Manajemen Jasa Lanskap MG II

28 02 2017

 

Manajemen Jasa Lanskap MG II

Manajemen Jasa Lanskap MG II dengan topik Management Plan & Jenis-jenis Jasa Lanskap.

Capaian Pembelajaran Minggu II

Mahasiswa mampu menyusun Rencana Pengelolaan (Management Plan) dan mampu menjelaskan jenis-jenis Jasa Lanskap dalam kaitannya dengan perspektif ekologi lanskap yang berkelanjutan.

 

Proses Manajemen

  1. Penetapan tujuan manajemen
  2. Penyusunan rencana operasional manajemen
  3. Pelaksanaan pekerjaan manajemen
  4. Pemantauan pekerjaan manajemen, evaluasi, dan penyusunan perencanaan pengelolaan kembali (re-design) jika diperlukan.

 

Rencana Pengelolaan

  1. Organisasi hirarki
  2. Kebutuhan SDM
  3. Spesifikasi alat dan bahan
  4. Jadwal
  5. Kebutuhan anggaran biaya
  6. Metoda kerja

 

JasLing vs JE vs Jasa Lanskap

Jasa Lingkungan (Environmental Services)
Jasa Ekosistem (Ecosystem Services)
Jasa Lanskap (Landscape Services)

‘‘natural capital’’ (Haines-Young 2000; Chiesura and De Groot 2003; Blaschke 2006)

‘‘green services’’ (Ojeda et al. 2008; Rogge et al. 2007)

 

Karakter Jasa Lanskap

  1. Landscape services better associate with pattern–process relationships,
  2. Landscape services better unify scientific disciplines, and
  3. Landscape services are more relevant and legitimate to local practitioners.

 

MATERI MINGGU II

MG II MANAJEMEN JASA LANSKAP

 

TUGAS RESENSI

  1. Manakah skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan dan Jasa Lanskap! Pilihlah A, B atau C?
  2. Berikan argumentasi atas keputusan  Anda.

Jawaban ditulis pada blog kaswanto.staff.ipb.ac.id  paling lambat sebelum perkuliahan minggu depan dimulai.

 

Materi Minggu I

 

Detail here:

https://www.researchgate.net/publication/225989276_Landscape_services_as_a_bridge_between_landscape_ecology_and_sustainable_development

https://link.springer.com/article/10.1007/s10980-008-9314-8



Actions

Informations

124 responses to “Manajemen Jasa Lanskap MG II”

1 03 2017
Urfa Adzkia (A44140070) (05:38:47) :

1. Menurut saya skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah C
2. Alasan saya memilih skema C, karena tiga jasa tersebut sebenarnya merupakan hal yang saling berhubungan satu sama lain. Hanya dibedakan dari luas ruang lingkupnya, ekosistem merupakan sistem ekologis antara makhluk hidup dan lingkungannya , sedangkan untuk lingkungan yg mencakup kondisi fisik yang saling terkait di sekitar manusia, dan lanskap merupakan jasa yang lebih baik untuk berasosiasi dengan pola yang menghubungkan lanskap tersebut dengan manusia.

1 03 2017
Utari Septi Aulia (A44140024 (05:41:17) :

Maaf pak, saya lupa menggantikan namanya
1. Menurut saya skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah C
2. Alasan saya memilih skema C, karena tiga jasa tersebut sebenarnya merupakan hal yang saling berhubungan satu sama lain. Hanya dibedakan dari luas ruang lingkupnya, ekosistem merupakan sistem ekologis antara makhluk hidup dan lingkungannya , sedangkan untuk lingkungan yg mencakup kondisi fisik yang saling terkait di sekitar manusia, dan lanskap merupakan jasa yang lebih baik untuk berasosiasi dengan pola yang menghubungkan lanskap tersebut dengan manusia.

1 03 2017
aldi ahmad (A44140010) (21:18:32) :

1.menurut saya, hubungan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah yang C
2. Alasannya karena terlihat jelas dari pengertian dari tiap aspeknya. ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara biotik dan abiotik yang saling mempengaruhi. lingkungan adalah suatu area yang meliputi seluruh sumberdayanya, termasuk didalamnya biotik, abiotik, dan energi, yang digunakan sebagai tempat tinggal makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupannya di masa sekarang dan akan datang. dan lanskap adalah suatu bentang alam yang terlihat sepanjang mata memandang yang didalamnya terkandung berbagai jenis lingkungan serta kehidupan yang berlangsung didalamnya yang mempengaruhi kondisi lingkungan tersebut. dari pengertian tersebut terlihat adanya perbedaan jenis jasa lanskap yang terkait. perbedaan tersebut terlihat dari luasnya cakupan jasa yang disediakan. jasa ekosistem melibatkan penyediaan layanan mengenai hubungan biotik dan abiotik dalam suatu tapak, misalnya jasa ekosistem sawah menangani permasalahan yang melibatkan hubungan biotik(padi, siput, dsb) dan abiotik( air, tanah,dsb) yang saling mempengaruhi dalam ekosistem sawah. jasa lingkungan menangani layanan suatu masalah lingkungan, seperti jasa lingkungan pedesaan yang meliputi manusia, hewan, dan tumbuhan serta faktor abiotik, juga memerhatikan pergerakan perubahan desa dengan seksama, dan jasa lanskap sendiri menangani masalah yang berkaitan dengan lanskap secara kompleks, seperti lanskap perkotaan yang meliputi hubungan makhluk hidup dengan faktor abiotik, proses perpindahan energi yang didalamnya, dan kondisi tiap sudut kota secara keseluruhan. dengan kata lain, jasa lanskap lebih besar cakupannya daripada jasa lingkungan dan jasa lingkungan lebih besar daripada jasa ekosistem, serta jasa ekosistem merupakan jasa yang cakupannya paling sedikit.
—end—

2 03 2017
Elma Syifa Zachrani (A44140018) (01:27:47) :

1. Menurut saya, skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema “C”.
2. Karena berdasarkan skema lingkaran di dalam lingkaran dan letak lingkaran tersebut, jasa lanskap merupakan jasa atau komponen yang bermanfaat bagi lingkungan tidak hanya dalam segi ekosistem dan lingkungan, namun dalam hal aspek lainnya seperti aspek sosial. Kemudian didalam jasa lanskap terdapat jasa lingkungan yang membahas hubungan-hubungan jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem. Dapat dikatakan bahwa jasa lingkungan tidak hanya membahas satu jasa ekosistem saja, namun terdapat banyak ekosistem didalamnya. Selanjutnya, jasa ekosistem merupakan istilah yang pertama kali dipakai untuk membahas mengenai jasa untuk kepentingan ekologi sebelum mengenal adanya jasa lingkungan dan pandangan yang lebih luas seperti jasa lanskap.

2 03 2017
Zipora Kristiani A44140060 (08:44:10) :

1. Menurut saya skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema B

2. Alasan saya memilih skema B, karena jasa ekosistem dan jasa lingkungan tercakup dalam jasa lanskap dan ketiganya memiliki hubungan satu sama lain. Ruang lingkup dari jasa lanskap sendiri tentunya lebih luas dari jasa lingkungan dan jasa ekosistem

2 03 2017
Aditya Pradana (A44140072) (14:07:14) :

1. Menurut saya skema C yang sangat jelas untuk menggambarkan pebedaan tsb.

2. Alasan saya memilih skema C. karna jasa lingkungan, jasa ekosistem dan jasa lanskap tsb sangatlah saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Namun pada ruang lingkupnya sangatlah berbeda. Jika jasa lingkungan dengan ruangnya adalah lingkungan, jasa ekosistem dengan ruang ekosistemnya, sedangkan lanskap dengan ruang lanskapnya yang luas yg dimana ruang lingkup lanskap itu bisa dengan hubungan antara manusia dengan lanskapnya. Jadi, jasa lanskap itu gede bgt.

2 03 2017
Febya Mutiara Edison (A44140042) (18:12:59) :

1. menurut saya skema yang sesuai untuk menggambarkan hubungan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap adalah skema “C”.
2. alasan saya memilih skema C karena dalam sebuah jasa lanskap terdapat jasa lingkungan dan sedangkan dalam jasa lingkungan terdapat jasa ekosistem. semua jasa lanskap tersebut saling berhubungan satu dengan yang lainnya, di dalam jasa ekosistem adanya hubungan antara biotik dan abiotiknya sedangkan jasa lingkungan terdapat hubungan antara sumberdaya yang ada pada lingkungan tersebut dan jasa lanskap merupakan hubungan semua jasa ekosistem dan jasa lingkungan yang berbentuk seluruh bentangan alam.

2 03 2017
Taufik Septiyan Maulana (A44140014) (18:24:10) :

1. Menurut pendapat saya, skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa lanskap, jasa ekosistem, dan jasa lingkungan adalah skema C.

2. Alasannya saya memilih skema C, karena secara hierarki definisi dari yang tertinggi adalah lanskap, ekosistem, dan terakhir lingkungan. Selain itu, jasa lanskap memiliki karakter yang tidak dimiliki oleh jasa lainnya diantaranya:
A).Karakter pertama jasa lanskap adalah jasa lanskap lebih baik dalam mengaitkan hubungan pola-proses. Jasa ekosistem dan jasa lingkungan tidak menghubungkannya secara spesifik.
B). Jasa lanskap lebih baik dalam menyatukan berbagai disiplin ilmu. Jasa ekosistem hanya terfokus pada elemen biotik dan abiotik, sementara jasa lingkungan memiliki cakupan yang lebih kecil.
C). Jasa lanskap lebih relevan dan memiliki legitimasi untuk pelaksaan secara lokal.

Uraian diatas merupakan argumen saya terkait pertanyaan nomer satu.
-Terimakasih-

2 03 2017
Syarifah Rizqi Ramadhani (A44140057) (18:34:58) :

1. Menurut saya, skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah skema C, yaitu Jasa Ekosistem merupakan bagian dari Jasa Lingkungan dan Jasa Lingkungan merupakan bagian dari Jasa Lanskap.

