MK PIP MG I 2017/2018

5 09 2017

MK PIP MG I 2017/2018: MK Pengantar Ilmu-Ilmu Pertanian (PIP) IPB107 Semester Ganjil Tahun Akademik 2017/2018 untuk mahasiswa PPKU kelas R02 Angkatan 54 telah disiapkan dengan baik. Minggu I pertemuan akan dimulai pada hari Selasa tanggal 5 September 2017 pukul 15.00-16.40 di Ruang  CCR206.

 

QUIZ AWAL:

Minggu I ini materi diawali dengan quiz awal, seluruh peserta mahasiswa diminta untuk menuliskan pengetahuan awalnya mengenai pertanian dan harapannya terhadap MK Pengantar Ilmu-Ilmu Pertanian (PIP). Kemudian dilanjutkan dengan perkenalan, dan penjelasan singkat materi tiap minggu. Setelah itu, pemberian materi Minggu I mengenai Pengertian Ilmuwan dan Pengetahuan.

Tulis dalam 1 lembar kertas, tulis nama lengkap dan NIM. Waktu 7,5 menit, dikirimkan pada blog dosen PIP.

1. Apa yang Saudara ketahui dengan pertanian?

2. Tulis harapan Saudara mengikuti MK PIP.

Komentar dituangkan ke dalam blog kaswanto.staff.ipb.ac.id

MATERI MK Pengantar Ilmu-Ilmu Pertanian (PIP)

Kuliah 1 GBPP Kontrak – Pengertian Imuwan dan Pengetahuan KAS

Kuliah 2 Sains Pertanian dan Lingkungan

Kuliah 3 Sejarah Pertanian & Pertanian Usaha

Kuliah 4 Cuaca-Iklim dan Unsur-unsurnya

Kuliah 5 Iklim Indonesia

Kuliah 6 Sumber Energi

Kuliah 7 Pangan dan Gizi FINAL

Kuliah 8 Teknologi Pasca Panen

Kuliah 9 Pertanian Pangan dan Non-Pangan

Kuliah 11 Bioteknologi

Kuliah 10 Agribisnis dan Agroindustri

Kuliah 12 Soiless Based Culture

Kuliah 13 Pertanian Terpadu, Berkelanjutan dan Energi Terbarukan

Kuliah 14 Membangun Pertanian Masa Depan KAS

Sumber Bacaan:

1. Nasoetion AH. 2006. Pengantar ke Ilmu-Ilmu Pertanian. Jakarta: Litera Antar Nusa
2. Tim Pengajar PIP. 2009. Buku Kumpulan Makalah Pengantar Ke Ilmu-ilmu Pertanian.
3. Khomsan A dan AT Wahyudi (Editor). 2015. Tantangan Generasi Muda Tantangan Generasi Muda dalam Pertanian, Pangan, dan Energi: Pemikiran Guru Besar IPB.

MK Pengantar Ilmu-Ilmu Pertanian Buku I

Buku I – MK Pengantar Ilmu-Ilmu Pertanian (PIP)

MK Pengantar Ilmu-Ilmu Pertanian - Buku II

Buku II – Kumpulan Makalah PIP

MK Pengantar Ilmu-Ilmu Pertanian - Buku III

Buku III – Tantangan Generasi Muda

Pengajar:

Dr. Kaswanto, SP, MSi



Actions

Informations

122 responses to “MK PIP MG I 2017/2018”

5 09 2017
Nur Izzah Jamilah (21:03:24) :

Nur Izzah Jamilah
H3417009

1. Pertanian merupakan ilmu yang berkaitan tentang pengolahan, pemeliharaan dan perkembangbiakan tanaman pangan seperti padi dan tumbuhan budidaya seperti tanaman hias yang kemudian dimanfaatkan untuk manusia.
2. Dengan mengikuti MK PIP, saya berharap dapat menambah wawasan tentang pertanian, membagikan ilmu pertanian tersebut kepada masyarakat khususnya untuk kawasan pertanian, dan mampu menerapkannya di kehidupan sehari-hari

5 09 2017
Cyntia Dewi.sy (21:22:21) :

Cyntia Dewi.sy
H24170055

1. Pertanian merupakan sektor perekonomian utama di Indonesia. Pertanian berkaitan dengan pengelolaan bahan bahan pangan yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Dalam pengembangan pertanian dibutuhkan lahan yang cukup luas dan subur, juga pemeliharaan khusus agar dapat memperoleh hasil yang melimpah dan berkualitas baik.

2. Harapan saya mengikuti MK.PIP adalah agar dapat mengetahui lebih banyak tentang bagaimana mengelola pertanian dengan baik sehingga dapat menjadi sumber penghasilan dan mempelajari lebih dalam tentang segala permasalahan dalam pertanian tanpa merusak lingkungan atau elemen alam lainnya.

5 09 2017
Nadira Indriana Putri (21:37:52) :

Nadira Indriana Putri
H34170117

1. Pertanian merupakan suatu kegiatan manusia dalam memanfaatkan sumber daya hayati untuk menghasilkan bahan pangan, sumber energi, bahan baku industri dan lingkungan sekitarnya. Pertanian adalah hidup matinya suatu bangsa.

2. Harapan saya dengan mengikuti MK PIP adalah menambah ilmu dan wawasan mengenai pertanian, bisa mengamalkan nya kelak, dan berguna bagi bangsa & negara.

5 09 2017
Dyfan Farrel Fadillah (21:48:50) :

Dyfan Farrel Fadillah
H24170095

1. Pertanian merupakan inti perekonomian di Indonesia. Pertanian sangat lah penting untuk kehidupan manusia, dan pertanian itu sangat luas. 3 kebutuhan paling pokok untuk manusia pun bersangkutan dengan pertanian yaitu pangan, sandang dan papan. Pertanian sangat berperan penting untuk pangan seluruh manusia, lalu sandang juga masih bersangkutan dengan pertanian contoh nya bahan kain sutra yang mana ulat sutra butuh makan daun murbey dan tidak mungkin untuk pengrajin kain sutra mencari tanaman murbey di alam liar dengan jumlah yang besar dan kualitas daun yang baik untuk ulat sutra, disini pertanian berperan untuk mengelola tanaman murbey. Yang terakhir papan, dari dulu sampai sekarang tempat tinggal masih banyak yang menggunakan material kayu seperti pintu, jendela, dan peralatan rumah lain nya. Agar tidak merusak hutan, pertanian berperan juga untuk mengelola berbagai pohon yang kayu nya di butuhkan untuk material papan. Intinya pertanian sangat lah penting dan bisa di bilang inti untuk kehidupan manusia di dunia

2. Harapan saya mengikuti MK PIP mendapat ilmu lebih mendalam tentang pertanian

5 09 2017
Erina Radixa Putri (21:52:26) :

Erina Radixa Putri
H54170005

1. Yang saya ketahui tentang pertanian adalah suatu bidang yang mempelajari atau mendalami tentang tumbuhan, industri, pangan dengan memperhatikan lingkungan serta alam

2. Yang saya harapkan supaya saya lebih memahami dan mengetahui ilmu ilmu pertanian. Dan kelak in syaa allah dapat saya terapkan ilmu pertanian yg baik dan benar serta bermanfaat bagi masyarakat di masa depan.

5 09 2017
Achmad Syauqi Alghiffari (H34170043) (21:55:28) :

Apa yang saudara ketahui tentang pertanian??
Yang saya ketahui tentang pertanian adalah sektor yang paling potensial di Indonesia yang belum di maksimalkan.

Tulis harapan saudara mengikuti MK PIP?
Harapan saya mengikuti mata kuliah pengantar ilmu pertanian adalah saya bisa lebih paham dengan bidang pertanian dan bisa memaksimalkan sektor pertanian Indonesia

5 09 2017
Nuriza Nenden Irawan (22:01:08) :

Nuriza Nenden Irawan
H24170085

1. Pertanian adalah suatu hal yang berkenaan mengenai cara bercocok tanam, peternakan, dan perikanan. Dan juga mengelola suatu lahan guna menghasilkan bahan pangan untuk kebutuhan manusia.

2. Harapan saya mengikuti MK PIP ini yaitu dapat mengetahui ilmu tentang pertanian lebih dalam lagi dan suatu saat nanti dapat berkontribusi untuk pertanian di Indonesia.

5 09 2017
Fernando Takimai (22:01:27) :

Fernando Takimai
H14170099

1.Pertanian adalah sebuah usaha, dimana seseorang membuka sebuah lahan untuk dikelolah menjadi sebuah perkebunan. Dari hasil kelolahan tersebut, dapat dipasarkan dengan harga yang sudah ditentukan.Pertanian bukan saja meliputi dalam hal bercocok tanam saja, melainkan juga termasuk kedalam hal peternakan.Peternakan adalah salah satu usaha yang di kelompokan dari pertanian,Salah satu contoh peternakan yang sudah banyak kita liat di Indonesia misalnya seperti berternak ayam,bebek,kambing,sapi Dan bahkan masih banyak lagi ternak yang lain.
2.harapan saya mengikuti MK PIP ini,agar saya dapat mengenali lebih dalam cara berternak dan juga cara berkebun. Di daerah saya di papua khususnya di kabupaten Deiyai masih banyak sekali lahan yang luas,disana kegeiatan Ekonomi mereka lebih banyak juga berkebun, namun hasil yang didapatkan juga pas sesuai kebutuhan hidup mereka tak kurang dan juga tak lebih. Disini saya termotivasi untuk belajar MK PIP agar kedepan saya dapat membuka lahan yang besar di daerah saya dan bisa menjadi contoh atau patokan bagaimana cara berkebun yang benar.

5 09 2017
Shofiatul Karimah (22:06:16) :

Shofiatul Karimah
H54170021

1. Pertanian merupakan kegiatan mengolah sumber daya hayati yang dilakukan oleh manudia untuk menghasilkan bahan pangan dan bahan paku.
2. Harapan saya selama mengikuti MK PIP adalah dapat menambah wawasan mengenai pertanian, lalu dapat mengetahui cara-cara yang efektif dalam melaksanakan kegiatan pertanian untuk dipraktekkan secara langsung dan dapat mendatangkan manfaat.

5 09 2017
Devia Margareth (22:10:07) :

Nama : Devia Margareth
NIM : H44170053

1. Apa yang Saudara ketahui tentang pertanian?
Pertanian adalah sesuatu yang bersangkutan dengan Sumber Daya Alam Hayati dengan berbagai macam hasil olahan dari suatu kegiatan yang dinamakan Tani untuk menghasilkan bahan pangan, industri maupun sumber energi untuk mengelola lingkungan hidup baik dilakukan secara tradisional maupun bantuan teknologi.

2. Tulis harapan Saudara mengikuti MK PIP!
Saya ingin memiliki ilmu untuk berkontribusi memajukan pertanian Indonesia, membangun ekonomi maupun pertanian yang berkelanjutan, dan ingin membuat inovasi baru mengenai pertanian yang ekonomis. Saya ingin membuat suatu produk olahan hasil pertanian yang mampu menerobos pasar internasional, baik teknologi maupun produk makanan
Setidaknya saya bisa membangun ekonomi yg berkelanjutan dengan mengedepankan SDA di masa yg akan datang

5 09 2017
MUHAMMAD_AFIFUDDIN ABDURROSYID KAMIL (22:12:17) :

1.pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumberdaya hayati untuk kebutuhan sandang,papan,dan pangan manusia. Bisa di bilang pertanian adalah masalah hidup dan mati suatu bangsa karena bersentuhan langsung dengan kebutuhan pokok ummat manusia. Pertanian memiliki arti yg luas mulai bercocok tanam,peternakan,kehutanan,kelautan dsb.

2.harapan saya setelah mengikuti MK PIP saya bisa memadukan ilmu pertanian dengan ilmu ilmu yang lain.agar terbentuk suatu keilmuan yang baru dan beemanfaat bagi ummat manusia

5 09 2017
Sitti Khofifah Ar Rasyid (22:18:30) :

SITTI KHOFIFAH AR RASYID
H24170057

1. Menurut saya yang dimaksud dengan pertanian adalah sebuah sektor penting dan merupakan hal sensitif dalam sebuah negara. Contoh yang disebut dengan pertanian adalah beternak dan bertani. Sehingga dengan kata lain tanpa adanya pertanian sebuah negara dapat dikatakan tidak hidup.

