Manajemen Proyek – TALAK

3 12 2014

TALAK

MANAJEMEN PROYEK

Manajemen Proyek adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen secara sistematis pada suatu proyek mengunakan sumber daya secara efektif dan efisien agar tujuan proyek tercapai secara lebih optimal.   Salah satu fungsi manajemen Proyek adalah PENGENDALIAN.

 

TAHAPAN MANAJEMEN PROYEK

  1. TAHAPAN PENYUSUNAN PERENCANAAN PROYEK

l  Penetapan tanggal dimulai dan akhir sebuah proyek. l  Penyusunan jenis-jenis pekerjaan yang ada. l  Penetapan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap jenis pekerjaan l  Penetapan korelasi antara suatu pekerjaan dengan pekerjaan yang lain l  Membuat perencanaan sumber daya yang ada pada proyek l  Menyusun data dari sumber daya yang ada berdasarkan pada jenis-jenis pekerjaan. l  Menentukan kalender kerja untuk menyusun hari kerja dan jam kerja dari proyek l  Memasukkan data dan biaya yang diperlukan l  Melakukan pemeriksaan apabila ada jadwal penggunaan sumberdaya yang overlapping atau berbenturan dengan cara melakukan leveling.

  1. TAHAPAN PENGAWASAN PROYEK

Pada tahap ini, Anda sebagai penanggung jawab proyek akan mengendalikan jalannya proyek.

  1. TAHAPAN LAPORAN PROYEK

Pada tahap ini akan didapatkan output yang menunjukkan posisi proyek pada saat laporan dibuat.

 

PENGENDALIAN PROYEK

  1. GANTT TABLE
  2. PERT (Program Evaluation and Review Technique)
  • Ditemukan H.L. Gantt 1917
  • Diagram ini paling banyak digunakan pada penjadwalan proyek konstruksi karena kemudahannya.
  • Dikembangkan oleh Tim Angkatan Laut Amerika.
  • Digunakan untuk menghadapi situasi dengan kadar ketidakpastian yang tinggi pada aspek kurun waktu kegiatan.
  • PERT juga menggunakan pendekatan yang menganggap bahwa kurun waktu kegiatan tergantung pada banyak faktor dan variasi.
  1. CPM (Critical Path Method)

Teknik perencanaan dengan analisis jaringan (network) berdasarkan logika ketergantungan antar aktivitas yang ada dalam proyek.

 

TUGAS INDIVIDU

Kemukakan pemahaman Anda mengenai:

  1.  Apa itu Manajemen proyek?
  2.  Apa saja manfaat MS Project?

Blog: kaswanto.staff.ipb.ac.id

DL 9 Desember 2014 07.00 WIB  

Materi kuliah download di sini 12Project Management 2014 KAS



Actions

Informations

71 responses to “Manajemen Proyek – TALAK”

5 12 2014
kaswanto (17:17:56) :

Silahkan kemukakan pemahaman Anda mengenai:
Apa itu Manajemen proyek?
Apa saja manfaat MS Project?

6 12 2014
sholihin nafar/A44110066 (04:56:46) :

Berdasarkan Materi yang diberikan, Manajemen Proyek merupakan suatu aktivitas mengatur. mengendalikan, memantau sebuah pekerjaan (proyek) dengan efektif dan efisien sehingga menghasilkan luaran yang optimal. Hal ini sangat diperlukan khususnya bagi kontraktor agar dapat membagi waktu pengerjaan se efisien dan seefektif mungkin sehingga dapat menyelesaikan proyek sesuai dengan tenggat waktu yang telah ditentukan.

Manfaat penggunaan Ms Project pada dunia kerja yang saya pahami dari praktikum Tata laksana ARL diantaranya:
format ms project yang seusai dengan standar pembuatan tabel proyek yang ada di indonesia memudahkan saya dalam mengolah tabel tersebut
user interface nya yang familiar dengan MS lainnya, sehingga istilah2 dalam toolbar yang digunakan dapat dipahami dengan cepat
penggunaan MS Project dapat mempersingkat waktu pembuatan tabel proyek
MS Project dapat mengidentifikasi waktu-waktu krusial pada sebuah tabel proyek
setiap kegiatan dapat diberi atribut lain seperti jumlah tenaga kerja, biaya dll sehingga kita dapat membaca tabel dengan praktis
implikasi perubahan waktu pelaksanaan terhadap tabel proyek terlihat secara langsung, sehingga ketika waktu kegiatan proyek berubah dari tabel yang dibuat, pengaruhnya dapat dilihat pada pengerjaan2 lainnya dan tanggal selesainya proyek tersebut

8 12 2014
Ina Travelia (A44110041) (13:16:25) :

Selamat Siang Pak Kaswanto

Menurut Saya “Manajemen Proyek” itu adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen seperti perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian secara sistematis pada suatu proyek menggunakan sumber daya (uang) secara efektif dan juga efisien agar tujuan proyek tercapai secara lebih optimal sesuai dengan waktu yang telah ditentukan (dateline).

Manfaat dari MS Project ini sendiri menurut Saya antara lain menangani perencanaan suatu kegiatan, pengorganisasian dan pengendalian waktu serta biaya yang mengubah input data menjadi sebuah output data sesuai tujuannya, dimana terdapat list kegiatan yang akan dilakukan dengan urutan pekerjaan yang dapat disesuaikan, berapa hari dikerjakan, lalu berapa jumlah orang yang akan bekerja.

Terimakasih Pak

8 12 2014
Ayyi Asyhari (A44100064) (19:13:57) :

TUGAS INDIVIDU

Kemukakan pemahaman Anda mengenai:

1. Apa itu Manajemen Proyek?

jawab
penerapan fungsi dari ilmu manajemen (planning, organizing, actuating, dan controlling) yang dilakukan secara sistematis, pada suatu pekerjaan yang memiliki batas waktu dan capaian tertentu. penerapan pekerjaan tersebut didukung dengan penggunaan sumberdaya secara efektif dan efisien, agar tujuan proyek tercapai secara optimal.

2. Apa saja manfaat MS Project?

jawab
a. pengelolaan sumberdaya dan tujuan proyek secara mudah dan digital
b. pembuatan gantt table untuk me-monitor perkembangan proyek
c. mengetahui fungsi – fungsi hubungan tugas (ff, ss, fs, sf)

by: Ayyi Asyhari

8 12 2014
Suci Novilani Suganda/A44110013 (22:53:27) :

A. Pengertian Manajemen Proyek
Manajemen proyek berasal dari dua kata yaitu manajemen dan proyek. Dalam kata manajemen, mengandung empat proses kegiatan yang harus dilakukan agar dapat menghasilkan suatu yang optimal dan sesuai sasaran, yaitu: planning, organizing (membuat agenda), actuating, dan controling. Sedangkan proyek merupakan suatu kegiatan yang terikat dan dibatasi dengan waktu serta sumber daya yang tersedia. Untuk melaksanakan suatu proyek diperlukan adanya pengelolaan terhadap proyek dengan tujuan mengatur tahap–tahap pelaksanaan pekerjaan dalam mencapai sasaran. Manajemen proyek adalah penerapan fungsi manajemen secara sistematis pada suatu proyek yang dilakukan secara efektif dan efisien agar tujuan dapat tercapai secara optimal.

B. Manfaat MS Project
Microsoft Project adalah software administrasi proyek yang digunakan untuk mengelola proyek penting secara efektif. Software ini dapat digunakan ntuk mengelola suatu proyek yang memerlukan waktu yang panjang dan ketelitian yang tinggi sehingga menghasilkan suatu data yang akurat. Keunggulan dari software ini yaitu mampu menangani perencanaan suatu kegiatan, pengorganisasian, dan pengendalian waktu serta biaya yang mengubah input data menjadi sebuah output data sesuai tujuannya. Beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan menggunakan Microsoft Project yaitu: 1) dapat melakukan penjadwalan produksi secara efektif dan efisien, karena ditunjang dengan informasi alokasi waktu yang dibutuhkan untuk tiap proses, serta kebutuhan sumber daya untuk setiap proses sepanjang waktu; 2) dapat diperoleh secara langsung informasi aliran biaya selama periode; 3) penyusunan jadwal produksi yang tepat akan lebih mudah dihasilkan dalam waktu yang cepat; 4) kegagalan proyek lebih sedikit; 5) respon yang lebih cepat terhadap tujuan proyek ; 6) biaya proyek yang lebih murah ; 7) kesadaran yang lebih besar terhadap kemajuan proyek; 8)

8 12 2014
Aditya pratama (23:43:56) :

1. Manajemen proyek adalah disiplin ilmu yang paling banyak digunakan untuk membantu menyelesaikan berbagai macam pekerjaan berkarakteristik proyek. Karakteristik proyek antara lain output fisik, dibatasi waktu, anggaran dan sumberdaya lain, melibatkan ahli lintas bidang, memerlukan koordinasi tinggi, dan bukan pekerjaan rutin.
2. Manfaat ms.project adalah, membuat daftar pekerjaan proyek, membuat durasi pekerjaan selama proyek, membuat relasi pekerjaan yang satu dengan yang lain seperti start to finish, finish to start,finish to finish, start to start. Selain itu ada membuat jadwal kerja dengan hari serta jam yang ditentukan, membuat lembar sumberdaya yang terlibat dalam proyek, penugasan sumberdaya ke pekerjaan, membuat update pergerakan proyek, dan membuat hasil pelaporan proyek.

8 12 2014
Dwi Sanfarlela Putri (23:48:32) :

Project Management atau manajemen proyek adalah penerapan fungsi-fungsi manajemen terhadap suatu proyek agar proyek dapat berjalan secara efektif dan efisien sesuai tujuan proyek tersebut.

kegunaan manajemen proyek utamanya adalah dapat mengelola proyek tersebut agar berjalan dengan efektif dan efisien. selain itu, mengetahui bagian-bagian proyek yang merupakan bagian paling penting dan perlu didahulukan. lalu, juga mengatur agar proyek dapat diselesaikan cepat dan sesuai jadwal. serta jika ada kemunduran dapat diketahui penyelesaiannya.

secara keseluruhan manajemen proyek menjadi alat yang dapat mempermudah mengelola suatu proyek.