2.Argumen:
Jasa Ekosistem merupakan aliran manfaat yang dihasilkan dari hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungannya di suatu kawasan tertentu.
Jasa tersebut dapat memiliki:
-nilai guna langsung (seperti kayu untuk bahan kostruksi, ranting kering untuk kayu bakar, oksigen untuk bernapas, pemandangan, dan hal-hal utama yang kita perlukan untuk hidup),
-nilai guna tidak langsung (seperti akar pohon yang dapat melindungi sempadan sungai, melindungi air tanah, dll),
-nilai eksistensi (seperti budaya sebagai tradisi turun temurun yang dapat menandakan kepemilikan,dsb).

Sedangkan Jasa Lingkungan mencakup Jasa Ekosistem itu sendiri untuk menjaga dan meningkatkan kualitas lingkungan serta kualitas hidup masyarakat guna mewujudkan lingkungan yang sustainable. Maka cakupannya sedikit lebih luas dari ekosistem.

Yang terakhir, tentunya Jasa Lingkungan merupakan bagian dari Jasa Lanskap.
Dalam Jasa Lanskap, setiap aspek/fungsi saling terkait dan memiliki nilai yang dilihat sebagai aset pada kawasan tersebut. Sebagai suatu aset, tentunya hal tersebut diasuransikan sehingga jika aset tersebut harus diubah/dipindahkan, nilai dan fungsi yang terkandung di dalamnya harus di ganti dengan nilai/fungsi yang sama atau lebih.
Aset-aset tersebut dapat dihitung nilainya seperti tanaman sebagai carbon stock, pengsupply oksigen, pelindung tata air, pengendali erosi dan banjir, peneduh, estetika, kawasan cagar budaya (sejarah), dan masih banyak lagi. Sehingga, dapat dikatakan bahwa pada Jasa Lanskap tidak hanya mencakup ekosistem, lingkungan, budaya, tetapi juga ekonomi dengan tujuan mewujudkan keberlanjutan lanskap.

2 03 2017
Allya Akmelina (A44140006) (18:36:56) :

1. Menurut saya skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema “C”.
2. Alasan saya memilih skema tersebut adalah karena ketiga jasa tersebut memiliki keterhubungan yang signifikan, yaitu dimulai dari jasa ekosistem yang berbentuk seperti inti penyusun jasa lainnya, yang didalamnya membahas mengenai sistem hubungan antara biotik dan abiotiknya. Kemudian dilanjutklan dengan jasa lingkungan yang membahas bukan hanya satu ekosistem saja, melainkan banyak ekosistem yang membentuk lingkungan tersebut. Dan yang terakhir adalah jasa lanskap yang didalamnya membahas mengenai bentangan alam yang tersusun dari lingkungan beserta ekosistemnya. Pada jasa lanskap yang tergambar sebagai lingkaran terluar atau terbesar, didalamnya membahas selain mengenai hal diatas, namun juga dapat membahas nilai sejarah, budaya, dan nilai sosial pada suatu bentang alam yang pada dasarnya belum bisa diidentifikasi pada jasa lingkungan dan jasa ekosistem.

2 03 2017
Irfan Aufar Azmi (A44140084) (18:41:52) :

1. Menurut saya skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan dan Jasa Lanskap adalah skema C.

2. Alasan saya memilih skema C karena jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap memiliki hubungan satu sama lain. namun dalam ruang lingkupnya berbeda, yang membedakannya adalah kalau jasa ekosistem mencakup makhluk hidup dengan lingkungan sekitar, jasa lingkungan mencakup bagian fisik-fisik yang ada di sekitar, sedangkan jasa lanskap mencakup keseluruhan baik aspek biotik dan abiotic.

2 03 2017
Ida Bagus Manu B. (A44140015) (18:56:08) :

1. Menurut saya skema yang sesuai dengan untuk menjelaskan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap adalah B

2. Alasan saya memilih skema B adalah karena lanskap itu seluas mata memandang. Pada suatu lanskap terdapat beberapa ekosistem dengan lingkungan di sekitarnya. seperti lanskap pegunungan terdapat ekosistem hutan yang terdapat keterhubungan antara biota hutan dan lingkungan abiotiknya.

2 03 2017
Rahmi Maulina (A44140017) (19:00:01) :

1. Menurut pendapat saya, skema yang tepat adalah nomor 3.

2. Alasan saya memilih skema nomor 3 karena mengacu pada penjelasan tiap aspek jasa lanskap yang bersangkutan. Jasa ekosistem membahas mengenai hubungan timbal balik antara biotik dan abiotik yang ada di dalamnya. Kedua, jasa lingkungan merupakan upaya pemanfaatan potensi jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem dengan tidak merusak dan tidak mengurangi fungsi pokok ekosistem tersebut. Dengan demikian, jasa lingkungan adalah produk sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya. Sedangkan jasa lanskap terdiri dari beberapa jasa ekosistem dan jasa lingkungan yang ada di dalamnya. Dan skema nomor 3 adalah skema yang paling tepat untuk menggambarkan hubungan diantara ketiga jasa tersebut.

2 03 2017
Salamah Farida (19:12:54) :

1. Menurut saya skema yang sesuai utuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanakap adalah skema C.

2. Alasan saya memilih skema tersebut karena: 1) Definisi ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya yang berarti bahwa lingkungan lebih besar daripada ekosistem. 2) Definisi lanskap adalah bentang alam merujuk pada susunan daerah tanah dan representasi visualnya, khususnya seperti yang digambarkan dalam lukisan. Dalam hal fisik, istilah lanskap menyatakan penafsiran visual atas susunan tanah, karena ini adalah cara utama di mana lanskap dirasakan. Di atas lanskap seluruh mahluk hidup dan skema alam berlangsung. Hal ini berarti lanskap adalah elemen terbesar yang memuat lingkungan dan ekosistem di dalamnya.

2 03 2017
Insan Fahmi (A44140073) (19:15:29) :

1. Menurut Saya skema yang menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah opsi C.

2. Menurut Saya skema C adalah benar karena suatu lanskap terdiri dari komponen beberapa lingkungan yang dilibatkan nilai dan budaya sekelompok manusia di dalamnya. jasa yang dihasilkan suatu lanskap lebih kompleks selain jasa lingkungan yang disediakan juga disediakan jasa hasil interaksi budayanya seperti kegiatan keagamaan, ritual suatu suku, yang dapat dinikmati. sedangkan yang dihasilkan dari jasa lingkungan hanya sekadar interaksi antar ekosistem seperti ekosistem sawah dan ekosistem hutan yang dapat menghasilkan jasa seperti agroforestry. sedangkan jasa ekosistem hanyalah berupa jasa yang dihasilkan interaksi antara biotik dan abiotik seperti kerbau yang membajak sawah yang biasa dimanfaatkan oleh petani.

2 03 2017
Anggia Sekar Nurulita / A44140077 (19:48:05) :

Manakah skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan dan Jasa Lanskap! Pilihlah A, B atau C?
Berikan argumentasi atas keputusan Anda.

1. Menurut saya skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap adalah skema C

2. Alasan saya memilih skema C karena ekosistem, lingkungan dan lanskap memiliki ruang lingkup yang berbeda dimana dalam hal ini ruang lingkup lanskap memiliki ruang lingkup yang paling besar diikuti dengan ruang lingkup ekosistem dan ruang lingkup lingkungan. Perbedaan jasa-jasa tersebut dikaji terhadap ruang lingkupnya dan setiap ruang lingkup tersebut saling mempengaruhi sesuai dengan strata masing-masing. Sebagai contoh, dalam mengkaji masalah lanskap maka perlu juga dikaji masalah ekosistem dan lingkungan di dalamnya agar dapat menghasilkan solusi yang tepat.

2 03 2017
sucia lestari dewi (A44140019) (19:58:41) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap yaitu skema C

2. Saya memilih skema C karena dari skema tersebut dapat dilihat dari segi cakupannya, bahwa jasa lanskap lebih luas cakupannya dibandingkan jasa ekosistem dan Jasa lingkungan. Jika jasa lanskap teepenuhi maka jasa lingkungan dan jasa ekosistem akan terpenuhi. Karena lingkungan dan ekosistem merupakan bagian dari lanskap. Namun jika jasa ekosistem dan lingkungan terpenuhi, maka otomatis lanskap pun akan memberikan jasa kepada lingkungan sekitarnya.

2 03 2017
APRILIA RIZKY S.(A44140023) (20:00:02) :

1. Menurut saya, skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan dan Jasa Lanskap adalah skema C
2. Alasan saya memilih skema C karena jika dilihat dari definisinya jasa ekosistem adalah aliran manfaat yang dihasilkan dari hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungannya di suatu kawasan tertentu. Sedangkan jasa lingkungan merupakan produk sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya yang berupa manfaat langsung dan/atau manfaat tidak langsung yang meliputi jasa wisata alam, jasa perlindungan tata air (hidrologi), kesuburan tanah, pengendalian erosi dan banjir, keindahan dan keunikan alam, penyerapan dan penyimpanan karbon. Ketika berbicara mengenai dua hal tersebut, jasa ekosistem dan jasa lingkungan tidak dapat menjelaskan mengenai hubungan dengan aspek sosial dan budaya. Jasa lanskap memiliki karakter lebih baik dalam berasosiasi dengan proses keterhubungan ketiga hal tersebut yaitu ekosistem, lingkungan, juga aspek sosial budayanya. Selain itu jasa lanskap juga lebih relevan, serta lebih baik dalam menyatukan berbagai disiplin ilmu.

2 03 2017
Evi Silviana Heryanti (20:08:08) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap menurut saya adalah skema C.
2. Alasan saya memilih skema tersebut adalah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa berdasarkan luas cakupannya, ekosistem berada pada cakupan yang paling kecil, kemudian lingkungan, dan yang paling luas adalah lanskap. Sehingga jasa dari suatu ekosistem tercakup ke dalam jasa lingkungan, dan pada akhirnya jasa lanskap mencakup kedua jasa tersebut. Menurut saya skema C tepat menjelaskan hal tersebut.

