Kunjungan Lapang S2 ARL IPB

27 05 2016

 

Kunjungan Lapang S2 ARL IPB

Kunjungan Lapang S2 ARL IPB – Telaga Warna – Panoramic View

Kunjungan Lapang S2 ARL IPB

Kunjungan Lapang S2 ARL IPB – Telaga Warna – Panoramic View

Kunjungan Lapang S2 ARL IPB untuk Mata Kuliah Pengelolaan Lanskap Berkelanjutan (PLB) dilaksanakan pada hari Sabtu-Minggu tanggal 21-22 Mei 2016. Kunjungan Lapang (Fieldtrip) ini juga diikuti oleh 2 mata kuliah lainnya, yakni Mata Kuliah Ekologi Lanskap dan Mata Kuliah Ekowisata. Kegiatan ini merupakan sarana untuk melihat realita di lapangan untuk bisa dibahas sesuai dengan teori yang telah diberikan dalam perkuliahan.

Objek yang diamati dalam kunjungan ini sesuai dengan urutan perjalanan selama dua hari tersebut adalah sbb:

  1. GG House
  2. Riung Gunung
  3. Telaga Warna
  4. Taman Bunga Nusantara
  5. VEDCA
  6. Taman Nasional Gunung Gede Pangrango
  7. Plus dalam perjalanan beberapa objek yang menarik juga dibahas, mulai dari pengelolaan lanskap jalan (Streetscape), jalan tol (high way), eco-road, daerah aliran sungai (watershed), Paddy fields terracing, wisata puncak, perkebungan teh (tea plantation), agrotourism, street development dan masih banyak lagi yang tidak bisa disebutkan satu-persatu.

Hari pertama diawali dengan keberangkatan dari Kampus IPB Dramaga pada pukul 05.30 pagi, kemudian masuk ke Tol Jagowari menuju ke GG House di kawasan Gadog, Cipayung. Kami diterima langsung oleh sang pemilik, Pak Gustaman. Setelah beramah tamah dan berfoto bersama dengan Pak Gustaman, kami kemudian turun ke bawah menikmati pemandangan yang asri di tepi Sungai Ciliwung diiringi dengan gemericik suara air yang menyenangkan. Sambil menikmati pesona alam Happy Valley, kami berdiskusi secara detil dengan Prof. Hadi Susilo Arifin dan juga Manager GG House Pak Agus. Setelah berkeliling GG House, kami disuguhi minuman dan penganan tradisional.

Selanjutnya, kami bergerak ke Riung Gunung dan Telaga Warna. Hujan yang deras turun ketika kami berada di Telaga Warna. Kami beristirahat dan menikmati makan siang sambil menunggu hujan reda. Perjalanan di lanjut kembali ke Taman Bunga Nusantara (TBN). Kami langsung disambut oleh Pak Januar dan Pak Iqbal selaku manajer TBN. Hujan masih bergerimis ria, sehingga kami diarahkan ke Rumah Kaca untuk menikmati pesona  bunga Petunia dan Begonia.

Demikian hari pertama kunjungan lapang kami…

Untuk hari kedua, bersambung ke Part 2 ya…



Actions

Informations

One response to “Kunjungan Lapang S2 ARL IPB”

21 08 2016
Janiarto (17:42:13) :

sekali jalan enam destinasi… pasti seneng banget mahasiswanya…

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>