8 12 2014
Laras R. H (A44110069) (23:49:49) :

1. Manajemen Proyek
Suatu kegiatan untuk merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengawasi sumber daya yang ada untuk mengerjakan suatu tujuan tertentu dengan batasan waktu tertentu (deadline) secara efektif dan efisien agar tujuan menjadi optimal
2. Manfaat Ms. Project
a. Membantu tugas pengelolaan sebuah proyek konstruksi
b. Mengetahui proyek yg harus dimulai dan yg sudah selesai (pengorganisasian dan pengendalian waktu)

8 12 2014
Veby Veggyana (A44110024) (23:57:15) :

1. Manajemen proyek adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan suatu proyek dengan memanfaatkan sumber daya yang ada untuk mencapai tujuan tertentu, sehingga didapat hasil yang optimal.
2. Manfaat dari MS Project antara lain; a) pelaksanaan pekerjaan yang lebih efektif dan efisien karena dapat menampilkan alokasi waktu dan kebutuhan sumberdaya sepanjang proyek, b) memudahkan pengidentifikasian fungsi dan tanggung jawab masing-masing aspek, c) dapat dengan mudah mengidentifikasi masalah dini serta solusinya, d) mengetahui secara langsung penggunaan biaya, e) membuat komunikasi lebih terarah, f) dan juga dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya kegagalan dalam proyek.

9 12 2014
Putri Ajrina (A44110038) (00:12:45) :

Manajemen proyek adalah cara mencapai tujuan proyek dengan menjabarkan fungsi-fungsi seperti merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan. Tujuan proyek tersebut dapat dicapai dengan menggunakan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien.
Manfaat MS. Project dapat digunakan untuk menyusun proyek mulai dari perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan

9 12 2014
BAGUS PRASETYO A44110035 (00:16:57) :

Manajemen Proyek merupakan kegiatan seseorang dalam memanfaatkan serta mengorganisasikan sumber daya, baik sumber daya manusia, pengguanaan bahan serta alat yang di gunakan maupun waktu pelaksanaan pengerjaan proyek. Hal tersebut dilakukan agar mencapai tujuan optimal dengan cara efektif dan efisien. Selain itu tujuan dibuatnya manajemen proyek agar mampu mengestimasis kejadian yang tidak dapat diperkirakan seperti kesalahan dalam perhitungan waktu, penggunaan bahan yang kurang maupun gangguan yang diakibatkan dari bencana alam yang dapan menghambat proses pengerjaan proyek. Kegiatan manajemen proyek meliputi initiating, planning, executing,controlling, dan closing.
Microsoft Project Tools merupakan perangkat lunak dalam komputer yang digunakan untuk membuat rancangan suatu manajemen proyek. Microsoft Project Tools di manfaatkan oleh seorang manajer proyek untuk membantu menetapkan sumber daya manusia untuk pembagian tugas-tugas pelaksanaan, menentukan kemajuan proyek dari waktu kewaktu, mengelola anggaran, dan menganalisisi beban kerja.

9 12 2014
Fadhilah Chandra Pragia (00:23:06) :

Manajemen proyek adalah sebuah proses menjalankan suatu perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian secara sistematis pada suatu proyek untuk mencapai suatu tujuan yang optimal dengan menggunakan sumber daya yang efektif dan efisien.

Manfaat dari MS Project adalah

1. menjadi lebih paham terhadap tujuan proyek secara keseluruhan
2. memberikan kemudahan penggunaan, kemampuan, dan fleksibilitas sehingga penggunanya dapat mengatur proyek secara lebih efisien dan efektif
3. Dapat melakukan penjadwalan produksi secara efektif dan efisien, karena ditunjang dengan informasi alokasi waktu yang dibutuhkan untuk tiap proses, serta kebutuhan sumber daya untuk setiap proses sepanjang waktu
4. membuat penggunanya akan lebih produktif dengan mengintegrasikan program-program Microsoft Office yang familiar, membuat pelaporan yang kuat, perencanaan yang terkendali dan sarana yang fleksibel
5. dapat menunjang dan membantu tugas pengelolaan sebuah proyek konstruksi sehingga menghasilkan suatu data yang akurat
6. menangani perencanaan suatu kegiatan, pengorganisasian dan pengendalian waktu serta biaya yang mengubah input data menjadi sebuah output data sesuai tujuannya
7. Dapat diperoleh secara langsung informasi aliran biaya selama periode
8. Mudah dilakukan modifikasi, jika ingin dilakukan rescheduling
9. Penyusunan jadwal produksi yang tepat akan lebih mudah dihasilkan dalam waktu yang cepat
10. kegagalan yang terjadi pada proyek dapat diminimalisir

9 12 2014
Prajana Paramita Sari Puspita A44110028 (00:27:53) :

PRAJANA PARAMITA A44110028

Manajemen Proyek?
Berasal dari kata manajemen yang mencakup Planning, Organizing, Actuaty/Implementation, dan Controling/evaluation atau biasa disingkat POAC. Sedangkan proyek adalah suatu kegiatan yang mempunyai tujuan atau target dengan sumberdaya dan batas waktu tertentu. Sehingga manajemen proyek dapat didefinisikan sebagai suatu proses dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian dari suatu kegiatan untuk mencapai tujuan dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara efektif dan efisien untuk mencapai hasil yang optimal. Manajemen proyek memainkan fungsi pengendalian meliputi pengelolaan lingkup kerja, waktu, biaya dan kualitas.

Manfaat Ms. Project ?
Suatu software yang berperan sebagai alat bantu dalam pelaksanaan manajemen proyek. Tugas microsoft project meliputi
kegiatan perencanaan, pengelolaan, pengawasan dan pelaporan data dari suatu proyek. Beberapa keuntungan menggunakan sotware Ms.Project yaitu dapat melakukan penjadwalan produksi secara efektif dan efisien sehingga menghindari overlapping. Mudah dilakukan modifikasi, jika ingin dilakukan rescheduling. Penggunaan sistem project management yang effektif & terstruktutr, menghilangkan duplikasi informasi & data entry sehingga dapat dibuat estimasi yang tepat, menurunkan ketergantungan terhadap spreadsheet, memudahkan pembuatan laporan proyek, dan dapat diketahui garis besar tahapan proses kegiatan yang akan dilaksanakan dalam suatu proyek.

9 12 2014
Elisa Noviyani (00:39:35) :

Elisa noviyani (A44110071)
Tugas Tata Laksana Profesi (Manajemen Proyek)
1. Menurut saya manajemen proyek adalah sebuah proses yang terdiri dari kegiataan perencanaan, pengaturan, kepemimpinan, organisasikan, dan pengendalian pada suatu proyek oleh pelaksana proyek tersebut dengan penggunaan yang efektif dan efisien agar mencapai tujuan yang optimal.
2. Manfaat ms project menurut saya adalah ms project membantu mengatur waktu secara optimal, lebih meringkas proses pekerjaan, mempermudah pembuatan langkah- langkah dalam pelaksanaan proyek, ketika terjadi perubahan dalam proyek memudahkan dalam mencari jalan keluar dibantu oleh ms project, perhitungan waktu menjadi lebih teliti dan tepat, Membuat jadwal kegiatan lebih teratur, dapat menganalisis waktu ataupun kegiatan yang ingin dikerjakan, dan membuat laporan tentang proyek.

9 12 2014
Yuki Latifah (A44110012) (00:56:11) :

1. Apa itu Manajemen Proyek?
Manajemen proyek adalah proses atau kegiatan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian sumber daya yang ada dalam batas waktu tertentu untuk tujuan tertentu.

2. Apa saja manfaat Ms. Project?
Beberapa manfaat dari Ms. Project adalah dapat membantu mengkomunikasikan manajemen proyek dalam bentuk data-data yang mengandung banyak informasi, mampu mengkalkukasikan waktu dan sumberdaya yang ada sehingga bentrok jadwal serta konflik sumberdaya dapat dihindari, mampu menampilkan diagram/chart/grafik dari data proyek yang ada, membantu memonitor progress dari proyek dan lain-lain.

9 12 2014
Asputri I. Safitri / A44110057 (01:06:59) :

Manajemen adalah suatu pengorganisasian, perencanaan, dan pengontrolan yang melibatkan individu dari suatu proyek secara berkelanjutan sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Proyek sendiri merupakan usaha yang kompleks, tidak rutin dan dibatasi oleh waktu, anggaran, dan lainnya untuk memuaskan kebutuhan konsumen. Manajemen proyek merupakan suatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas sumberdaya secara efektif dan efisien agar tujuan proyek dapat terlaksana secara optimal dan selesai sesuai dengan waktu yang telah ditentukan dalam kontrak kerja.
Manfaat yang diperoleh dari penerapan ms. project ini adalah untuk meminimalkan terjadinya kesalahan dalam melakukan penjadwalan atau pelaksanaan proyek yang akan dijalankan. Suatu proyek dapat terencana secara matang sehingga tidak terjadi kesalahan pengaturan waktu didalam proyek tersebut yang dapat merugikan bagi pihak kontraktor (atau instansi ataupun orang) dalam menjalankan suatu proyek.

9 12 2014
Sitti Nuur Halimah (01:07:03) :

Yang dimaksud dari managemen itu sendiri adalah suatu pengorganisasian, perencanaan, dan pengontrolan yang melibatkan individu dari suatu proyek secara berkelanjutan sesuai dengan jadwal. Proyek itu ssendiri suatu usaha yg kompleks, tidak rutin dan dibatasi oleh waktu, anggaran, dan lainnya untuk memuaskan kebutuhan konsumen.
Managemen proyek itu sendiri merupakan suatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas simberdaya secara efektif dan efisien agar tujuan proyek dapat terlaksana secara optimal.
Manfaat yang didapat dari penwrapan managemen proyel ini adalah untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dalam melakukan penjadwalan atau pelaksanaan proyek yg akan dijalankan. Suatu proyek dapat terencana secara matang sehingga tidak terjadi miss didalam proyek tersebut.