2 03 2017
Evi Silviana Heryanti (A44140002) (20:08:53) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap menurut saya adalah skema C.
2. Alasan saya memilih skema tersebut adalah seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa berdasarkan luas cakupannya, ekosistem berada pada cakupan yang paling kecil, kemudian lingkungan, dan yang paling luas adalah lanskap. Sehingga jasa dari suatu ekosistem tercakup ke dalam jasa lingkungan, dan pada akhirnya jasa lanskap mencakup kedua jasa tersebut. Menurut saya skema C tepat menjelaskan hal tersebut.

2 03 2017
Lupita Rachma (A44140033) (20:32:08) :

1. Menurut saya skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C.

2. Alasan saya memilih skema tersebut adalah karena ekosistem, lingkungan, dan lanskap memiliki saling keterkaitan yang tak dapat dipisahkan. Ekosistem merupakan sistem hubungan timbal balik antara komponen biotik dan abiotik. Dari banyak ekosistem yang ada akan membentuk sebuah lingkungan. Dari lingkungan yang terdapat keanekaragaman hayati, carbon stock, kenyamanan, sosial budaya, dan sejarah akan membentuk suatu lanskap. Jadi dapat dikatakan ekosistem bagian dari lingkungan, dan lingkungan adalah bagian dari lanskap. Kemudian yang disebut jasa ekosistem adalah proses ekologi atau komponen ekosistem yang memberikan aliran manfaat bagi masyarakat, dan pada proses penyediaannya bergantung pada proses dan fungsi ekosistem. Jasa lingkungan adalah jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alam dan buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh stakeholder dalam membantu dan/atau meningkakan kualitas lingkungan dan kehidupan masyarakat dalam mewujudkan pengelolaan ekosistem secara berkelanjutan. Jasa lanskap mencakup jasa lingkungan yang didalamnya terdapat jasa ekosistem dan jasa lingkungan, dikarenakan tiga karakter jasa lanskap yang memiliki cakupan lebih luas yaitu: 1) Lebih baik dalam mengaitkan hubungan pola-proses, b) Lebih baik dalam menggabungkan berbagai disiplin ilmu, c) Lebih relevan dan memiliki legitimasi dalam pelaksanaan secara lokal.

2 03 2017
Nadia Fatimah Azzahrah (A44140013) (21:03:23) :

1. Menurut saya skema yang membedakan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C

2. Alasan saya memilih skema C, karena menurut saya skema C itu menggambarkan keterhubungan dari ketiga jenis jasa yang ditawarkan oleh alam. Yang membedakannya adalah dari segi ruang lingkupnya. Bila diperdalam lagi, dapat diartikan bahwa jasa ekosistem merupakan jasa yang dapat diberikan oleh hubungan ekosistem antar makhluk hidup dari suatu lokasi, misalkan ekositem air, ekosistem rawa, dll. Lalu setelahnya terdapat jasa lingkungan, dimana jasa diberikan oleh suatu lingkungan tempat tersebut yang mencakup juga jasa ekosistem di dalamnya(seperti contoh jasa lingkungan yang diberikan oleh sebuah taman, yang mana didalamnya terdapat jasa ekosistem seperti ekosistem kolam,dll) . Dan yang terakhir ada jasa lanskap. Jasa ini diberikan oleh suatu lanskap dengan arti cakupan area yang sangat luas, dimana didalam lanskap tersebut terdapat jasa lingkungan dan juga jasa ekosistemnya. Jasa lanskap pun tak hanya dipandang dari jasa yang diberikan secara fisik, namun juga secara ekonomi, sosial, dan juga budaya dari lanskap tersebut. Contohnya adalah jasa lanskap dari suatu perdesaan. Dimana didalam jasa lanskap desa tersebut terdapat jasa lingkungan berupa keindahan alam, tata air,tanah, udara serta terdapat juga jasa ekosistemnya seperti jasa ekosistem dari sungai, hutan, dll.

2 03 2017
Marisa Ghasssani (21:58:04) :

1. Menurut pendapat saya, skema yang paling sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah skema C.
2. Alasan saya memilih skema C yaitu pada dasarnya ketiga jenis jasa tersebut merupakan sebuah sistem yang terintegrasi satu sama lain, namun memiliki tingkatan kompleksitas dan cakupan objek yang kecil hingga luas. Objek dari jasa ekosistem adalah ekosistem, dengan definisi yaitu struktur dari interelasi antara makhluk hidup (biotik) satu sama lain dan dengan benda tak hidup (abiotik). Interelasi ini adalah bagian dari skala yang lebih luas yaitu keadaaan sekitar atau ‘lingkungan’, yang terdiri atas tata tanah, tata air, dan tata udara. Hubungan ekosistem dan lingkungan akan membentuk kesatuan yang lebih besar yaitu lanskap. Jasa lanskap berpedoman kuat pada karakteristik spasial seperti konfigurasi dari ekosistem dan penggunaan lahan secara spasial, struktural, dan hubungan pattern-process. Selain itu pada jasa lanskap telah terdapat fitur-fitur yang tidak terdapat pada jasa ekosistem dan lingkungan, yaitu adanya emphasis pada aspek estetika, etnis, antropogenis, dan sosio-kultur. Berdasarkan kompleksitas tersebut maka skema C dapat menggambarkan jasa lanskap sebagai yang paling luas dan kompleks, yang didalamnya meliputi jasa lingkungan, lalu jasa ekosistem.

2 03 2017
SARAH AULIA SAHELNA A44140054 (22:00:54) :

1. menurut saya skema C lebih cocok menggambarkan keterhubungan antara jasa lanska, jasa lingkungan, dan jasa ekosistem
2. Pada skema C menggambarkanlingkaran didalam lingkaran adanya hubungan, perlindungan, dan dukungan. Jasa lanskap itu dapat terjadi karrna ada hubungan dandidukung oleh jasa lingkungan dan jasa ekosistem. Jasa lingkungan dapat terjadi karena ada dukunganekosistem dan juga dilindungi oleh jasa lingkungan. Sedangkan Jasa ekosistem itu dappat terjadi karena adanya hubungan dan lindungan dari jasa lingkungan dan jasa lanskap. Definisi jasa lingkungan adalah jasa yang disediakan oleh eksisting sebelumnya yang memiliki keterhubungan dengan jasa lingkungan dan jasa ekologi. Jasa lingkungan adalah sebagaijasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alam maupun buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka membantu memelihara dan/atau meningkatkan kualitaslingkungan dan kehidupan sebagaijasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alam maupun buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka membantu memelihara dan/atau meningkatkan kualitaslingkungan dan kehidupan. Jasa ekosistem adalah proses ekologi atau komponen ekosistem yang berpotensi memberikan aliran manfaat bagi masyarakat . Penyediaan jasa ekosistem tergantung pada status dan fungsi ekosistem. Untuk menilai itu, proses analisis dengan indikator yang tepat diperlukan.

2 03 2017
Marisa Ghassani (A44140059) (22:01:47) :

1. Menurut pendapat saya, skema yang paling sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah skema C.
2. Alasan saya memilih skema C yaitu pada dasarnya ketiga jenis jasa tersebut merupakan sebuah sistem yang terintegrasi satu sama lain, namun memiliki tingkatan kompleksitas dan cakupan objek yang kecil hingga luas. Objek dari jasa ekosistem adalah ekosistem, dengan definisi yaitu struktur dari interelasi antara makhluk hidup (biotik) satu sama lain dan dengan benda tak hidup (abiotik). Interelasi ini adalah bagian dari skala yang lebih luas yaitu keadaaan sekitar atau ‘lingkungan’, yang terdiri atas tata tanah, tata air, dan tata udara. Hubungan ekosistem dan lingkungan akan membentuk kesatuan yang lebih besar yaitu lanskap. Jasa lanskap berpedoman kuat pada karakteristik spasial seperti konfigurasi dari ekosistem dan penggunaan lahan secara spasial, struktural, dan hubungan pattern-process. Selain itu pada jasa lanskap telah terdapat fitur-fitur yang tidak terdapat pada jasa ekosistem dan lingkungan, yaitu adanya emphasis pada aspek estetika, etnis, antropogenis, dan sosio-kultur. Berdasarkan kompleksitas tersebut maka skema C dapat menggambarkan jasa lanskap sebagai yang paling luas dan kompleks, yang didalamnya meliputi jasa lingkungan, lalu jasa ekosistem.

2 03 2017
Novia Dilla P (A44140003) (22:33:45) :

1. Menurut pendapat saya, skema yang paling tepat untuk menjelaskan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C. Dimana pada skema ini menunujukkan hubungan ketiganya yang saling terkait dan tidak dapat dipisahkan.

2. Alasan saya memilih skema C adalah skema ini menunjukkan bahwa jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap memiliki cakupan lingkup jasa yang berbeda. Skema ini menjelaskan bahwa cakupan lingkup jasa ekositem < jasa lingkungan < jasa lanskap, namun ketiganya saling terkait. Jasa ekologi adalah jasa yg merupakan hasil hubungan timbal balik antara abiotik dan biotik. Jasa ekosistem ini hanya berada pada lingkup yg kecil. Sementara jasa lingkungan berada di lingkup yang lebih besar dari jasa ekosistem karena jasa ini merupakan hasil dari beberapa ekositem yang ada. Maka dari itu dalam skema C, jasa ekositem berada di dalam jasa lingkungan. Sementara itu jasa lanskap adalah jasa yg tidak hanya merupakan hubungan timbal balik dari unsur abiotik dan biotik, tetapi juga melihat nilai-nilai yg terkandung dalam tatanan lanskap tsb, serta budaya masyarakat yg ada. Sehingga apabila kita melakukan pengelolaan pada jasa lanskap kita secara tidak langsung mengelola jasa lingkungan dan juga jasa ekosistem. Dengan mempertimbangkan budaya, nilai-nilai yg terkait, dan juga aspek ekologinya maka jasa lanskaplah yang memiliki aspek yang paling luas dari jasa-jasa tersebut.