2. Setelah mempelajari pengantar ilmu-ilmu pertanian saya berharap dapat menguasai ilmu-ilmu pertanian sebagai dasar saya dalam mengembangkan ilmu pertanian dibidang ekonomi. Karena saya dari departemen manajemen yang ingin sekali memajukan ekonomi negara terutama dibidang pertanian.
Terima kasih :)

5 09 2017
Mutiara Sukmadewi (22:29:00) :

Mutiara Sukmadewi
H54170059

1. Pertanian adalah kegiatan budidaya atau bercocok tanam bahan-bahan pangan atau tanaman lain yang hasilnya bermanfaat dan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia.

2. Saya berharap dengan saya mengikuti MK PIP saya dapat memiliki ilmu yang cukup untuk berkontribusi dan mengembangkan pertanian di Indonesia yang akan saya kolaborasikan dengan bidang yang saya dalami yaitu ekonomi.

5 09 2017
Kintan Nur Ramadini (22:36:33) :

Kinta Nur Ramadini
H54170052

1. Pertanian merupakan sektor yang mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam sehingga dapat menghasilkan suatu hasil pertanian yang berguna bagi manusia.

2. Saya berharap dengan mengikuti MK PIP ini saya dapat memahami lebih dalam mengenai sektor pertanian, dan berusaha memanfaatkan kesempatan untuk mempelajari MK PIP ini dengan sebaik-baiknya.

5 09 2017
Walham Putra (H24170007) (23:09:18) :

1. Jawaban : Pertanian menurut saya adalah suatu bidang yang berhubungan dengan pangan yang dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari. Kalau tidak ada pertanian, mungkin manusia tidak bisa hidup karena manusia butuh makan dan makanan berasal dari bidang pertanian.
2. Jawaban : Harapan saya mengikuti MK PIP, saya bisa lebih tahu tentang seluk-beluk pertanian secara lebih mendalam. Walaupun saya mayornya manajemen, saya harus lebih tahu tentang pertanian karena pertanian itu sangat penting.

5 09 2017
Marhaban rizki yudhistira (23:45:10) :

Marhaban rizki yudhistira
K14170055

1. Pertanian merupakan suatu kegiatan menghasilkan pangan dengan cara bercocok tanam memanfaatkan sumber daya alam baik secara tradisional maupun modern dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan pokok dan menyejahterakan kehidupan masyarakat.

2. Harapan mengukuti MK PIP adalah dapat mengikuti dan memahami apa apa yang diterangkan pengajar mengetahui ilmu pertanian sehingga dapat menerapkannya dengan aksi nyata, dengan menyejahterakan pertanian lingkungan sekitar sebagai langkah awal untuk memajukan pertanian dan para petani.

6 09 2017
Adhitya Ikrar Laksono (09:43:47) :

Adhitya Ikrar Laksono
K14170068

1. Yang saya ketahui tentang pertanian hanya petani, sawah, dan beras. Penyuplai makanan pokok lebih dari 70% wni
2.harapan saya mengikuti pip adalah memperluas pengetahuan dan wawasan saya tentang pertanian

6 09 2017
Muhammad Redo Qaedi (09:52:30) :

Muhammad Redo Qaedi
H14170092

1.Yang saya ketahui tentang pertanian adalah suatu hal yang bersangkutan tentang sumber daya hayati yang dapat digunakan atau dimanfaatkan terutama sebagai kebutuhan pokok di bidang pangan dan juga sebagai sumber bahan baku di bidang industri dan semua hasil yang dapat di manfaatkan dan dipergunakan untuk kelangsungan kehidupan makhluk hidup
2.Harapan saya setelah mengikuti mata kuliah pengantar ilmu pertanian agar saya lebih mengerti,memahami,dan menambah wawasan tentang bidang pertanian dan mengaplikasikannya di kehidupan saya dan juga agar saya dapat memajukan pertanian Indonesia

6 09 2017
Hilman Suryadi (10:56:51) :

Hilman Suryadi
H54170085

1. Pertanian menurut saya adalah kegiatan manusia untuk mengolah sumber daya hayati yang mencakup berbagai aspek untuk memenuhi kebutuhan pangan manusia itu sendiri. Aspek yang mencakup pertanian sangat luas, diperuntukkan untuk memenuhi kebutuhan pangan, oleh karena itu pertanian tidak hanya menyangkut cara bercocok tanam, kemudian memanen hasilnya, lebih daripada itu pertanian didalamnya termasuk peternakan, perikanan, kehutanan, perawatan sumber daya hayati itu sendiri agar dihasilkan pangan yang berkualitas, serta cara mengolah, memasarkan, dan mendistribusikan hasil pangan tersebut sehingga dapat menghasilkan profit bagi subjek yang mengelola pertanian.

2. Harapan saya setelah mengikuti mata kuliah pengantar ilmu pertanian ini saya dapat mengenal dan memahami pertanian lebih luas dan dalam lagi, dapat mengaitkan ilmu yang diperoleh dari mata kuliah ini dengan mayor saya di departemen Ilmu Ekonomi Syariah nanti, tentang bagaimana mengelola pertanian dan memasarkannya sesuai syariat dan sebagainya, serta dapat menjadi mahasiswa pertanian yang dapat mempertanggungjawabkan status saya nantinya sebagai lulusan institut pertanian. Dengan mengikuti mata kuliah ini juga saya dapat mengaplikasikan ilmu ilmu pertanian dalam kehidupan sehari-hari dan membagikan ilmu pertanian kepada masyarakat sebagai bentuk kontribusi saya sebagai mahasiswa pertanian. Contoh kongkrit lainnya saya dapat mengikuti mata kuliah ini dengan serius dan memperoleh nilai yang sangat baik , agar ilmunya dapat diamalkan.

6 09 2017
Raul Ranatama (11:10:33) :

Raul Ranatama
H54170079

1. Dalam artian luas, pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya hayati yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, atau sumber energi, serta untuk mengelola lingkungan hidupnya. Pertanian merupakan kekuatan terbesar dalam perekonomian Indonesia. Artinya pertanian merupakan sektor utama yang menyumbang hampir dari setengah perekonomian. Pemerintah perlu memberi perhatian lebih pada sektor pertanian agar dapat berkembang dan bisa bersaing di pasar internasional.

2. Harapan saya setelah mengikuti mata kuliah PIP saya dapat mengetahui banyak hal mengenai pertanian dan bisa bercocok tanam sendiri yang menghasilkan produk terbaik.

6 09 2017
Ryan Arif Basardi H34170095 (11:27:37) :

1. Pertanian menurut saya merupakan bidang yang sangat penting selain bidang perikanan, peternakan, dan lain sebagainya dalam menunjang perekonomian suatu bangsa. Pertanian juga merupakan sumber utama rakyat terutama dalam hal pangan. Sehingga jika pertanian diabaikan menurut saya banyak permasalahan yang akan terjadi dalam suatu Negara tersebut

2. Harapan saya setelah mengikuti MK PIP, saya dapat mengerti ilmu-ilmu pertanian dan mengenal pertanian lebih dalam/luas. Sehingga permasalahan-permasalahan yang sering terjadi di bidang pertanian dapat terbantu.

6 09 2017
Mochammad Rochman Alfath (11:28:44) :

Mochammad Rochman Alfath
H24170001

1. Pertanian adalah suatu kegiatan yang menciptakan kebutuhan pokok manusia. Pertanian sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup manusia. Pertanian tidak hanya bercocok tanam disawah tapi juga mencakup banyak hal seperti peternakan, perikanan, dan aspek-aspek lainnya.

2. Harapan saya mengikuti MK PIP adalah ingin mempunyai wawasan yang lebih luas tentang pertanian, dan jika saya telah mempunyai wawasan yang lebih luas tentang pertanian, saya ingin membantu dalam memajukan pertanian Indonesia melalui inovasi-inovasi yang saya ciptakan.

6 09 2017
Ryan Arif Basardi (11:57:06) :

Ryan Arif Basardi
H34170095

1. Pertanian menurut saya merupakan bidang yang sangat penting selain bidang peternakan, perikanan, dan lain sebagainya dalam menunjang perekonomian bangsa. Pertanian juga merupakan sumber utama rakyat terutama dalam hal pangan. Sehingga jika pertanian diabaikan menurut saya banyak permasalahan yang akan terjadi dalam suatu Negara tersebut.

2. Harapan saya setelah mengikuti MK PIP, saya dapat mengerti ilmu-ilmu pertanian dan mengenal pertanian lebih dalam/luas. Sehingga permasalahan-permasalahan yang sering terjadi di bidang pertanian dapat terbantu.

6 09 2017
Satria Said Raihan Denawan (12:28:50) :

Satria Said Raihan Denawan
H44170014

1. Pertanian merupakan aset terpenting yang dimiliki oleh sebuah negara karena pertanian adalah sumber pokok makanan penduduk yang tinggal di negara tersebut terutama Indonesia yang memiliki penduduk yang sangat banyak dengan demikian membutuhkan pula sumber makanan yang banyak

2. Harapan saya setelah mengikuti PIP, saya dapat lebih mengetahui tentang pertanian dan masalah masalah pertanian di indonesia dan menemukan solusi untuk mengembangkan pertanian Indonesia

6 09 2017
fauzan madani (12:35:11) :

Fauzan Madani
NIM : H14170060
1. Menurut saya, pertanian adalah sistem dan proses mengeksploitasi, memanfaatkan, serta mengolah sumber daya alam hayati yang dilakukan dengan disiplin ilmu dan dalam cakupan perkebunan, kehutanan, peternakan dll. yang berhubungan dengan pertanian untuk memenuhi kebutuhan manusia secara luas dan dalam jangka waktu secara terus menerus.
2. harapan saya setelah mengikuti MK PIP, saya dapat mengetahui cara menuntaskan permasalahan pertanian yang berhubungan dengan pemenuhan kebutuhan pangan di daerah saya sendiri, memanfaatkan lahan yang cukup luas untuk menghasilkan suatu produk, serta memperkerjakan orang untuk mengurangi angka pengangguran di daerah saya.

6 09 2017
Hilma Gusparima (13:04:45) :

Hilma Gusparima
H24170010

1. Pertanian : produksi sumber daya alam baik tumbuhan maupun hewani dari hasil kegiatan manusia yang dilakukan melalui proses dan ketentuan-ketentuan tertentu untuk menghasilkan produk yang unggul guna melestarikan dan mengbangbiakkan sumber daya alam yang ada dan dapat meningkatkan keuntungan atau pendapatan manusia yang melakukannya, pertanian juga sangat dibutuhkan untuk kelangsungan hidup manusia baik di bidang pangan, industri, bercocoktanam dll.

2. Harapan saya mengikuti MK PIP ayaitu semoga saya dapat lebih mempelajari tentang pertanian dan cara menanggulangi permasalahan pertanian. Kelak setelah lulus saya ingin mengembangkan pertanian Indonesia dengan memiliki usaha pertanian modern dengan menggunakan kecanggihan teknologi sehingga hasil dan manfaatnya lebih besar. Sehingga petani Indonesia dapat hidup makmur dan sejahtera dan Indonesia dapat maju baik dibidang logistik maupun lainnya

6 09 2017
Muhammad Yusuf Haekal (16:31:39) :

Muhammad Yusuf Haekal
R02
H34170115

1. Pertanian merupakan suatu hal yang sangat penting dalam kemajuan kelompok, masyarakat, negara dalam mengembangkan hasil bumi yang ada secara terstruktur dan terorganisir agar hasil bumi yang dapat dikembangkan menjadi suatu barang yang dapat digunakan maupun diolah sebagai barang lain agar dapat digunakan untuk pemenuhan kebutuhan dasar.

2. Harapan saya dengan mengikuti PIP, saya mengharapkan adanya kemajuan pertanian di Indonesia, serta dapat membuka mindset orang Indonesia agar mengembangkan pertanian yang makmur, efektif serta dilakukan dengan profesional agar menaikkan mutu hasil bumi yang ditanam dan menaikkan harga.
Dapat memiliki tanah untuk mengembangkan SDA yang beragam dan dapat dinikmati keberagaman hasil bumi-nya secara murah dan mudah di dapat.
Saya akan wisuda 8 September 2021 dengan cumlaude dan prestasi yang sangat memuaskan gelat S.E.