9 12 2014
Rakhmi Fitriani (01:11:48) :

1. Menejemen proyek merupakan usaha untuk mengatur berjalannya suatu proyek agar terlaksana dengan baik. Proyek dikatakan berhasil jika telah dilaksanakan sesuai dengan jadwal, biaya yang dikeluarkan sesuai dengan RAB, dan alokasi pekerja tepat dan efisien sehingga hasil pelaksanaan proyek dapat memuaskan klien. Beberapa aspek proyek yg perlu diperhatikan adalah jadwal pekerjaan, biaya pelaksanaan, jumlah pekerja dan teknis lapang pelaksanaan proyek.
2. Ms. Project memiliki fitur yang dikhususkan dalam pembuatan jadwal pekerjaan untuk pelaksanaan sebuah project. Manfaat dari software tersebut adalah dapat memudahkan dalam membuat menejemen proyek yg baik dan tertata. Dengan memasukan jadwal kegiatan proyek ke dalam tabel, maka pelaksana proyek akan mengetahui tahapan pekerjaan yg dapat dilaksanakan dan menentukan skala prioritas dalam setiap pekerjaannya. Selain itu, Ms.Project juga dapat membantu dalam perhitungan upah pekerja.

9 12 2014
ALIIFAH GHASSANII - A44110009 (01:13:13) :

Manajemen Proyek adalah suatu kegiatan yang menerapkan fungsi manajemen dalam pekerjaan proyek yang dibatasi oleh waktu dan sumber daya secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan yang optimal.
Terdapat 3 tahapan dalam manajemen proyek, yaitu :
1. Penyusunan perencanaan proyek
2. Pengawasan proyek
3. Laporan proyek
Ketiga tahapan tersebut mendukung fungsi manajamen proyek yakni untuk pengendalian.
Adapun proses dalam sebuah manajeman proyek, yaitu initiating, planning, executing, controlling, dan closing.

Dalam mengendalikan sebuah proyek/ manajemen proyek digunakan software pendukung yaitu MS Project yang memiliki manfaat, yaitu dapat merencanakan dan mengelola proyek secara lebih mudah, lebih efisien dalam pembuatan prioritas pekerjaan dalam proyek.

terimakasih
Aliifah Ghassanii – A44110009

9 12 2014
Deo gracia A44110064 (01:22:00) :

Selamat malam,

Manajemen proyek adalah pengaturan sistem pengerjaan suatu proyek mulai dari organisasi pekerja, jenis pekerjaan, pengadaan barang, dan pengaturan waktu kerja demi tercapainya target suatu proyek selesai dalam jangka waktu yang sudah ditentukan
Manfaat MS Project dalam manajemen proyek adalah software ini dapat menentukan urgensi dan mengelola timeline suatu pekerjaan dalam proyek. Dengan demikian, tahap tahap pekerjaan dalam suatu proyek dapat dilakukan dengan tepat dan efisien

Trims,
Deo Gracia Cahyadi A44110064

9 12 2014
Agung Govinda Arisudana (01:22:52) :

Manajemen proyek merupakan penerapan fungsi-fungsi manajemen secara sistematis pada proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan (pengendalian) terhadap usaha-usaha dalam pelaksanaan pekerjaan secara efektif dan efisien agar tercapai tujuan dalam waktu dan sumber daya yang tersedia.
penerapan manajemen proyek harus memperhatikan beberapa hal berikut :
1.Task (rencana tertulis yang dibuat)
2. Duration (waktu pelaksanaan proyek)
3. Resources (sumberdaya yang ada di lokasi proyek)
4. Project Manager (manajemen proyek yang baik)
5. Scope (ruang lingkup pekerjaan dalam proyek yang akan dilakukan)
6. Quality (kualitas dari pekerjaan yang dilakukan)
7. Risk (bahaya yang ditanggung ketika melakukan sebuah pekerjaan)

Manfaat MS Project :
1. Rencanakan & kelola proyek secara mudah dengan kontrol intuitif dan alat yang fleksibel.
2. Selalu efisien guna prioritas proyek yang sedang berlangsung dengan mengumpulkan pekerjaan harian, tugas proyek, rincian penting, dan garis waktu di antarmuka yang kaya visual dan kontekstual.
3. Pengelolaan jadwal dapat dilakukan di mana pun dengan memastikan tetap berkomunikasi dengan tim proyek dan mengikuti perkembangan proyek saat kapan pun.
4. Antisipasi Perubahan dengan informasi berorientasi ke depan tentang pekerjaan harian yang ditambahkan ke proyek Anda dan sumber daya yang diperlukan untuk menyelesaikannya.

9 12 2014
Irfan Adi Permana A44110036 (01:25:11) :

Manajemen proyek : adalah pengelolaan sistem kerja proyek mulai dari penyediaan barang, struktur organisasi, jenis pekerjaan, dan lama waktu pengerjaan.

Software ms project dapat membantu manajemen proyek untuk mengatur timeline suatu pekerjaan. Dalam software ini bisa ditentukan urgensi pekerjaan dan hubungan suatu pekerjaan dengan yang lain dalam suatu waktu sehingga suatu proyek dapat dilaksanakan ontime dan lebih efisien. Jika suatu pekerjaan sudah memiliki timeline yang jelas, maka penyediaan barang dan jasa akan sesuai dengan waktu yang sudah ditentukan.

9 12 2014
Bhre Wijaya Aroengbinang (A44100086) (01:57:31) :

Manajemen proyek adalah upaya untuk mengendalikan jalannya sebuah proyek yang sedang ataupun akan berjalan, yaitu dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara efektif dan efisien. Manajemen proyek meliputi (1) perencanaan proyek, yaitu tentang waktu pelaksanaan proyek dan manajemen tenaga kerja yang ada, (2) pengawasan proyek, yaitu pengendalian proyek oleh penanggungjawab proyek, dan (3) laporan proyek, yaitu progress report sejauh mana keadaan proyek yang sedang berjalan.

MS Project digunakan untuk mengkomputerisasikan manajemen proyek ke dalam bentuk yang lebih mudah dikelola dan diolah oleh operatornya. MS Project akan mempermudah 3 aspek manajemen proyek yang telah disebutkan di atas.

9 12 2014
Nintya Avriantari(A44110068) (02:07:04) :

Manajemen proyek adalah suatu rangkaian proses pengendalian terhadap segala sumber daya yang tersedia secara efektif dan efisien dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai tujuan proyek secara optimal.

Suatu perangkat lunak (software) yang berfungsi untuk membantu pengorganisasian pekerjaan dalam suatu proyek adalah Ms. Project. Adapun manfaat yang diperoleh dengan menggunakan Ms. Project adalah :

dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi pencapaian tujuan pekerjaan proyek secara optimal karena dengan menggunakan ms. Project setiap tahapan pekerjaan dapat direncanakan secara sistematis sesuai dengan spesialisasi pekerjaan.

dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi waktu pengerjaan proyek karena dengan menggunakan Ms. Project waktu yang dibutuhkan untuk berbagai jenis dan tahapan pekerjaan dapat direncanakan dengan baik dengan pertimbangan perkiraan waktu yang tepat.

9 12 2014
faza amrin (02:44:08) :

1. Manajemen proyek adalah pengaturan dan pengorganisasian suatu usaha a ugar tercapai tujuan dengan batas waktu dan sumber daya yang tersedia sehingga dapat dikendalikan secara optimal dengan hasil yang efektif dan efesien

2. Kegunaan MS Project yaitu sebagai alat seperti pembuat jadwal untuk membantu pengaturan tahapan kerja yang akan dilakukan sehingga dapat tersusun dengan baik tanpa ada konflik antar pekerjaannya dalam waktu atau prioritas kerja tersebut

9 12 2014
M Fauzi Hadi A44110079 (03:19:32) :

1. Manajemen Proyek adalah cara mencapai tujuan proyek dengan menjabarkan fungsi-fungsi seperti perencanaan, organisasi, memimpin, dan pengendalian.
2. Manfaat dari MS Project antara lain bisa digunakan dalam menyusun sebuah proyek dari mulai perencanaan, pengelolaan, sampai ke pengawasan.

Sekian.

9 12 2014
Robby Chandra (03:32:02) :

Nama : Robby Chandra (A44110065)

1. Manajemen proyek dapat didefinisikan sebagai suatu proses dari perencanaan, pengaturan, kepemimpinan, dan pengendalian dari suatu proyek oleh para anggotanya dengan memanfaatkan sumber daya seoptimal mungkin untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan. Fungsi dasar manajemen proyek terdiri dari pengelolaan-pengelolaan lingkup kerja, waktu, biaya, dan mutu. Pengelolaan aspek-aspek tersebut dengan benar merupakan kunci keberhasilan dalam penyelenggaraan suatu proyek.

2. Microsoft Project merupakan software administrasi proyek yang digunakan untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, pengawasan dan pelaporan data dari suatu proyek. Keunggulan Microsoft Project adalah kemampuannya menangani perencanaan suatu kegiatan, pengorganisasian dan pengendalian waktu serta biaya yang mengubah input data menjadi sebuah output data sesuai tujuannya.

9 12 2014
Danar Dwi Atmojo (03:34:51) :

Nama : Danar Dwi A
NIM : A44110073

Manejemen proyek merupakan suatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengendalian atas sumber daya organisasi yang dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu dan sumber daya tertentu.
Manfaat MS project dapat digunakan untuk melakukan penjadwalan produksi secara efekif dan efisien serta untuk menyusun proyek perencanaan, pengelolaan dan perngawasan.