2 03 2017
Dewi Galuh S (A44140025) (22:44:01) :

1. Menurut saya, skema yang lebih sesuai untuk menjelaskan perbedaan antara Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah skema C.
2. Argumen saya kaitannya dengan skema C dapat dilihat jika dirunut oleh pengertian dari masing-masing jasa dan cakupannya. Jasa Ekosistem adalah meliputi proses ekologi atau sistem ekologi yang memiliki potensi memberikan manfaat utamanya bagi masyarakat. Penyediaan jasa ekosistem tergantung pada status dan fungsi ekosistem. Misalnya ekosistem hutan konservasi, maka jasa ekosistem yang dapat diberikan pada manusia adalah air bersih dari ekosistem itu. Sementara itu jasa lingkungan adalah jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alam maupun buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh masyarakat dan berguna untuk meningkatkan kualitas lingkungan. Dalam cakupannya, ekosistem berada di dalam lingkungan karena lingkungan adalah kumpulan dari berbagai ekosistem. Disisi lain, jasa lanskap adalah merupakan segala jasa yang diberikan oleh lanskap kepada manusia yang berada di dalam lanskap tersebut. Lanskap dalam konteks ini adalah segala bentang alam sejauh mata memandang, sejauh indera dapat menjangkau dan sejauh imajinasi dapat membayangkan. Maka dari itu jasa ekosistem dan jasa lingkungan tercakup dalam ruang lingkup jasa lanskap. Skema C menggambarkan cakupan dan ruang lingkup dari jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap. Ketiga jasa ini saling mempengaruhi karena masing-masing tidak dapat berdiri sendiri. Jasa ekosistem membentuk jasa lingkungan yang selanjutnya membentuk jasa lanskap. Jika satu dari jasa ini rusak, maka akan berpengaruh pada jasa yang lainnya.

2 03 2017
Annisa Farah A. (22:49:22) :

1. Pendapat saya skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah skema C.
2. Alasannya adalah karena skema C menggambarkan bahwa jasa lanskap mencakup jasa lingkungan dimana didalam jasa lingkungan terdapat jasa ekosistem didalamnya. Hal tersebut disebabkan karena pengertian jasa ekosistem sendiri adalah jasa yang diberikan oleh hubungan timbal balik antar afaktor abiotik dan biotik. Sedangkan jasa lingkungan mencakup jasa-jasa yang terdiri dari kumpulan ekosistem. Dan jasa Lanskap sendiri merupakan kumpulan jasa-jasa yang mencakup keseluruhan baik dari ekosistem dan lingkungan. Jadi dari hasil cakupan tersebut yang memiliki gambar yang tepat untuk menggambarkan perbedaan jasa-jasa tersebut adalah gambar C

2 03 2017
Nur Ainun Afifah Harahap (A44140009) (23:17:38) :

1. Menurut saya, skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa-jasa lanskap tersebut adalah skema C.
2. Jasa ekosistem adalah jasa yang diberikan oleh hubungan timbal balik antara biotik dan abiotik, sedangkan jasa lingkungan adalah jasa yang diberikan oleh lingkungan, dimana lingkungan tersebut merupakan gabungan dari ekosistem-ekosistem. Ini menunjukkan bahwa jasa ekosistem berada dalam cakupan jasa lingkungan. Jasa lanskap adalah jasa yang diberikan oleh lanskap sebagai hasil interaksi gabungan antara seluruh komponen yang ada pada lingkungan, baik makhluk hidup, maupun benda mati. Dalam suatu lanskap, terdapat berbagai macam lingkungan yang didalamnya merupakan gabungan-gabungan ekosistem. Ini menunjukkan bahwa jasa ekosistem serta jasa lingkungan berada pasa cakupan jasa lanskap. Hubungan jasa-jasa ini digambarkan pada skema C. Oleh karena itu, skema C adalah skema yang paling tepat untuk menggambarkan perbedaan jasa-jasa tersebut.

3 03 2017
URFA ADZKIA A44140070 (00:08:10) :

1. Menurut pendapat saya, skema yang sesuai untuk menunjukkan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C.

2. Pada skema C, Jasa lanskap berada di lingkaran paling luar karena memiliki cakupan yang paling luas dihasilkan dari hubungan antara manusia dan lingkunga juga dipengaruhi oleh aspek sosial, ekonomi, dan budaya. Jasa lanskap didalamnya melingkupi jasa lingkungan yang merupakan hasil dari hubungan keberagaman hayati dan suatu ekosistem. Dengan kata lain jasa ekosistem memiliki cakupan paling kecil karena hanya melihat hubungan timbal balik antara mahluk hidup dengan lingkungannya saja.

3 03 2017
Kannia Reffrizal Putri (A44140039) (00:10:22) :

1. Menurut saya skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem,Jasa Lingkungan dan jasa Lanskap adalah skema C
2. Menurut saya kenapa saya memilih skema C alasannya karena jika dilihat dari luas cakupan dan hubungan keterkaitan antar jasa-jasa tersebut. Dimana Jasa Ekologi merupakan jasa yang diberikan karena adanya hubungan timbal balik antara abiotik dan biotik dan cakupannya hanya di ekosistem tersebut. Jasa Lingkungan merupakan jasa yang mencakup di dalamnya terdapat kumpulan dari beberapa ekosistem yang ada di lingkungan tersebut dan memiliki hubungan antar ekosistemnya. Sedangkan Jasa Lanskap mencakup jasa ekosistem dan lingkungan yang ada di dalamnya. Sehingga dari ketiga jasa tersebut saling mempengaruhi dalam keberlanjutannya. Yang mana Jasa Lanskap akan terbentuk apabila di dalamnya terdapat Jasa lingkungan dan Jasa Ekosistem.

3 03 2017
Rofifah Aulia S (A44140080) (01:23:46) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan dan Jasa Lanskap menurut saya yaitu skema C.
2. Pada skema C, berdasarkan luas cakupannya Jasa Lanskap mencakup Jasa Ekosistem dan Jasa Lingkungan. Jasa Ekosistem merupakan jasa yang diberikan oleh hubungan suatu ekosistem yang terdiri dari komponen biotik dan abiotik. Jasa lingkungan merupakan jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem baik alam maupun buatan yang menghasilkan suatu manfaat dalam meningkatkan kualitas lingkungan itu sendiri. Sedangkan Jasa Lanskap merupakan suatu jasa yang mencakup Jasa Ekosistem dan Jasa Lingkungan yang saling melengkapi satu sama lain.

3 03 2017
Reza Istajib (A44140075) (02:26:59) :

1. Menurut saya, skema yang tepat untuk menunjukkan hubungan antara Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah pilihan C

2. Ekosistem merupakan hubungan timbal balik antara benda biotik dengan abiotik didalamnya yang membentuk suatu kesatuan sistem. Lingkungan dapat dikatakan sebagai gabungan dari dua atau lebih ekosistem yang saling memengaruhi. Dan lanskap merupakan keseluruhan dari lingkungan yang ada yang saling berhubungan/terikat dan terlihat suatu ciri khas. Jadi skema C merupakan skema yang paling tepat dalam menggambarkan hubungan antara ketiga jasa tersebut.

3 03 2017
Intan Dwi Lestari (A44140061) (02:44:31) :

1. Menurut pendapat saya, skema yang sesuai untuk membedakan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C.
2. Alasan saya memilih skema C adalah karena menurut saya skema C paling cocok dalam menjelaskan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap yang saling terkait satu sama lain, terutama jika dilihat dari sistem hirarkinya. Jasa ekosistem didapat dari berbagai hasil interaksi antar elemen didalamnya. Sedangkan jasa lingkungan dihasilkan dari berbagai interaksi antar ekosistem dalam suatu lingkungan yang saling terintegrasi satu sama lain. Sementara itu, lanskap sendiri merupakan cakupan yang lebih luas dengan berbagai jenis lingkungan didalamnya, sehingga dengan kata lain jasa lanskap diperoleh dari berbagai aspek lain diluar dari yang didapat pada jasa lingkungan, seperti aspek sosial, aspek budaya, dan lain-lain.

3 03 2017
Intan Nur Fathonah (03:33:57) :

1, Saya memilih skema C sebagai skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap.
2. Argumen mengapa saya memilih skema C sebagai skema yang paling sesuai adalah karena menurut saya skema tersebut menjelaskan jasa yang dihasilkan dari unit yang paling kecil sampai terbesar. Di sini, unit terkecil itu adalah ekosistem dan unit terbesar adalah lanskap. Ekosistem sendiri adalah suatu interaksi antara unsur biotik dan abiotik dengan sistem yang sederhana. Oleh kerena itu jasa ekosistem dihasilkan dari interaksi tersebut. Lingkungan adalah unsur abiotik hasil pembentukan dari udara, tanah, dan air yang melingkupi suatu ekosistem. Lingkungan bisa berupa lingkungan perkotaan, lingkungan hutan, lingkungan padang pasir, dll. Jasa lingkungan berari jasa yang dihasilkan dari interaksi dari beberapa ekosistem dalam suatu lingkungan. Lanskap merupakan suatu bagian ruang pada muka bumi dengan sistem yang kompleks, dalam bentuk aktivitas batuan, air, udara, tanaman, hewan, dan manusia. Hal itu berarti bahwa lanskap itu meliputi beberapa lingkungan dan ekosistem yang saling berinteraksi. Sama dengan sebelumnya, jasa lanskap berari jasa yang dihasilkan dari semua interaksi kompleks tersebut. Selain menjelaskan ukuran unitnya, skema tersebut juga menjelaskan bahwa jasa yang dihasilkan pun semakin besar unitnya maka akan semakin besar pula jasa dan dampak yang diberikan juga dirasakan.