6 09 2017
Alfi Nurdina (17:15:35) :

Alfi Nurdina
H34170051

1. Pertanian merupakan suatu bentuk kegiatan untuk mengambil energi dari matahari. pertanian sendiri tidak hanya melulu mengenai tanam-menanam tapi juga meliputi peternakan dan perikanan. Pertanian menjadi salah satu cara manusia untuk memenuhi salah satu kebutuhan hidupnya yang paling pokok yakni pangan/makanan.

2. Harapan saya dengan belajar PIP, saya bisa memahami konsep pertanian lebih dalam lagi. bukan tentang memahami pertanian sebagai pekerjaan tapi memahami pertanian sebagai sebuah kebutuan pokok. saya ingin bisa melakukan aksi nyata di masyarakat tidak hanya melulu tentang teori tapi memberikan bukti bahwa pertanian bisa merubah perekonomian. perekonomian yang dibangun berbasiskan pertanian, terutama di agribisnis.

6 09 2017
Mitha Rizkia Putri (17:30:17) :

Mitha Rizkia Putri
H14170033

1. Pertanian, menurut saya pertanian berhubungan dengan kebutuhan pokok manusia yaitu: sandang, pangan, dan papan. Salah satunya pangan yang sangat penting, bagaimana suatu bangsa dapat mandiri dalam memproduksi suatu pangan yang beraneka ragam dan melimpah agar warga negaranya tidak merasa kekurangan dalam pangan. Hal itu semua sangat dipengaruhi oleh sektor pertanian, pertanian di Indonesia masih belum maju di banding negara-negara maju lainnya, hal ini terjadi karena banyak sekali masyarakat Indonesia yang tidak mau ikut berkontribusi dalam sektor pertanian, karena mereka menganggap bahwa petani itu pekerjaan yang kecil dan tidak berpengaruh dalam sebuah bangsa. Pada hal warga negara tidak dapat bertahan dari kekurangan pangan, karena pangan merupakan sebuah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap harinya.

2. Harapan saya mengikuti MK PIP yaitu, ingin lebih mengenal tentang ilmu-ilmu pertanian, hal-hal yang berkaitan tentang pertanian, masalah-masalah pertanian agar dapat mencoba berkontribusi untuk pertanian bangsa saya. Membantu saya untuk mengerti mengapa masih banyak Negara yang pangannya melimpah, sumber daya alam, dan sumber daya manusia yang mencukupi tapi masih belum bisa memenuhi kebutuhan pangan rakyatnya sendiri sehingga masih banyak rakyat yang pangannya belum tercukupi. Dan ingin menunjukan bahwa pertanian sangat penting bagi setiap manusia karena pertanian memiliki beberapa sektor penting pada sebuah bangsa salah satunya kebutuhan pangan yang tidak dapat ditunda sama sekali.

6 09 2017
Nur Wulan (17:33:48) :

Nur Wulan
H54170001

1. yang saya ketahui tentang pertanian yaitu suatu sektor yang sangat penting dan harus terus dikembangkan karena pertanian merupakan kebutuhan dasar masyarakat dari mulai sandang, pangan dan papan semua berasal dari pertanian, maka dari itu pertanian sangat harus di tingkatkan mulai dari proses awal sampai mendapatkan hasil yang maksimal.
2. saya harapkan setelah saya belajar pip saya dapat mengembangkan pertanian di indonesia tidak hanya cukup cerdas dalam teori tetapi juga cerdas dalam pelaksanaannya.

6 09 2017
Muzdhalifah Razalina (19:37:53) :

MUZDHALIFAH RAZALINA
H44170003

1. Yang Saya ketahui tentang pertanian yaitu, Pertanian merupakan salah satu bidang yang menangani masalah pangan, serta tanaman – tanaman yang mempunyai kegunaan dan fungsi tertentu. Dalam bidang pertanian, juga terdapat masalah – masalah tertentu yang mana penyelesaian masalah – masalah tersebut harus didasarkan pada ilmu – ilmu pertanian, agar penyelesaiannya berfungsi tepat guna.

2. Yang Saya harapkan setelah mengikuti MK PIP yaitu,
– Memahami tentang apa itu pertanian,
– Mampu menjadi bagian yang bisa ikut andil dalam mencari solusi
untuk masalah – masalah pertanian,
– Dapat menerapkan ilmu – ilmu tentang pertanian pada lingkungan
sekitar.

6 09 2017
Aina Fiha (20:12:28) :

K14170076

1. Apa yang Saudara ketahui tentang pertanian?

‘Tani’ menurut bahasa artinya ‘mata pencaharian dalam bentuk bercocok tanam’, namun bagi saya pertanian jelas lebih dari sekedar proses mencari pangan dan materi. Pertanian merupakan cikal bakal peradaban canggih spesies kita. Dulu, saat masih berburu dan mengumpulkan makanan, manusia hidup nomaden dan tidak terorganisir. Berharap hari ini dapat buruan, kalau tidak dapat ya kelaparan. Masa tersebut akhirnya berakhir setelah manusia menemukan cara untuk “membuat” makanannya sendiri, yaitu bertanam dan berternak. Pertanian memungkinkan manusia purba untuk tinggal menetap, berbagi peran, bermasyarakat, kemudian mengenal baca tulis dan ilmu pengetahuan. Pertanian adalah salah satu sebab utama di balik berjayanya manusia modern.

2. Tulis harapan Saudara mengikuti MK PIP.

Harapan saya sederhana saja, saya ingin kebun di samping rumah saya dapat lebih menguntungkan bagi kami sekeluarga.

6 09 2017
Pipit Novita Indriani H44170012 (20:26:17) :

1. Pertanian merupakan salah satu sektor yang sangat penting dan berpengaruh terhadap kelangsuangan hidup suatu bangsa. Karena pertanian sangat erat kaitannya dengan pangan, yang tentunya kita tahu bahwa masalah pangan itu masalah hidup dan matinya suatu bangsa.
2. Harapan Saya mengikuti MK PIP, supaya Saya bisa menambah pengetahuan, informasi, serta wawasan mengenai ilmu-ilmu pertanian. Dari tahunya Saya mengenai ilmu-ilmu pertanian, semoga saja Saya nantinya bisa memajukan dan berdampak terhadap pertanian Indonesia.

6 09 2017
Muhammad Arifathul Fikri Irwan (20:30:17) :

Muhammad Arifathul Fikri Irwan
H24170047

1. Tentang Pertanian yang saya ketahui adalah ilmu yang mempelajari mengenai sandang, pangan dan papan. Hal itu sangat penting bagi kehidupan masyarakat bangsa ini, karena pertanianlah sumber kehidupan suatu bangsa seperti teknik pembibitan benih, menghasilkan bahan baku indsutri, sumber energi bagi masyarakat, dan mengelola lingkungan terus-menerus dengan melindungi dan memanfaaatkan wilayah pertanian tersebut. soal pertanian ini sangatlah perlu diperhatikan, bahkan Presiden Pertama Bangsa Indonesia sekalipun mengatakan “soal pangan adalah hidup matinya suatu bangsa”. jadi tanpa pertanian, kita tidak bisa apa-apa, dan tanpa memanfaatkannya dengan baik kita bukan apa-apa. Hidup Pertanian Indonesia

2. harapan saya adalah lebih mengetahui ilmu pertanian lebih dalam lagi sehingga bisa memajukan pertanian Indonesia kedepannya. menjaga pertanian dan memanfaatkan sebesar-besarnya untuk menjadikan negara Indonesia yang unggul dalam bidang pertanian. selain itu suatu saat saya akan memiliki perkebunan sendiri untuk belajar bagaimana menerapkan atau mengaplikasikan ilmu-ilmu pertanian yang saya pelajari sekarang ini, serta yang terpenting adalah membantu menegakkan hak petani khususnya masalah ekonomi, demi mensejaterahkan kehidupan petani tersebut

6 09 2017
Mohamad Wahyudin (20:32:18) :

Mohamad Wahyudin
K14170014

1. Pengertian yang saya ketahui tentang PERTANIAN adalah segala sesuatu yang berkenaan dengan pemanfaatan sumberdaya alam baik tumbuhan maupun hewan yang memiliki nilai ekonomis dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pertanian memiliki beberapa sektor utama percocoktanaman, perkebunan, perikanan, kehutanan, dan pertambangan. Dari Pertanian kita selaku umat manusia seharusnya bisa mengolah sumberdaya alam yang kita miliki ini sebijak – bijaknya.
2. Haraapan saya setelah mengikuti mata kuliah pengantar ilmu- ilmu pertanian (MK PIP) saya bisa menjadikan segala keputusan saya dalam menangani masalah pertanian dapat memerhatikan unsur – unsur keberlangsungan pertanian secara berkesinambungan secara umumnya. Dan secara khususnya saya dapat menemukan peluang usaha setelah saya mempelajari mata kuliah PIP ini. “Dimana ada kendaladi situ ada peluang” itulah moto yang akan saya wujudkan untuk membangun negeri kita tercinta NKRI

6 09 2017
MUHAMMAD_AFIFUDDIN ABDURROSYID KAMIL (21:54:10) :

MUHAMMAD_AFIFUDDIN
H54170045

1.pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumberdaya hayati untuk kebutuhan sandang,papan,dan pangan manusia. Bisa di bilang pertanian adalah masalah hidup dan mati suatu bangsa karena bersentuhan langsung dengan kebutuhan pokok ummat manusia. Pertanian memiliki arti yg luas mulai bercocok tanam,peternakan,kehutanan,kelautan dsb.

2.harapan saya setelah mengikuti MK PIP saya bisa memadukan ilmu pertanian dengan ilmu ilmu yang lain.agar terbentuk suatu keilmuan yang baru dan beemanfaat bagi ummat manusia

6 09 2017
Destiana Rahmawati Dewi (22:00:02) :

Destiana Rahmawati Dewi
H54170033

1. Pertanian adalah suatu kegiatan/usaha yang dilakukan oleh manusia dengan memanfaatkan serta mengolah sumber daya alam menjadi sumber pangan (terutama) dan sumber kebutuhan lainnya guna memenuhi kelangsungan hidupnya. Tanpa adanya pertanian, kita tidak akan hidup dan berkembang.

2. Harapan saya setelah mengikuti MK PIP adalah dapat menerapkan ilmu-ilmu yang di dapat dan dapat mengaplikasikannya kedalam kehidupan sehari-hari dengan sebaik-baiknya, dapat memperbaiki berbagai kasus/persoalan/permasalahan pertanian yang ada di negeri kita khususnya, dapat mengolah dan memproduksi sumber daya alam yang ada menjadi suatu produk yang inovatif, kreatif, dan prestatif, serta dapat berguna bagi seluruh kalangan masyarakat.

6 09 2017
Pandjy Taryana Poetra H34170024 (23:27:17) :

1. Pertanian adalah segala hal yang mencakup mengenai proses dalam penanaman/pembibitan, proses perawatan, hingga pada pemanenan. Pertanian tidak hanya mencakup hanya kebun dan sawah saja melainkan meliputi bidang Perikanan, Peternakan, Perkebunan, dan Hasil Hutan, itu bagian dari Pertanian. Pertanian ini juga berhubungan dengan pangan (makanan)

2. Harapan saya mengikuti matakuliah PIP yaitu saya bisa mengenal seluk beluk pertanian dari hulu ke hilir dengan baik agar bisa memaksimalkan potensi negara kita yang menjadi negara agraris menjadi negara yang swasembada pangan.

6 09 2017
Rizqi Imaduddin Hakim (23:31:25) :

Rizqi Imaduddin Hakim
H34170005

1. Pertanian merupakan suatu kegiatan menghasilkan produk pangan, sandang dan lain sebagainya yang sudah dimulai setelah masa berburu meramu. Pertanian telah berkembang dari lingkup sempit yang sebelumnya hanya untuk mencukupi makan hingga ke pertanian yang meliputi sektor perkebunan, peternakan, perikanan yang memiliki pengaruh kuat akan kedaulatan suatu negara.
2. Dengan mengikuti MK PIP saya harap dapat memiliki dasar pengetahuan pertanian yang dapat digunakan untuk jenjang dan profesi selanjutnya.

