Gerbang Tol SENTUL BARAT

4 02 2010

Gerbang TOL SENTUL BARAT memang sudah diresmikan, dan sudah bisa digunakan oleh masyarakat di sekitar Jabodetabek. Akibat pembukaan Gerbang Tol ini beberapa implikasi yang sifatnya seperti efek domino urbanisasi kembali terjadi. Harga tanah semakin mahal, harga rumah melonjak tinggi bahkan beberapa rumah kontrakan juga menaikan harga sewanya. Begitu pula dengan harga rumah kost yang dominan diisi oleh para mahasiswa-mahasiswa PT Negeri dan Swasta di Bogor, terutama IPB.

Kost-kostan di IPB Darmaga yang letaknya 17 km dari pusat kota juga terkena imbasnya, harga sewa kost per bulan melonjak tinggi. Pemilik kost sudah tidak membedakan lagi antara mahasiswa atau bukan, yang penting dapat untung. Sebagian rumah kost malah sudah dipasang papan dengan tulisan besar: RUMAH DIJUAL. Begitu ditanya berapa harga jualnya, wow..luar biasa! Bisa mencapai 3 juta per meter. Sungguh menggiurkan kalo dihitung dengan luas rumah yang mencapai 500 meter persegi! Kaya mendadak.

Belum lagi dengan keberadaan dua perumahan elit yang ada di jalur akses Bogor kota dengan Darmaga, yakni Perumahan Pakuan Regency dan Darmaga Cantik. Harga jualnya semakin melonjak tajam. Jangan ditanya harganya sekarang jika tidak mau mengurut dada. Sebagai gambaran saja, tahun 2002 hingga 2007, harga tanah di sekitar jalur ini realtif konstan. Begitu memasuki awal tahun 2008, harga tanah melonjak¬† 3 kali lipat, alias 300 persen. Bahkan ada yang menjadi 5-10 kali lipat. Bikin geleng-geleng yah… Enaknya jadi makelar tanah nieh… Hue he he..

Tidak ketinggalan pula efek domino lainnya yang merepotkanm yakni slum area. Hmmm ini patutnya menjadi tugas dan amanah bagi para pejabat di pemerintahan.



Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>