 2018
clash royale hack no - clash royale hack mac (04:36:28) :

Good Day, glad that i stumble on this in yahoo. Thanks!

17 05 2018
fate grand order gacha hack (19:53:20) :

This i like. Thanks!

17 05 2018
{10 Best Hacking Tools 2018 For Windows (22:45:26) :

Hello, glad that i stumble on this in bing. Thanks!

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>