6 09 2017
Rahmi Harta (23:36:23) :

Rahmi Harta
H14170042

1. yang saya ketahui tentang pertanian yaitu suatu kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan manuasia yang akan mendatang bahwasannya pertanian kalo menurut saya berperan penting dalam masalah pangan, seperti kata soekarno “masalah pangan hidup matinya suatu bangsa”, kebutuhan primer manusia. kebutuhan yang sangat berpengaruh kepada kehidupan manusia yang akan mendatang.

2. yang saya harapkan setelah mengikuti pelajaran PIP adalah saya berharap ilmu yang saya dapatkan dari mata kuliah PIP ini bisa diterapkan di kehidupan saya yang akan mendatang, bisa berbagi ilmu ini kepada orang orang yang membutuhkan, dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat untuk masa yang akan mendatang, dan juga setelah mendapatkan mata kuliah ini kita bisa meningkatkan kebutuhan pangan bangsa Indonesia dengan sebaik baiknya.

6 09 2017
Rahmanimtiyaz (23:54:28) :

H54170081

1. Sepengetahuan saya pertanian merupakan pemanfaatan sumber daya hayati yang penting dalam penyediaan pangan. Pertanian merupakan hidup matinya bangsa -Ir. Soekarno

2. Harapan saya mengikuti MK. PIP, saya dapat memahami tentang ilmu pertanian dengan baik sehingga dapat memanfaatkan pertanian dengan optimal yang memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.

6 09 2017
Mia annisa (23:59:13) :

Nama : mia annisa gusfa
H54170083

1. Pertanian adalah tentang cara pengolahaan tanaman dan lingkungannya yang dilakukan oleh manusia untuk menghasilkan bahan bahan mengenai pangan energi dan industrian yang maksimum berkualitas

2. Harapan dengan mempelajari PIP dengan sistem yang benar dan tepat menciptakan peralatan pendukung pertanian yang modern, sehingga petani2 mampu bersaing dgn negra lain, juga timbulnya kesadaran dalam diri saya betapa pentingnya mendukung para petani menjadi petani yang sukses dan sejahtera, dan menjadi bekal ilmu untuk memajukan pertanian indonesia

7 09 2017
Tania Intan (07:17:12) :

Tania Intan
H54170024

1. Yang saya ketahui tentang pertanian adalah pertanian merupakan salah satu bidang di kehidupan manusia yang sangat penting karena dengan adanya pertanian masyarakat dapat melanjutkan kehidupannya. Seperti yang dikatakan oleh salah satu kakak tingkat di IPB, selagi masih ada perut-perut manusia yang harus diisi maka selama itu juga pertanian akan tetap hidup. Namun sangat disayangkan pertanian di Indonesia saat ini belum dapat dikatakan memuaskan. Hal ini dikarenakan Indonesia masih saja melakukan impor di bidang pertanian seperti beras dan gula. Indonesia merupakan negara agraris yang memiliki lahan yang begitu luas yang dapat digunakan untuk bertani, namun mengapa masih saja ada rakyat Indonesia yang kelaparan, kekurangan pangan dan masih harus bersusah payah untuk memenuhi kebutuhannya di bidang pertanian? Ini merupakan pertanyaan yang harus dijawab tidak hanya oleh pemerintah melainkan juga oleh generasi penerus bangsa kedepannya

2. Harapan saya setelah mengikuti MK PIP yaitu saya dapat memanfaatkan dan menerapkan ilmu-ilmu yang telah saya dapatkan agar tidak ada lagi masyarakat di Indonesia yang kelaparan karena kekurangan pangan, agar Indonesia tidak lagi melakukan impor di bidang pertanian dan agar pertanian di Indonesia bisa lebih baik dari sebelumnya.

7 09 2017
Fransiska Novia (07:45:31) :

Fransiska Novia Amber Permatasari
H44170036

1) Menurut saya, pertanian ialah suatu bidang yang penting di Indonesia karena manfaat yang dihasilkan dari bidang ini amat sangat berdampak bagi jalannya kehidupan bangsa. Mengapa dikatakan penting? Sebab tanpa adanya bidang ini kebutuhan kebutuhan masyarakat di Indonesia tidak dapat tercukupi yang mengakibatkan ketidakteraturan tatanan hidup. Selain itu, jika pertanian di Indonesia tak berjalan dengan baik, lapangan pekerjaan para penduduk khususnya para petani kian menghilang yang akan menyebabkan kesenjangan sosial. Bahkan tanpa adanya pertanian negara-negara diluar sana juga akan mengalami krisis bahan pangan sebab tak semua negara dapat digunakan untuk bercocok tanam sebab mereka mengimpor kebutuhan hidup masyarakatnya ke negara negara tropis. Intinya pertanian memberikan dampak menyeluruh kepada dunia kita.

2) Harapan saya dalam mengikuti matakuliah PIP adalah dapat mendalami apakah peran pertanian yang sesungguhnya dalam kehidupan bermasyarakat, mengetahui sektor sektor pertanian yang perlu mendapatkan perhatian lebih lanjut dari pemerintah, masalah masalah pertanian yang kerap kali terjadi dan solusi tepat untuk mengatasinya, serta ingin mengetahui pertanian dimata global.

7 09 2017
Aulia Amin Nasution (08:00:40) :

AULIA AMIN NASUTION
H24170086

1. Yang saya ketahui tentang pertanian yaitu kegiatan mengolah/memanfaatkan kekayaan sumber daya alam untuk memenuhi kebutuhan manusia. Pertanian memegang peranan yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia.

2.Dengan mengikuti MK PIP saya berharap untuk mampu mengetahui pertanian lebih dalam lagi dan lebih mengenal pertanian. Sehingga saya mampu untuk terjun dalam bidang pertanian.

7 09 2017
Hanna Mardhiyah (08:13:10) :

Nama : Hanna Mardhiyah
NIM : H14170066

1. Pertanian yg saya ketahui ialah suatu kegiatan dalam memanfaatkan sumber hayati menjadi produk yang nantinya dapat memenuhi kebutuhan pangan manusia. Pertanian mencangkupi kegiatan bercocok tanam, perikanan, perternakan dan juga perhutanan. Sehingga pertanian sendiri memiliki peran yang penting dalam kehidupan manusia.

2. Harapan saya dalam mengikuti mk PIP yaitu dapat mengetahui lebih banyak mengenai apa itu pertanian, bisa menyalurkan ilmu yang telat di dapat ke dalam dunia nyata dan juga nilai pada mk PIP saya mendapat nilai A

7 09 2017
Dinda Shundari (08:36:32) :

H44170028

1. Pertanian adalah suatu bentuk dalam mengolah sumberdaya alam,hayati khususnya (bersifat dapat diperbaharui) menjadi sesuatu yang punya manfaat bagi kehidupan,sebagai pangan,bahan industri,perkembangan teknologi,pembangunan ekonomi,farmasi,dsb.

2. Agar menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pertanian karena sangat berhubungan dengan kehidupan mahluk hidup. Semoga dari sini saya dapat membantu pertanian dengan bekerja volunteer dalam realisasi proses bertani dan membantu memperkenalkan teknologi kepada masyarakat dengan penemuan-penemuan yg sudah ditemukan oleh mahasiswa IPB lainnya,seperi benih padi ipb3s

7 09 2017
Diani Eka Putri (13:38:53) :

1. Menurut saya pertanian itu hal yg sangat penting. karena pertanian adalah kegiatan yg menghasilkan bahan pangan untuk manusia. bahan pangan adalah sumber kehidupan manusia. Bukan menghasilkan bahan pangan saja, pertanian jg menghasilkan bahan untuk industri.

2. harapannya bisa belajar dengan sangat baik di mk pip dan bisa mengaplikasikan ilmu pertanian yang sudah didapat

7 09 2017
Diani Eka Putri (13:42:06) :

H24170102
1.Menurut saya pertanian itu hal yg sangat penting. karena pertanian adalah kegiatan yg menghasilkan bahan pangan untuk manusia. bahan pangan adalah sumber kehidupan manusia. Bukan menghasilkan bahan pangan saja, pertanian jg menghasilkan bahan untuk industri.

2. harapannya bisa belajar dengan sangat baik di mk pip dan bisa mengaplikasikan ilmu pertanian yang sudah didapat

7 09 2017
Amelia Suwargana Putri (16:15:40) :

H44170015
1. Menurut saya, pertanian adalah suatu kegiatan memanfaatkan, mengolah sumber daya alam hayati untuk menghasilkan bahan pangan, bahan industri, serta sumber energi yang mencakup bidang bercocok tanam, perikanan, peternakan, kehutanan, dimana bidang-bidang tersebut sangat penting dan berperan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.
2. Saya berharap dengan belajar MK PIP ini, saya bisa menambah wawasan dan memperdalam ilmu-ilmu pertanian seperti bagaimana sektor pertanian modern, teknologi budidaya tanaman. Mudah-mudahan ilmu-ilmu yang saya pelajari bisa saya terapkan di kalangan masyarakat khususnya petani indonesia agar pertanian indonesia bisa lebih maju dan berkembang

7 09 2017
Tavia AulIa Agustina (16:32:22) :

H44170044
1. Menurut saya, pertanian adalah suatu kegiatan manusia yang berhubungan dengan sumber daya hayati dalam rangka pengelolaan dan memanfaatkan yang semula merupakan bahan tidak produktif atau tidak produksi menjadi bahan pangan ataupun sumber daya energi yang dapat digunakan dan dimanfaatkan.
2. Harapan saya dengan belajar MK PIP adalah dapat menyalurkan pengetahuan dan wawasan yang dimiliki ke bidang ekonomi yang bermanfaat untuk orang banyak.

7 09 2017
Andhika Prawira Anuraga (17:02:14) :

H34170110

1. Pertanian adalah suatu mata pencaharian, bidang pekerjaan, sumber daya hidup masyarakat. Pertanian sendiri meliputi banyak hal di dalamnya. Unsur utama dari pertanian adalah tumbuh-tumbuhan. Pertanian juga termasuk bercocok tanam, berkebun, beternak, dan budidaya tumbuhan. Pertanian juga merupakan sumber penghasilan utama suatu negara. Kesimpulannya, pertanian adalah aktivitas bercocok tanam untuk keberlangsungan kehidupan mahkluk hidup dan kebutuhan lainnya.

2. Agar lebih banyak mengetahui tentang seluk beluk pertanian dan dapat lebih menguasai dan memanfaatkan ilmu pertanian bagi rakyat Indonesia.

Terima kasih

7 09 2017
Putri Nadila O.N (18:06:35) :

Putri Nadila O.N
H24170008

1. Pertanian adalah suatu kegiatan manusia untuk memanfaatkan sumber daya alam baik tanaman, hewan, ikan, serta lingkungannya untuk terciptanya suatu tujuan yaitu menghasilkan suatu produk, baik itu sandang, pangan, maupun papan.
2. Harapan saya mengikuti mata kuliah PIP yaitu agar dapat ilmu mengenai pertanian, dan semoga saya dapat mengaplikasikan ilmu tersebut sekarang dan di masa yang akan datang, serta saya berharap cara pembelajaran mata kuliah PIP menarik dan mudah di pahami, dan saya berharap bisa mendapatkan nilai yang sangat memuaskan di mata kuliah PIP ini.

7 09 2017
Sulis Qurota Putri (19:58:14) :

H24170072

1. Pertanian merupakan segala proses kegiatan memanfaatkan sumber daya alam hayati yang diperuntukan memenuhi kebutuhan manusia yaitu sandang, pangan, juga papan. Seperti halnya sandang diperoleh melalui kegiatan bertani ulat dimana seratnya digunakan sebagai bahan utama pakaian. Pangan adalah produk melalui bertanam, beternak juga perikanan. Sedangkan papan melalui proses industrial pertanian. Semua kegiatan ditunjukan untuk memenuhi kebutuhan hidup mendasar. Bertani adalah naluri primitif manusia dari zaman purba setelah masa perburuan berakhir, pertanian adalah cara untuk menuntaskan berbagai sumber kesengsaraan kedzaliman di Negeri ini.

2. Harapan saya terhadap MK PIP ialah saya mampu mengikuti pembelajaran mata kuliah yang menarik, memahami juga mampu mengimplementasikan ilmu yang saya dapat untuk kedepan. Dengan PIP dapat menggugah mahasiswa untuk mengembangkan dan memajukan pertanian Indonesia terlebih menuntaskan masalah pangan kelaparan di Negeri ini seperti mengatasi kelaparan insan asrama di tanggal tua. Menjadikan pertanian sebagai peluang sehat dalam meningkatkan perekonomian keluarga bersama bernegara dengan memanfaatkan sumber daya yang maha dahsyat berlimpah di Negeri kaya ini secara cerdas dan berdampak positif terhadap lingkungan.

