Quiz Pengantar Ekologi Lanskap 2015

11 03 2015
Quiz Pengantar Ekologi Lanskap 2015

Quiz Pengantar Ekologi Lanskap 2015

Quiz Pengantar Ekologi Lanskap: Anda sebagai seorang Arsitek Lanskap diminta untuk merencanakan pembangunan sebuah perumahan pada sebuah Matrix yang berisikan Patches habitat Kijang. Kondisi eksisting diperlihatkan pada gambar di sebelah kiri dengan patch kijang A, B dan C. Kemudian dibuat tiga kemungkinan lokasi untuk membuat perumahan yakni pada patch #1, #2 dan #3.

Kuisnya sebagai berikut:

  1. Urutkan pembangunan lokasi perumahan mulai dari yang terbaik ke yang terburuk! Jelaskan alasannya dengan memberikan argumentasi yang logis terkait dengan teori ukuran, bentuk, jumlah dan konfigurasi patch(es)!
  2. Jawaban ditulis pada comment di blog ini www.kaswanto.staff.ipb.ac.id. Jangan lupa menuliskan nama lengkap Anda dan NIM.
  3. Deadline hari Senin tanggal 16 Maret 2015 pukul 16.00 WIB, lewat dari jam ini tidak akan dinilai.

Atas perhatian dan kerjasamanya, diucapkan terima kasih banyak. Selamat bekerja.

Materi kuliah bisa diunduh di sini MG IV Landscape Structure – Patches KAS 2015

Salam Pengkolan!!

KAS



Actions

Informations

24 responses to “Quiz Pengantar Ekologi Lanskap 2015”

11 03 2015
Bintang Dipratama Hendayu (11:39:09) :

Assalamu’alaikum wr wb

Terimakasih bpk Kaswanto atas kesempatannya

Menurut saya, urutan pembangunan perumahan dari yang terbaik ke yang terburuk pada lokasi tersebut dimulai dari nomor 1, nomor 3, dan nomor 2.
a. Lokasi nomor 1 dan nomor 3 jauh dari patches habitat kijang. Letaknya juga strategis. Walaupun terletak ditepi jalan raya, tidak akan menimbulkan kemacetan atau gangguan lainnya di jalanan tersebut, karena posisi rumah hanya searah dan tidak berhadapan dengan kompleks rumah yang lain di seberang jalan tersebut.

Lalu untuk bagian belakang perumahan tersebut kita bisa membuat suatu barrier / batas antara perumahan dan habitat kijang. Selain itu, dapat mempermudah akses satu sama lain agar warga dan kijang sama-sama saling tak masuk ke wilayah masing-masing. Bisa juga sebagai penjaga siklus ekologis warga dan habitat kijang. lahan kosong tersebut nantinya juga bisa digunakan sebagai penambah lahan bagi habitat si kijang nantinya. Tentunya harus ada peraturan bagi daerah tersebut jika ingin membangun bangunan. Baik itu perumahan maupun lahan peternakan.

b. Lokasi nomor 2 saya rasa tidak efektif, karena letak perumahannya saling berhadapan satu sama lain berseberangan jalan. Lokasinya juga terkesan padat, dikhawatirkan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu juga dapat memutus singkronisasi habitat bagian utara dan bagian selatan. Dibagian barat laut juga ada sungai. Dikhawatirkan dapat menganggu ekologi sungai dan pencemaran dari limbah perumahan. Jika rumah yang terletak di dekat sungai diberi barrier, maka akan mengganggu estetika pemandangan habitat kijang dan sungai bagi orang-orang yang mengamatinya.

Terimakasih bapak 
Wassalamu’alaikum wr. wb.

11 03 2015
Muhammad Saddam Ali (20:22:54) :

Selamat Malam Bapak,

Saya Muhammad Saddam Ali (A44130001),
berikut jawaban saya pak :
Lokasi perumahan yang tepat dari yang terbaik sampai yang terburuk adalah Patch #2, lalu #3, dan yang terakhir atau terburuk adalah patch #1.
Patch #2 yang terbaik karena letak perumahan yang akan dibangun tidak menggangu patch habitat kijang. Terdapat juga jalan yang membelah perumahan tersebut sehingga menjadi akses yang baik bagi masyarakat.
Lokasi selanjutya, yaitu Patch #3, dibangun perumahan di sana akan mengambil sedikit bagian habitat kijang di wilayah A, walaupun habitat kijang di wilayah A tidak terisolasi dengan wilayah C. tetapi hal tersebut harus dihindari karena akan mengganggu habitat kijang. dan yang terakhir yang paling buruk adalah patch #1, karena jika permukiman dibangun di daerah itu, ada habitat kijang yang terisolir sehingga dapat membuat kepunahan terhadap kijang yang berada di daerah tersebut di tambah juga pembangunan perumahan di sana juga mengambil sebagian besar habitat kijang.