3 03 2017
Nurul Febrizqa Jevany A44140005 (05:09:11) :

Selamat Pagi, Pak. Sebelumnya saya meminta maaf karena saya deadline.
Berikut adalah pendapat saya mengenai 3 gambar skema yang Bapak berikan.

1. Jika saya boleh berpendapat, mungkin sebagaian orang akan memilih sekma C berdasarkan Teori Triple Bottom Line. Namun, saya memiliki pendapat yang berbeda, saya memilih skema B

2. Alasan saya memilih skema B adalah karena menunjukkan adanya kesetaraan antara Jasa Ekosistem dan Jasa Lingkungan yang merupakan bagian dari Jasa Lanskap. Kesetaraan ini menunjukkan bahwa keduanya harus dilaksanakan dengan maksimal dan tidak ada yang mendominasi, karena keduanya merupakan bagian dari lanskap.

Saya izin ingin menambahkan, menurut referensi yang saya dapat secara online, Jasa Ekosistem adalah proses komponen ekosistem yang berpotensi memberikan aliran manfaat kepada masyarakat, dan Jasa Lingkungan aalah jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem baik secara langsung atau tidak, tidak tahu benar atau tidak dan berlogika tapi skema C dengan urutan JASKAP-JASLING-JE berubah menjadi JASKAP-JE-JASLING, karena Jasa lingkungan adalah jasa yang dari fungsi ekosistem itu sendiri.

Mohon maaf jika ada kata yang salah (mohon di koreksi pak ) dan tidak masuk akal yang tidak berkenan di Bapak.
Sekian dan Terimakasih.

3 03 2017
Tsara Nuha Apsari (A44140022) (05:47:13) :

1. Menurut saya, skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema B
2. Skema B menggambarkan kesetaraan antara jasa ekosistem dan jasa lingkungan. Jasa ekosistem dan jasa lingkungan tersebut dilingkupi oleh jasa lanskap. Jasa ekosistem merupakan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Sedangkan jasa lanskap merupakan jasa yang menyediakan suatu keadaan. Keadaan yang dimaksud dapat terdiri dari kondisi iklim, arah cahaya matahari, kebudayaan, elemen-elemen yang ada di dalamnya, dsb. Suatu lanskap dapat didefinisikan sebagai bentangan alam dengan berbagai aktivitas yang ada di dalamnya. Bentangan alam yang dimaksud melingkupi kondisi lingkungan atau jasa lingkungan yang tersedia. Aktivitas yang berada di dalamnya merupakan interaksi makhluk hidup terhadap lingkungannya. Maka dari itu, jasa lanskap melingkupi jasa ekosistem dan jasa lingkungan. Jasa ekosistem dan jasa lingkungan saling berkaitan namun memiliki makna yang berbeda sehingga posisinya dapat disetarakan.

3 03 2017
Danar Panji Wicaksono (A44140069) (06:05:11) :

1. Skema yang menunjukkan perbedaan masing masing jasa adalah skema C.

2. Skema C lebih sesuai karena menunjukkan keterhubungan yang berbanding lurus dan hanya berbeda fokus serta luas lingkup bahasannya.

3 03 2017
Ajeng Indah Syafitri (A44140044) (06:28:26) :

1. Skema yang dapat mendeskripsikan keterhubungan tiga jasa tersebut adalah skema C. Lingkaran jasa lanskap mencakup jasa lingkungan baru mencakup jasa ekosistem.
2. Pertama definisi dari
-Jasa Ekosistem adalah jasa yang diberikan dari hasil hubungan timbal baik antar abiotik dengan biotik, yaitu menghasilkan keanekaragaaman hayati.
-Jasa lingkungan adalah jasa yang diberikan oleh fungsi ekosistem alam maupun buatan yang nilai dan manfaatnya dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh para pemangku kepentingan (stakeholder) dalam rangka membantu memelihara dan/atau meningkatkan kualitas lingkungan dan kehidupan makhluk hidup.
-Jasa lanskap adalah jasa yang diberikan pada suatu lanskap atau suatu bentang alam atau kawasan yang memiliki keanekaragaman biotik maupun abiotik yang manfaatnya dapat meningkatkan kualitas lingkungan maupun kenyamanan manusia karena juga diperhatikan tata guna lahan maupun budaya pada suatu lanskap.
Pada skema A : skema tersebut mendeskripsikan keterhubungan jasa lanskap, jasa lingkungan, dan jasa ekonomi saling bekerja sama untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Padahal jasa lingkungan dan jasa ekosistem bisa mencakup ke jasa lanskap.
Pada skema B : Benar jasa lanskap mencakupi jasa ekosistem maupun jasa lingkungan, namun jasa ekosistem dan lingkungan terpisahkan. Padahal kedua jasa ini memiliki keterkaitan yang saling berhubungan, yaitu jasa lingkungan mencakup jasa ekosistem.
-Pada skema C : Paling tepat, karena jasa lanskap merupakan keseluruhan dari jasa lingkungan yang diberikan oleh jasa ekosistem yang mana juga dapat memperhatikan budaya pada kelompok masyarakat di suatu lanskap.

3 03 2017
Ranti Nabila (07:28:46) :

1. Menurut saya, skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan antara jasa lanskap, jasa lingkungan dan jasa ekosistem adalah skema C.
2. Jasa lanskap merupakan jasa yang memiliki cakupan yang lebih luas dibandingkan dengan kedua jasa lainnya. Jasa lingkungan dan jasa ekosistem berada di dalam jasa lanskap. Jasa ekosistem merupakan bagian dari jasa lingkungan, sedangkan jasa lingkungan merupakan skala umum dari jasa ekosistem. Selain itu, jasa ekosistem dapat diklasifikasikan menjadi ekosistem darat, ekosistem laut, ekosistem air tawar. Jasa lingkungan sebagai rantai yang paling atas, sedangkan jasa ekosistem merupakan bagian dari lingkungan hidup.

3 03 2017
Rizza Maharani A44140051 (07:37:52) :

1.,menurut saya skema yang menggambarkan keterhubungan ketiga aspen adalah skema C.

2. Karena skema C menggambarkan keterhubungan ekosistem, laskap, Dan lingkungan yabg ideal. Ekosistem merupakan bagian yang lebih kecil dari lingkungan karena ekosistem merupakan tyimbal balik antara komponen Biotik dan abiotik, selain Itu ekosistem merupakan bagian dari lingkungan. Lingkungan sendiri merupakan tempat dimana ekosistem terjadi sehingga lingkungan memiliki cakupan yang lebih luas. Lanskap merupakan bentang alam sejauh Mata memandang, Dan di lanskap tersebut terdiri dari beberapa lingkungan yang dimana ekosistem berada disana. Sehingga skema C merupakan skema yang tepat karena mencakup keseimbangan antara jasa ekosistem, lingkungan Dan lanskap

3 03 2017
Neviera K P (A44140056) (08:08:58) :

1. Skema yang menunjukkan perbedaan jasa ekosistem, lingkungan, dan lanskap adalah skema C.
2. Pada skema C, perbedaan dari ketiga jasa tesebut adalah ruang lingkupnya. Jasa ekosistem adalah jasa dari hubungan antara biotik dan abiotik. Jasa lingkungan merupakan jasa dari fungsi ekosistem terhadap lingkungan. Jasa lanskap mencakup keduanya.
Menurut saya skema A dan B kurang tepat karena jasa ekosistem dan lingkungan dapat tercakup dalam jasa lanskap pada skema A dan jasa ekosistem dan lingkungan tidak memiliki hubungan pada skema B.

3 03 2017
Echa Fadhila (A44140026) (09:15:24) :

1. Scheme C

2. Reasons/Arguments:

Keterhubungan manusia dengan ekosistem merupakan hubungan mutualisme yang sangat erat, dan tidak dapat dipisahkan. Siapapun kita, dimana kita tinggal, kesejahteraan manusia dan makhluk hidup lainnya sangat bergantung dengan bagaimana ekosistem bekerja di sekitar kita. Bukan merupakan hal yang rahasia/ susah dipahami bahwa ekosistem di sekitar kita dapat memberikan dan menyediakan berbagai macam sumber daya yang penting bagi kehidupan sehari-hari. Menurut saya, begitu pula berlaku pada keterkaitan ekosistem dengan penerapan jasa lingkungan dan jasa lanskap. Penerapan jasa-jasa tersebut haruslah menjadikan jasa ekologi sebagai acuan dalam pengimplementasiannya, sehingga aspek-aspek ekologi tetap terjaga.

Kesimpulan: dengan kata lain, Jasa Ekologi merupakan bagian essensial dari Jasa Lingkungan dan Jasa Lanskap yang tidak boleh dipisahkan guna keberlangsungan keseimbangan ekologi di dunia. Oleh karna itu, saya memilih skema C.

3 03 2017
Wandi Muhamad Jaeni (A44140035) (09:35:59) :

1. Menurut saya skema yang paling sesuai adalah C
2. Alasannya karena pada dasarnya ketiga hal tersebut saling berhubungan, berkaitan dan mempengaruhi. Ketika suatu ekosistem baik, maka akan menciptakan lingkungan dan lanskap yang baik pula. Begitu sebaliknya

3 03 2017
Nuraini Intan Soraya (A44140012) (09:41:17) :

1. Menurut saya skema yang sesuai untuk menjelaskan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C

2. Karena pada skema C menggambarkan keterhubungan yang saling mendukung namun dalam cakupan yang berbeda. Jasa ekosistem merupakan jasa dari hubungan timbal balik antara sistem biotik dan abiotik. Jasa lingkungan merupakan jasa dari fungsi ekosistem terhadap lingkungannya. Jasa lanskap merupakan jasa dengan cakupan yang paling luas dimana jasa ekosistem dan lingkungan termasuk didalamnya, karena lanskap sendiri merupakan bentang alam sejauh mata memandang.

