Orang Terkaya versi FORBES

25 03 2010

Baru-baru ini diumumkan daftar orang terkaya didunia versi majalah FORBES, kali ini orang tekaya sejagad sudah tidak dipegang lagi oleh BILL GATES, kali ini orang paling tajir di dunia dipegang oleh CARLOS SLIM HELU dengan total kekayaan mencapai US$ 53,5 miliar, Slim menjadi orang pertama dari luar Amerika Serikat (AS) yang memimpin jajaran miliarder dunia dalam 16 tahun terakhir. Nilai kekayaan Slim yang membangun kerajaan telekomunikasi sejak dua dekade lalu, meningkat sebesar US$ 18,5 miliar dalam setahun terakhir.

Di peringkat kedua, ada Bill Gates yang kekayaannya naik US$ 13 miliar menjadi US$ 53 miliar. Lalu, di urutan ketiga adalah pemilik Berkshire Hathaway Inc., Warren Buffet, dengan kekayaan naik US$ 10 miliar menjadi U$ 47 miliar. “Kami sudah memperhatikan Slim untuk beberapa waktu dan berpikir kapan ia akan mengambil alih gelar sebagai orang terkaya di dunia,” ujar Editor Senior Forbes Luisa Kroll kepada Bloomberg Sekitar 80% dari kepemilikan saham Slim berada di lima perusahaan publik. American Movil SAB, perusahaan telepon nirkabel yang dikontrol oleh Slim harga sahamnya melejit 56% dalam setahun terakhir. American Movil SAD memperluas jaringan ke 18 negara di bumi bagian barat, termasuk Meksiko, Brazil, dan AS. Perusahaan telepon tetap Telefonos de Mexico SAB, yang juga dimiliki oleh Slim, merupakan perusahaan telepon tetap terbesar di Meksiko yang menguasai 80% penetrasi telepon tetap di negara tersebut. Di Brazil, Slim memiliki Telmex Internacional SAByang menguasai sambungan langsung jarak jauh (SLJJ) terbesar di Brazil dan perusahaan televisi kabel Kolombia, Peru, dan negara-negara Amerika Selatan lainnya. Slim juga memiliki saham perusahaan-perusahaan AS seperti New York Times Co., Saks Inc., dan Bronco Drilling Co melalui perusahaan investasinya.

Orang terkaya di Asia Di Asia, pria yang mendapat predikat sebagai orang terkaya di Asia adalah Mukesh Ambani. Pemilik perusahaan penyulingan dan eksplorasi energi Reliance Industries Ltd. yang berbasis di Mumbai ini berada di urutan keempat dunia. Nilai kekayaan Ambani mencapai US$ 29 miliar, naik US$ 19,5 miliar dari posisi tahun lalu. Orang India lainnya yang berada di jajaran orang kaya dunia adalahh Lakshmi Mittal, CEO produsen baja terbesar dunia ArcelorMittal. Mittal menyodok ke posisi kelima dari posisi kedelapan pada tahun lalu. Nilai kekayaan Mittal mencapai US$ 28,7 miliar, naik US$ 9,4 miliar dari tahun lalu.

Berikut 10 besar orang terkaya di dunia dalam daftar yang dirilis Forbes:

1. Carlos Slim Helu (US$ 53,5 Miliar)

2. Bill Gates (US$ 53 Miliar)

3. Warren Buffet (US$ 47 Miliar)

4. Mukesh Ambani (US$ 29 Miliar)

5. Lakshmi Mittal (US$ 28,7 Miliar)

6. Lawrence Ellison (US$ 28 Miliar)

7. Bernard Arnault (US$ 27,5 Miliar)

8. Eike Batista (US$ 27 Miliar)

9. Amancio Orgega (US$ 25 Miliar)

10. Karl Albrecht (US$ 23,5 Miliar)

Dalam daftar orang terkaya di dunia tersebut, terdapat pula perwakilan Indonesia. Namun wakil Indonesia pada tahun 2010 ini menyusut dibandingkan tahun 2009. Satu nama yakni Sukanto Tanoto keluar dari daftar orang terkaya dunia di tahun 2010. Pada tahun 2009 lalu, Sukanto Tanoto menempati posisi 450 dengan kekayaan mencapai US$ 1,6 miliar. Perwakilan Indonesia dalam jajaran orang-orang terkaya di dunia versi majalah Forbes adalah:

1. Michael Hartono, posisi 258 (70 tahun) US$ 3,5 Miliar

2. R Budi Hartono, posisi 258 (69 Tahun) US$ 3,5 Miliar

3. Martua Sitorus, posisi 316 (50 tahun) US$ 3 Miliar

4. Peter Sondakh, posisi 437 (58 tahun) US$ 2,2 Miliar

Source: Forbes.com

Facebook FORBES



Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>