7 09 2017
Erika Garniyati (19:59:55) :

Nama: Erika Garniyati
NIM

7 09 2017
Nisrina Jihan (20:03:34) :

Nisrina Jihan
K14170022

1. Pertanian adalah kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup pangannya dengan memanfaatkan sumber hayati yang ada. Pertanian berperan penting dalam kehidupan manusia sebagai penyedia bahan pangan.

2. Harapan saya mengikuti mata kuliah PIP yaitu dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya mengenai pertanian sehingga dapat meningkatkan mutu pertanian di Indonesia

7 09 2017
Dea Esania Putri (20:39:49) :

Dea Esania Putri
H14170008

1. Pertanian dapat didefinisikan sebagai kegiatan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan warga akan pangan. Seperti yang kita ketahui, pangan adalah kebutuhan pokok selain sandang dan papan. Hal ini berarti, pertanian merupakan kegiatan vital untuk keberlangsungan hidup banyak orang. Terutama, warga negara Indonesia yang seringkali menjadikan nasi sebagai makanan wajib. Banyak orang Indonesia yang berpendapat bahwa rasanya tidak “afdhol” jika tidak ada nasi dalam menu makan pagi maupun siangnya.

2. Saya berharap bisa mengikuti mata kuliah PIP ini dengan baik dan menjadi tahu banyak hal. Selanjutnya, saya berharap dapat mengimplementasikan ilmu yang diajarkan untuk kepentingan nusa dan bangsa.

7 09 2017
Irfan Gunawan Matondang (21:08:49) :

Nama : Irfan Gunawan Matondang
NIM : H44170025

1. Pertanian adalah salah satu sektor pendukung kehidupan makhluk hidup. Pertanian bukan hanya sekedar hubungan antara petani dan sawah , tapi pertanian memiliki cakupan yang lebih luas seperti penholahan sumberdaya hayati , ternak , perikanan , dan berbagai hal lainnya.

2. Harapan saya setelah mengikuti mata kuliah ini yaitu kemampuan dan pengetahuan saya tentang ilmu-ilmu pertanian dapat lebih luas lagi sehingga kedepannya saya dapat berkontribusi dalam memajukan pertanian Indonesia.

7 09 2017
Vanilia Mawarni (22:46:30) :

Nama : Vanilia Mawarni
NIM : H34170025

1. Yang saya ketahui mengenai pertanian ialah kegiatan yang dilakukan manusia untuk menghasilkan bahan pangan. Selain itu yang mencakup kegiatan pertanian adalah perikanan, pertenakan dan kehutanan. Ir. Soekarno berkata bahwa “Pangan adalah hidup dan matinya suatu bangsa” maka dari itu pertanian adalah hal yang sangat penting karena menyangkut hidup dan mati rakyat.

2. Harapan saya setelah mengikuti mata kuliah PIP ini adalah saya mendapakan pengetahuan tentang pertanian yang nantinya dapat membantu saya dalam perkuliahan, di dunia kerja, dan yang terpenting adalah nantinya saya dapat mengamalkan apa yang telah saya pelajari tentang pertanian kepada negara, khusunya kepada masyarakat (petani) agar dapat memajukan pertanian di Indonesia yang lebih baik.

7 09 2017
Selvia Syaiputri (22:48:05) :

Nama : Selvia Syaiputri
NIM : H34170053

1.Yang saya ketahui tentang pertanian yaitu suatu wilayah dimana terdapat sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia yang mencangkup ; perkebunan,kehutanan,peternakan,dan perikanan yang hasilnya dapat digunakan untuk kehidupan manusia berupa sandang, pangan maupun papan .

2. Harapan saya setelah mengikuti matakuliah pengantar ilmu ilmu pertanian yaitu agar saya lebih bisa memahami apa arti pertanian baik secara luas maupun sempit dan ingin memajukin pertanian indonesia agar bisa menghasilkan produksi pertanian yang berkualitas agar pertanian indonesia dikenal luas oleh masyarakat internasional.
Kita semua harus bisa membuktikan ke masyarakat luas bahwa indonesia merupakan negara agraris yang patut di acungi jempol

7 09 2017
Auralia Althooffany Wahyudi (22:58:56) :

Auralia Althooffany Wahyudi
H44170072

1. Pertanian adalah sebuah aspek kehidupan mengenai sumberdaya alam yang tidak hanya melingkupi tentang bidang persawahan, maupun perkebunan melainkan juga melingkupi perihal peternakan, perikanan dan lain sebagainya. Dengan demikian, apabila sumberdaya yang dimiliki oleh suatu wilayah tersebut diolah secara optimal, maka dapat menunjang kebutuhan dan meningkatkan taraf kehidupan masyarakat Indonesia.

2. Harapan saya setelah mengikuti MK PIP adalah saya mendapatkan wawasan secara lebih dalam mengenai aspek pertanian. Dimulai dari apa saja yang dapat diolah dari sumberdaya pertanian disuatu wilayah, bagaimana mengolah sumberdaya pertanian itu sendiri, dan apa yang dapat saya lakukan didalam aspek pertanian tersebut sehingga keadaan pertanian di Indonesia dapat lebih maju dan lebih baik dari keadaan pertanian Indonesia di masa sebelumnya.

8 09 2017
Ajeng Fitriani (06:44:45) :

Ajeng Fitriani
H44170076

1. Apa yang saudara ketahui dengan pertanian?
kalau pertanian dikaitkan dengan zaman dahulu maka pertanian ialah tentang mencangkul dan menanam. Namun semakin mengikuti perkembangan zaman, pertanian mencakup lingkup yang lebih luas (tidak lagi hanya menanam&mancangkul) karena dalam lingkup luas pertanian dapat meliputi perkebunan, kehutanan, dll. Dan yang saya tahu tentang pertanian Indonesia saat ini sedang krisis karena para petani yang semakin kehilangan lahannya.

2. Harapan saudara mengikuti MK PIP?
saya berharap ketika saya mempelajari PIP maka saya akan menjadi pribadi yang lebih paham dengan pertanian, seperti apa itu pertanian, pentingnya pertanian, dan manfaat pertanian secara luas. Dan saya berharap perlahan saya bisa ikut berkontribusi sebagai salah satu dari pendukung sektor pertanian atau bahkan terjun langsung dalam membantu pertanian Indonesia.

8 09 2017
Ruth Rahmayunita (07:59:25) :

Ruth Rahmayunita
H44170047

1. Yang saya ketahui tentang pertanian adalah salah satu sektor utama dalam kelangsungan bangsa Indonesia yang kegiatannya berupa pemanfaatan maupun pengolahan sumber daya alam yang didukung dengan lahan-lahan subur dan teknologi modern agar memberikan hasil yang memuaskan untuk masyarakat Indonesia.

2. Harapan saya setelah mempelajari PIP adalah dapat memahami secara dalam pertanian dalam arti luas serta mengaplikasikan ilmu tersebut dengan berpartisipasi untuk memajukan pertanian bangsa Indonesia.

8 09 2017
Aena Noor Komala Faqih (08:36:52) :

Nama : Aena Noor Komala Faqih
NIM : H24170046

Quiz Awal
1. Apa yang Saudara ketahui dengan Pertanian?
Jawab : Pertanian adalah kegiatan bercocok tanam yang dilakukan oleh manusia untuk menghasilkan produk pangan yang bermanfaat untuk masyarakat itu sendiri.

2. Tulis harapan Saudara mengikuti MK PIP!
Jawab : Saya berharap setelah mengikuti MK PIP ini saya lebih memahami pertanian dalam arti luas. Harapan saya yang lain adalah saya mampu mengaplikasikan ilmu yang saya dapat di lingkungan masyarakat karena saya ingin turut membantu memajukan pertanian bangsa Indonesia.

8 09 2017
Tommy Agus Darmawan H24170031 (10:11:20) :

1. Pertanian adalah pemeliharaan dan pemanfaatan segala sumber daya alam oleh manusia

2. Lebih mengetahui materi tentang pertanian lebih banyak

8 09 2017
Melaty Noviana Dewi (10:44:21) :

Melaty Noviana Dewi
H44170035

1. Menurut saya pertanian adalah pengelolahan yang dilakukan oleh manusia yang memanfaatkan sumberdaya alam untuk menghasilkan bahan pangan, bahan baku industri, dan sumber energi untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup terutama manusia dan pertanian juga tidak menyangkut tentang sawah dan perkebunan saja melainkan menyangkut tentang pertenakan, perikanan dan kehutanan.

2. Harapan saya mempelajari MK PIP adalah untuk memperdalam wawasan tentang pertaian, memanfaatkan dan mengelolah pertanian dengan tepat dan bijak.

8 09 2017
Sintha Supartini (10:52:59) :

Sintha Supartini
H44170011

Quiz awal
1. Menurut saya, pertanian adalah kegiatan mengolah dan memanfaatkan sumber daya hayati untuk menghasilkan berbagai produk yang berguna bagi kelangsungan hidup manusia. Pertanian adalah sektor utama dan paling utama bagi kelangsungan hidup manusia karena pertanian adalah pemberi sumbangsih terbesar agar kebutuhan primer manusia seperti sandang (pakaian), pangan (makanan) dan papan (tempat tinggal) dapat terpenuhi.

2. Sebelum saya mengikuti mata kuliah Pengantar Ilmu-Ilmu Pertanian pengetahuan saya mengenai pertanian sangat terbatas, saya beranggapan bahwa pertanian hanya sebatas pengolahan sawah saja. Padahal jika dipelajari lebih dalam, cakupan pertanian sangat luas. Oleh karena itu, setelah mengikuti mata kuliah Pengantar Ilmu-Ilmu Pertanian saya berharap dapat mengetahui dan menguasai pengetahuan mengenai pertanian. Pengetahuan pertanian tersebut tidak hanya teori, namun yang tidak kalah penting adalah saya dapat mempraktikkan teori tesebut sehingga kelak dapat bermanfaat bagi diri sendiri dan orang lain.

8 09 2017
Citra Ayu Dewanti (11:22:49) :

Nama : Citra Ayu Dewanti
NIM : H34170012

Quiz awal :
1. Apa yg anda ketahui dengan pertanian?
=》 Pertanian itu artinya sangat luas. Segala sesuatu yang kita gunakan seperti makanan, pakaian, dan segala sesuatunya berasal dari pertanian. Pangan di Indonesia juga berasal dari pertanian. Pertanian adalah hal utama di kehidupan kita yang memanfaatkan sumber daya alam yang ada karna mencakup berbagai bidang seperti perkebunan, perikanan, peternakan, kehutanan yang dapat dimanfaatkan semua makhluk hidup. Jadi dari pertanian itulah barang-barang mentah diproduksi sehingga menghasilkan produk-produk yang gunakan untuk sehari-hari.

2. Tulis harapan saudara mengikuti MK PIP?
=》Harapan saya dengan mempelajari MK PIP ini agar belajarnya lebih enjoy dan asik agar tidak membosankan dan dengan belajar MK PIP saya bisa mengetahui banyak hal lagi tentang pertanian di indonesia bahkan internasional. Kelak saya akan ikut serta dalam membantu pertanian Indonesia menjadi lebih baik dari segi hasil nya yang unggul serta adanya inovasi inovasi dahsyat untuk pertanian di Indonesia. Jika pertanian di Indonesia hasilnya bagus, maka akan dapat mensejahterakan para petani Indonesia dan tentunya rakyat sejahtera.

8 09 2017
Karmila (11:38:00) :

Karmila
H54170051
1. Menurut saya, pertanian adalah suatu bentuk kegiatan pemanfaatan sumber daya alam yang ada untuk menghasilkan barang yang bernilai jual untuk kehidupan manusia.

2. Harapan saya setelah mempelajari MK PIP yaitu agar saya dapat mengerti dan memahami ilmu-ilmu yang berkaitan dengan pertanian secara luas dan mendalam. Dan saya juga berharap saya dapat membuka usaha pertanian yang berbasiskan syariah.