9 12 2014
Dwiko Adam Elwalid/A44110061 (03:58:00) :

Manajemen proyek adalah sebuah proses manajemen meliputi planning, organize, controling dan evaluation dalam memanfaatkan suatu sumber daya secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan tertentu dalam rentang waktu tertentu sesuai dengan perjanjian antar pihak yang bersangkutan.
Manfaat MS project sangat berkaitan dengan manajemen projek. Aplikasi ini dapat memberi pemahaman lebih kepada pengguna terhadap projek secara keseluruhan. Selain itu, aplikasi ini dapat memberi kemudahan dalam menyusun rangkaian proses yang akan dilakukan berdasarkan urutan kerja dan alokasi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut sehingga pekerjaan lebih efektif dan efisien

9 12 2014
Nio Mentari A44110063 (05:11:29) :

Manajemen Proyek adalah kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan dan mengendalikan sumber daya organisasi perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu dengan sumber daya tertentu pula. Manajemen proyek sangat cocok untuk suatu lingkungan bisnis yang menuntut kemampuan akuntansi, fleksibilitas, inovasi, kecepatan, dan perbaikan yang berkelanjutan.

Manajemen proyek sebenarnya dua kata yang pengertiannya berbeda. manajemen merupakan proses merencanakan, mengorganisasikan, mengendalikan, mengarahkan, mengawasi dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada untuk mencapai suatu tujuan. Proyek sendiri secara umum dapat diartikan sebagai usaha untuk mencapai tujuan tertentu yang dibatasi oleh ruang dan waktu. Dengan demikian manajemen proyek adalah penerapan fungsi manajemen yang dilakukan secara sistematis pada proyek tertentu dengan memanfaatkan sumber daya yang ada secara efektif dan efisien sehingga tujuan akhir proyek tepat sasaran dan sesuai dengan jadwal yang ditetapkan.

Oleh karena itu, karena proyek ini sifatnya berkelanjutkan dan melibatkan sumber daya yang ada, baik dalam suatu organisasi maupun dari luar organisasi, maka diperlukan suatu aplikasi yang mampu menangani hal tersebut. Salah satu aplikasi yang mampu untuk menjawab tantangan tersebut adalah Microsoft Office Project.

Microsoft Office Project Professional merupakan software administrasi proyek yang digunakan untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, pengawasan dan pelaporan data dari suatu proyek. Kemudahan penggunaan dan keleluasaan lembar kerja serta cakupan unsur-unsur proyek menjadikan software ini sangat mendukung proses administrasi sebuah proyek. Microsoft Office Project memberikan unsur-unsur manajeman proyek yang sempurna dengan memadukan kemudahan penggunaan, kemampuan, dan fleksibilitas sehingga penggunanya dapat mengatur proyek secara lebih efisien dan efektif. Kita akan mendapatkan informasi, mengendalikan pekerjaan proyek, jadwal, laporan keuangan, serta mengendalikan kekompakan tim proyek. Kita juga akan lebih produktif dengan mengintegrasikan program-program Microsoft Office yang familiar, membuat pelaporan yang kuat, perencanaan yang terkendali dan sarana yang fleksibel.

Tujuan yang diharapkan dari Microsoft Office Project adalah penggunaan platform atau sistem project management yang efektif & seragam (uniform), menghilangkan duplikasi informasi & data entry, menurunkan ketergantungan terhadap spreadsheet, memudahkan pembuatan laporan konsolidasi, dan memperbaiki komunikasi antara staf/karyawan. Sehingga keuntungan yang diperoleh dari sistem ini seperti informasi proyek yang up-to-date, akurat, tepat waktu, dan dipercaya, bukanlah hal yang sulit untuk dipenuhi.

Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh dengan menggunakan Microsoft Project adalah sebagai berikut: dapat melakukan penjadwalan produksi secara efektif dan efisien karena ditunjang dengan informasi alokasi waktu yang dibutuhkan untuk tiap proses serta kebutuhan sumber daya untuk setiap proses sepanjang waktu, dapat diperoleh secara langsung informasi aliran biaya selama periode, mudah dilakukan modifikasi jika ingin dilakukan rescheduling, dan penyusunan jadwal produksi yang tepat akan lebih mudah dihasilkan dalam waktu yang cepat.

Dapat disimpulkan bahwa Microsoft Office Project merupakan salah satu software yang bisa dipakai dalam penyusunan suatu proyek mulai dari perencanaan, pengelolaan, pengawasan, dan pelaporan. Dengan menggunakan software Microsoft Office Project, penjadwalan produksi suatu proyek dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

9 12 2014
Rusli Effendi / A44110020 (05:19:58) :

Manajemen Proyek merupakan usaha dalam penerapan ilmu pengetahuan, keahlian dan ketrampilan secara sistematis dengan menggunakan sumberdaya yang efektif dan efisien sesuai dengan tujuan proyek agar optimal yang kegiatannya dapat berupa melakukan perencanaan kegiatan, pengorganisasian, pengawasan terhadap proyek agar terkendali dan melakukan pengarahan terhadap proyek yang sedang dilaksanakan.

manfaat MS Project adalah memberi kemudahan dalam melakukan perencanaan, pengelolaan, pengawasan dan pelaporan data dari suatu proyek sehingga dapat memperoleh informasi, mengendalikan pekerjaan proyek, jadwal, dan laporan keuangan proyek

9 12 2014
Naftalie Claudia Kristiani Luchsinger (A44110029) (05:45:16) :

Nama : Naftalie CK Luchsinger (A44110029)
1. Manajemen proyek menerapkan fungsi-fungsi manajemen dalam pelaksanaan suatu proyek agar proyek tersebut dapat berjalan secara sistematis dan dapat berjalan dengan sumberdaya yang efektif dan efisien agar tujuan tercapai secara optimal. Manajemen proyek berfungsi sebagai “pengendali” di dalam suatu proyek. Ada beberapa tahapan dalam proyek: tahapan penyusunan perencanaan proyek, tahapan pengawasan proyek, dan tahapan laporan proyek. Karena berfungsi sebagai “pengendali”, diharapkan dapat mengurangi tingkat kegagalan dalam proyek, menekan biaya pelaksanaan proyek, dan lainnya.
2. Fungsi Microsoft Project
Microsoft project merupakan software yang digunakan untuk mengelola suatu proyek. Fungsi dari Ms.Project adalah untuk mengetahui schedule proyek secara rinci, sehingga dalam pengerjaannya dapat lebih sistematis dan terencana. Di dalam schedule itu pun sudah tertera jumlah sumber daya yang digunakan, berapa hari pengerjaan, keterkaitan langkah-langkah pengerjaan, dll.

9 12 2014
Siti Umriyah/A44110018 (05:56:18) :

Berikut ulasan saya tentang Manajemen Proyek dan manfaat Ms Project.
Manajemen merupakan seni dalam menyelesaikan pekerjaan baik dalam mengatur, mengarahkan orang lain dalam pekerjaannya untuk mencapai tujuan tertentu. Manajemen itu sebuah proses perencaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumberdaya untuk mencapai tujuan secara efisien dan efektif.
Proyek merupakan sebuah kegiatan yang dilakukan dengan batasan sumberdaya dan waktu dan membutuhkan kolaborasi banyak pihak dari berbagai bidang ilmu dalam penyelesaiannya dan hanya berlaku untuk satu kali dalam setiap proyek.
Manajemen Proyek merupakan sebuah aplikasi dari seni, ilmu pengetahuan, keahlian dan alat dalam aktivitas proyek tertentu. Manajemen proyek merupakan suatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengaturan dan pengontrolan terhadap sumberdaya yang dimiliki untuk mencapai tujuan proyek agar proyek dapat diselesaikan tepat waktu dengan penggunaan sumberdaya yang optimal.
Microsoft Project merupakan aplikasi yang digunakan untuk membuat jadwal pengerjaan dalam sebuah proyek. Manfaat dari Microsoft Project yaitu:
• dapat melakukan penjadwalan kegiatan secara efisien dan efektif
• dapat mengetahui pekerjaan yang kritis/critical path
• dapat memprediksi kapan proyek akan selesai
• dapat mengatur jadwal pengerjaan agar proyek dapat selesai tepat waktu
• dapat menjadi panduan dalam alur pengerjaan proyek
• membantu seseorang dalam jadwal pengawasan jika memiliki beberapa proyek
Demikian ulasan yang saya sampaikan, kurang lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih.

9 12 2014
Aliya Faizah Fithriyah/A44100021 (06:05:29) :

Manajemen proyek adalah penerapan dan pengelolaan fungsi-fungsi manajemen dalam sebuah proyek secara sedemikian rupa sehingga sumber daya proyek dimanfaatkan secara efektif dan efisien dengan hasil yang optimal. Fungsi manajemen adalah merencanakan, mengorganisasi, menerapkan, dan mengawasi. Sedangkan proyek didefinisikan sebagai sebuah rangkaian pekerjaan yang memiliki batas waktu dan tujuan yang harus dicapai.

Program Ms. Project digunakan untuk mengorganisasi sebuah proyek. Beberapa manfaat Ms. Project dalam manajemen proyek adalah:
1. mengorganisasi data sehingga lebih mudah dipahami
2. dapat menyajikan jadwal pekerjaan berikut dana yang dibutuhkan dan persentase pekerjaan
3. dapat mengkalkulasi waktu selesainya pekerjaan dengan sumber daya yang dimiliki sehingga dapat menjadi alat pembantu pengambilan keputusan
4. dapat menyajikan hubungan antar pekerjaan dalam diagram
5. dapat mengetahui titik kritis proyek
dan lain-lain.

9 12 2014
AZWINUR / A44110076 (06:19:44) :

AZWINUR (A44110076)

1. manajement proyek singkatnya dapat diartikan sebagai pengedali/mengawasi suatu proyek agar dapat berjalan sesuai dengan waktu sumberdaya dan tujuannya. sehingga proyek tersebut dapat selesai denagn efektif, efisien dan optimal. dalam prosesnya agar tercapai point-point diatas menggunakan fungsi dari manajemen. fungsi tersebut adalah POAC. Planning, Organiting, Actuating dan Controlling. inti utamanyanya adalah bagaimana mengendalikan suatu proyek agar tidak keluar dari rangkaian proyek. proyek itu sendiri upaya untuk mencapai tujuan tertentu dibatasi oleh sumberdaya dan waktu. sumberdaya dapat berarti tenaga kerja, bahan, dan alat. sedangkan waktu adalah proses awal dan akhir (rangkaian proyek). sehingga di akhir akan menghasilkan produk dari proyek tersebut yang berlangsung dalam satu kali rangkaian.