Terimakasih pak…

11 03 2015
Muhamad Qomarul Huda (23:31:04) :

Menurut perspektif pribadi saya setelah mengikuti perkuliahan tentang “Patches” kemarin, mengenai manakah lokasi yang terbaik untuk pembangunan perumahan sesuai yang ditunjukkan dalam ilustrasi, bahwa semua patch rencana lokasi perumahan, baik patch #1 #2 #3, adalah lokasi yang terbaik, berbasis ekologi, dan sudah sesuai, bahkan ketiganya juga berada pada lokasi yang sangat strategis untuk skala perumahan yaitu berada dekat dengan akses jalan.

Mengenai manakah urutan pertama-kedua-ketiga terbaiknya itu tergantung kepada perspektif masing-masing pribadi, karena masing-masing patch memiliki keunggulan dan kekurangannya sendiri.

Patch #1 bersifat baik karena lokasinya yang tidak mengganggu ketiga patch dari habitat kijang. Meskipun patch ini memakan atau mengurangi luasan dari patch habitat kijang, namun tidak memutus akses ketiga patch habitat kijang karena memang Patch #1 berlokasikan di pinggir.

Patch #2 bersifat baik karena patch ini sama sekali tidak mengurangi luasan patch habitat kijang pun tidak menghalangi akses antara ketiga patch habitat kijang. Seperti Patch #1, patch ini juga berada pada jalur utama akses jalan.

Patch #3 bersifat baik pula karena seperti patch #1 dan #2, Patch #3 tidak memutus akses di antara patches habitat kijang. Meskipun patch #3 berada di tengah-tengah patch habitat kijang dan bahkan mengurangi luasan patch habitat kijang, hal ini bukan berarti Patch #3 mengganggu habitat kijang, karena seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa hal itu tidak menyebabkan putusnya akses di antara ketiga patches habitat kijang. Bahkan kita dapat memunculkan potensi alam sekitar yang ada, misalnya dengan membuat taman perumahan di tepi yang berpagar jaring sehingga pada kesempatan tertentu kita bisa mengamati kijang liar secara langsung dari taman. Dan seperti patch perumahan yang lain, Patch #3 ini sangat strategis karena dekat dengan akses jalan.

Karena dari soal quiz diminta untuk menentukan urutan patch dari yang terbaik, maka saya mencoba memilih urutan pertama jatuh kepada Patch #3, kemudian Patch #2, dan terahir Patch #1. Mohon maaf jika ada kekeliruan, sekian,.. :)

https://qokucing.wordpress.com/2015/03/11/ini-quiz-matkul-pengantar-ekologi-lanskap/

-Muhamad Qomarul Huda A44130050-

12 03 2015
FAHMI ABDURRAHMAN (A44130017) (14:08:12) :

Menurut saya urutan dari yang terbaik ke yang terburuk adalah 2-3-1, hal ini karena pada lokasi 2 tidak mengunakan lahan yang menjadi habitat kijang, pada lokasi 3 memotong habitat kijang namun masih lebih sedikit di bandingkan lokasi 3 dan masih tersisa akses menuju patch yg lain, sedangkam pada lokasi 1 selain yang paling luas pmenggunakan lahan yang menjadi habiat kijang, pembangunan pada lokasi ini juga menyebabkan habitat kijang sisanyaterisolasi.
Terimaksih

12 03 2015
FAHMI ABDURRAHMAN (A44130017) (14:12:44) :