8 09 2017
Indah Srihayatiah Pranidia (12:14:44) :

Indah Srihayatiah Pranidia
H24170116

1. Pertanian adalah semua yang berhubungan dengan tanaman, peternakan, dan perkebunan baik dalam maslaah pertanian ataupun hasil pertanian.

2. Dapat memahami pertanian secara luas, dapat mengetahui tentang ilmu pertanian lebih luas dan mendalam lagi, dan mengetahui masalah ataupun hasil dalam bidang pertanian.

8 09 2017
Salsabilla Tiara Rahmani (12:31:18) :

Salsabilla Tiara Rahmani
H34170015

1. Pertanian adalah suatu bidang yang bergerak secara meluas di sektor pangan, sandang, papan. Seperti bercocok tanam dan peternakan yg menghasilkan pangan dan sandang, dunia kehutanan yang menghasilkan pangan dan papan.

2. Harapan saya mengikuti PIP, saya bisa mendalami lagi ilmu pertanian agar saya bisa benar-benar paham dan nantinya saya bisa bermanfaat di sektor pertanian

8 09 2017
Nadia Isnindita (12:41:25) :

Nadia Isnindita
H24170077

1. Pertanian adalah bidang yang berkaitan dengan tumbuhan,hewan,dan kesejahteraan orang banyak. Dimana Kelangsungan hidup manusia sangat bergantung pada pertanian.

2. Harapan saya mengikuti MK PIP, dapat memahami,meresapi, dan mengimplementasikan ilmu-ilmu yang diajarkan agar dapat bermanfaat bagi orang banyak dan bagi diri saya sendiri.

8 09 2017
Rahmatika Arsyita (15:47:55) :

Rahmatika Arsyita
H24170034

1. Pertanian merupakan usaha bercocok tanam, mengolah suatu lahan agar dapat menjadi hasil yang produktif. Pertani merupakan salah satu mata pencaharian terbesar di Indonesia karena Indonesia merupakan negara agraris sehingga memiliki peluang menjadi negara yang maju dalam swasembada pangan melalui usaha pertanian

2. Harapan saya setelah mengikuti MK PIP adalah mampu menguasai materi PIP sehingga saya dapat memiliki IPK yang baik dan ilmu yang dapat saya manfaatkan dalam kehidupan untuk kebaikan masyarakat di Indonesia

8 09 2017
Silmi Bulgis Laristiyani (16:03:35) :

1. Menurut saya pertanian adalah suatu kegiatan atau pekerjaan dari mulai mengolah lahan yang akan digunakan kemudian pembibitan penanaman dan pemanenan . Yang dilakukan bertahap dalam kurun waktu yang relatif. Pertanian juga bukan saja menanam padi melainkan penanaman berbagai jenis tumbuhan yang kemudian akan dimanfaatkan sebagai bahan pangan pokok ataupun bahan pangan tambahan bagi masyarakat . Dan pertanian adalah usaha yang bergerak pada sektor pangan .

2. Harapan saya setelah mengikuti MK PIP adalah mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta kelak saya dapat menjadi insan yang bermanfaat untuk orang lain dengan mengamalkan ilmu yang saya dapatkan . Serta ikut memajukan pertanian Indonesia .

8 09 2017
Silmi Bulgis Laristiyani (16:05:38) :

Silmi Bulgis Laristiyani
H44170042

1. Menurut saya pertanian adalah suatu kegiatan atau pekerjaan dari mulai mengolah lahan yang akan digunakan kemudian pembibitan penanaman dan pemanenan . Yang dilakukan bertahap dalam kurun waktu yang relatif. Pertanian juga bukan saja menanam padi melainkan penanaman berbagai jenis tumbuhan yang kemudian akan dimanfaatkan sebagai bahan pangan pokok ataupun bahan pangan tambahan bagi masyarakat . Dan pertanian adalah usaha yang bergerak pada sektor pangan .

2. Harapan saya setelah mengikuti MK PIP adalah mendapatkan ilmu yang bermanfaat serta kelak saya dapat menjadi insan yang bermanfaat untuk orang lain dengan mengamalkan ilmu yang saya dapatkan . Serta ikut memajukan pertanian Indonesia .

8 09 2017
Erika Garniyati (18:25:05) :

Nama : Erika Garniyati
NIM : H34170059

1) Yang saya ketahui tentang pertanian yaitu pertanian merupakan sektor kegiatan manusia meliputi kegiatan bertani/bercocok tanam mulai dari pengelolaan, pemeliharaan, sampai pemanfaatan. Namun saya pernah mendengar pertanian dalam arti luas mencangkup kegiatan pertanian, perkebunan, kehutanan, perikanan, dan peternakan. Pertanian sangat berhubungan dengan pangan bicara tentang pangan adalah bicara hidup dan mati maka dari itu pertanian sangatlah penting untuk dikembangkan.
2) Harapan saya setelah mengikuti mata kuliah PIP, bisa menambah wawasan saya tentang ilmu pertanian, dapat mengamalkan apa yang telah dipelajari sehingga kedepannya saya bisa membangun Indonesia lebih maju lagi dibidang pangan, serta harapan saya di pembelajaran MK PIP pembawaan materinya bisa lebih menarik sehingga membuat kami bersemangat belajar ilmu pertanian dan semoga dengan belajar PIP bisa merubah pola pikir kebanyakan orang agar lebih minat untuk mengembangkan pertanian Indonesia.

8 09 2017
Muhammad Zulkifli (20:48:11) :

Nama : Muhammad Zulkifli
NIM : H34170129

1. Menurut saya, pertanian adalah suatu kegiatan yang memanfaatkan sumber daya hayati yang dilakukan oleh manusia agar dapat menghasilkan bahan pangan, bahan baku, sumber energi.

2. Harapan saya setelah mempelajari matkul PIP ini adalah, agar saya dapat menambah wawasan saya mengenai pertanian dan juga dengan ilmu yang di ajarkan kepada saya, bukan cuma bermanfaat kepada diri sendiri tetapi ke semua orang. Saya juga ingin bukan sekedar tahu saja tetapi dapat mengubah pertanian Indonesia menjadi lebih baik dan menjadi terbaik di dunia.

8 09 2017
Ahmad Ali Khujazi (21:44:58) :

1. Menurut analisa saya, Pertanian adalah sektor kegiatan yang mencakup tentang pemanfaatan sumerdaya alam dalam rangka meningkatkan mutu pangan masyarakat. Pertanian merupakan salah satu bidang yang sangat penting dan dibutuhkan di negara Indonesia karena Masalah pangan adalah urusan hidup dan mati!

2. Harapan saya mengikuti mata kulliah PIP adalah agar dapat mengetahui arti pertanian secara luas maupun sempit dan mendapat nilai yang bagus di mata kuliah ini.

8 09 2017
Ahmad Ali Khujazi (21:48:32) :

Nama : Ahmad Ali Khujazi
NIM : H54170028

1. Menurut analisa saya, Pertanian adalah sektor kegiatan yang mencakup tentang pemanfaatan sumerdaya alam dalam rangka meningkatkan mutu pangan masyarakat. Pertanian merupakan salah satu bidang yang sangat penting dan dibutuhkan di negara Indonesia karena Masalah pangan adalah urusan hidup dan mati!

2. Harapan saya mengikuti mata kulliah PIP adalah agar dapat mengetahui arti pertanian secara luas maupun sempit dan mendapat nilai yang bagus di mata kuliah ini.

8 09 2017
Muhammad Rafly Anggara Putra (22:14:22) :

1. Pertanian tidak hanya sekedar tentang cangkul dan sawah. Menurut saya pertanian adalah segala kegiatan yang dilakukan manusia untuk mengolah berbagai sumber daya alam yang ada untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan manusia. Pertanian juga meliputi berbagai aspek, seperti perikanan, perkebunan, kehutanan dan peternakan.

2. Saya berharap cara belajar yang dterapkan di PIP ini dikemas secara menyenangkan agar bisa lebih mudah dalam menyerap ilmu yang diberikan, dan nantinya bisa menerapkan ilmu tersebut pada kehidupan yang akan datang.

8 09 2017
Muhammad Rafly Anggara Putra (22:15:33) :

Nama1. Pertanian tidak hanya sekedar tentang cangkul dan sawah. Menurut saya pertanian adalah segala kegiatan yang dilakukan manusia untuk mengolah berbagai sumber daya alam yang ada untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan manusia. Pertanian juga meliputi berbagai aspek, seperti perikanan, perkebunan, kehutanan dan peternakan.

2. Saya berharap cara belajar yang dterapkan di PIP ini dikemas secara menyenangkan agar bisa lebih mudah dalam menyerap ilmu yang diberikan, dan nantinya bisa menerapkan ilmu tersebut pada kehidupan yang akan datang.

8 09 2017
Muhammad Rafly Anggara Putra (22:17:19) :

Nama : M. Rafly Anggara Putra
NIM : H341170028
1. Pertanian tidak hanya sekedar tentang cangkul dan sawah. Menurut saya pertanian adalah segala kegiatan yang dilakukan manusia untuk mengolah berbagai sumber daya alam yang ada untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan manusia. Pertanian juga meliputi berbagai aspek, seperti perikanan, perkebunan, kehutanan dan peternakan.

2. Saya berharap cara belajar yang dterapkan di PIP ini dikemas secara menyenangkan agar bisa lebih mudah dalam menyerap ilmu yang diberikan, dan nantinya bisa menerapkan ilmu tersebut pada kehidupan yang akan datang.

8 09 2017
Muhammad Rafly Anggara Putra (22:20:01) :

Nama : M. Rafly Anggara Putra
NIM : H34170028

1. Pertanian tidak hanya sekedar tentang cangkul dan sawah. Menurut saya pertanian adalah segala kegiatan yang dilakukan manusia untuk mengolah berbagai sumber daya alam yang ada untuk memenuhi berbagai macam kebutuhan manusia. Pertanian juga meliputi berbagai aspek, seperti perikanan, perkebunan, kehutanan dan peternakan.

2. Saya berharap cara belajar yang dterapkan di PIP ini dikemas secara menyenangkan agar bisa lebih mudah dalam menyerap ilmu yang diberikan, dan nantinya bisa menerapkan ilmu tersebut pada kehidupan yang akan datang

9 09 2017
Wind Maudy Atiah P.N (00:34:33) :

Pertanian adalah lahan kosong yang digunakan oleh manusia untuk menanam sumber daya hayati,bahan baku industri dan sumber energi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dan Perikanan, Perkebunan, Perternakan juga meliputi aspek pertanian.

Harapan saya setelah mengikuti MK PIP saya bisa mengenal lebih jauh dan bisa mendalami tentang pertanian agar bisa membantu petani Indonesia serta memanfaatkan lahan yang kosong.

9 09 2017
Rahma Aulia Fajri (00:39:59) :

Nama : Rahma Aulia Fajri
NIM : H44170085

1. Menurut saya pertanian adalah suatu sektor yang meliputi berbagai sumber daya hayati dan bagaimana cara mengelola sumber daya tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi kehidupan. Pertanian bukan hanya sekedar mencangkul dan bercocok tanam, pertanian pun tak luput dari ekonomi, manajemen, ilmu komputer dan lain-lain. Karena bidang2 tersebut memiliki peran tersendiri dalam usaha pengelolaan sumber daya yang ada sehingga sektor pertanian dapat berkembang menjadi semakin maju dan inovatif mengikuti permintaan pasar yang kian meningkat.

2. Harapan saya setelah mengikuti matkul PIP ini, pandangan/mindset saya terhadap pertanian bisa lebih terbuka dan berkembang. Sehingga saya dapat menganalisa hal apa yang sekiranya dapat saya lakukan terutama dalam bidang ekonomi dan lingkungan untuk turut berperan dalam membawa sektor pertanian ke arah yang lebih baik.

9 09 2017
Windy Maudy Atiah P. N (00:45:14) :

Pertanian adalah lahan kosong yang digunakan oleh manusia untuk menanam sumber daya hayati,bahan baku industri dan sumber energi untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Dan Perikanan, Perkebunan, Perternakan juga meliputi aspek pertanian.

Harapan saya setelah mengikuti MK PIP saya bisa mengenal lebih jauh dan bisa mendalami tentang pertanian agar bisa membantu petani Indonesia serta memanfaatkan lahan yang kosong. Agar petani Indonesia maju

9 09 2017
Sifa Jahada Al Haq (07:31:23) :

Nama: Sifa Jahada Al Haq
NIM: H14170048

1. Menurut saya, pertanian adalah salah satu mata pencaharian masyarakat Indonesia. Pertanian juga merupakan salah satu aspek penting karena menghasilkan kebutuhan pangan masyarakat Indonesia.