3 03 2017
Bonita Angky (A44140004) (09:45:45) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C.
2. Skema ini menunjukkan stong sustainability antara ketiga jasa tersebut, dimana jasa lanskap mencakup jasa lingkungan dan jasa ekosistem. Jasa lanskap mencakup keragaman hayati, carbon tersimpan, keindahan alam, pengelolaan air, ketersediaan O2, dll. Sementara jasa lingkungan mencakup fungsi ekosistem pada alam sekitar, jasa ekosistem merupakan sistem hubungan antara mahkluk hidup dengan lingkungan atau biotik dengan abiotik

3 03 2017
Fikri Lazuardi (09:49:34) :

1. Menurut saya, skema yang paling tepat adalah Skema C yaitu skema yang menunjukan bahwa jasa lanskap mencakup jasa lingkungan dan ekosistem serta jasa lingkungan mencakup jasa ekosistem. Berikut Alasannya :
2. Dimulai dari strata paling bawah yaitu jasa ekosistem. Berdasarkan perkuliahan menjaskap minggu ke – 2 dijelaskan bahwa jasa ekosistem merupakan sistem hubungan timbal balik antara elemen abiotik dengan biotik saja sehingga ruang lingkup JE lebih sempit. Jasa lingkungan ruang lingkupnya lebih luas dari Jasa Ekosistem karena di dalam satu lingkungan terdapat berbagai macam ekosistem didalamnya. Sehingga peran jasa lingkungan menurut saya mengatur atau menghubungkan berbagai ekosistem yang kompatibel untuk suatu lingkungan tertentu. Lalu Jasa Lanskap yang cakupannya luas atau mencakup semuanya dari jasa ekosistem dan jasa lingkungan. Jasa lanskap memperhatikan mulai dari elemen biotik abiotik sampai kumpulan ekosistem yang membentuk suatu karakter lanskap tertentu. Jasa lanskap juga memperhatikan aspek sosial dan ekonomi dari suatu karakter lanskap tergantung dari jenis jasa lanskapnya yang berfungsi misalnya dapat meningkatkan kesenangan, memenuhi kebutuhan sosial, personal fullfillment dan juga kesehatan.

3 03 2017
Muhamad Sayuti (A44140030) (09:52:53) :

Menurut saya, skema yang benar mengenai hubungan antara jasa ekosimtem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C.

Pada skema C, jasa yang diberikan oleh lanskap lebih luas dari pada jasa lingkungan dan jasa ekosistem. Jasa yang diberikan oleh lingkungan dapat mewakili jasa lanskap namun hanya terbatas, dan ini belum tentu disediakan oleh ekosistem.
Mohon maaf dan terima kasih.

3 03 2017
Khairul Umam (A44140008) (10:00:39) :

Menurut saya, skema C sangat tepat menggambarkan hubungan antara jasa lanskap, jasa lingkungan, dan jasa ekosistem.

Argumen:
pada skema tersebut ditunjukkan bahwa jasa lanskap meliputi jasa lingkungan dan jasa ekosistem. Jasa ekosistem cakupannya lebih kecil daripada jasa yang disediakan oleh lingkungan. Hal ini dikarenakan ekosistem hanya menunjukkan hubungan antara unsur-unsur biotik dan abiotik.

3 03 2017
Ahmad Fauzan (10:24:40) :

1. Menurut saya, skema yang dapat menjelaskan dan mewakili keterhubungan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C.

2. Alasan memilih skema C yaitu apabila ditinjau dari luas cakupannya, skema C lah yang paling tepat. Jasa ekosistem memiliki cakupan yang paling kecil dibandingkan dengan jasa lingkungan dan lanskap. Disusul dengan jasa lingkungan, dan yang paling luas yaitu jasa lanskap. Dengan demikian, jasa lanskap mencakup segala hal yang berhubungan dengan jasa lingkungan. Dan jasa lingkungan mencakup komponen yang ada pada jasa ekosistem.

3 03 2017
Resiana Chartika (10:25:13) :

1. Menurut saya, skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C.
2. Alasannya yaitu karena pada skema C terlihat perbedaannya di cakupan arti serta aspeknya. Jasa laskap mencakup jasa lingkungan dimana didalam jasa lingkungan terdapat jasa ekosistem didalamnya. Hal tersebut disebabkan karena pengertian jasa ekosistem sendiri adalah jasa yang diberikan oleh hubungan timbal balik antar afaktor abiotik dan biotik. Sedangkan jasa lingkungan mencakup jasa yang terdiri dari kumpulan ekosistem. Dan jasa Lanskap merupakan keseluruhan jasa yang mencakup biodiversitas, karbon tersimpan, keindahan alam, pengelolaan air, ketersediaan oksigen, hingga kenyamanan lingkungan beserta aspek ekonomi, ekologi dan sosial budaya masyarakatnya.

3 03 2017
Wisnu Bekti Istianto (A44140040) (10:53:29) :

1. Menurut saya skema yang paling sesuai adalah C
2.karena jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap itu saling berhubungan, saling mempengaruhi, dan tidak dapat berdiri sendiri sehingga skema yaang paling tepat untuk.menggambarkan nya yaitu skema C

3 03 2017
Muhamad abdurahman (11:01:49) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan bagaimana keterhubungan antara jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap adalah skema C
2. Skema C merupakan skema yang paling tepat jika ditinjau dari perbedaan antara jasa dan keterhubungannya. Jasa ekosistem merupakan cakupam dasar yang masuk ke zona yang lebih intim dengan cakupannya lebih kecil daripada lanskap lingkungan. Pada lanskap lingkungan sudah mencakup pengelolaan jasa ekosistem karena keterhubungannya ekosistem merupakan komponen dan bagian dari jasa lingkungan. Lanskap lingkungan jika ditinjau dari cakupannya termasuk menengah dan mengandung berbagai ekosistem didalamnya, kemudian jasa lanskap merupakan keseluruhan dari setiap komponen ekosistem dan lingkungan. Jasa lanskap memiliki cakupan yang lebih luas dari kedua jasa tersebut, lebih kompleks dan memiliki keterhubunan yang baik serta mampu berkelanjutan, karena dengan keanekaragaman yang utuh mampu meningkatkan dan menjaga kualitas suatu lanskap alami. Dengan demikian untuk skema yang paling baik dan optimal adalah skema C

3 03 2017
Amira Syafriana (A44140016) (11:09:28) :

1. Skema yang sesuai menurut saya adalah skema C

2. Alasan saya memilih skema C karena skema tsb menunjukkan keberlanjutan yang kuat dari hubungan yang saling memengaruhi antara Jasa Lingkungan, Jasa Ekosistem dan Jasa Lanskap. Jasa Ekosistem mencakup hubungan timbal balik antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Jasa Lingkungan meliputi elemen biotik dan abiotik yang keberadaannya saling memengaruhi. Jasa Lingkungan dapat bersifat berkelanjutan apabila Jasa Ekosistem dijaga keseimbangannya, sebab Jasa Lingkungan mencakup beberapa Jasa Ekosistem di dalamnya sehingga memiliki cakupan yang lebih luas. Namun, Jasa Ekosistem dan Jasa Lingkungan berada dalam cakupan Jasa Lanskap sebab Lanskap meliputi keseluruhan interaksi, proses, hubungan pola makhluk hidup dengan unsur fisik di sekitarnya. Karena itulah, Jasa Lanskap merupakan cakupan paling luas, termasuk di dalamnya Jasa Ekosistem dan Jasa Lingkungan, sehingga keberlanjutannya dipengaruhi oleh hubungan ketiga unsur tsb.

3 03 2017
Fahreza Ari Rizkyawan (11:35:56) :

1. Menurut saya skema yang menjelaskan keterhubungan antara tiga aspek tersebut adalah skema C.
2. Alasan saya memilih skema C karena pada Jasa Lanksap mencakup semua aspek dalam kehidupan termasuk jasa lingkungan dan jasa ekosistem, lanskap berkaitan dengan segala interaksi antar makhluk hidup, proses, keharmonisan, ekologis, dan keberlanjutan segala aspek kebidupan. Jasa lingkungan mecakup elemen biotik abiotik termasuk jasa ekosistem di dalamnya, jasa ekosistem mencakup hubungan timbal balik antar makhluk hidup.

3 03 2017
Puti Zahra (A404140081) (12:03:19) :

1. Menurut saya skema yang paling tepat menjelaskan perbedaan antara Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah skema C
2. Karena skema C menunjukan bahwa jasa ekosistem merupakan cakupan dari jasa lingkungan dan jasa lingkungan merupakan cakupan dari jasa lanskap. Menurut saya, jasa ekosistem tidak dapat menjelaskan jasa lingkungan dan jasa lanskap dengan lengkap, jasa lingkungan juga tidak dapat menjelaskan jasa lanskap dengan tepat namun jasa lanskap dapat menjelaskan jasa lingkungan dan jasa ekosistem

3 03 2017
Hapsah Faridah (12:07:06) :

1. Skema yang sesuai digambarkan pada gambar C, dimana terdapat 3 lapisan lingkaran mulai dari jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan yang paling luar ialah jasa Lanskap

2. Skema gambar C paling sesuai karena hierarki dari jasa ekosistem sampai jasa lanskap tergambaran. Jasa ekosistem berarti jasa yg diberikan oleh hubungan antara elemen biotik dan abiotik. Setelah itu, terdapat jasa lingkungan yang mencakup kondisi dari berbagai macam ekosistem yang ada yang memiliki pengaruh pada kehidupan. Jasa yang paling luas dan kompleks terdapat pada jasa lanskap karena mencakup semua elemen pada ekosistem dan lingkungan, yang dikaji mulai dari tanah, air, sampai udara.