Menurut saya urutan dari yang terbaik ke yang terburuk adalah 2-3-1, hal ini karena pada lokasi 2 tidak menggunakan lahan yang menjadi habitat kijang, pada lokasi 3 memotong habitat kijang namun masih lebih sedikit dibandingkan lokasi 1 dan masih tersisa akses menuju patch yg lain, sedangkan pada lokasi 1 selain yang paling luas penggunaan lahan yang menjadi habiat kijang, pembangunan pada lokasi ini juga menyebabkan habitat kijang sisafnyaterisolasi.
Terimaksih

16 03 2015
Siti Nur Fitasari (13:27:25) :

Urutan pembangunan yang terbaik:
Pertama nomer 2, karena pembangunan tersebut tidak merusak habitat rusa dan tidak mengganggu jalur ataupun perpindahan rusa dari patch yang satu ke patch yang lainnya. Walaupun pembangunan tersebut dibangun diantara patch habitat rusa tetapi tidak mengganggu aktivitas para rusa.

Kedua nomer 3, karena pembangunan tersebut mengganggu dan merusak habitat rusa. Pembangunan tersebut mengambil lahan habitat rusa sehingga mengganggu aktivitas rusa dan memutus jalur rusa dari patch A ke patch C.

ketiga nomer 1, karena pembangunan tersebut mengganggu dan merusak habitat rusa. Pembangunan tersebut banyak mengambil lahan habitat rusa sehingga memutus jalur rusa ke patch C yang terdapat sumber air didalamnya. Banyaknya lahan habitat rusa yang dibangun membuat habitat rusa pada bagian tersebut lama kelamaan akan hilang.

16 03 2015
Salma Fadhilah (A44130063) (13:32:24) :

Setelah mengikuti kuliah minggu lalu dan mempelajari mengenai patches dan lingkungannya, penempatan lokasi pembangunan diurutkan dari yang terbaik hingga terburuk menurut saya adalah lokasi #2, #3, dan terakhir #1. Lokasi #2 dianggap paling baik karena pembangunan di lokasi itu tidak menggusur patch yang ada sehingga habitat satwa dan vegetasi tidak hilang dan berkurang, sehingga keseimbangan tetap akan terjaga. Lokasi #3 dipilih selanjutnya, karena hanya sedikit memodifikasi pinggir ceruk patch yang ada dan menyesuaikan dg bentuk pembangunan tanpa banyak merusak habitat yg ada. Dan lokasi #1 dipilih terakhir karena akan menggusur sebagian patch yang ada dan menyisakan sedikit patch yg terputus & akhirnya akan membuat habitatnya lama-kelamaan akan hilang.

16 03 2015
Annisa Utami Gani (A44130013) (13:34:14) :

MSelamat siang pak. Nama saya Annisa Utami Gani (A44130013). Menurut saya, urutan pembangunan dari yang terbaik sampai yang terburuk adalah nomor 2-3-1.
Alasannya adalah, nomor dua terletak di daerah yang tidak terlalu banyak terdapat habitat rusa. Hanya bertempat dikoridornya saja, jadi koridor yang sebelumnya bisa d pindakan ke tempat yang lain dan tidak mengubah maupun mengurangi patch disekitarnya. Sedangkan untuk bangunan nomor tiga terletak di daerah habitat rusa dan hanya menghilangkan sedikit patchnya namun patch d sekelilingnya masih ada beserta koridornya. Dan nomor 1 terlihat menghabiskan atau menghilangkan patch yang lebih besar dan menyisakan patch yang kecil kecil, tetapi tidak terdapat koridor diantara patch kecil tersebut. Sehingga lama kelamaan patch tersebut akan hilang dan menghilangkan keragaman habitat yang ada dalam patch tersebut.

Terimakasih

16 03 2015
Sri Sukma Aulia (A44130021) (13:34:38) :

Nama: Sri Sukma Aulia
NIM : A44130021
Urutan pembangunan yang terbaik adalah #2, #1, dan #3
Karena pada pembangunan #2, posisi ini lebih efesien tidak terlalu banyak mengganggu habitat kijang dan manusia nantinya dan posisi tersebut bukan merupakan pusat koneksi, adanya koridor yang membelah pemukiman dapat dijadikan jalur evakuasi apabila ada gangguan misalnya kebakaran yang terjadi di pemukiman selain itu terkait dengan daya dukung walaupun ada pembangunan di lokasi tersebut setidaknya tidak terlalu mengurangi kebutuhan kijang terutama untuk menuju sumber air (sungai). Walaupun ukuran patch kecil tapi kemungkinan kijang dapat berimigrasi ke arah barat laut melalui koridor buatan. Dari sisi keselamatan manusia terlihat lebih aman karena jarak habitat kijang dan pemukiman lebih ada jarak mengingat cara hidup kijang yang berkelompok, apabila lengah sekelompok kijang akan sewaktu2 dapat masuk ke pemukiman penduduk apabila jarak terlalu dekat .