2. Untuk mengendalikan proyek maka akan membutuhkan suatu softwere. Microsoft project adalah salah satunya. ms. project dapat membantu dalam mengawasi jalannya proyek. Manfaat dari ms.roject :

• mempermudah / mempercepat proses analisis kebutuhan waktu dan sumberdaya
• mengetahui dengan cepat korelasi yang di input dengan hasil dari diagram secara cepat.
• Mengetahui dengan cepat waktu proyek tersebut akan selesai
• Mampu membuat jadwal dan diagram proses proyek
• Mudah dilakukan modifikasi, jika ingin dilakukan rescheduling.
• Mampu mengukur kebutuhan sumberdaya yang diperlukan dengan cepat, efektif dan efisien sehingga proyek dapat dikerjakan dengan optimal.
• Meminimalkan kesalahan mengelola yang dapat merugikan tim pelaksana.
• Media untuk berkomunikasi dengan tim dan mengikuti perkembangan proyek. Melalui diagram dan grafik.
• Membantu menyusun jadwal dan meminimalkan kesalahan.
• Dapat memperoleh secara langsung informasi aliran biaya selama periode.

9 12 2014
Gigih Hafdhuddin Al Farisi (06:20:23) :

1. Manajemen proyek adalah suatu proses dari perencanaan, pengaturan, kepemimpinan, dan pengendalian dari suatu proyek oleh para anggotanya dengan memanfaatkan sumber daya seoptimal mungkin untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan agar mendapatkan hasil yang efektif dan efisien.
2. Manfaat dari menejemen proyek adalah
a. Dapat memahami keseluruhan tujuan dengan pemahaman yang baik
b. Lebih terorganisir dalam pengelolaan suatu proyek
c. Penggunaan sumberdaya proyek yang lebih efisien
d. Informasi status proyek lebih akurat
e. Dapat menjalin komunikasi yang lebih baik
f. Kegagalan proyek lebih sedikit
g. Penyelesaian proyek yang leih cepat
h. Dapat terlihat jelas kemajuan progress dari proyek

9 12 2014
Wisnu Lazuardi Zaman (06:36:23) :

Manajemen Proyek adalah suatu usaha merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan, mengendalikan dan mengawasi sumber daya organisasi yang dimiliki perusahaan sehingga mencapai sasaran dan tujuan dalam jangka waktu yang telah ditentukan.
Kemudian satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang manajer proyek handal adalah kemampuan dalam melakukan manajemen ruang lingkup proyek. Dalam hal ini, seorang manajer proyek harus mampu memastikan bahwa seluruh aktivitas yang dilakukan dalam proyek adalah aktivitas yang berhubungan dengan proyek dan aktivitas tersebut telah memenuhi kebutuhan proyek.

Manfaat dari MS Project dapat mengelola proyek penting secara efektif, memberikan prioritas terhadap pekerjaan yang sangat krusial, Dapat mngelola proyek dimanapun kita berada, Memberikan presentasi yang efektif, dan mengantipasi perubahan apabila terjadi perubahan hari pada proyek. oleh sebab itu MS Project sangat membantu dalam melakukan pekerjaan Arsitek Lanskap.

9 12 2014
Fransiska Rona Violetta (06:40:49) :

Fransiska Rona Violetta/A44110048
Manajemen proyek adalah suatu penerapan sistem pengelolaan yang sistematis dengan memanfaatkan sumberdaya yang ada secara efektif serta efisian demi terselesainya proyek secara optimal sesuai dengan rencana.
Manfaat Microsoft Project adalah untuk membantu dan mempermudah manajer dalam menata jadwal rencana pekerjaan serta anggaran. selain itu dapat diketahui waktu-waktu kritis proyek.

9 12 2014
M Reza Fatchul Harits A44110002 (06:42:26) :

1. Menurut saya Manajemen Proyek adalah melakukan upaya sistematisasi sebuah pekerjaan (proyek) agar lebih mudah dalam merencanakan, mengorganisasikan dan mengendalikan sumberdaya yang tersedia secara efektif dan efisien sehingga dapat dicapai tujuan proyek secara optimal. Dengan melakukan manajemen terhadap proyek akan meminimalkan resiko kegagalan dari aspek ketidakpastian.

2. Manfaat MS Project bagi saya adalah yang pertama mampu membantu memvisualisasikan keseluruhan sumberdaya proyek sehingga lebih mudah dalam mengorganisasikannya. Kedua, dapat dengan mudah melakukan modifikasi ketika terjadi keterlabatan kerja atau gangguan lainnya. Dan yang terpenting adalah pekerjaan proyek menjadi lebih terukur dan terpantau.

9 12 2014
Fransiska Rona Violetta (06:44:52) :

Fransiska Rona Violetta/A44110048

Manajemen Proyek adalah suatu penerapan sistem pengelolaan secara sistematis dengan memanfaatkan sumberdaya secara efektif dan efisien demi terlaksananya proyek secara optimal sesuai rencana.

Manfaat Microsoft Project adalah membantu serta mempermudah manajer dalam menyusun jadwal rencana pekerjaan serta anggaran. Selain itu juga dapat digunakan untuk mengetahui waktu-waktu kritis proyek.Agar proyek dapat terlaksana dengan baik.

9 12 2014
Astrie Syahrina R (A44110080) (06:56:39) :

Nama: Astrie Syahrina R
NRP: A44110080

1. Manajemen proyek merupakan sebagai usaha sementara yang dilakukan untuk menciptakan suatu produk layanan. Definisi yang lain adalah pengelolaan lingkungan yang dibuat untuk tujuan memberikan satu atau lebih produk bisnis sesuai dengan kasus bisnis tertentu. Tujuan manajemen proyek adalah untuk mendefinisikan status target pada akhir proyek, mencapai yang dianggap perlu guna mencapai manfaat yang direncanakan.
2. Dalam suatu kegiatan proyek, fungsi perencanaan (planning), pelaksanaan (updating), dan pengendalian (controlling) merupakan 3 unsur penting yang menentukan keberhasilan kegiatan proyerk tersebut. Hal ini terkait dengan estimasi yang diperlukan di dalam penjadwalan proyek, baik dari segi keterkaitan pekerjaan, waktu, tenaga, biaya, maupun pemanfaatan jadwal sebagai kontrol di dalam pelaksanaannya. Dalam pengelolaan proyek, terjadi interaksi yang rumit antara faktor manusia, material, peralatan, metoda, dan modal. Oleh karena itu, agar proyek dapat berjalan sesuai schedule maka diperlukan aplikasi yang bertujuan untuk memudahkan penjadwalan kerja proyek para manajer proyek atau pelaksana lapangan lainnya. dan memenuhi kriteria di atas, maka diperlukan perencanaan yang baik (realistis) dan pengendalian yang dapat meminimalkan penyimpangan (varians). Oleh sebab itu diperlukan aplikasi Microsoft Project untuk membantu memudahkan penjadwalan kerja.

9 12 2014
safia-A44110077 (07:10:23) :

manajemen proyek adalah penerapan fungsi manajemen secara efektif dan efesien sehingga tujauh dari sebuah proyek dapat berhasil secara optimal. salah satu fungsi dari manajemen proyek adalah pengendalian, bagaimana seseorang dapat melakukan pengendalian terhadap proyek sehingga mendapat hasil yang optimal.
manfaat MSproject adalah untuk mengetahui titik krusial sebuah project sehingga dapat dikendalikan agar mendapatkan hasil yang optimal.

9 12 2014
Bryanni Menanti (07:33:38) :

Bryanni R.E. Menanti/A44110078

Selamat pagi Pak, maaf sebelumnya saya terlambat comment di blog Bapa, ijinkan saya untuk mempostkan jawaban saya pak. Terimakasih.

1. Definisi dari manajemen proyek yaitu penerapan ilmu pengetahuan,keahlian dan ketrampilan,cara teknis yang terbaik dan dengan sumber daya yang terbatas untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan agar mendapatkan hasil yang optimal dalam hal kinerja,waktu,mutu dan keselamatan kerja.

2. Mengidentifikasi fungsi tanggung jawab, Meminimalkan tuntutan pelaporan rutin, Mengidentifikasi batas waktu untuk penjadwalan, Mengidentifikasi metode analisa peramalan, Mengukur prestasi terhadap rencana, Mengidentifikasi masalah dini & tindakan perbaikan, Meningkatkan kemampuan estimasi untuk rencana, Mengetahui jika sasaran tidak dapat dicapai/terlampau

9 12 2014
Nur Hepsanti Hasanah (A44100009) (08:13:36) :

Apa itu Manajemen proyek?
Management proyek adalah proses pengelolaan sebuah proyek meliputi kegiatan Planning (Perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (Pelaksanaan) dan Controlling (Pengawasan). Proyek sendiri merupakan kegiatan yang dibatasi oleh waktu dan mencakup berbagai macam pekerjaan sehingga pelaksanaannya membutuhkan proses manajemen yang baik.

Apa saja manfaat MS Project?
Microsoft Project bermanfaat untuk membuat dan menyederhanakan model atau skema pengelolaan proyek. dengan menggunakan Ms Proyek, pengelola proyek dapat merancang dan menentukan keterkaitan hubungan antara satu tahap kegiatan dengan tahapan lainnya. hubungan ini juga dapat bermanfaat dalam mengambil keputusan keputusan penting selama pelaksanaan proyek. Ms Proyek menyediakan berbagai macam pilihan dalam pengelolaan hubungan tugas, sehingga mempermudah berbagai elemen pengelola proyek dalam memahami tahapan proyek.

9 12 2014
Amalia Permatasari (A44110008) (08:18:47) :

1. Microsoft Project merupakan software administrasi proyek yang digunakan untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, pengawasan dan pelaporan data dari suatu proyek. Ms Proyek digunakan untuk membuat schedule pengerjaan proyek berdasar data dari RAB dan gambar kerja. Dengan pengaturan hari kerja, jam kerja, jumlah pekerja, pembatasan pekerjaan, pembagian tugas, grafik dan pembuatan laporan, maka pekerjaan suatu proyek akan berlangsung dengan efisien yang berhubungan dengan SDM, waktu dan penugasan sesuai dengan pekerjaan dan penjadwalan.

