IPB Peringkat 3 Ristekdikti

7 02 2016
IPB no 3

IPB Peringkat 3

IPB menempati peringkat 3 dalam klasifikasi yang dikeluarkan oleh kementerian ristekdikti.

Sesuai dengan SK Menteri Ristek Dikti No.492.a/M/KP/2015 mengenai Klasifikasi dan Pemeringkatan PT di Indonesia, disebutkan bahwa IPB tercinta menempati posisi di urutan ke-3. Posisi ini sangat ditentukan oleh nilai Kualitas SDM IPB yang memperoleh nilai sempurna a.k.a 4.0. Nilai dari Kualitas Manajemen juga sangat berkontribusi, yakni sebesar 3.9. Sedangkan nilai dari Kualitas Penelitian dan Publikasi mencapai 3.1, tidak memuaskan namun jika dilihat dari nilai PT lainnya yang dominan di bawah 3.0, maka IPB bisa berbangga hati karena berada di posisi kedua untuk hal ini.

Hal yang menyedihkan adalah nilai Kualitas Kegiatan Mahasiswa IPB yang hanya 1.8. Boleh dikatakan nilai ini terbilang cukup rendah bila dibandingkan dengan PT lainnya. Bahkan salah satu PT dapat memperoleh nilai sempurna tanpa cela.

Menilik dari nilai ini, sudah sepatutnya IPB melakukan perbaikan dalam kegiatan kemahasiswaan agar kualitas dan juga kontribusinya dapat memberikan dampak bagi bangsa Indonesia. Sudah sepatutnya IPB berbenah dimulai dari kegiatan kemahasiswaan agar nama, citra dan pamor IPB menjadi lebih baik di kancah nasional dan internasional melalui kegiatan kemahasiswaan. Sangat patut, bahwa IPB tidak lagi hanya berbicara di ranah teori dan gading semata, namun sudah mulai menyentuh dan membumi pada hal-hal yang aplikatif, adaptif dan realistis.

Dukungan yang diberikan oleh IPB bisa berupa pendampingan dan pembelajaran bagi himpunan profesi (himpro) yang ada, atau bahkan dengan memberikan kesempatan setiap mahassiwa untuk menggelar kegiatan yang berskala nasional ataupun internasional secara in-bound/out-bound. Lebih jauh dapat berupa memberikan wadah dan struktur kegiatan kemahasiswa yang lebih baik, yang lebih berbudaya dan pada saat yang bersamaan bisa mempertegas karakter serta jati diri mahasiswa IPB dan tentunya IPB itu sendiri.

Dampak idealnya adalah ketika mahasiswa IPB muncul di media massa, layaknya koran, majalah, tabloid, televisi bahkan di sosial media internet, khalayak ramai akan dengan seketika dapat mengidentifikasi “Ohhh.. ini pasti mahasiswa IPB”. Ketika ada mahasiwa dikaitkan dengan peningkatan produksi pertanian, harusnya mahasiswa IPB yang berbicara. Ketika ada kawasan peternakan dilanda wabah penyakit, harusnya mahasiswa IPB yang berbicara. Ketika tata kota dan lingkungan suatu wilayah sudah terganggu, harusnya mahasiswa IPB yang berbicara. Ketika kemiskinan dan kelaparan sudah menjadi mimpi buruk, harusnya mahasiswa IPB yang berbicara. Ketika air, udara dan tanah sudah tercemar, harusnya mahasiswa IPB yang berbicara. Ketika air laut sudah tidak asin lagi, harusnya mahasiswa IPB yang berbicara.

Berikut kutipan lengkap tentang SK Menterei Ristek Dikti tersebut.

ristekdikti-default-image

Kepada Yth.

Pimpinan PTN/Kopertis

di

Seluruh Indonesia

 

Sehubungan dengan telah ditetapkannya Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 492.a/M/KP/VIII/2015, bersama ini dengan hormat kami sampaikan SK Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tentang Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia tahun 2015.

Atas perhatian dan kerjasamanya , kami ucapkan terima kasih.

 

Lampiran :

SK-klasifikasi2015

Lampiran SK

 



Actions

Informations

4 responses to “IPB Peringkat 3 Ristekdikti”

21 02 2016
teknokita.com (16:30:35) :

wah selamat ya mas,

1 06 2016
caramadia (13:59:30) :

Sebelumnya saya ucapkan selamat atas keberhasilannya Pak, Masalah kurangnya nilai kegiatan masih bisa diperbaiki asalkan tetap semangat…
Semoga IPB tetap eksis demi pembangungan manusia Indonesia yang berpendidikan tinggi.
Salam sukses

8 08 2016
Annas Tasyia (00:54:05) :

Sukses selalu untuk Ipb, sebagai alumni sangat bangga pernah menjadi bagian didalamnya….: D

10 08 2016
softmadia (15:25:56) :

wow… peringkat 3 sudah sangat luar biasa gan, semoga nantinya bisa mencapai peringkat pertama. Keep Success tips blog cara membuat blog gratis

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>