Pada posisi #1 ukuran pemukiman lebih besar dan menghilangkan sebagian besar habitat kijang sehingga ukurannya menjadi lebih kecil, seiring berjalannya waktu kijang perlahan tidak mampu bertahan bahkan akan punah karena daya dukung terutama kebutuhan air berkurang karena koridor penghubung terblokir oleh pemukiman sehingga kijang harus memutar ataupun menerobos pemukiman untuk mencapai sungai selain itu jarak antara pemukiman dan habitat kijang terlalu dekat akan mengganggu keselamatan manusia.

Pembangunan #3 merupakan posisi yang terburuk karena luas pemukiman lebih besar yang berarti tempat tinggal kijang akan banyak berkurang, jarak antara pemukiman dan habitat kijang terlalu dekat tentunya diperlukan pembuatan barrier untuk keselamat dan tentunya membutuhkan biaya dan waktu yang lebih lama, selain itu posisi pemukiman ini menjauhkan kijang dari sumber air karena koridor terblokir oleh pemukiman yang kemudian dapat berdampak pada keselamatan penduduk apabila kebutuhan kijang tidak terpenuhi sewaktu-waktu dapat menerobos pemukiman secara bergerombol. Seiring berjalannya waktu populasi kijang akan terbagi dua dan lambat laun akan saling menjauh karena adanya pemukiman ditengah, habitat kijang yang berada di bagian barat pemukiman akan berkurang bahkan punah.

16 03 2015
siva fauziyya A44130009 (13:34:40) :

selamat siang pak, mengenai soal yang ditanyakan kemarin, menurut saya pembangunan yang terbaik adalah di daerah 2, sebab daerah itu merupakan lahan kosong yang bukan merupakan habitat kijang. Pembangunan terbaik kedua yaitu di daerah 1. Tempat ini masih termasuk habitat kijang namun tidak secara langsung mengganggu populasi kijang. Sedangkan rencana pembangunan yang terburuk adalah wilayah 3. Daerah ini merupakan daerah yang benar benar ditinggali oleh kawanan kijang. Sehingga jika melakukan pembangunan di sana, akan berdampak secara langsung terhadap keberadaan habitat kijang serta keberlangsungan hidup populasi kijang.

16 03 2015
tryana permanasari (A44130015) (13:42:11) :

Selamat siang. Pak, saya Tryana Permanasari (A44130015) mencoba menjawab soal kuis yang bapak berikan. Menurut saya, urutan perumahan dari yang terbaik ke terburuk yaitu 2,1,3. Mengapa 2 menjadi yang terbaik? Karena perumahan tersebut tidak mengganggu habitat kijang, hanya saja koridor berupa jalan akan memotong perumahan tersebut. Tetapi justru perumahan akan membutuhkan akses jalan. Kemudian yang kedua adalah nomor 1 karena habitat kijang yang terganggu wilayahnya lebih kecil sehingga bisa dibuatkan area yang baru digabungnkan dengan wilayah habitat yang lebih besar. Sedangkan nomor 3 itu merupakan habitat kijang yang luas, bila dibangun perumahan akan mengganggu kelangsungan hidup spesies kijang yang ada di wilayah tersebut. Terima kasih.

16 03 2015
Zuriati Ulfa / A44120021 (13:42:56) :

Menurut saya urutan pembangunan lokasi perumahan mulai dari yang terbaik ke yang pada gambar tersebut adalah no. 2, 3, kemudian 1. Karena pada lokasi perumahan no.2, pembangunan tidak mengganggu dan merusak patches habitat kijang yang berada disana. Pada lokasi no.3, pembangunan perumahan mengganggu dan merusak patches habitat kijang yang berada disana, tetapi tidak secara keseluruhan. Sedangkan pada lokasi no.1, pembangunan perumahan sangat mengganggu dan merusak patches habitat kijang yang berada disana karena pembangunan mengambil keseluruhan lokasi habitat kijang tersebut.