2. Manfaat Microsoft Project adalah dapat melakukan penjadwalan produksi secara efektif dan efisien, karena ditunjang dengan informasi alokasi waktu yang dibutuhkan untuk tiap proses, serta kebutuhan sumber daya untuk setiap proses sepanjang waktu, informasi aliran biaya selama periode dapat diperoleh secara langsung, serta dengan penyusunan jadwal produksi yang tepat akan lebih mudah dihasilkan dalam waktu yang cepat.

Terima kasih Pak Kaswanto :)

9 12 2014
ATARI LUTHFIA RAHMI (A44110049) (08:36:22) :

1. Apa itu manajemen proyek
Manajemen proyek merupakan strategi manajerial dari suatu perusahaan atau oragnisasi dalam mengelola proyek yang akan dijalani dengan memanfaatkan segala sumberdaya secara efektif dan efisien. Dengan adanya manajemen proyek, suatu pengaturan sistem kerja akan lebih terlihat, transparansi kerja lebih baik, dan batas-batas kemampuan dapat terukur. Antara unit kerja tidak akan terjadi tumpang tindih, melainkan akan saling bersinergi dalam penyelesaian suatu proyek dengan jangka waktu yang ditentutkan.
2. Apa saja manfaat MS Project
MS Project berperan sebagai alat (tools) dalam manajemen proyek. MS Project mempermudah dalam mengolah keperluan waktu dan biaya masing-masing unit kerja secara efektif dan efisien. Dengan menggunakan MS Project kejanggalan dan resiko akan mudah ditemukan sebelum proyek dilakukan. Selain itu MS Project dapat menjadi alat presentasi progress suatu proyek secara transparan dan mudah dimengerti.

9 12 2014
Sri Rengganis / A44100005 (08:57:47) :

Manajemen proyek merupakan suatu proses atau kegiatan merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, dan mengendalikan suatu proyek oleh para anggotanya dengan memanfaatkan sumber daya seoptimal mungkin untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu tertentu.

Manfaat dari MS project diantaranya adalah dapat lebih memahami mengenai proyek, manajemen proyek, dan manajemen. Memahami cara menyusun penjadwalan, proses leveling, menyusun kebutuhan sumberdaya, menyusun rencana anggaran biaya, dll.

9 12 2014
rahadian agung respati (09:14:03) :

Nama : Rahadian Agung Respati
NRP : A44110043

1. Manajmen Proyek merupakan suatu pengaplikasian dalam merencanakan,mengorganisasikan,memimpin dan mengendalikan dengan tahap yang sistematis pada suatu pengerjaan proyek dengan memanfaaatkan sumberdaya sevara efektif dan efisienguna mencapai tujuan proyek yang optimal. Dalam berjalannya suatu proyek terdapat beberapa tahapan mulai dari penyusunan perencanaan proyek, pengawasan proyek, dan laporan proyek
2. Manfaat MS Project :
– Memudahkan pengerjaan proyek dan membuat lebih terorganisir dalam pengelolaannya
– Mendapatkan Informasi status proyek yg terpercaya
– Penggunaan sumberdaya yang lebih efesien
– Dapat mengetahui lebih cepat terhadap kemajuan proyek
– Dapat mengatur panjadwalan seluruh proses proyek secara efektif dan efisien
– Dapat mengetahui skala waktu pengerjaan proyek dan memodifikasinya apabila terjadi kesalahan.

9 12 2014
Ndaru Adi Pranoto (11:05:08) :

1. Manajemen proyek merupakan suatu proses perencanaan, pengaturan, kepemimpinan, dan pengendalian dari suatu pekerjaan proyek oleh para anggota di dalamnya dengan penggunaan SD yang optimal, sehingga diharapkan mencapai target yang telah ditentukan dengan hasil yang efisien dan efektif
2. Manfaat dari menejemen proyek ini adalah
i. Dapat memahami keseluruhan tujuan dengan pemahaman yang baik
j. Lebih terorganisir dalam pengelolaan suatu proyek
k. Penggunaan sumberdaya proyek yang lebih efisien
l. Informasi status proyek lebih akurat
m. Dapat menjalin komunikasi yang lebih baik
n. Kegagalan proyek lebih sedikit
o. Penyelesaian proyek yang leih cepat
p. Dapat terlihat jelas kemajuan progress dari proyek

9 12 2014
Gerry Holgiando (11:14:15) :

1. Manajemen Proyek adalah Pengaturan atau pengelolaan suatu pekerjaan proyek dengan menggunakan sumber daya seoptimal mungkin untuk mencai tujuan atau target yang lebih efektif dan efisien

2. Beberapa Manfaat dari Ms. Project
– Aplikasi untuk mempermudah mengelola jadwal kerja
– Mempermudah memahami keseluruhan kerja
– Memperjelas progres kerja
– Jadwal Penyelesaian proyek lebih jelas dan lebih tepat waktu
– Memperkecil keterlambatan penyelesaian proyek
– Sumber daya yang lebih efisien dan efektif
– Informasi yang lebih jelas
– Pekerjaan proyek lebih terorganisir dengan baik

9 12 2014
Ahmad Rifqi (12:44:03) :

Manajemen Proyek adalah ilmu dan seni dalam mengatur sumber daya manusia, waktu, barang, sampai biaya didalam lingkup pekerjaan proyek guna menciptakan hasil yang optimal dengan pekerjaan yang terkoordinasi dengan baik.

Manfaat MS project:
-dapat menghitung RAB dengan efisien dan akurat
-mempermudah perhitungan RAB
-dapat digunakan semua kalangan

9 12 2014
Remiya Samantha (A44110019) (12:57:02) :

Manajemen proyek merupakan suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan (pengendalian) terhadap usaha-usaha untuk mencapai tujuan tertentu tercapai secara lebih optimal yang dibatasi oleh waktu dan sumber daya yang tersedia. Untuk mendukung kemudahan dalam menjalani manajemen proyek terdapat suatu aplikasi/ software yang dapat digunakan yaitu Microsoft Project. Microsoft Project merupakan aplikasi untuk mengelola proyek secara efektif.

9 12 2014
Menisa Putri Savira (A44110010) (15:17:49) :

Selamat Siang Bp. Kaswanto
Berikut pemahaman saya mengenai Definisi Manajamen Proyek dan Manfaatnya

• Definisi Manajemen Proyek
Manajemen Proyek adalah sebuah aktivitas dalam proses menyelesaikan sebuah proyek yang dikerjakan dan diselesaikan oleh anggota tim dan stakeholders untuk menentukan jadwal proyek, biaya, hingga teknis pelaksanaan proyek secara objektif.

• Manfaat dari manajemen proyek
Dilihat dari fungsi manajemen proyek, manfaat manajemen proyek adalah sebagai berikut :
– Planning
Dalam aspek perencanaan sebuah proyek, manajemen proyek membantu dalam proses pengelolaan proyek secara objektif, membantu untuk menentukan tujuan dan strategi dari proyek. Manajemen proyek membantu dalam penyusunan struktur dan diagram dalam proses pengerjaan/ aktivitas proyek secara terhubung satu sama lain dan membantu untuk menentukan time-schedule proyek.
– Organizing
Manajemen proyek membantu mengorganisir tim dalam penentuan tata kerja, peraturan, prosedur dan teknik kerja dan membantu meningkatkan respontabilitas serta akuntabilitas tim
– Motivation
Manajemen proyek bermanfaat untuk memotivasi tim dalam melaksanakan proyek dan dapat mendorong tim untuk melakukan yang terbaik sehingga produktivitas tim meningkat.
– Directing
Manajemen proyek bermanfaat untuk pengaturan batas pengambilan keputusan dari proyek. Membantu meningkatkan kemampuan interpersonal tim dan membantu membuat keputusan dalam hal teknis pada sebuah proyek tim
– Control
Manajemen proyek bermanfaat untuk mengontrol biaya, jadwal, dan aktivitas-aktivitas teknis dalam proyek. Manajemen proyek juga digunakan dalam proses evaluasi di akhir proyek dan mengevaluasi progress dari proyek yang sedang dilaksanakan.

DEmikian pemahaman saya bapak, atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih.

Menisa Putri Savira A44110010

9 12 2014
Irfan Ali Zulfikar (A44110023) (15:22:11) :

Selamat Siang Pak, berikut tugas individu yang telah saya kerjakan,,

> Definisi Manajemen Proyek
Manajemen Proyek adalah sebuah aktivitas dalam proses menyelesaikan sebuah proyek yang dikerjakan dan diselesaikan oleh anggota tim dan stakeholders untuk menentukan jadwal proyek, biaya, hingga teknis pelaksanaan proyek secara objektif.

> Manfaat dari manajemen proyek jika dilihat dari fungsinya yaitu sebagai berikut :
. Planning
Dalam aspek perencanaan sebuah proyek, manajemen proyek membantu dalam proses pengelolaan proyek secara objektif, membantu untuk menentukan tujuan dan strategi dari proyek. Manajemen proyek membantu dalam penyusunan struktur dan diagram dalam proses pengerjaan/ aktivitas proyek secara terhubung satu sama lain dan membantu untuk menentukan time-schedule proyek.
. Organizing
Manajemen proyek membantu mengorganisir tim dalam penentuan tata kerja, peraturan, prosedur dan teknik kerja dan membantu meningkatkan respontabilitas serta akuntabilitas tim
. Motivation
Manajemen proyek bermanfaat untuk memotivasi tim dalam melaksanakan proyek dan dapat mendorong tim untuk melakukan yang terbaik sehingga produktivitas tim meningkat.
. Directing
Manajemen proyek bermanfaat untuk pengaturan batas pengambilan keputusan dari proyek. Membantu meningkatkan kemampuan interpersonal tim dan membantu membuat keputusan dalam hal teknis pada sebuah proyek tim
. Control
Manajemen proyek bermanfaat untuk mengontrol biaya, jadwal, dan aktivitas-aktivitas teknis dalam proyek. Manajemen proyek juga digunakan dalam proses evaluasi di akhir proyek dan mengevaluasi progress dari proyek yang sedang dilaksanakan.

