Metabolisme Lanskap

1 05 2020

Metabolisme Lanskap: Paradigma baru dari konsep trandisiplin keilmuan.

Lanskap tidak semata-mata berbicara tentang sejauh mata memandang, namun lebih jauh dari itu. Lanskap tidak semata-mata berbicara tentang sejauh indera manusia merasakan, namun lebih jauh dari itu. Lanskap amat memperhatikan sejauh mana interaksi makhluk hidup di dalamnya, interaksi antar spesies, hingga interaksi antar ekosistem.

Interaksi makhluk hidup pada sebuah lanskap sudah pasti akan memberikan respon yang berbeda-beda, terlebih interaksi manusia dengan lanskap akan memunculkan budaya yang amat spesifik hingga pada tataran nilai bahkan norma. Interaksi inilah yang membuat pertumbuhan dan perkembangan sebuah lanskap menjadi unik dan remarkable.

Lanskap amat perlu dilihat sebagai sebuah makhluk hidup yang tumbuh akibat interaksi elemen yang ada didalamnya, baik berupa hardscape maupun softscape. Dengan menggunakan perspektif bahwa lanskap adalah sebuah organisme hidup, sebuah makro-meso-mikro organisme, maka pendekatan-pendekatan yang ada saat ini menjadi semakin amat relevan.

Bahwa lanskap sangat kompleks, lanskap sangat complicated sehingga amat sangat rumit merencanakan, menata dan mengelolanya dapat dipermudah dengan perspektif bahwa lanskap adalah makhluk hidup yang melakukan aktivitas kehidupannya secara predictable berdasarkan naluri alamiahnya, bahwa lanskap bermetabolisme terus menerus dengan organ-organ yang identik satu sama lainnya. Dengan demikian, pendekatan bahwa lanskap bermetabolisme akan mempermudah proses diagnosa struktur-fungsi-dinamika dari rona awal sebuah lanskap. Sebuah lanskap memiliki pattern yang telah standar, sehingga ketidakberpolaan sebuah lanskap mengindikasikan adanya wounded landscape. Lanskap menjadi cedera, lanskap menjadi terluka, sehingga perlu dilakukan aksi kuratif untuk mengembalikan staminanya agar sempurna kembali.

 

Bersambung…..

 

 


Share

Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>