Jepang: Antara Tradisi dan Teknologi

13 01 2010

Japan: antara tradisi leluhur dan budaya teknologi

Boleh dibilang kadangkala bangsa yang memegang kuat tradisi leluhurnya adalah bangsa yang paling mampu bertahan dari intrusi budaya asing. Bangsa yang paling menghargai budaya leluhurnya adalah bangsa yang bisa mandiri menghadapi derasnya kemajuan teknologi di era informasi saat ini. Namun, seiya sekata, kenapa tidak dua-duanya dipertahankan dan diperjuangkan. Ilustrasi di atas diambil di Kota Saijou di bagian timur Kota Hiroshima, Jepang. Boleh dilihat tradisi tetap dipertahankan, namun tidak ada salahnya moda transport VW asal Jerman dengan santai nongkrong rutin tiap hari di sebelahnya.

Japanese Garden: simple, minimalize, and also graceful

Jepang juga dikenal dengan tamannya yang cenderung sederhana, minimalis dan anggun. Filosofi yang dimilikinya merupakan refleksi dari nilai-nilai leluhur dan budaya yang telah ada jauh sebelum Bangsa Jepang melek dengan yang namanya “teknologi”. Taman Jepang sering ditampilkan dalam bentuk simbol-simbol dan elemen-elemen yang merupakan gambar dari alam semesta raya, misalkan hamparan kerikil yang diumpamakan sebagai lautan luas. Atau batu-batu besar ibarat pulau-pulau di tengah samudra.

hmmmmm……

Suatu saat Taman Jepang bakal ada di belakang rumah gw :-p he he he he



Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>