16 03 2015
Zuriati Ulfa / A44120021 (13:43:57) :

Menurut saya urutan pembangunan lokasi perumahan mulai dari yang terbaik ke yang buruk pada gambar tersebut adalah no. 2, 3, kemudian 1. Karena pada lokasi perumahan no.2, pembangunan tidak mengganggu dan merusak patches habitat kijang yang berada disana. Pada lokasi no.3, pembangunan perumahan mengganggu dan merusak patches habitat kijang yang berada disana, tetapi tidak secara keseluruhan. Sedangkan pada lokasi no.1, pembangunan perumahan sangat mengganggu dan merusak patches habitat kijang yang berada disana karena pembangunan mengambil keseluruhan lokasi habitat kijang tersebut.

16 03 2015
Putri Anggraeni A44130043 (13:55:18) :

Pada gambar yang ditampilkan saat perkuliahan minggu ke 5, bahwa pada gambar tersebut menurut pendapat saya urutan pembangunan yang terbaik hingga yang terburuk, yaitu mulai dari lokasi 2, 3, dan 1. Pada lokasi nomor dua dikatakan terbaik menurut saya karena pada lokasi tersebut apabila dilakukan pembangunan tidak akan mengganggu patch atau ativitas kehidupan dari habitat rusa maupun berbagai vegetasi disekitarnya yang sudah ada sebelumnya. Sedangkan pada lokasi nomor 3, pembangunan yang akan dilakukan pada lokasi tersebut sebenarnya akan mengganggu habitat dari kehidupan makhluk hidup yang ada, salah satunya pada spesies rusa, namun gangguan yang disebabkan tidak terlalu buruk menurut saya karena masih terdapat patch yang tersisa cukup luas serta masih terdapat jalur sirkulasi bagi habitat rusa sebagai jalur penghubung antar patch yang terpisah sehingga aktivitas habitat rusa akan tetap berlangsung.
Pada lokasi nomor 1, terlihat bahwat pembangunan yang dilakukan menyebabkan patch yang terdapat sebelumnya menjadi tersisa sedikit sekali. Hal tersebut menyebabkan habitat yang terdapat pada patch menjadi hilang hingga punah akibat tidak tersisanya daerah yang sesuai untuk kelangsungan hidup mereka, sehingga dapat dikatakan bahwa pada lokasi 1 merupakan pembangunan yang paling buruk menurut saya.

16 03 2015
Putri Aprilia (A44130062) (13:57:47) :

Selamat siang Pak,
Menurut saya pembangunan terbaik ke yang terburuk adalah 2, 3, dan 1.
Saya memilih nomor 2 sebagai yang terbaik karena selain memangkas sedikit populasi kijang, telah tersisa 2 patch yang dibelah oleh sungai, yang menurut saya baik karena sungai tersebut sebagai penghubung dari patch yang satu ke yang lain. Juga berfungsi sebagai sumber kehidupan bagi dua patch tersebut jadi memungkinkan untuk patch yang kecil untuk regenerasi menjadi patch yang lebih besar.
Selanjutnya adalah nomor 3. Menurut saya terbaik nomor dua karena patch yang terpangkas sedikit dan patch yang disisakan mayoritas luas. Namun patch sedikit berjarak dengan sungai memungkinkannya jauh dari sumber kehidupan namun tidak menutupi kemungkinan untuk regenerasi karena populasi padat.
Terakhir adalah 1. Menurut saya terburuk karena menyisakan patch-patch kecil yang letaknya berjauhan dengan sumber kehidupan (dan satu sama lain) sehingga keterhubungannya hilang memungkinkan populasinya punah.

Demikian jawaban dari saya, terimakasih.

16 03 2015
satrio wibowo (a44130053) (14:00:18) :

jawaban : 2,1,3
karena patch 2 merupakan lahan yang kosong sehingga pembangunan di daerah tersebut tidak mengganggu suatu habitat. patch 1 dan 3 mengganggu habitat yang ada di dalamnya bila diakilakukan pembangunan di daerah tersebut. berdasarkan luasan patch 3 lebih terganggu dibanding patch 1.