Terimakasih, sekian . .

9 12 2014
Lucky G. Maulidan/A44110037 (15:56:52) :

Manajemen proyek adalah serangkaian proses dalam mengerjakan suatu proyek secara terorganisir agar proyek tersebut selesai sesuai tujuan baik dalam waktu dan biayanya.
Manfaat MS Project adalah untuk memudahkan seseorang dalam menyusun jadwal dan biaya.

9 12 2014
Widhoratna jiwa adlia A44110074 (16:08:02) :

1. manajemen proyek dapat diartikan sebagai suatu proses kegiatan untuk melakukan perencanaan, pengorganiasian, pengarahan dan pengendalian atas sumber daya organisasi yang dimiliki perusahaan untuk mencapai tujuan tertentu dalam waktu dan sumber daya tertentu pula. Manajemen proyek sangat cocok untuk suatu lingkungan bisnis yang menuntut kemampuan akuntansi, fleksibilitas, inovasi, kecepatan dan perbaikan yang berkelanjutan.

2. – Microsoft Office Project merupakan salah satu software yang bisa dipakai dalam penyusunan suatu proyek mulai dari perencanaan, pengelolaan, pengawasan, dan pelaporan.
– Dengan menggunakan software Microsoft Office Project, penjadwalan produksi suatu proyek dapat dilakukan secara efektif dan efisien.

9 12 2014
Farah Dita (A44110075) (16:14:14) :

1. Manajemen proyek adalah suatu kegiatan mengorganisir tim proyek agar pengerjaan proyek dapat dilakukan sesuai dengan tujuan, jadwal, biaya, dan teknis yang telah ditetapkan.
2. Manfaat dari software MS Project adalah memudahkan planner dalam menyusun rencana jadwal, biaya, serta teknis yang akan diperlukan dalam pengerjaan suatu proyek. Selain itu, manfaat lain dari MS Project yaitu planner dapat memperkirakan waktu yang dibutuhkan dalam pengerjaan proyek, dari awal pengerjaan hingga akhir pengerjaan proyek.

9 12 2014
annes nur soviyanti (A44110062) (21:08:59) :

Selamat malam. Mohon maaf saya terlambat mengumpulkan tugas.
Nama : Annes Nur Soviyanti
NRP : A44110062

1. Apakah yang dimaksud dengan manajemen proyek?
Manajemen memiliki prinsip-prinsip yaitu Organaizing (Pembuatan jadwal/schedule), Planning (Perencanaan yang terstruktur), Actuating (Implementasi yang efektif dan efisien), dan Controling (Pengawasan yang menyeluruh). Dari prinsip-prinsip di atas, jika dihubungkan dengan suatu proyek akan menghasilkan suatu kegiatan proyek yang dilakukan dengan cara yang efektif dan efisien terkait dengan penggunaan sumberdaya alam, sumber daya manusia dan waktu. Untuk itu manajemen proyek perlu dilakukan untuk mencapai hasil yang optimal.
2. Apa manfaat MS. Project?
Fungsi dari Microsoft Project adalah sebagai tools atau alat bantu yang mempermudah melakukan rencana kegiatan dalam manajemen proyek. Dengan adanya MS project dapat dengan mudah membuat analisis pekerjaan mana yang dianggap paling krusial sehingga memudahkan dalam pelaksanaan dan pengawasan dalam proses pengerjaan suatu proyek.

9 12 2014
shara zen A44110031 (22:02:34) :

1. manajemen proyek merupakan suatu penerapan fungsi manajemen seperti fungsi merencanakan, mengorganisasi, memimpin, dan mengendalikan, dalam penggunaan sumber daya yang efektif dan efisien untuk hasil yang optimal.
2. manfaan dari manajemen proyek diantaranya :
a. untuk memahami tujuan dari suatu proyek,
b. menjadi lebih terorganisasi dalam menjalankan suatu proyek
c. efisien dan efektif
d. meminimalkan biaya
e. responsif terhadap masalah yang terjadi dalam proyek
f. meminimalkan kegagalan
g. cepat dalam menyelesaikan suatu proyek.

9 12 2014
FAJAR RAHMA FARIDA (A44110046) (23:00:02) :

Manajemen proyek merupakan proses perencanaan, pengaturan, kepemimpinan, dan pengendalian dari suatu proyek yang dilakukan oleh anggotanya dengan mengoptimalkan dalam pemanfaatan sumber daya untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan.

Fungsi dasar manajemen proyek terdiri dari pengelolaan-pengelolaan lingkup kerja, waktu, biaya, dan mutu. Pengelolaan aspek-aspek tersebut dengan benar merupakan kunci keberhasilan dalam penyelenggaraan suatu proyek.

Dengan adanya manajemen proyek maka akan terlihat batasan mengenai tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari pihak-pihak yang terlibat dalam proyek baik langsung maupun tidak langsung, sehingga tidak akan terjadi adanya tugas dan tangung jawab yang dilakukan secara bersamaan (overlapping).

Apabila fungsi-fungsi manajemen proyek dapat direalisasikan dengan jelas dan terstruktur, maka tujuan akhir dari sebuah proyek akan mudah terwujud, yaitu:
1.Tepat Waktu
2.Tepat Kuantitas
3.Tepat Kualitas
4.Tepat Biaya sesuai dengan biaya rencana
5.Tidak adanya permasalahan sosial dengan masyarakat sekitar
6.Tercapainya K3 dengan baik

Pelaksanaan proyek memerlukan koordinasi dan kerjasama antar organisasi secara solid dan terstruktur. Dan hal inilah yang menjadi kunci pokok agar tujuan akhir proyek dapat selesai sesuai dengan jadwal yang telah direncanakan.

9 12 2014
Hamzah Dhiyaul Islam (A44110003) (23:44:54) :

1. Manajemen Proyek merupakan suatu proses pengendalian sumberdaya serta waktu yang ada pada suatu proyek kerja agar tercapai tujuan kerja dengan penggunaan waktu dan sumberdaya secara efisien. Proses manajemen proyek sangat penting dilakukan agar suatu proyek dapat berjalan lancar dan terencana

2. MS. Project merupakan suatu software yang digunakan untuk membantu melakukan perencanaan pekerjaan suatu proyek menggunakan fungsi-fungsi manajemen sehingga gambaran kerja suatu proyek dapat disajikan secara jelas serta profesional

10 12 2014
WAWARDAH ISMAH (A44110030) (01:53:52) :

Wawardah Ismah (A44110030)

Manajemen proyek adalah suatu proses dalam fungsi merencanakan, memimpin, mengorganisir, dan mengendalikan kegiatan proyek yang seringkali berkaitan dengan bidang disiplin ilmu lain seperti arsitektur, enginnering, keuangan dan lain-lain sehingga dapat menghadapi dan mengakomodir kegiatan proyek dengan terstruktur.

Manfaat MS Project adalah
1. Memudahkan dalam mengorganisasikan suatu proyek
2. Terstruktur sehingga memudahka dalam pelaksanaan proyek
3. Mudah saat melakukan evaluasi proyek
4. Penggunaan sumberdaya proyek lebih efisien
5. Kegagalan proyek dapat diminimalisir
6. Informasi status proyek lebih akurat
7. Pemahaman yang lebih baik terhadap tujuan dan keseluruhan proyek
8. Komunikasi lebih baik
9. Biaya proyek lebih murah

10 12 2014
M.fadhillah Asyari (A44100076) (02:32:57) :

Nama: M.Fadhillah Asya`ri
Nrp: A44100076
Tugas: Manajemen Proyek

Manajemen proyek didefinisikan sebagai proses dari perencanaan, pengaturan, kepemimpinan, dan pengendalian dari suatu proyek oleh para anggotanya dan stekeholder dengan memanfaatkan sumber daya seoptimal mungkin untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan dengan menentukan: kerja, waktu, biaya dan mutu. Dengan adanya manajemen proyek maka akan terlihat batasan mengenai tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari pihak-pihak yang terlibat dalam proyek baik langsung maupun tidak langsung, sehingga tidak akan terjadi adanya tugas dan tangung jawab yang dilakukan secara bersamaan (overlapping).
Manfaat dari manajemen proyek
Dilihat dari fungsi manajemen proyek, manfaat manajemen proyek adalah sebagai berikut :
Planning
Dalam aspek perencanaan sebuah proyek, manajemen proyek membantu dalam proses pengelolaan proyek secara objektif, membantu untuk menentukan tujuan dan strategi dari proyek. Manajemen proyek membantu dalam penyusunan struktur dan diagram dalam proses pengerjaan/ aktivitas proyek secara terhubung satu sama lain dan membantu untuk menentukan time-schedule proyek.
Organizing
Manajemen proyek membantu mengorganisir tim dalam penentuan tata kerja, peraturan, prosedur dan teknik kerja dan membantu meningkatkan respontabilitas serta akuntabilitas tim
Motivation
Manajemen proyek bermanfaat untuk memotivasi tim dalam melaksanakan proyek dan dapat mendorong tim untuk melakukan yang terbaik sehingga produktivitas tim meningkat.
Directing
Manajemen proyek bermanfaat untuk pengaturan batas pengambilan keputusan dari proyek. Membantu meningkatkan kemampuan interpersonal tim dan membantu membuat keputusan dalam hal teknis pada sebuah proyek tim
Control
Manajemen proyek bermanfaat untuk mengontrol biaya, jadwal, dan aktivitas-aktivitas teknis dalam proyek. Manajemen proyek juga digunakan dalam proses evaluasi di akhir proyek dan mengevaluasi progress dari proyek yang sedang dilaksanakan.

Microsoft Project adalah software yang digunakan untuk membuat schedule pengerjaan proyek berdasar data dari RAB dan gambar kerja.

