Akreditasi Perguruan Tinggi

7 10 2016

Akreditasi Perguruan Tinggi adalah pengakuan formal yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional terhadap kompetensi suatu perguruan tinggi dalam melakukan kegiatan penilaian kesesuaian tertentu. Saat ini setiap perguruan tinggi baik negeri maupun swasta harus melakukan akreditasi. Kemendiknas sudah menetapkan bila suatu program studi (prodi) dari suatu perguruan tinggi (PT) tidak melakukan akreditasi, setelah tahun 2012, maka prodi tersebut tidak akan diperbolehkan mengeluarkan ijasah. Akreditasi diperlukan untuk menjamin mutu dari suatu lembaga pendidikan. Selain itu untuk masyarakat umum, akreditasi juga bisa menjadi alat untuk mengukur kesiapan suatu PT untuk melakukan proses pendidikan.

Berikut 2 (dua) peraturan yang mengatur mengenai Akreditasi Perguruan Tinggi:

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.28 Tahun 2005
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.  6 Tahun 2010

 

Akreditasi Perguruan Tinggi Nasional (BAN-PT) Institusi IPB mendapat Nilai A (Sangat Baik)

Mengingat pentingnya Akreditasi Perguruan Tinggi ini, maka IPB senantiasa melakukan pemantauan dan pengelolaan agar tentang mendapatkan akreditasi yang terbaik. Sesuai Pasal 12 ayat (1) Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 59 Tahun 2012, hasil keputusan rapat pleno BAN-PT tanggal 21 Februari 2013, Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) memberikan penilaian dan peringkat akreditasi terhadap Institut Pertanian Bogor (IPB). BAN-PT memutuskan bahwa Institut Pertanian Bogor (IPB) memperoleh status terakreditasi dengan Nilai 375 yaitu peringkat A (sangat baik). Status akreditasi berlaku selama 5 tahun sejak diturunkan SK. Selain akreditasi institusi, akreditasi juga diberikan kepada program studi IPB di berbagai strata, antara lain adalah sebagai berikut:

No.
Strata
A
B
C
Belum
Jumlah
1 DIPLOMA 2 16 0 0 18
2 SARJANA 34 1 1 0 36
3 PROFESI 0 0 0 0 0
4 MAGISTER 53 21 1 0 75
5 DOKTOR 29 14 0 0 43
IPB 118 52 2 0 172

 

Akreditasi Perguruan Tinggi Nasional (BAN-PT) Program Studi ARL S1 dan S2 mendapat Nilai A (Sangat Baik)

Program Studi ARL baik untuk jenjang S1 maupun S2 mendapat nilai A (Sangat Baik), saat ini Program Studi S3 ARL dalam proses penyusunan naskah akademik agar dapat segera dibentuk. Pada saat yang bersamaan juga dapat dilihat bahwa Akreditasi S2 ARL akan kadaluwarsa pada tanggal 16 Mei 2017, sehingga paling lambat harus segera re-akreditasi enam bulan ssebelumnya, yakni pada tanggal 16 November 2016.

Akreditasi Perguruan Tinggi

 

Akreditasi Perguruan Tinggi

 

Sumber:

http://ban-pt.kemdiknas.go.id/direktori.php

http://blogs.itb.ac.id/bayu/2010/12/28/pentingkah-akreditasi-perguruan-tinggi/

http://kmm.ipb.ac.id/status-akreditasi/



Actions

Informations

Leave a comment

You can use these tags : <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>