16 03 2015
Abyan Rai Fauzan M (A44130083) (14:00:58) :

Selamat siang Pak Kaswanto.
Berikut jawaban quiz saya:Menurut saya, pembangunan yang paling tepat mulai dari urutan yang paling baik adalah posisi nomor 2,3, dan 1.Hal tersebut dikarenakan sebagai berikut, walaupun pembangunan 2 menutup jalanan, namun pembangunan tersebut tidaklah menutup akses rusa untuk mencari makan di habitat lainnya. Sementara pembangunan 3 kurang baik karena mengambil sebagian dari habitat rusa. Selain itu memperkecil area rusa untuk mencari mangsa dan mengahalangi akses rusa untuk mendapatkan air. Selain itu, apabila pembangunan dilakukan pada tepian sungai (sumber air) maka akan menyebabkan emisi yang dapat menurunkan kualitas air tersebut. Sementara pembangunan yang terburuk ada pada nomor 1. Mengapa demikian, karena pada nomor 1 memakan seluruh habitat dari rusa untuk dilakukan suatu pembangunan. Hal tersebut akan berakibat fatal, yaitu terjadinya kepunahan rusa dan rusaknya ekosistem beserta habitat yang bersangkutan.Sekian jawaban quiz saya.

16 03 2015
Nurshita Kusumaningrum (14:02:16) :

Siang Pak Kaswanto,
Mengenai quiz minggu ke 5, menurut pendapat saya adalah urutan nomor 3, 1, dan 2 sesuai dengan pelajaran yang telah diberikan.  Pembangunan no. 3 sangat baik karena bangunan tersebut tidak mempengaruhi dan merusak ekosistem kijang di sekitarnya malah pembangunan tersebut dapat memiliki view yang asri karena dekat dengan ekosistem kijang sehingga menyatu dengan alam. Pembangunan no. 1 lebih mempengaruhi dan merusak ekosistem dibandingkan no. 3 tetapi masih dapat bertahan walaupun dalam  jangka waktu yang panjang dapat punah juga. Pembangunan no. 2 adalah yang terburuk karena pembangun tersebut memutuskan koridor yang berada diantara ekosistem kijang yang menghubungan dua ekosistem sehingga dapat menyebabkan kepunahan pada salah satu atau dua ekosistem sekaligus meskipun pembangunan dapat mendapatkan view asri di kedua sisi tetapi terlalu memakan resiko besar.

16 03 2015
Suci Ardina Fitriani harahap (14:03:02) :

Selamat siang, Pak.
Nama saya Suci, mohon maaf sebelumnya karena mengirimkan jawaban melalui email karena blog Bapak tidak dapat saya buka.
Untuk jawaban kuis kali ini, menurut saya pembangunan perumahan yang paling tepat ada di posisi nomor 2, karena pembangunan perumahan tidak menyentuh sama sekali habitat hewan rusa dan jalur perairan (sungai), sehingga sangat ekologis dan aman untuk manusia maupun rusa.

Selanjutnya pembangunan yang cukup tepat berada di posisi nomor 1, karena pada posisi tersebut akan menghilangkan habitat rusa di tempat tersebut, namun habitat rusa yang hilang maish dapat ditolerir karena bukan habitat mayoritas rusa. Efek negatif ini masih dapat dihindari dengan pemindahan rusa-rusa ke habitat lain yang masih memungkinkan kemudian baru dimulai pembangunan perumahan.

Pembangunan yang menurut saya paling tidak tepat di posisi nomor 3, karena pembangunan perumahan menutup habitat mayoritas rusa, yaitu wilayah habitat A secara langsung, perumahan tersebut akan menutupi sebagian besar sirkulasi habitat rusa di wilayah A sehingga lambat laun rusa di wilayah A tidak mendapat makan dan minum yang cukup sehingga akan punah. Karena besarnya habitat ini, maka tidak dimungkinkan untuk memindahkan hewan-hewan rusa ke habitat lain.