3 03 2017
Lani Kusumawati (A44140037) (12:11:25) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C
2. Skema C menggambarkan perbedaan cangkupan ketiga aspek tersebut. Jasa ekosistem mencangkup hubungan timbal balik biotik dan abiotik dalam lingkup kecil, dan jasa lingkungan bisa mencangkup banyak ekosistem, serta jasa ekosistem dan jasa lingkungan berada dalam cangkupan jasa lanskap

3 03 2017
Lala Nila Sari (A44140007) (12:12:20) :

1. Menurut saya skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah option c.

2. Karena ketiga jasa tersebut berhubungan satu sama lain yang hanya dibedakan oleh luas ruang lingkupnya. Ruang lingkup jasa ekosistem, yaitu interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Jasa lingkungan mencakup jasa ekologi yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia. Karena pemgertian lingkungan itu sendiri, yaitu gabungan kondisi fisik sumberdaya alam dan sumberdaya buatan manusia yang mempengaruhi perkembangan kehidupan manusia. Jasa lanskap sudah mencakup jasa ekologi dan lingkungan. Karena lanskap merupakan semua yang ada di muka bumi yang dapat dilihat sejauh mata memandang dan sejauh dapat mendengar suara, sehingga mencakup berbagai lingkungan dan ekologi.

3 03 2017
PUJI PANGESTI (A44140001) (12:20:22) :

1. Menurut saya, skema yang menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C.
2. Skema C tersebut memperlihatkan bahwa jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap berada dalam satu sistem yang saling keterhubungan satu sama lain dan tidak dapat terpisahkan. Ekosistem merupakan sistem hubungan timbal balik antara komponen biotik dan abiotik. Kumpulan ekosistem yang ada akan membentuk sebuah lingkungan. Lingkungan tersebut terdiri dari keanekaragaman hayati, carbon stock, kenyamanan, sosial budaya, dan sejarah. Semua jenis jasa lingkungan tersebut akan saling berinteraksi membentuk suatu lanskap. Jadi dapat dikatakan ekosistem bagian dari lingkungan, dan lingkungan adalah bagian dari lanskap.

3 03 2017
Hendri Septian (A44140038) (12:31:26) :

1. Menurut saya skema yang paling tepat menjelaskan perbedaan antara Jasa Ekosistem, Jasa Lingkungan, dan Jasa Lanskap adalah skema A
2. Karena pada skema A menggambarkan ada teori-teori perbedaan terpisah dimana seperti jasa ekosistem berarti jasa yg diberikan oleh hubungan antara elemen biotik dan abiotik, jasa lingkungan yang mencakup kondisi dari berbagai macam ekosistem yang ada yang memiliki pengaruh pada kehidupan dan jasa lanskap merupakan semua elemen pada ekosistem dan lingkungan, yang dikaji mulai dari tanah, air, udara tetapi dipelajari hanya bagian luarnya saja tidak mendalam. Namun ketiga skema teori itu pasti ada keterkaitan yang dapat bersatu walaupun tidak dipelajari secara mendam

3 03 2017
Zakiya Rahma (A44140032) (12:33:16) :

Menurut saya, skema yang menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C, karena ekosistem adalah komponen dari biotik dan abiotik, dan diluar ekosistem atau disekitar ekosistem disebut lingkungan, dan kesatuan antara ekosistem dan lingkungan disebut lanskap.

3 03 2017
Adi Rangga Rusmana (A44140067) (12:47:56) :

1.Menurut saya, skema yang paling tepat adalah skema C
2.Alasan saya memilih skema C karena skema ini berbanding lurus antara ketiga jasa tersebut. Jasa lanskap merupakan jasa terbaik karena mencakup jasa ekosistem dan lingkungan.

3 03 2017
Desyana Putri S S (A44140071) (12:49:11) :

1. Menurut saya, skema yang sesuai untun menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan dan jasa lanskap yaitu skema C
2. Karena jasa lanskap didalamnya dapat melingkupi, menjelaskan dan mengetahui apa itu jasa ekosistem dan jasa lingkungan, sedangkan jasa ekosistem hanya berfokus pada ekosistem itu sendiri dan begitu pula dengan jasa lingkungan tidak mengenal banyak hal tentang jasa lanskap dan jasa ekosistem, smeka C itu dapat menciptakan keseimbangan dan saling mendukung.

3 03 2017
Muthia Yolandha (A44140036) (13:09:02) :

Menurut saya, skema yang paling tepat adalah C.

Karena ketiga jasa tersebut memiliki kerterhubungan antar satu sama lain yang tidak dapat dipisahkan. Tidak akan ada lingkungan jika di dalamnya tidak terdapat kumpulan ekosistem. Tidak akan ada lanskap jika di dalamnya tidak terdapat ekosistem-ekosistem yang membentuk suatu lingkungan.
Di dalam suatu lanskap yang merupakan bentang alam seluas mata memandang, terdapat lingkungan yang sangat luas yang terbentuk dari kumpulan ekosistem-ekosistem, dan di dalam suatu lanskap & lingkungan, pasti terdapat suatu ekosistem yang ruang lingkupnya lebih kecil.
Di dalam jasa ekosistem terdapat manfaat yang dapat dihasilkan dari suatu ekosistem, yang didasarkan pada fungsi dari sumberdaya alam dan lingkungan.
Daya dukung lingkungan merupakan batas kondisi kemampuan dari lingkungan untuk dapat menunjang kehidupan manusia yang dapat dijadikan sebagai patokan besarnya kemampuan suatu wilayah dengan kondisi lingkungan tertentu dapat mendukung kegiatan atau aktivitas manusia.
Oleh karena itu, ketiga jasa tersebut memiliki peran, connectivity yang kuat, dan saling melengkapi antar satu sama lain.

3 03 2017
bagus muttaqin(A44140050) (13:15:59) :

1. Menurut saya skema yang paling tepat adlah yang gambar C

2. Mengapa saya memilih gambar C karena gambar C adalah gambar paling tepat untuk menggambarkan perbedaan ketiga jasa lanskap tersebut namun saling berkaitan satu sama lain .

3 03 2017
Robi Rijalul Fikri (A44140041) (13:36:22) :

1. Menurut saya skema yang tepat adalah skema C.

2. Jasa ekosistem memiliki nilai utama dalam proses hidup dalam lingkup kawasan yang kecil. Jasa Lingkungan mencakup jasa ekosistem dan kawasan nya lebih luas tidak hanya satu ekosistem tapi beberapa ekosistem yang membentuk suatu jasa lingkungan. Jasa lanskap cakupan luas dari jasa lingkungan dan ekosistem. Didalam kompleks mencakup dari nilai utama Jakarta jasa tersebut dan kawasan sangat luas.

3 03 2017
Robi Rijalul Fikri (A44140041) (13:38:08) :

1. Menurut saya skema yang tepat adalah skema C.

2. Jasa ekosistem memiliki nilai utama dalam proses hidup dalam lingkup kawasan yang kecil. Jasa Lingkungan mencakup jasa ekosistem dan kawasan nya lebih luas tidak hanya satu ekosistem tapi beberapa ekosistem yang membentuk suatu jasa lingkungan. Jasa lanskap cakupan luas dari jasa lingkungan dan ekosistem. Didalam kompleks mencakup dari nilai utamaa jasa tersebut dan kawasan sangat luas.

4 03 2017
putti alya h (a44140021) (11:17:57) :

1. Skema yang sesuai untuk menjelaskan perbedaan jasa ekosistem, jasa lingkungan, dan jasa lanskap adalah skema C.

2. Skema C menunjukkan hubungan yang saling mendukung dan berkaitan satu sama lain

13 05 2017
Bryanna Ovens (06:03:56) :

Finding the Right Immigration Solicitor… […]below you’ll find the link to some sites that we think you should visit[…]…

16 05 2017
mobile porn (07:31:09) :

swiss watches

25 05 2017
Viki Ripoll (21:13:41) :

I conceive you have remarked some very interesting details, thanks for the post.

26 05 2017
turquoise blue fascinators (08:46:14) :

I want to get across my respect for your kind-heartedness for those people who really need assistance with this situation. Your very own commitment to passing the solution up and down ended up being extremely good and have always permitted many people like me to reach their pursuits. Your helpful facts entails so much a person like me and especially to my fellow workers. Regards; from everyone of us.

27 05 2017
Lou Hallack (18:46:45) :

It¡¦s really a cool and useful piece of information. I¡¦m glad that you shared this useful info with us. Please stay us up to date like this. Thank you for sharing.

31 05 2017
site resource (15:27:33) :

Sorry for the significant review, but I’m rather loving the new Zune, and assume this, as nicely as the very good reviews some other humans comprise penned, will assist by yourself determine if it’s the directly determination for oneself.

31 05 2017
the url (18:12:57) :

I am going to machines this evaluation in the direction of 2 models of people in america: latest Zune householders who are considering an improve, and people attempting towards make a decision between a Zune and an iPod. (There are other avid gamers great importance contemplating out there, such as the Sony Walkman X, however I anticipate this offers on your own more than enough information and facts in direction of make an aware choice of the Zune vs avid gamers other than the iPod line as very well.)

2 06 2017
Philly (08:03:08) :

Exactly how quaint.

5 06 2017
blog source (09:14:12) :

Sorry for the massive research, nevertheless I’m incredibly loving the new Zune, and anticipate this, as perfectly as the quality testimonials some other human beings contain composed, will support your self decide if it is really the directly choice for by yourself.

5 06 2017
any domain (09:26:12) :

Zune and iPod: Utmost americans examine the Zune in direction of the Contact, but once watching how skinny and remarkably tiny and gentle it is, I try it in direction of be a pretty one of a kind hybrid that brings together characteristics of possibly the Contact and the Nano. It is really very vibrant and lovely OLED exhibit is marginally scaled-down than the touch screen, still the participant alone feels Really a bit smaller and lighter. It weighs above 2/3 as a lot, and is appreciably lesser in width and peak, despite the fact that becoming simply a hair thicker.

9 06 2017
many sites (02:19:35) :

Apple by now includes Rhapsody as an app, which is a exceptional begin, nevertheless it is previously hampered by means of the incapacity towards store locally upon your iPod, and is made up of a dismal 64kbps little bit price tag. If this modifications, then it will relatively negate this ease for the Zune, nevertheless the Ten music for each month will however be a big plus within Zune Pass’ prefer.