2. Harapan saya setelah mengikuti mata kuliah PIP adalah saya dapat lebih memahami tentang ilmu pertanian di Indonesia dan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

9 09 2017
Aprilia Trianasari (08:11:19) :

Nama : Aprilia Trianasari
NIM : H34170083

1. Menurut saya, pertanian merupakan suatu proses pemanfaatan sumber daya hayati di berbagai sektor seperti perkebunan, peternakan, perikanan, kehutanan, dan lain-lain sehingga menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai jual dan memiliki manfaat bagi umat manusia demi kelangsungan hidupnya.

2. Harapan saya setelah mengikuti MK PIP ini adalah saya dapat lebih mengerti dan memahami tentang ilmu pertanian, menambah ilmu dan wawasan saya mengenai pertanian dan harapannya saya dapat berkontribusi lebih untuk memajukan pertanian Indonesia.

9 09 2017
Gryshelda Ribka (10:57:26) :

Gryshelda RIbka
H44170034

1. Pertanian menurut saya adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan mengolah bahan pangan dengan bercocok tanam dan bertenak hewan untuk memenuhi kebutuhan manusia. dimana seperti yang dikatakan bung karno, hidup matinya suatu bangsa ditentukan oleh pangan. maka pertanian adalah salah satu aspek terpenting bagi manusia demi berlangsungnya kehidupan.

2. harapan saya setelah mengikuti MK PIP adalah saya daoat lebih memahami lagi apa itu pertanian sesungguhnya dan dapat mengiplementasikan ilmu pertanian di kehidupan sehari-hari untuk memajukan bangsa Indonesia.

9 09 2017
Mariah Michelle Yemima Pakpahan (11:15:20) :

Mariah Michelle Yemima Pakpahan
K14170061

1. Pertanian adalah kegiatan mengelola sumber daya hayati menjadi bahan pangan, yang nantinya dapat dimanfaatkan untuk keperluan makhluk hidup.

2. Dengan mengikuti mata kuliah PIP, saya berharap pola pikir saya tentang pertanian Indonesia dapat menjadi lebih baik, dan saya bisa mengetahui lebih banyak tentang pertanian. Saya juga berharap dapat berkontribusi dalam memajukan pertanian Indonesia, sesuai dengan kemampuan dan bidang saya.

9 09 2017
Fransiska Tria Winarsih (12:39:24) :

Nama : Fransiska Tria Winarsih
NIM : H34170003

1. Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya alam hayati. Pertanian berjalan dari hulu ke hilir, mulai dari penanaman, perawatan, hingga panen dan pasca panen, serta pengolahan menjadi barang jadi yang memiliki nilai jual lebih tinggi. Pertanian bukan hanya tentang menanam padi di sawah, namun cakupannya lebih luas seperti tentang pengelolaan lahan dan pengairan. Bahkan tidak hanya tentang sawah, lahan, dan irigasi, pertanian juga mencakup peternakan serta kehutanan.

2. Saya berharap dapat mengikuti pembelajaran PIP dengan baik, agar kelak hasilnya dapat baik pula, bukan hanya sebatas nilai tetapi juga ilmu yang nantinya pasti akan berguna.

9 09 2017
Yunita Farida (13:32:04) :

Nama: Yunita Farida
NIM : H14170047

Pertanian adalah sebuah bidang yang menggunakan media tanam seperti sawah dan kebun. Dapat menghasilkan sesuatu yang bisa diolah kembali menjadi berbagai macam produk yang bermanfaat bagi manusia. Dan pertanian merupakan salah satu aspek yang terpenting karna menyediakan kebutuhan pokok masyarakat.

Harapan saya setelah mengikuti pelajaran PIP , pertama agar saya mengetahui lebih luas apa arti pertanian yang sebenarnya. Kedua memahami apa permasalahan pertanian yang ada di masa sekarang. Ketiga dapat menjadikan pertanian sebagai lahan usaha yang menjanjikan.

9 09 2017
Beby Pebriani Br.Sembiring (15:13:11) :

NAMA : BEBY PEBRIANI BR.SEMBIRING
NIM :H34170040

1. Yang saya ketahui pertanian sangat mempengaruhi kesejahteraan manusia,karena pertanian tersebut merupakan kebutuhan manusia yang mencakup sektor peternakan,perikanan,perkebunan,kelautan,kehutanan,cara-cara pengolahan sumber daya alam,pengolahan menjadi bahan pangan dan masih banyak lagi. Intinya pertanian merupakan bidang terpenting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia.
2. Harapan saya mengikuti mata kuliah PIP saya dapat mengetahui tentang pertanian secara luas lagi,cara mengolah pertanian dengan sebaik mungkin,sehingga nantinya saya dapat memperbaiki masalah pertanian yang masih belum bisa dituntaskan sampai saat ini.

9 09 2017
HAZMIRALDA SYAHFIRDY (18:48:38) :

HAZMIRALDA SYAHFIRDY
H44170105

1. Yang saya ketahui tentang pertanian adalah pertanian merupakan suatu kegiatan manusia untuk memperoleh hasil yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan atau hewan. Tanah sebagai tempat kegiatan, dan tumbuhan serta hewan sebagai obyek kegiatan.

2. Harapan saya mengikuti MK PIP adalah semoga Pak Kaswanto terus sehat agar dapat terus mengajar kelas R02 serta tidak terlalu banyak dan susah dalam memberikan tugas, diperbolehkan minum di dalam kelas dan izin ke kamar mandi saat mata kuliah berlangsung. dan semoga saya bisa mengetahui arti pertanian itu seperti apa dan bisa mempraktekannya dengan benar serta menjadikan saya sebagai petani yang modern dan dapat memperbaiki ekonomi pertanian di Indonesia ini.

9 09 2017
YULIANI SN. DERLEN (19:38:32) :

1. Pertanian merupakan suatu bidang yang sangat berpengaruh dalam kehidupan dan memiliki peran yang sangat penting. Sandang, pangan dan papan yang merupakan kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan umat manusia semuanya berasal dari pertanian. Kegiatan pertanian yang cukup terkenal yaitu bercocok tanam, karena mayoritas masyarakat Indonesia khususnya pedesaan yaitu petani.

2. • lebih mengetahui tentang pertanian
• bisa menghasilkan uang dari ilmu yang didapatkan
• bisa berkontribusi dalam masalah pertanian Indonesia

9 09 2017
YULIANI SN. DERLEN (19:40:25) :

YULIANI SN. DERLEN
H44170032

1. Pertanian merupakan suatu bidang yang sangat berpengaruh dalam kehidupan dan memiliki peran yang sangat penting. Sandang, pangan dan papan yang merupakan kebutuhan primer yang sangat dibutuhkan umat manusia semuanya berasal dari pertanian. Kegiatan pertanian yang cukup terkenal yaitu bercocok tanam, karena mayoritas masyarakat Indonesia khususnya pedesaan yaitu petani.

2. • lebih mengetahui tentang pertanian
• bisa menghasilkan uang dari ilmu yang didapatkan
• bisa berkontribusi dalam masalah pertanian Indonesia

11 09 2017
Mudhia Irba Hambas (12:39:38) :

Mudhia Irba Hambas
K14170020

1. Segala sesuatu yang berhubungan dengan cocok tanam, berkebun , dan tidak hanya itu namun juga mencangkup pada masalah hewan-hewan, terutama yang turut menunjang kegiatan pertanian. Utamanya bidang pertanian banyak berfokis pada masalah pangan karena sebagian besar pangan merupakan hasil dari bidang pertanian.

2. Mengetahui lebih dalam masalah-masalah dalam bidang pertanian
Mengetahui seluk beluk dalam mengurus pertanian
Mengetahui pengembanan dalam bidang pertanian
Mengetahui pemanfaatan dari bidang pertanian

11 09 2017
Siti Akromah (13:20:12) :

SITI AKROMAH
H34170004

1. Pertanian adalah suatu sektor yang paling penting karena merupakan sumber persediaan pangan. Pertanian bukan hanya masalah padi ataupun sawah semata tetapi mencakup seluruhnya seperti peternakan, perairan, perkebunan, dan semuanya yang termasuk masalah pangan.

2. Lebih memahami secara mendalam apa itu pertanian dan mampu membantu menyeleseikan masalah pertanian.

11 09 2017
Nurul Adzkia Muthmainnah (13:26:16) :

1. Menurut saya pertanian adalah kegiatan memanfaatkan sumber daya alam oleh manusia yang nantinya akan menghasil kan sandang, pangan dan papan.

2. Harapan saya setelah mengikuti mata kuliah PIP adalah agar saya dapat memanfaatkan sektor pertanian dengan setepat dan semaksimal mungkin menjadi bisnis yang menguntungkan

11 09 2017
Nurul Adzkia Muthmainnah (13:27:28) :

Nurul Adzkia Muthmainnah
K14170050

1. Menurut saya pertanian adalah kegiatan memanfaatkan sumber daya alam oleh manusia yang nantinya akan menghasil kan sandang, pangan dan papan.

2. Harapan saya setelah mengikuti mata kuliah PIP adalah agar saya dapat memanfaatkan sektor pertanian dengan setepat dan semaksimal mungkin menjadi bisnis yang menguntungkan

11 09 2017
Muhammad Aulia Husada (13:43:15) :

MUhammad Aulia Husada
H44170092

1. Pertanian adalah hidup matinya suatu bangsa, dikarenakan semua orang sangat bergantung dengan pertanian. Yang dimana sumber makanan pokok orang indonesia ialah berasal dari hasil pertanian. Pertanian adalah penyambung kehidupan.

2. Indonesia dahulunya dikenal dengan penghasilan pertaniannya tapi yang kita tahu sekarang ialah Indonesia pertaniannya telah semakin menurun bahkan beras saja yang menjadi makanan pokok kita, kita mengimpor dari negara-megara lain. Harapan saya setelah mengikuti pelajran Pengantar Ilmu Pertanian agar lebih paham tentang ilmu pertanian dan dapat diterapkan dengan baik.

11 09 2017
Anggraini Kristanti (13:46:21) :

Anggraini Kristanti
H44170058

1. Menurut saya pertanian adalah suatu sektor yang mengembangkan bahan-bahan baku (Sumber daya hayati) yang dapat menunjang manusia dalam memenuhi kebutuhan pangan, bahan baku industri, serta lingkungan hidupnya.

2. Setelah mengikuti mata pelajaran PIP saya berharap dapat mengetahui lebih dalam lagi ilmu pertanian dan dapat mengaplikasikannya dalam kegiatan sehari-hari agar dapat menunjang dan mempermudah kehidupan sesama.

11 09 2017
Annisa Cyrilla (13:50:14) :

Annisa Cyrilla
H44170114

1. Pertanian adalah kegiatan pemanfaatan sumber daya alam yang sangat dibutuhkan bagi manusia. Pertanian sendiri mencakup pangan, perkebunan, kehutanan, peternakan, dan perikanan.
2. Mengetahui lebih dalam tentang pertanian.
Lebih menghagai lagi pertanian.

11 09 2017
Dicky Alfa Reza (14:08:48) :

Dicky Alfa Reza
K14170015

1. Pertanian adalah segala kegiatan manusia dalam memanfaatkan hasil dari energi matahari menjadi sesuatu yang dapat didayagunakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Pertanian meliputi bidang perkebunan, peternakan, perikanan, pertanian, kehutanan, dan lain-lain. Hasil pertanian dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan penting bagi manusia yaitu sandang, pangan, dan papan.

2. Harapan saya setelah mengikuti MK PIP adalah kelak kedepannya saya ingin memiliki wawasan dalam bidang pertanian serta mampu berkontribusi dalam bidang pertanian, khususnya untuk pertanian indonesia. Dan berkaitan dengan bidang keilmuan yang saya ambil di ipb yaitu bisnis, saya juga berharap dengan wawasan yang saya miliki saya dapat memiliki usaha dalam bidang pertanian yang mampu memberi manfaat kepada masyarakat.