10 12 2014
m.bagus sc (a44110040) (02:35:14) :

Definisi Manajemen Proyek
Manajemen Proyek merupakan aktivitas dalam menyelesaikan sebuah proyek yang dikerjakan dan diselesaikan oleh anggota tim dan stakeholders guna menentukan jadwal proyek, biaya, hingga teknis pelaksanaan proyek secara objektif.
Manfaat dari manajemen proyek
berdasarkan fungsi manajemen proyek :
Planning
membantu dalam proses pengelolaan proyek secara objektif, membantu untuk menentukan tujuan dan strategi dari proyek. Manajemen proyek membantu dalam penyusunan struktur dan diagram dalam proses pengerjaan/ aktivitas proyek secara terhubung dan membantu untuk menentukan time-schedule proyek.
Organizing
membantu mengorganisir tim dalam penentuan tata kerja, peraturan, prosedur dan teknik kerja dan membantu meningkatkan respontabilitas serta akuntabilitas tim
Motivation
membantu memotivasi tim dalam melaksanakan proyek dan dapat mendorong tim untuk melakukan yang terbaik sehingga produktivitas tim meningkat.
Directing
membantu pengaturan batas pengambilan keputusan dari proyek. Membantu meningkatkan kemampuan interpersonal tim dan membantu membuat keputusan dalam hal teknis pada sebuah proyek tim
Control
membantu mengontrol biaya, jadwal, dan aktivitas-aktivitas teknis dalam proyek. Manajemen proyek juga digunakan dalam proses evaluasi di akhir proyek dan mengevaluasi progress dari proyek yang sedang dilaksanakan.

Ms project adalah aplikasi peng schedulan suatu pekerjaan/aktivitas, dalam suatu pengerjaan

10 12 2014
m.bagus sc (a44110040) (02:35:47) :

G

10 12 2014
syaif habi - a44110072 (02:41:59) :

Manajemen proyek dapat didefinisikan sebagai suatu proses dari perencanaan, pengaturan, kepemimpinan, dan pengendalian dari suatu proyek oleh para anggotanya dengan memanfaatkan sumber daya seoptimal mungkin untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan. Fungsi dasar manajemen proyek terdiri dari pengelolaan-pengelolaan lingkup kerja, waktu, biaya, dan mutu. Pengelolaan aspek-aspek tersebut dengan benar merupakan kunci keberhasilan dalam penyelenggaraan suatu proyek.

Dengan adanya manajemen proyek maka akan terlihat batasan mengenai tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari pihak-pihak yang terlibat dalam proyek baik langsung maupun tidak langsung, sehingga tidak akan terjadi adanya tugas dan tangung jawab yang dilakukan secara bersamaan (overlapping).

Apabila fungsi-fungsi manajemen proyek dapat direalisasikan dengan jelas dan terstruktur, maka tujuan akhir dari sebuah proyek akan mudah terwujud, yaitu:

Tepat Waktu
Tepat Kuantitas
Tepat Kualitas
Tepat Biaya sesuai dengan biaya rencana
Tidak adanya gejolak sosial dengan masyarakat sekitar
Tercapainya K3 dengan baik

Ms project adalah software ber bayar dari microsoft office sebagai pengschadulan pekerjaan

10 12 2014
syaif habi - a44110072 (02:42:39) :

Nama: M.Fadhillah Asya`ri
Nrp: A44100076
Tugas: Manajemen Proyek

Manajemen proyek didefinisikan sebagai proses dari perencanaan, pengaturan, kepemimpinan, dan pengendalian dari suatu proyek oleh para anggotanya dan stekeholder dengan memanfaatkan sumber daya seoptimal mungkin untuk mencapai sasaran yang telah ditentukan dengan menentukan: kerja, waktu, biaya dan mutu. Dengan adanya manajemen proyek maka akan terlihat batasan mengenai tugas, wewenang, dan tanggung jawab dari pihak-pihak yang terlibat dalam proyek baik langsung maupun tidak langsung, sehingga tidak akan terjadi adanya tugas dan tangung jawab yang dilakukan secara bersamaan (overlapping).
Manfaat dari manajemen proyek
Dilihat dari fungsi manajemen proyek, manfaat manajemen proyek adalah sebagai berikut :
Planning
Dalam aspek perencanaan sebuah proyek, manajemen proyek membantu dalam proses pengelolaan proyek secara objektif, membantu untuk menentukan tujuan dan strategi dari proyek. Manajemen proyek membantu dalam penyusunan struktur dan diagram dalam proses pengerjaan/ aktivitas proyek secara terhubung satu sama lain dan membantu untuk menentukan time-schedule proyek.
Organizing
Manajemen proyek membantu mengorganisir tim dalam penentuan tata kerja, peraturan, prosedur dan teknik kerja dan membantu meningkatkan respontabilitas serta akuntabilitas tim
Motivation
Manajemen proyek bermanfaat untuk memotivasi tim dalam melaksanakan proyek dan dapat mendorong tim untuk melakukan yang terbaik sehingga produktivitas tim meningkat.
Directing
Manajemen proyek bermanfaat untuk pengaturan batas pengambilan keputusan dari proyek. Membantu meningkatkan kemampuan interpersonal tim dan membantu membuat keputusan dalam hal teknis pada sebuah proyek tim
Control
Manajemen proyek bermanfaat untuk mengontrol biaya, jadwal, dan aktivitas-aktivitas teknis dalam proyek. Manajemen proyek juga digunakan dalam proses evaluasi di akhir proyek dan mengevaluasi progress dari proyek yang sedang dilaksanakan.

Microsoft Project adalah software yang digunakan untuk membuat schedule pengerjaan proyek berdasar data dari RAB dan gambar kerja.

10 12 2014
vivifitriyanti (05:09:25) :

Manajemen proyek merupakan proses yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, hingga pengontrolan/pengendalian sumber daya suatu proyek. Manajemen proyek perlu disusun dengan cermat agar setiap tahapan proyek berjalan efektif dan efisien untuk menghasilkan output proyek yang diinginkan. Microsoft project adalah salah satu aplikasi yang membantu menyusun keempat proses berkesinambungan dari perencanaan hingga pengendalian proyek. Beberapa fungsi dari ms.project adalah membantu menyusun jadwal pelakasanaan proyek, menghitung anggaran biaya, dan melihat titik kritis dari suatu proyek sehingga dapat menghindari resiko keterlambatan penyelesaian proyek.

10 12 2014
Alam Setia Rahman (06:20:38) :

1. Manajemen proyek merupakan sebuah sistem yang memiliki nilai “seni” dalam merencanakan, mengendalikan, melaksanakan, dan mengorganisasi kegiatan-kegiatan yang dibatasi oleh waktu dan sumber daya sehingga dapat mencapai tujuan seoptimal mungkin. Sistem dalam manajemen proyek memiliki keunikan karena implementasi sistem tersebut hanya dilakukan dalam satu kali untuk memanfaatkan sumber daya supaya dapat mencapai tujuan dengan waktu yang telah ditentukan. Dalam bidang arsitektur lanskap manajemen proyek diimplementasikan dalam proyek konstruksi untuk menghasilkan output berupa infrastruktur dengan penerapan salah satu fungsi berupa pengendalian proyek. Pengendalian proyek dapat dilakukan dengan perencanaan waktu, kegiatan, dan sumber daya melalui aplikasi sistem software seperti Gantt Table, PERT, dan CPM. Keuntungan utama implementasi manajemen dalam proyek yakni adanya penggunaan sumber daya dan waktu yang efektif dan efisien dalam proyek dengan proses komunikasi yang baik sehingga akurasi untuk mencapai tujuan dapat tercapai.
2. Manfaat dari MS Project dalam implementasi manajemen dalam proyek, diantaranya: a) penjadawalan waktu proyek lebih efektif dan efisien, karena adanya pengalokasian waktu yang dibutuhkan untuk setiap proses kegiatan proyek dan kebutuhan sumber daya lebih teratur, b) rekayasa waktu dalam proyek untuk menyusun jadwal kegiatan yang tepat sehingga memudahkan untuk pelaksanaan dalam waktu yang cepat, c) adanya kemudahan untuk memperkirakan waktu proyek yang tepat sehingga dapat dilakukan modifikasi terkait dengan rescheduling apabila implementasi proyek terlambat.

10 12 2014
corneola cocita (08:10:53) :

Manajemen proyek adalah sebuah sistem untuk merencanakan, mengendalikan, melaksanakan, dan mengelola jenis-jenis kegiatan proyek dalam waktu tertentu sehingga bias mencapai hasil yabg efektif, efisien dan . dalam manajemen proyek terdapat durasi waktu yg telah ditetapkan dari awal proyek hingga akhir proyek, dan ini hanya berlaku satu kali.
Manfaat dari menejemen proyek adalah dapat memahami keseluruhan tujuan dengan pemahaman yang baik sehingga lebih terorganisir dan Informasi status proyek lebih akurat. Manajemen proyek membuat penyelesaian proyek jadi lebih cepat dan resiko kegagalan lebih sedikit.

10 12 2014
Surya Prihadi (19:41:22) :

Selamat malam pak kaswanto,
Menurut saya, ketika kita berbicara mengenai manajemen proyek atau manajemen,akan berkaitan dengan kesistematisan. Sistematis di sini adalah bentuk usaha untuk mencapai suatu tujuan proyek. maka dalam sebuah manajemen akan adanya proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordiansian, dan pengontrolan. Manajemen proyek sendiri berarti merupakan suatu cara untuk menyelesaikan pekerjaan atau proyek yang efektif dan efisien.
manajemen proyek ini sangat berperan penting terhadap pelaksanaan suatu proyek, dari awal persiapan proyek hingga proyek selesai.

Kemudian mengenai manfaat MS Project sendiri, saya belum bisa merasakannya karena belum pernah menggunakan. Akan tetapi, dilihat dari tools atau fugsinya, MS Project ini bisa digunakan sebagai alat manajemen waktu, terutama dalam penyelesaian suatu proyek. MS Project bisa digunakan sebagai timeline dalam mengerjakan sebuah pekerjaan atau proyek.

Sekian. Terima kasih.

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>