Sekian jawaban dari saya, terima kasih.
Selamat siang, Pak

Nama: Suci Ardina F. H.
NIM: A44130018

16 03 2015
Jasmine Kashmira Izdihar A44130078 (14:03:36) :

Selamat siang Pak Kaswanto, saya Jasmine Kashmira Izdihar mahasiswa ARL 50 yang sedang mengambil mata kuliah Pengantar Ekologi Lanskap. Saya ingin menjawab pertanyaan quiz minggu lalu. Jawaban saya adalah 3, 1, 2. Menurut saya pembangunan terbaik adalah pembangunan nomer 3 karena paling tidak mempengaruhi dan merusak ekosistem sekitar. Pembangunan nomer 1 lebih mempengaruhi dan merusak ekosistem dibanding pembangunan nomer 3 tetapi masih dapat bertahaun walaupun dalam jangka waktu yang panjang dapat punah juga. Pembangunan terburuk adalah pembangunan nomer 2 karena pembangun tersebut memutuskan koridor yang menghubungan dua ekosistem sehingga dapat menyebabkan kepunahan pada dua ekosistem sekaligus.

16 03 2015
Annisa Rahmatia W. (A44130068) (14:08:40) :

Menurut saya pembangunan yang terbaik adalah nomor 2 karena pembangunan ini tidak merusak patch pada ekosistem tersebut dan masih bisa dikembangkan. Selanjutnya adalah nomor 3 karena pembangunan ini merusak patch dengan luasan sedikit sehingga kemungkinan kepunahan spesies yang ada rendah. Sedangkan pembangunan yang paling buruk adalah nomor 1 karena pembangunan ini merusak patch dalam jumlah besar hingga patch yang tersisa sedikit sekali yang mengakibatkan kepunahan spesies dan ekosistem menjadi terganggu.

16 03 2015
Taufik Ismail Hidayat (14:12:35) :

Nama : taufik Ismail Hidayat
NIM : A44130030
Jawaban : 3, 1, 2
Alasan : Karena berdasarkan asas ekologi, nomer 3 apabila di bangun atau dikembangkan paling memiliki dampak negatif yang minim Karena tidak terlalu banyak merusak patches Dan juga jauh dari badan air sehingga ketika terjadi luapan air tidak akan berdampak buruk pada pembangunan. Nomer 1 mengambil cukup banyak bagian patches sehingga dapat meyebabkan ketidakseimbangan ekosistem, nomer 3 selain me ngambil banyak bagian dari patches juga memotong koridor, drkat dengan badan air serta memisahkan 1 patches yg satu dengan lainnya.

16 03 2015
Karisa Heza A44130051 (14:13:20) :

selamat siang pak.
Menurut saya urutan pembangunan yang terbaik yaitu dua, tiga, dan satu. Dalam proses pembangunan yang disertakan perubahan, harus mementingkan beberapa aspek yaitu, ukuran (semakin kecil ukuran, populasi semakin berkurang tapi jika ukuran besar, saat berkurang akan mengalami proses recovery), tingkat kepunahan, dan perpindahan.

Pembangunan pada nomor dua, tidak mengganggu patch tempat populasi rusa. Sehingga tidak masalah jika dilakukan pembangunan di sana.

Pembangunan pada nomor tiga, sebenarnya mengganggu patch tempat populasi rusa dengan memutus patch A ke C. Namun dari segi ukuran, patch yang dihilangkan tidak terlalu banyak.

Sedangkan untuk pembangunan pada nomor satu, mengganggu dan banyak merusak patch tempat populasi rusa, bahkan memutus aliran air yang terdapat di patch C.

16 03 2015
Risma fridayani (14:33:39) :

Selamat sore Pak Kaswanto, saya Risma Fridayani mahasiswa ARL 50 ingin menjawab quiz yang telah diberikan minggu lalu. Jawaban saya dari bangunan terbaik sampai yang butuk adalah 3, 1, dan 2. Menurut saya daerah pembangunan yang terbaik adalah bangunan
3 karena pembangunan tersebut paling tidak mempengaruhi ekosistem dan juga tidak merusak ekosistem disekitarnya. Selanjutnya daerah pembangunan nomer 1, pembangunan tersebut lebih mempengaruhi dan merusak ekosistem disekitarnya dibanding daerah pembangunan nomer 3 tadi tetapi masih dapat bertahan walaupun bertahannya dalam jangka waktu panjang tapi dapat punah. Daerah pembangunan terburuk adalah pada pembangunan nomer 2 karena pembangun tersebut memotong koridor yang menghubungan dua ekosistem sehingga dapat menyebabkan kepunahan di daerah tsb pada dua ekosistem.

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>