11 09 2017
Devi Aldian Pratama (14:15:39) :

Devi Aldian Pratama
H44170041

1. Pertanian adalah sektor paling berpengaruh di Indonesia, diman paa sektor ini lah para warga Indonesia menggantungkan hidupnya, karena sektor sektor yang mengatur, melakukan, mengelola segala sesuatu yang ada di alam yang dapat di manfaatkan oleh manusia untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.
2. Sebagai generasi muda mampu setidaknya mengetahui lebih dalam lagi apa makna yang sebenarnya dari pertanian, arti penting pertanian, sehingga mampu mengetahui langkah awal apa yang dapat di lakukan untuk Indonesia menjadi negara dengan ketahanan pangan terbaik didunia dan mampu mewujudkan Indonesia menjadi lumbung pangan dunia di 2045

11 09 2017
Ni Kadek Sintya Anggreni (14:17:09) :

Ni Kadek Sintya Anggreni
K14170036
1. Menurut saya pertanian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan oleh beberapa manusia dengan memanfaatkan sumber daya alam sehingga menghasilkam suatu produk yang berguna bagi masyarakat. Produk diantaranya bahan bahan pangan, sandang, papan

2. Harapan saya setelah mengikuti MK PIP adalah dapat membantu pemerintah meningkatkan sektor pertanian dengan cara dapat membuat bibit unggul. Dapat membuka lapangan pekerjaan yang berbasis pertanian selain itu dapat mengurangi jumlah ekspor didalam pertanian

11 09 2017
Deva Tasya Maharani (14:29:57) :

Deva Tasya Maharani
K14170049

1. Pertanian adalah suatu sektor yang berada di Indonesia yang bertugas mengolah sumber daya alam dalam bidang pertanian yang akan dikelola untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia.

2. Harapan setelah mengikuti MK PIP :
– Menjadi tahu pertanian lebih luas
– mengetahui permasalahan pertanian Indonesia
– Bisa bermanfaat bagi agama, masayarakat, nusa dan bangsa
– bisa membangun bisnis yang berkaitan dengan pertanian

11 09 2017
Shabrina Nur Nabila (14:54:25) :

Nama : Shabrina Nur Nabila
NIM    :  H24170087

1. Pertanian merupakan penyokong hidup bangsa indonesia dalam hal urusan pangan.
Oleh karena itu pertanian sangat amat penting, tetapi kesadaran masyarakat indonesia yang kurang membuat pertanian indonesia kurang maju. Karena kurang pandai mengolah atau kurangnya pengarahan dari pemerintah ke petani petani bagaimana cara menghasilkan panen yang unggul dan bisa terhindar dari hama hama hingga panennya tidak gagal ataupun rugi. Tapi hal itu masih dianggap sepele bagi kebanyakan orang.
Sebenernya pertanian bukan hanya sekedar sawah, kerbau, orang orangan sawah, petani, padi, dll. Tapi bagaimana cara mengolah dengan cerdas lahan tersebut hingga mengghasilkan yang memuaskan.

2. Saya harap saya bisa jadi makin tertarik untuk urusan pertanian, bisa lebih peduli untuk urusan masalah masalah pertanian, dan bisa menjadi wirausahaan dalam bidang pertanian modern. Kalau udah jadi wirausahaan yang sukses dibidang pertanian akan menjual bahan pangan yang pokok dengan harga murah hingga bisa dibeli oleh orang orang yang kurang mampu dan bisa juga mensejahterakan para petani, agar para petani tidak was was atau khawatir akan hasil panennya.

11 09 2017
Delfakhirah Hayati (15:20:22) :

Delfakhirah Hayati
H44170050

Pertanian merupakan suatu kegiatan memenuhi kebutuhan pangan untuk menyambung kehidupan. Kegiatan memenuhi bahan pangan ini dengan memanfaatkan berbagai sumberdaya alam dan dilakukan dalam berbagai bidang mulai dari bercocok tanam hingga berternak.

Saya berharap dengan mengikuti matakuliah PIP ini saya dapat mengetahui lebih banyak mengenai pertanian dan cara cara pengelolaannya dan dengan begitu saya dapat berkontribusi dalam memajukan pertanian di Indonesia.

11 09 2017
Grace Naomi Gokasi Limbong (16:49:45) :

Grace Naomi Gokasi Limbong
H24170097

1. Pertanian adalah pengolahan sumber daya alam untuk keberlangsungan hidup manusia.

2. Harapan saya setelah belajar matkul PIP adalah mengetahui kondisi pertanian di Indonesia dan ikut berperan aktif memajukan pertanian Indonesia.

11 09 2017
Shannaya Aidil Camel (17:48:33) :

1. Yang saya ketahui tentang pertanian adalah sebagai sumber pangan dan mata pencaharian di Negara Indonesia. Pertanian tidak hanya dapat dilakukan dengan cara bersawah aja, melainkan dapat dilakukan dengan cara berbagai hal, seperti berkebun, bertegal dan berladang. Bentuk bentuk hasil pertaniannya pun tidak hanya padi, melainkan ada jagung, singkong, tebu, kentang, gandum, kacang tanah, dll.

2. Harapan saya mengikuti MK PIP ini adalah agar saya bisa mendalami ilmu pertanian lebih luas lagi di negara agraris ini dan saya bisa menggunakan ilmu tersebut untuk ikut turut serta memajukan pertanian dan para petani Indonesia dalam berbagai bidang.

11 09 2017
Shannaya Aidil Camel (17:54:15) :

Shannaya Aidil Camel
H54170037

1. Yang saya ketahui tentang pertanian adalah sebagai sumber pangan dan mata pencaharian di Negara Indonesia. Pertanian tidak hanya dapat dilakukan dengan cara bersawah aja, melainkan dapat dilakukan dengan cara berbagai hal, seperti berkebun, bertegal dan berladang. Bentuk bentuk hasil pertaniannya pun tidak hanya padi, melainkan ada jagung, singkong, tebu, kentang, gandum, kacang tanah, dll.

2. Harapan saya mengikuti MK PIP ini adalah agar saya bisa mendalami ilmu pertanian lebih luas lagi di negara agraris ini dan saya bisa menggunakan ilmu tersebut untuk ikut turut serta memajukan pertanian dan para petani Indonesia dalam berbagai bidang.

11 09 2017
Salsabil Adhim (19:06:16) :

Salsabil Adhim
H34170130

1 . Apa yang saudara ketahui dengan pertanian?
Yang saya ketahui pertanian adalah proses mengelola bibit atau sumberdaya alam dari awal hingga panen , pertanian bukan hanya mengelola tanaman tetapi peternakan/hewan, hampir semua sumber pangan yang manusia dapat berasal dari pertanian

2 . Tulis harapan saudara mengikuti MK PIP
Harapan saya mengikuti MK PIP adalah bisa mendapat pelajaran yang bermanfaat yang dapat diaplikasikan di lapangan pertanian maupun secara langsung atau tidak langsung ,dan ilmu yang saya terima semoga bisa ikut serta membangun industri pertanian di negara tercinta indonesia

11 09 2017
Dea fitria batubara (19:06:55) :

Saya Dea Fitria
H54170068
1. Pertanian : menurut saya pertanian adalah kegiatan yg memanfaatkan sumber daya hayati untuk kebutuhan pangan, bahan bakar energi, maupun sumber daya.
2. Harapannya setelah saya mengikuti MK PIP saya lebih mengenal apa itu pertanian dan dapat menjadikannya supaya lebih maju dalam hal pertanian maupun ekonomi.

11 09 2017
Abdillah (20:18:23) :

Abdillah
H24170109

1. Pertanian menurut saya adalah kumpulan atau macam tumbuhan yang memiliki berbagai manfaat, baik pada sektor pangan maupun industri.

2. Dapat memahami dasar-dasar ilmu pertanian secara lebih mendalam dan dapat memajukan pertanian Indonesia kedepannya.

11 09 2017
Muhammad Rayhan Lizardo (20:31:39) :

Muhammad Rayhan Lizardo
K14170101

1. Pertanian merupakan kegiatan mengelola sumber daya alam yang mencakup tumbuhan,hewan,dll yang dijadikan bahan pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

2.Harapan saya setelah mengikuti MK PIP ini, saya bisa mendapat ilmu yang bermanfaat dan dapat menggunakan ilmu tersebut dengan sebaik-baiknya untuk diri saya, keluarga, agama, negara, dan bangsa.

11 09 2017
RAHAYU SEPTIAN WULANDARI H14170069 (20:46:08) :

1. pertanian menurut saya adalah kegiatan pengolahan atau pemanfataan tumbuhan/hayati yang dapat menghasilkan suatu hasil. pertanian juga menyokong kebutuhan pangan manusia yang merupakan kebutuhan sehari hari. tanpa pertanian kehidupan dibumi terancam karena pertanian adalah sumber pangan nomer satu dan mampu mempengaruhi segala bidang.

2. harapan saya dengan mengikuti mata kuliah PIP adalah dapat memahami pertanian lebih mendalam lagi, dan membuka wawasan saya tentang pertanian yang bukan hanya mencakul di sawah saja.

11 09 2017
Didik Prasetyo (20:53:19) :

Nama : Didik Prasetyo
NIM : H34170105

1.Pertanian adalah hal yang berkaitan erat dengan kebutuhan pokok manusia dan menyangkut hidup mati manusia,meliputi pertanian,peternakan,kelautan dan kehutanan.Pertanian juga merupakan pekerjaan utama masyarakat indonesia.

2.Harapannya bisa lebih mengetahui pertanian lebih dalam lagi dan mampu mengelola serta memanfaatkan pertanian untuk masa depan.

11 09 2017
Diki Wahyudi (20:55:35) :

Diki Wahyudi
H44170043

1. Yang saya tau tentang pertanian adalah segala kegiatan yang bertujuan untuk menghasilkan produksi pangan dengan cara memanfaatkan sumberdaya alam sekitar seperti tumbuhan dan hewan.

2. Harapan saya mengikuti MK.PIP adalah untuk mempelajari dan memahami secara luas arti pertanian, dan bisa berkontribusi untuk menyelesaikan masalah pertanian yang ada di negri ini dengan cara mengamalkan ilmu-ilmu yang sudah saya pelajari.

11 09 2017
MUHAMMAD RAIHAN ERNANDO PS // H34170063 (23:06:54) :

1. Pertanian menurut saya adalah hidup dan matinya bangsa karena berkertakaitan dengan pangan , khususnya di Indonesia. Pertanian adalah salah satu kunci dari perekonomian dari negara berkembang, karena menurut saya negara berkembang yang ingin memajukan negaranya minimal harus memiliki ketersediaan pangan untuk negaranya sendiri dan seharusnya tidak mengimpor lagi kepada negara lain. Dan pertanian menurut saya adalah aib terbesar bangsa indonesia , karena di Indonesia Petani saya rasa masih dikesampingkan oleh pemerintah dan tidak dipacu terus kesejahterannnya. Dan yang terakhir pertanian menurut saya adalah salah satu dari suatu komoditas jual yang sangat menguntungkan apabila dijadikan bisnis.
2. Mengetahui dan handal dalam bidang pertanian,dapat menjelaskan pertanian secara gamblang serta mampu memajukan/memiliki ide-ide dan trobosan baru dalam dunia pertanian.

11 09 2017
Moch. Faroz Daq (23:12:45) :

Moch. Faroz Daq
H44170022

1. Pertanian adalah kegiatan tanam menanam tanaman pangan untuk memenuhi kebutuhan pangan umat manusia. Aktivitas ini biasanya dikerjakan oleh seorang petani. Selebih itu saya hanya mengetahui pertanian itu berkaitan dengan sawah, petani, padi, dll.
2. Harapan saya setelah mengikuti mata kuliah PIP adalah agar saya lebih mengenal tentang pertanian. Agar saya tidak hanya tahu tentang sawah, petani, padi, dll.

11 09 2017
MUHAMAD RIZAL RIFAI - K14170097 (23:19:36) :

1. Pertanian menurut saya adalah seluruh kegiatan yang berhubungan dengan sumberdaya alam dan pemanfaatan dari sumber daya hayati yang di lakukan oleh manusia dengan cara menanam tanaman yang bisa menghasilkan serta dapat di pergunakan bagi kehidupan.
2. Saya berharap bisa mengamalkan ilmu-ilmu yang sudah saya pelajari di MK PIP dan bisa berperan dalam memajukan sektor pertanian di Indonesia.

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>