Perhatian pada 4 DAS

8 03 2010

Sistem Lahan Pulau Jawa 1987

Perhatian pada 4 (empat) DAS di wilayah barat Pulau Jawa kini menjadi kajian strategis yang dilakukan dalam kurun waktu tiga tahun terakhir ini. Empat DAS tersebut adalah DAS Ciliwung, Cisadane, Cimandiri dan Cibuni. Keempat DAS ini menjadi kajian utama dalam kaitannya dengan perubahan lahan. Perbedaan utama dilihat pada posisinya yang berada di bagian utara dan selatan Jawa. Saat ini menjadi fakta (yang kemudian terbukti) bahwa wilayah utara Jawa diyakini lebih berkembang dibandingkan dengan wilayah selatan Jawa. Beberapa kajian dengan hipotesis awal perbedaan utara-selatan saat ini sedang disimulasikan untuk melihat potensi dan peluang pengembangan wilayah sub-urban or country-side di bagian selatan untuk menjadi daya tarik pembangunan.

Batas DAS - Cisadane & Ciliwung (Utara Jawa), dan Cimandiri & Cibuni (Selatan Jawa)

Wilayah keempat DAS tersebut disajikan pada peta di atas. Bagi rekan-rekan yang ingin sharing pengetahuan dan pengalaman mengenai proses analisis pada keempat DAS ini silahkan tinggalkan comment di bawah. Semoga dalam waktu dekat, kita bisa berdiskusi lebih detail di forum ilmiah ataupun dalam diskusi non-formal.

Salam Spasial!!

Semoga bermanfaat!!



Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>