Arti Kata Kunci

3 06 2020

Arti kata kunci ternyata amat beragam. Mulai dari arti secara harafiah menguci, ataupun kiasan yang bersifat di akhir. Berikut adalah hasil kompilasi arti kata kunci dari beragam sumber.

  1. Alat untuk mengancing pintu, peti, dan sebagainya, terdiri atas anak kunci dan induk kunci.
  2. Pengancing pintu, peti, dan sebagainya yang terpasang pada pintu, peti, dan sebagainya.
  3. Alat yang digunakan untuk membuka dan memasang sekrup dan sebagainya.
  4. Alat untuk menghidupkan atau menjalankan mesin (mobil dan sebagainya).
  5. Sendi (pertemuan) tulang.
  6. Jawaban yang disediakan atas pertanyaan ujian dan sebagainya.
  7. Kedudukan (tempat) yang sangat penting untuk menguasai sesuatu atau untuk mengenakan pengaruh.
  8. Runtunan nada yang berhubungan satu dan lainnya, berdasarkan pada suatu nada utama.
  9. Lambang yang digunakan untuk menunjukkan letak not tertentu pada balok not, seperti kunci g menunjukkan letak not g pada garis kedua balok not.
  10. Alat untuk mencapai suatu maksud (seperti membongkar rahasia, memecahkan masalah, menentukan kalah menang, atau berhasil tidaknya sesuatu).
  11. Alat yang dibuat dari logam untuk membuka atau mengancing pintu dengan cara memasukkannya ke dalam lubang yang ada pada induk kunci.
  12. Anak kunci.
  13. Temu kunci, jenis sayuran wangi aromatik dan rasanya agak pahit, bumbu sayur bening.
  14. Perayaan adat di Manado yang dilaksanakan pada hari minggu terakhir setelah tahun baru, artinya pesta Natal dan Tahun baru diakhiri agar tidak ada pesta lagi terkait perayaan-perayaan sampai dengan tahun baru.
  15. Akhir Tahun, hari terakhir pada tahun.
  16. Kunci Ikan Manado, masakan khas Manado.
  17. Kata Kunci – Keywords, kata atau frase yang digunakan pada artikel ilmiah sebagai representasi pembahasan isi.

 

Arti kata kunci menurut wikipedia adalah alat yang terbuat dari logam untuk membuka dan mengunci pintu dengan cara memasukkannya ke dalam lubang yang ada di pintu. Bentuk kunci bermacam-macam sesuai dengan bentuk induk kunci yang berada di pintu. Kunci pada umumnya terdiri atas dua bagian, induk dan anak kunci. Induk kunci berfungsi menyatukan atau mengaitkan dua bagian, misalnya daun pintu atau kusennya agar tidak dapat dibuka tanpa alat khusus. Alat khusus pembuka dan pengancing pindu ini disebut anak kunci. Tetapi ada pula jenis kunci,misalnya gembok yang dapat dikancingkan tanpa anak kunci, dan anak kunci dibutuhkan untuk membukanya Semua kunci mempunyai grendel yang mampu mencegah terbukanya pintu. Grendel tetap dalam keadaan terkunci bila tidak digunakan anak kunci pasangannya untuk membukanya. Grendel di dalam induk kunci dapat dibuka bila tuasnya dapat diputar. Kunci yang terbuat dari kayu sudah digunakan sejak 4000 tahun yang lalu di Mesir Kuno. Konon, kunci ditemukan oleh Theodoros dari Samos pada awal abad ke-6 SM.

 

Jadi “kunci” dan “kata kunci” memiliki makna yang berbeda.

 

Sumber:

No. 1-12: https://kbbi.web.id/kunci

No. 1-12: https://lektur.id/arti-kunci/

No. 13 dst dari pembicaraan pribadi atau pengalaman penulis.

https://id.wikipedia.org/wiki/Kunci

 


Share

Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>