LOKAKARYA TUGAS AKHIR DEPARTEMEN ARSITEKTUR LANSKAP

29 09 2016

 

PENDAHULUAN

Lokakarya Tugas Akhir (skripsi) Program Studi Sarjana ARL dangat penting dilakukan untuk dapt memberikan acuan dalam prosedur penyelesaian dan untuk mempermudah pengendalian mutu (quality control) dalam penyelesaian tugas akhir mahasiswa. Penyelesaian tugas akhir mencakup delapan kegiatan yang harus dilalui yakni: 1) Pemilihan topik tugas akhir (skripsi), 2) Penetapan dosen pembimbing skripsi, 3) Pembuatan proposal penelitian/magang, 4) Kolokium, 5) Pelaksanaan skripsi: penelitian/magang, 6) Seminar, 7) Ujian skripsi, dan (8) Penerbitan Surat Keterangan Kelulusan (SKL). Delapan proses ini perlu dijabarkan lebih detil dengan rambu-rambu yang jelas dan sesuai dengan ranah bidang keilmuan arsitektur lanskap. Proses ini juga mencakup teknik penulisan, penyajian dan etika dalam penyusunan tugas akhir. Teknik penulisan akan dituangkan dalam Panduan Penulisan Tugas Akhir Departemen Arsitektur Lanskap, dan Teknik Penyajian (lisan dan tulisan) dijabarkan dengan standar-standar lulusan, sementara mengenai etika berupa rambu-rambu kepatutan yang seharusnya senantiasa dijaga sebagai jati diri mahasiswa IPB.

TUJUAN

Lokakarya Tugas Akhir PS Sarjana dan Magister Arsitektur Lanskap bertujuan untuk:

  • Mengevaluasi pelaksanaan Tugas Akhir S1 Arsitektur Lanskap yang saat ini telah berjalan.
  • Menyusun POB Tugas Akhir S1 Arsitektur Lanskap yang lebih baik sehingga lulusan S1 ARL semakin berkualitas, terutama mengenai standar kelulusan.
  • Menyusun Panduan Penulisan Tugas Akhir S1 Arsitektur Lanskap sesuai dengan topik penelitian ataupun magang yang telah dilaksanakan.
  • Menyusun penilaian dan pelaksanaan kolokium, seminar dan ujian.
  • Menyusun standar pelaksanaan dan keluaran dari penelitian atau magang sebagai tugas akhir.
  • Menyusun strategi peningkatan persentase kelulusan tepat waktu.

PELAKSANAAN LOKAKARYA

Waktu dan Tempat

  • Hari/tanggal       : Jumat, 26 Agustus 2016
  • Waktu                   : pukul 08.00 – 17.00 WIB
  • Tempat                : Ruang Sidang ARL, Departemen Arsitektur Lanskap, Fakultas Pertanian, IPB

Kepala Divisi menyiapkan dan memaparkan materinya. Lama waktu paparan 30 menit tiap Divisi/Studio.

Departemen menyiapkan ruang dan penunjang lokakarya lainnya, dan menyiapkan tim yang memfasilitasi pelaksanaan, dan dokumentasi lokakarya.

Sebelum lokakarya setiap divisi diharapkan melakukan koordinasi dengan anggota divisi dalam menyiapkan materi yang akan disampaikan dalam lokakarya.



Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>