Cap Go Meh Kota Bogor

22 02 2016
Cap Go Meh

Cap Go Meh

Cap Go Meh melambangkan hari ke-15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi komunitas Tionghoa di seluruh dunia. Cap Go Meh (Hokkien: 十五暝) yang artinya hari kelima belas senantiasa dilakukan setelah 15 hari dari tanggal hari raya Imlek. Cap Go Meh pada tahun ini jatuh pada tanggal 22 Februari 2016. Istilah ini berasal dari Dialek Hokien dan secara harafiah berarti hari kelima belas dari bulan pertama (Cap = Sepuluh, Go = Lima, Meh = Malam). Ini berarti, masa perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama lima belas malam.

Cap Go Meh di Indonesia mulai beberapa tahun belakangan ini dirayakan secara meriah. Khusus untuk Kota Bogor, Cap Go Meh dirayakan pada hari Senin 22 Februari 2016, persis pada tanggalnya. Berbeda dengan beberapa kota yang merayakannya pada hari Minggu (21 Feb 2016) kemarin.

Perayaan Cap Go Meh di Bogor dirayakan dengan jamuan besar dan ditandai dengan festival yang luar biasa. Cap Go Meh dimulai pukul 14.00 WIB  s.d. selesai. Kolosalnya hingga melibatkan:

  • 10 ribu : Pengisi Acara
  • 100 ribu : Pengunjung
  • 1.000 lebih personil : Pengamanan

Berikut penutupan jalan dan pengalihan arus jalur kendaraan selama festival Cap Go Meh Street Fest hari Senin Tanggal 22 Februari 2016 :

  1. Ruas Jalan Otista hingga putaran BTM dibuka (dua arah)
  2. Putaran BTM ditutup dan kendaraan dari Empang menuju Jalan Otista atau Jalan Suryakencana diarahkan ke Jalan Ir. H. Djuanda.
  3. Simpang Bogor Plaza atau Jalan Suryakancana ditutup total.
  4. Pertigaan Jalan Roda Otista ditutup kecuali kendaraan bermotor penghuni.
  5. Kendaraan dari Jalan Pahlawan atau Gang Aut menuju Suryakencana diarahkan ke Pasar Cumpok atau Lawang Seketeng.
  6. Kendaraan dari Jalan Pahlawan atau Gang Aut menuju Warung Bandrek ditutup kecuali penghuni.
  7. Kendaraan dari Jalan Lawang Seketeng menuju Jalan Suryakencana ditutup seluruhnya diarahkan ke Jalan Ir. H. Djuanda atau BTM.
  8. Angkot 02 dan 01 arah Suryakencana dialihkan menjadi (Merdeka-Kapten Muslihat-Juanda-Otista-Padjajaran-Sukasari).

 

Mari ikut meriahkan Cap Go Meh 2016…!!!

 

 



Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>