9 06 2017
the page (18:43:42) :

The Zune concentrates upon being a Moveable Media Player. Not a world-wide-web browser. Not a sport machine. Quite possibly inside of the potential it’ll do even greater inside of individuals areas, however for now it is a fantastic course in the direction of set up and pay attention in the direction of your audio and flicks, and is devoid of peer inside of that respect. The iPod’s strengths are its world wide web visiting and programs. If these stable excess persuasive, maybe it is your best preference.

9 06 2017
site resource (19:10:35) :

Apple at present consists of Rhapsody as an application, which is a very good start off, nevertheless it is now hampered by means of the lack of ability in the direction of shop domestically on your iPod, and contains a dismal 64kbps little bit selling price. If this variations, then it will relatively negate this convenience for the Zune, yet the Ten new music for every month will however be a big furthermore in Zune Pass’ prefer.

10 06 2017
any hosting (11:17:02) :

Sorry for the large examine, yet I’m exceptionally loving the fresh new Zune, and count on this, as well as the good quality testimonials some other us residents have written, will support on your own make a decision if it can be the straight choice for you.

21 06 2017
jenny (23:55:10) :

best diet herbal teas

22 06 2017
разписание полети (16:26:12) :

Hello! I just would like to give a huge thumbs up for the great info you have here on this post. I will be coming back to your blog for more soon.

22 06 2017
katie (23:44:53) :

diet pills 411

23 06 2017
jenny (20:17:57) :

diet pills 0552113-13

27 06 2017
самолетни билети истанбул (01:36:39) :

This really answered my problem, thank you!

27 06 2017
katies (13:07:38) :

why are diet pills dangerous liaisons chinese

6 07 2017
Hermosa Beach (08:06:44) :

Thanks for writing this. love jesse grillo and jesse grillo. Nice write up.

7 07 2017
Raleigh Echave (07:49:02) :

Wow that was strange. I just wrote an very long comment but after I clicked submit my comment didn’t show up. Grrrr… well I’m not writing all that over again. Anyways, just wanted to say great blog!

10 07 2017
Charise Bowring (05:26:06) :

This is very interesting, You’re a very skilled blogger. I have joined your rss feed and look forward to seeking more of your excellent post. Also, I’ve shared your site in my social networks!

10 07 2017
women shoes online store (15:17:57) :

This is definitely the best thing that you can do as you are certain that you will get a very great service.|Look to see if the online retailer that you are intending to make a buy from has issued any discount codes. When you buy Vigrx Furthermore, there are up to four options you can choose from.|Even they are tough but what if they are difficult to skate, there is no worth for them. These sandals are great for when you are dressed up to go out for excitement and entertainment. The degree of risk depends on your desires.|As we all know, operating often will make feet broaden more naturally and fingers become lengthier.

12 07 2017
двупосочен билет (02:06:07) :

You made some decent points there. I looked on the internet for the issue and found most individuals will go along with with your website.

13 07 2017
най изгодни самолетни билети (23:04:23) :

An interesting discussion is worth comment. I think that you should write more on this topic, it might not be a taboo subject but generally people are not enough to speak on such topics. To the next. Cheers

16 07 2017
Ernesto Lyke (04:45:04) :

Whats up are using WordPress for your blog platform? I’m new to the blog world but I’m trying to get started and set up my own. Do you need any html coding knowledge to make your own blog? Any help would be greatly appreciated!

18 07 2017
Nelly Holub (04:38:35) :

Very nice info and straight to the point. I am not sure if this is truly the best place to ask but do you people have any thoughts on where to employ some professional writers? Thank you :)

19 07 2017
Snap Milfs (01:23:46) :

Free milf sex at http://snapmilfs.com

25 07 2017
2 08 2017
самолетни билети франкфурт софия (02:59:07) :

I’d have to check with you here. Which is not something I usually do! I enjoy reading a post that will make people think. Also, thanks for allowing me to comment!

10 08 2017
самолетни билети до прага (00:07:13) :

An interesting discussion is worth comment. I think that you should write more on this topic, it might not be a taboo subject but generally people are not enough to speak on such topics. To the next. Cheers

13 08 2017
skinny asian milfs (09:18:17) :

thanks for the info9

14 08 2017
milfs panty (18:05:23) :

thankse for the info

15 08 2017
Marvella (04:54:31) :

best diet for fat loss and lean muscle gain

20 08 2017
Manhattan Beach Marketing (09:47:10) :

That is the thinking of a creative mind. In my view, if all webmasters and bloggers made just right content material as you did, the web might be a lot more helpful than ever before. On a scale from 1 to 10, You are an 11.

27 08 2017
independent living and mobility (01:54:28) :

My developer is trying to persuade me to move to .net from PHP. I have always disliked the idea because of the costs. But he’s tryiong none the less. I’ve been using Movable-type on various websites for about a year and am anxious about switching to another platform. I have heard fantastic things about blogengine.net. Is there a way I can import all my wordpress posts into it? Any help would be greatly appreciated!

27 08 2017
milf and son sex videos (14:56:53) :

yes it work

28 08 2017
milf amature blowjob (01:51:49) :

please post more

28 08 2017
Property Small business (02:48:39) :

Excellent post however , I was wanting to know if you could write a litte more on this subject? I’d be very thankful if you could elaborate a little bit further. Kudos!

5 09 2017
Lucia Biesenthal (04:45:11) :

I am just writing to let you be aware of of the superb discovery my friend’s daughter gained reading through your blog. She learned too many pieces, not to mention what it is like to have an amazing helping mood to make the mediocre ones clearly comprehend various extremely tough topics. You truly did more than readers’ expected results. Thank you for producing those priceless, healthy, educational as well as easy tips about your topic to Tanya.

8 09 2017
technology resources (07:36:41) :

This is becoming a little bit additional subjective, yet I a lot choose the Zune Market place. The interface is colorful, incorporates further flair, and some amazing attributes such as ‘Mixview’ that make it possible for yourself instantly watch equivalent albums, tunes, or other people similar toward what you are listening towards. Clicking on one of those people will centre upon that product or service, and one more set of “neighbors” will occur into belief, allowing for yourself towards navigate around exploring by similar artists, new music, or consumers. Speaking of buyers, the Zune “Social” is moreover Terrific fun, allowing for your self uncover other people with shared preferences and getting to be pals with them. Oneself then can pay attention in the direction of a playlist generated based on an amalgamation of what all your mates are listening to, which is also exciting. Those apprehensive with privateness will be relieved toward know oneself can stop the public against looking at your unique listening habits if your self thus opt for.

9 09 2017
this blog (15:39:01) :

Arms down, Apple’s application shop wins through a mile. It truly is a substantial amount of all sorts of applications vs a as an alternative not happy range of a handful for Zune. Microsoft consists of Ideas, especially within the realm of game titles, nonetheless I’m not sure I’d want to wager upon the upcoming if this element is critical towards on your own. The iPod is a considerably much better determination within just that case.

11 09 2017
click here (16:51:56) :

Sorry for the large critique, nonetheless I am genuinely loving the clean Zune, and hope this, as effectively as the Wonderful reviews some other people contain created, will aid your self decide if it really is the immediately option for your self.

13 09 2017
resource (17:47:59) :

Amongst me and my partner we’ve owned further MP3 avid gamers about the a long time than I can depend, like Sansas, iRivers, iPods (classic & touch), the Ibiza Rhapsody, and many others. But, the very last few yrs I’ve settled down toward 1 line of gamers. Why? Mainly because I was happy in direction of locate how well-designed and pleasurable to hire the underappreciated (and widely mocked) Zunes are.

14 09 2017
escape room mesquite (17:33:34) :

bookmarked!!, I really like your web site!

16 09 2017
recource tips (03:43:28) :

This is getting to be a little bit excess subjective, still I substantially favor the Zune Market place. The interface is colourful, is made up of more flair, and some awesome options including ‘Mixview’ that allow for by yourself all of a sudden check out identical albums, new music, or other buyers similar toward what you happen to be listening in direction of. Clicking upon a person of people will heart upon that item, and another fastened of “neighbors” will come into feeling, letting oneself toward navigate in the vicinity of exploring through equivalent artists, music, or users. Chatting of users, the Zune “Social” is far too great enjoyable, permitting on your own locate other individuals with shared choices and becoming pals with them. Your self then can listen in the direction of a playlist crafted dependent on an amalgamation of what all your buddies are listening towards, which is furthermore remarkable. Those anxious with privateness will be relieved to notice oneself can protect against the public versus looking at your individual listening behaviors if your self so decide on.

17 09 2017
singapore permanent resident (03:38:48) :

Great post!

17 09 2017
Cristopher Aluqdah (04:32:59) :

After examine a number of of the weblog posts on your web site now, and I actually like your method of blogging. I bookmarked it to my bookmark website listing and will probably be checking back soon. Pls take a look at my web site as properly and let me know what you think.

18 09 2017
computer recycling services (01:34:05) :

Its excellent as your other posts : D, thanks for posting . “Talent does what it can genius does what it must.” by Edward George Bulwer-Lytton.

19 09 2017
how to get pr in singapore (05:13:56) :

I like this post! Thanks.

19 09 2017
computer recycling center near me (19:28:49) :

Some really superb posts on this website, thank you for contribution. “It is not often that someone comes along who is a true friend and a good writer.” by E. B. White.

20 09 2017
apply pr singapore (05:34:36) :

I like this post! Thanks.

22 09 2017
полети до германия (08:52:13) :

I’m impressed, I must say. Really rarely do I encounter a blog that’s both educative and entertaining, and let me tell you, you have hit the nail on the head. Your idea is outstanding; the issue is something that not enough people are speaking intelligently about. I am very happy that I stumbled across this in my search for something relating to this.

23 09 2017
escape room dfw (21:58:22) :

Hello! I just wish to give you a big thumbs up for the excellent info you have got right here on this post. I am coming back to your blog for more soon.

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>