Materi MK LPP Minggu XIII

9 12 2014
MK LPP

Materi MK LPP ARL S2

Agroforestri menggabungkan ilmu kehutanan dan pertanian, serta memadukan usaha kehutanan dengan pembangunan perdesaan untuk menciptakan keselarasan antara intensifikasi pertanian dan pelestaraian hutan. Definisi Agroforestri bisa dibahas dari berbagai bidang ilmu, seperti ekologi, agronomi, kehutanan, botani, geografi, lanskap, maupun ekonomi.

Agroforestri adalah nama bagi sistem-sistem dan teknologi penggunaan lahan di mana tegakan pohon berumur panjang (termasuk semak, palem, bambu, kayu, dll) dan tanaman pangan dan atau pakan ternak berumur pendek diusahakan pada petak lahan yang sama dalam suatu pengaturan ruang dan waktu.

Dalam sistem-sistem Agroforestri terjadi interaksi ekologi dan ekonomi antar unsur-unsurnya. Agroforestri dibagi menjadi dua: AF Sederhana dan AF Kompleks.

Sekarang saatnya untuk membangkitkan kembali istilah “wanatani” atau “agroforestri” di kancah dunia pengetahuan Indonesia. Manajemen Lanskap Wanatani bisa menjadi salah satu solusi dalam mengatasi alih fungsi lahan yang berkembang sangat cepat dalam dua dekade belakangan ini.

 

Materi Pertemuan MK LPP Minggu XIII bisa didownload di link di bawah ini:

13a LPP Multiple Cropping Analysis edited 2014

13b LPP Complex Agroforestry edited 2014



Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>